5 Tips Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Terbukti Berhasil

cara mendapatkan uang dari instagram

Media sosial kini dapat menjadi salah satu peluang untuk mendapat penghasilan tambahan. Bahkan tidak sedikit yang telah menjadikan media sosial sebagai sarana mendapatkan penghasilan tetap. Salah satu media sosial yang dapat digunakan adalah Instagram. Sudah banyak orang yang berhasil menjadi selebgram dan mendapatkan penghasilan yang lumayan fantastis. Sehingga tidak sedikit yang ingin tahu bagaimana cara mendapatkan uang dari Instagram.

Instagram merupakan salah satu media sosial yang sangat populer digandrungi oleh kalangan muda masa kini. Instagram memiliki tampilan yang menarik dan simple sehingga cocok digunakan untuk pamer swafoto, video, foto-foto panorama, berbagi cerita, hingga digunakan sebagai katalog untuk berjualan. Instagram kini tidak hanya sekadar berfungsi sebagai ajang pamer foto saja, melainkan juga dapat memberikan penghasilan.

Untuk mendapatkan penghasilan dari Instagram ada banyak cara yang bisa dilakukan. Cara ini dapat dicoba oleh semua kalangan namun tentu saja hasilnya tidak bisa instan. Membutuhkan waktu dan ketekunan untuk dapat menghasilkan uang seperti orang-orang yang telah berhasil melakukannya.

Baca Juga: Rahasia Sukses Cara Jualan di Instagram dan Strategi Ampuh

5 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Terbukti Berhasil

Masih belum banyak yang tahu bahwa dengan menggunakan instagram seseorang bisa mendapatkan uang. Instagram dapat menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan asalkan tahu bagaimana caranya. Berikut cara mendapatkan uang dari instagram yang bisa dicoba:

1. Berjualan Produk Sendiri Secara Online

Berjualan Produk Sendiri Secara Online
(Sumber: Jakmall.com)

Tampaknya sudah bukan rahasia lagi bahwa instagram kini mulai diminati oleh para pebisnis online shop untuk mempromosikan produk-produk buatannya. Tampilan dari instagram yang mirip dengan katalog menjadi salah satu nilai plus bagi para seller olshop. Seller dapat mengupload gambar produk dan video singkat, kemudian tinggal diberi caption dan tagar saja. Metode promosi akan lebih mudah dengan mengiklankan produk atau melalui endorse artis maupun selebgram.

Bagi yang ingin mencoba berjualan produk di Instagram, coba terapkan tips-tips berikut ini:

  • Produk sebaiknya disesuaikan dengan minat dan keahlian, baik milik sendiri maupun dropship/reseller. Tujuannya supaya dapat memudahkan untuk bereksplorasi menghasilkan produk dengan ide segar.
  • Buat nama akun Instagram yang unik. Nama akun ini sebaiknya disamakan dengan nama tokonya. Pilihlah nama yang unik akan tetapi gampang diingat.
  • Bio instagram harus ditulis dengan jelas. Pastikan audiens tahu bahwa produk memang buatan sendiri dan tambahkan juga hari/jam beroperasi, metode pembayaran, alamat toko, serta ekspedisi yang bisa dipilih oleh audiens. Penulisan bio yang lengkap dan jelas akan menambah kepercayaan konsumen juga.
  • Membuat kemasan produk yang unik dan menarik. Penilaian dari audiens tidak hanya berdasarkan produk dan layanan saja, akan tetapi juga dari packagingnya. Pengemasan yang menarik dapat menjadi nilai tambah bagi audiens.

2. Menjadi Reviewer Produk

Sebaliknya, jika tidak memiliki produk yang bisa dijual akan tetapi suka mereview produk-produk tertentu, tidak ada salahnya menjadi product reviewer. Mungkin belum banyak yang tahu bahwa dengan menjadi product reviewer di Instagram dapat menghasilkan uang. Produk yang ingin direview bebas, dapat berupa makanan, pakaian, kosmetik, buku, dan lain-lain. Salah satu contoh pereview yang telah berhasil mendapatkan uang dari Instagram adalah hanabookreview, di mana barang yang direview merupakan buku-buku bacaan.

Tips untuk cepat menghasilkan uang dengan menjadi reviewer produk adalah:

  • Fokus dengan satu jenis produk saja, pastikan itu merupakan jenis produk yang disukai. Misalnya kosmetik, maka sebaiknya 1 akun dikhususkan mereview tentang kosmetik saja. Tujuannya adalah supaya dapat memiliki personal branding yang kuat.
  • Harus dapat mengenali produk dengan baik.
  • Memberikan ulasan yang jujur, sebaiknya buat daftar pro dan kontra sehingga ulasan terkesan seimbang dan netral supaya tidak merusak kepercayaan audiens.
  • Jangan lupa untuk memberikan alasan mengapa produk tersebut layak untuk dibeli.

Bagaimana mendapatkan uang dari cara ini? Apabila ulasan yang diberi berkualitas, tentu reviewer akan mendapat banyak followers. Dengan begitu akan besar kemungkinan reviewer mendapatkan tawaran kerjasama dari pemilik produk untuk melakukan review produknya.

Baca Juga: Pengertian Dropshipper dan Cara Kerja Dropshipper dari Awal

3. Paid Promote

Paid Promote
(Sumber: Thehavangrill.com)

Bagaimana jika tidak memiliki produk dan tidak bisa membuat review produk yang menarik, akan tetapi memiliki akun instagram dengan jumlah followers banyak? Tenang, Instagrammer dapat membuka jasa paid promote. Menariknya lagi, paid promote tidak memerlukan modal untuk memulai, cukup dengan memiliki real followers berjumlah ribuan, pengguna sudah dapat membuka jasa paid promote. Berikut tips bagi yang ingin memulai jasa paid promote:

  • Akun yang digunakan harus real. Memiliki followers yang banyak tapi semua merupakan followers palsu, apa gunanya? Hal ini akan menjadi bumerang tersendiri bagi paid promoter, karena kredibilitas akan menjadi taruhan. Akun real memang membutuhkan usaha lebih untuk bisa mendapatkan ribuan followers, tapi sisi positifnya pengguna akan lebih mudah mendapatkan klien yang royal.
  • Memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan. Yang membuka jasa paid promote tidak sedikit, pengguna harus bersaing dengan paid promoter yang lain untuk menjaring klien. Salah satunya adalah dengan memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan, memberikan respon yang cepat dan aktif berkomentar di setiap postingan.
  • Selektif dalam memilih klien. Tidak semua klien bisa diterima begitu saja, karena ada kepercayaan followers yang harus dijaga. Oleh karena itu pastikan untuk memilih klien dari perusahaan yang kredibel dan produknya memiliki kualitas baik dan positif.
  • Meningkatkan engagement akun paid promote. Selain wajib memiliki jumlah followers ribuan, paid promoter juga harus meningkatkan engagement akun sebagai salah satu tolak ukur klien dalam memilih jasa paid promote. Caranya adalah dengan rutin memposting konten, menggunakan tagar yang tepat, dsb.

4. Menjual Akun Instagram

Masih belum banyak yang tahu bahwa menghasilkan uang dari Instagram juga bisa dengan cara menjual akun instagram. Cara ini lazimnya disebut dengan beternak akun. Di mana seseorang membuat banyak akun instagram lalu meraup followers sebanyak-banyaknya kemudian dijual kepada orang lain.

Tips supaya berhasil menghasilkan uang dengan jualan akun instagram adalah sebagai berikut:

  • Followers dari akun yang akan dijual pastikan bukan berupa akun bot atau followers palsu, melainkan followers asli supaya dapat meyakinkan orang yang ingin membeli akun tersebut.
  • Akun pastikan harus aktif, dalam artian melakukan insteraksi dengan followers secara rutin sehingga tidak dianggap bot.

Baca Juga: Tutorial Cara Kerja Online Dibayar dan Jenis Pekerjaannya

5. Membuka Jasa Admin Instagram

Membuka Jasa Admin Instagram
(Sumber: Suara.com)

Bekerja dengan hanya bermain instagram saja bukan hal mustahil. Terutama membuka jasa admin instagram, justru pekerjaan ini sedang banyak dicari. Biasanya yang membutuhkan jasa admin adalah para pemilik bisnis yang masih mengurus olshop di instagramnya sendirian. Karena kemampuan yang terbatas itulah mereka mencari jasa admin untuk membantu mereka.

Tips untuk membuka jasa admin Instagram adalah sebagai berikut:

  • Membuat akun instagram yang profesional.
  • Mendongkrak tingkat engagement rate akun.
  • Jangan lewatkan tren di media sosial.
  • Harus mengenali perusahaan yang bekerjasama.

Demikian cara mendapatkan uang dari instagram, semoga berhasil!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like