Cara Mendapatkan Uang dengan Cepat dan Halal di Internet

cara mendapatkan uang dengan cepat dan halal

Era yang serba instan, ditambah kondisi ekonomi buruk akibat wabah pandemi, membuat orang-orang memikirkan langkah singkat dalam mendapatkan uang guna memenuhi kebutuhannya. Cara ilegal jelas banyak dilakukan. Padahal, saat ini juga banyak cara mendapatkan uang dengan cepat dan halal yang resmi dan tidak melanggar hukum lho! Apa saja ya?

Cara Mendapatkan Uang Dengan Cepat dan Halal

1. Berjualan Pulsa dan Paket Data

Berjualan Pulsa dan Paket Data
(Sumber: Fegym.com)

Dimanapun lingkup pergaulan seseorang dan bagaimanapun aktivitas keseharian yang dilakukannya, hampir bisa dipastikan mereka membutuhkan pulsa dan paket data untuk berkomunikasi dengan sejawat lainnya. Melihat prospek yang sangat luas, pengusaha bisa menjadikan usaha jualan paket data dan pulsa sebagai usaha sampingan yang menjanjikan.

Mulai saja dengan langkah kecil, informasikan dagangan tersebut ke orang-orang dekat atau keluarga melalui sosial media yang dimiliki. Pada tahap ini, pengusaha akan merasakan jika ternyata jualan pulsa dan juga paket data bisa mendatangkan banyak keuntungan dalam waktu singkat. Bahkan, tak jarang ada orang yang menggantungkan kebutuhan sehari-harinya lewat usaha ini!

Baca Juga: Cara untuk Memulai Bisnis Pulsa Tanpa Ada Pengalaman Sebelumnya

a. Cara Memulai Jualan Pulsa

Untuk memulai usaha sebagai agen pulsa, pengusaha bisa mendaftarkan keanggotaannya lewat distributor-distributor penjualan pulsa yang banyak tersebar secara online. Atau bisa juga dengan mendatangi konter pulsa terdekat yang bisa dipercaya. Usahakan untuk memilih distributor yang menawarkan produk dengan harga paling murah, sehingga keuntungan yang diperoleh pun bisa dimaksimalkan.

Siapkan sejumlah modal awal sebagai bahan jualan. Tak melulu harus jutaan apalagi puluhan juta. Cukup siapkan uang sekitar Rp 500.000 saja dan pengusaha bisa mulai menjajakan dagangannya.

Setelah itu, pengusaha akan diberitahukan berbagai macam kode pulsa lengkap dengan langkah-langkah yang diperlukan untuk mengisi pulsa. Umumnya, prosedur seperti ini akan dilakukan lewat Whatsapp atau SMS.

b. Keuntungan Berjualan Pulsa

Profit dari berjualan pulsa akan lebih besar apabila pengusaha menjualnya dengan nominal kecil. Pasalnya, keuntungan dari berjualan pulsa biasanya diambil sekitar Rp 1.500 sampai Rp 2.000 untuk setiap transaksi berhasilnya. Apabila pengusaha menjajakan pulsa 5.000 dengan harga Rp 6.5000, maka akan diperoleh keuntungan sebesar Rp1.500. Sehingga, total keuntungan yang bisa didapatkan dari modal Rp 500.000 adalah:

  • Minimum : Rp 1.500 x 100 transaksi = Rp 150.000
  • Maksimum : Rp 2.000 x 100 transaksi = Rp 200.000

Hanya dengan penjualan pulsa nominal 5.000 saja, keuntungan yang bisa diperoleh sekitar 30-40% dari total modal yang dikeluarkan.

Sedangkan bila pengusaha banyak menjual pulsa dengan nominal 100.000 dan mengambil keuntungan sebesar Rp 2.000 per transaksinya, maka perkiraan profit bersih atas modal pulsa Rp 500.000 adalah:

  • Rp 2.000 x 5 transaksi = Rp 10.000

Profit yang akan didapatkan pada penjualan pulsa bernominal besar hanya sekitar 2% saja.

2. Membuka Jasa Review

Punya banyak followers di sosial media? Ada banyak teman yang membuka usaha online? Kenapa tidak menjajal peluang bisnis satu ini?

Tak banyak berbeda dengan sistem endorse, pengusaha dapat membuka servis review untuk membantu klien, yang mana merupakan teman/followers setia akun media sosial, dalam mempromosikan produk jualan mereka.

Pengusaha hanya perlu menghubungi kawan-kawan yang membuka dagangan online dan tawarkan jasa review tadi sesuai dengan tarif yang diinginkan. Tapi sebelum itu, pastikan agar pengikut sosial media yang dimiliki cukup banyak sehingga bisa digunakan sebagai nilai jual atas jasa yang ditawarkan.

Servis review yang baik harus selalu mempelajari dan menguasai produk yang akan dipromosikan. Ini penting agar video promosi nantinya tidak terkesan asal dan malah kurang informatif.

Menyinggung soal tarif jasa, sebaiknya sesuaikan dengan kualitas sosial media dan bentuk review yang akan dibuat. Misalnya saja dengan followers sebanyak 50.000, dan bentuk review yang akan dibuat adalah video/foto, maka pengusaha bisa memasang tarif antara Rp 25.000 sampai Rp 50.000an.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Penulis Artikel Online Untuk Pemula

3. Menjadi Pemain Game Bayaran

Menjadi Pemain Game Bayaran
(Sumber: Finance.detik.com)

Beberapa waktu ke belakang, game online cukup populer di kalangan generasi milenial. Malah, sejak kehadiran kompetisi E-Sport dalam skala nasional dan internasional, game online makin populer dan banyak digunakan untuk mengisi waktu luang seseorang.

Terhitung pada tahun 2018, ASEAN Games memasukkan game online (E-Sport) sebagai salah satu cabang perlombaan.

Bila pengusaha telah memiliki tim yang andal, maka lomba-lomba E-Sport bisa dicoba. Perlu diketahui, hadiah total yang ditawarkan pada ajang ini tak bisa dianggap sedikit. Bisa mencapai puluhan juta hingga milyaran rupiah!

Namun pastinya, player wajib memerlukan waktu yang panjang untuk bisa memiliki skil baik dan mendapatkan uang dari kompetisi yang diikuti.

Tapi jika ingin mendapat uang lebih cepat, cobalah untuk menjadi pemain pengganti atau calo game online. Yang harus dilakukan hanyalah memainkan game orang lain dengan tokoh yang mereka miliki hingga mencapai level yang telah disepakati. Dan player akan memperoleh bayaran yang setimpal atas pencapaiannya itu, yakni mulai ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Bergantung pada tingkat kesulitan dan jenis permainan yang harus diselesaikan.

4. Mengikuti Kompetisi Menulis

Hal-hal sederhana jika ditekuni secara konsisten bisa menjadi sumber pundi-pundi rupiah. Termasuk pula dengan menulis. Memang, akan dibutuhkan waktu lama jika harus menanti novel diterbitkan dan memperoleh untung darinya. Daripada itu, ada beberapa cara yang dinilai lebih cepat dan efektif untuk menghasilkan uang dari menulis. Salah satunya adalah:

a. Kontributor Freelance

Penulis dapat mendaftarkan dirinya dan menawarkan jasa menulis pada situs-situs website penulis freelance seperti halnya Babe, Kompas, Detik, The Jakarta Post, dan banyak lagi lainnya.

b. Ikut Kompetisi Blogging

Jika ditelusuri lebih jauh, ada banyak sekali jenis lomba menulis dengan beragam topik. Satu diantaranya adalah lomba blogging. Pada fase ini, penulis hanya perlu menuliskan artikel sesuai dengan tema dan ketentuan dari pihak penyelenggara. Setelah itu, tunggu beberapa waktu hingga proses penjurian berakhir dan pengumuman lomba disiarkan.

Baca Juga: Kumpulan Website Dropship Terpercaya dan Paling Aman

5. Berjualan Makanan atau Minuman

Berjualan Makanan atau Minuman
(Sumber: Mediakonsumen.com)

Jualan makanan dan minuman menjadi salah satu cara mendapatkan uang cepat nan halal yang banyak difavoritkan pengusaha pemula. Sejatinya, makanan dan minuman masuk ke dalam kebutuhan primer manusia. Karenanya, pasar usaha ini sangatlah luas. Disamping itu, usaha ini bisa ditekuni sesuai dengan range modal yang dimiliki. Misalnya saja:

a. Modal Kecil

Jika modal usaha yang dimiliki tergolong kecil, maka berjualan kue, gorengan, atau jajanan ringan lain untuk kemudian dititipkan ke warung-warung bisa menjadi solusinya. Atau bisa juga dengan menjualnya secara langsung di daerah dekat sekolah/perkantoran/kompleks perumahan. Selain menawarkan keuntungan besar, perputaran modal usaha seperti ini tergolong cepat.

b. Modal Menengah

Dengan modal menengah, pengusaha bisa menjajal bisnis franchise untuk kuliner yang sedang naik daun. Paling murah, usaha franchise ditawarkan dengan harga Rp 3.000.000an saja. Tapi jika pengusaha memiliki modal berlebih, menjajal franchise barang populer dengan harga Rp puluhan juta bisa dicoba. Sesuaikan saja jenis usaha dengan kesiapan modal yang dimiliki. Pastikan pula untuk memilih jenis produk dan lokasi yang tepat agar profit yang didapat bisa semakin besar.

Berbekal komitmen dan konsistensi, semua orang bisa menjadi sukses dengan menerapkan cara mendapatkan uang dengan cepat dan halal di atas.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like