10+ Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee Supaya Laris

Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee

Saat ini untuk memulai suatu bisnis kamu tidak perlu sewa ruko. Jika modal yang dimiliki terbatas, cobalah untuk berjualan secara online. Salah satu platform yang bisa digunakan adalah Shopee. Jika ingin memulai, kamu perlu tahu cara meningkatkan penjualan di Shopee.

Kemudahan berbelanja secara online menjadi suatu peluang besar bagi kamu yang ingin memulai usaha. Ada banyak barang yang bisa dijual di Shopee, walaupun begitu untuk sukses kamu perlu tahu bagaimana cara berjualan di Shopee secara maksimal.

Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee

Mungkin banyak orang yang menilai bahwa berjualan online terasa lebih mudah. Memang benar, namun kamu harus tahu bahwa ada banyak usaha yang perlu dilakukan agar penjualan secara online bisa meningkat. Berikut adalah beberapa cara meningkatkan penjualan di Shopee:

Baca Juga : Rahasia Strategi Pemasaran Jasa Laris Manis dan Terbukti

1.   Gunakan Gambar Produk yang Bagus dan Jelas

Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee
(Sumber: Jakartakita.com)

Ada banyak sekali gambar produk di Shopee dan dari sekian banyak produk tidak sedikit juga toko menggunakan gambar yang sama. Bisa saja foto tersebut merupakan hasil reupload dari penjual yang nakal yang tidak bertanggung jawab. 

Oleh karena itu, kamu harus bisa memastikan bahwa produk yang dijual hasil foto sendiri. Ambil gambar dari beberapa sisi supaya hasil foto berbeda dengan penjual lain. 

Jika kamu merupakan reseller yang mengandalkan foto dari produsen, kamu bisa mengeditnya terlebih dahulu dengan menambah elemen pada foto, misalnya watermark logo toko. Jangan hanya upload satu foto saja, paling tidak beri 3 sampai 5 foto produk.

2.   Menggunakan Judul Produk yang Lengkap

Walaupun terlihat sepele, namun judul produk juga harus diperhatikan dengan baik. Pastikan bahwa judul produk yang dijual lengkap supaya pembeli bisa mengerti sebelum membaca deskripsi produk. 

Untuk membuat judul produk, kamu bisa menggunakan rumus yaitu merk + tipe + spesifikasi + model. Tentu saja, rumus tersebut bisa disesuaikan tergantung produk yang akan dijual. 

Walaupun di bagian deskripsi akan dijelaskan secara lengkap, tapi alangkah baiknya judul yang dibuat juga harus lengkap supaya konsumen paham dengan produk yang akan dibeli.

3.   Membuat Deskripsi Produk yang Detail

Selain menuliskan judul yang lengkap, kamu juga harus bisa mengisi bagian deskripsi produk secara detail. Jelaskan fitur, kelebihan, manfaat, cara pemakaian, cara perawatan, dan informasi penting lainnya yang berhubungan dengan produk. 

Kamu juga bisa memberikan saran untuk orang yang akan membeli produk, misalnya menjelaskan bahwa produk ini sebaiknya digunakan oleh orang dengan kondisi tertentu dan sebagainya.

4.   Melengkapi Toko dengan Banner

Toko Shopee yang memiliki banner akan terlihat lebih meyakinkan dan profesional dibandingkan toko yang tidak menggunakan banner. Banner juga bisa menambah kepercayaan dari calon pembeli, sehingga toko tersebut memang serius untuk berjualan.

Terdapat tipe calon pembeli yang baru pertama kali mengunjungi toko dengan melihat banner dan langsung tertarik dengan semua produknya. Tipe calon pembeli tersebut sangat berpeluang untuk melakukan pembelian. Oleh karena itu, luangkanlah waktu untuk membuat banner yang menarik.

5.   Memberikan Harga Terbaik

Banyaknya penjual yang menjual produk serupa membuat kamu harus bisa menentukan harga jual produk yang bersaing. Jangan sampai harga yang ditawarkan terlalu murah atau terlalu mahal, namun tetapkanlah harga yang kompetitif.

Sebelum upload produk ke toko Shopee, kamu perlu melakukan riset. Berapa harga pasaran untuk produk yang akan dijual? Apa saja kelebihan dari produk tersebut? Berapa harga produk yang sama di marketplace lainnya? 

Memang, jika dibandingkan dengan landing page toko online dan Facebook biasanya harga Shopee rata-rata lebih murah.

Baca Juga : 17 Contoh-Contoh Inovasi Produk Baru Laris Manis dan Lagi Tren

6.   Memperbanyak Variasi Produk

Ketika menjadi pembeli kamu pasti merasa senang jika dihadapkan dengan pilihan yang beragam. Oleh karena itu, lebih baik kamu bisa menyediakan banyak pilihan dari produk yang dijual misalnya variasi ukuran, warna, rasa, bentuk, dan sebagainya.

7.   Meminta Pembeli Memberikan Review

Sebelum packing barang dagangan, sisipkan pesan di kertas yang berisi ucapan terima kasih karena telah percaya dengan toko dan yang paling penting minta supaya konsumen dapat memberikan penilaian atau ranting yang baik. 

Ucapan terima kasih akan membuat pembeli merasa senang telah berbelanja di toko milikmu, selain itu permintaan untuk memberikan rating juga tidak akan mengganggu pembeli karena kamu memintanya dengan cara yang baik.

8.   Selalu Fast Respon

Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee
(Sumber: Pxfuel.com)

Jika kamu memutuskan untuk berjualan di Shopee, artinya kamu harus selalu membuka notifikasi ponsel. Ketika ada notifikasi atau pesan, sebisa mungkin kamu perlu memberikan balasan. Chat masuk memiliki arti bahwa ada orang yang tertarik dengan produk tersebut. 

Oleh karena itu, jangan sampai kamu melewatkan kesempatan bagus sampai bisa membuat calon konsumen melakukan pembelian.

9.   Menggunakan Fitur Iklanku

Salah satu fitur di Shopee yang bisa kamu gunakan adalah fitur Iklanku. Iklan adalah salah satu komponen penting dalam penjualan. Jika kamu bisa menyebarkan iklan yang banyak, maka produk bisa lebih dikenal dan penjualan akan meningkat. 

Tetapi, perlu kamu ketahui bahwa untuk bisa menggunakan fitur ini kamu harus membayar biaya sesuai dengan ketentuan. Biasanya biaya untuk iklan akan dipotong dari saldo Shopee yang dimiliki. Walaupun berbayar, tapi fitur ini layak dicoba karena memberikan banyak manfaat. 

Salah satu manfaat yang akan dirasakan adalah produk tampil di halaman teratas dan sering direkomendasikan kepada pengguna Shopee. Terdapat tiga jenis iklan yang bisa digunakan, yaitu iklan toko, iklan kata kunci, dan iklan produk serupa.

10. Rajin Mengunjungi Shopee Seller Center

Fitur khusus Shopee seller center merupakan fitur yang dibuat supaya seller bisa mengelola toko secara baik. Fitur ini akan membuat pemilik toko mampu mengatur produk lebih cepat dan efisien. Selain mengelola produk, kamu juga bisa mengubah nama toko, deskripsi toko, dan hal lainnya. 

Untuk menarik perhatian calon pembeli, kamu juga bisa menggunakan promo Shopee, voucher toko saya, promo toko, dan fitur populer lainnya.

11. Mengikuti Event Promo

Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee
(Sumber: ArenaLTE.com)

Salah satu cara terbaik untuk menarik perhatian dari calon pembeli adalah promo. Banyak orang akan tergiur dengan potongan harga yang besar. Jika kamu mengikuti event promo yang dilakukan Shopee, kamu akan membuat toko menjadi lebih terkenal. 

Untuk bisa berpartisipasi dalam event, tentu kamu memerlukan persetujuan dari Shopee. Pastikan bahwa produk yang dijual berkualitas dan harganya murah. Jika sudah, produk kamu bisa masuk dalam jajaran produk yang direkomendasikan atau masuk flash sale. 

Selain itu, ada juga sistem kode voucher yang dapat digunakan saat konsumen telah berbelanja sesuai dengan nominal yang telah ditetapkan.

Baca Juga : Cara Melakukan Perencanaan Strategis dan Proses Pemasaran

12. Menggunakan Fitur Push

Fitur Push adalah fitur yang bisa dipakai untuk menaikkan produk ke urutan teratas atau daftar produk terbaru dalam halaman kategori. Namun, sayangnya hanya 5 produk yang bisa dinaikkan dalam durasi 4 jam sekali. 

Artinya, setiap 4 jam kamu harus melakukan up agar produk masuk di jajaran atas lagi. Fitur ini bisa digunakan oleh penjual secara gratis. Oleh karena itu, kamu harus bisa mempelajari keuntungan dari penggunaan fitur karena bisa dimanfaatkan secara gratis.

Setelah mengetahui cara meningkatkan penjualan di Shopee, kamu harus mempraktekkannya. Buktikan sendiri apakah usaha yang kamu lakukan dapat meningkatkan penjualan. Kamu juga harus selalu update dengan berita terkini mengenai bisnis online supaya tidak ketinggalan informasi.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like