Cara memulai bisnis kembali di saat seperti ini memang tidak mudah. Tak dapat dipungkiri, pademi Covid-19 berdampak pada segala aspek, salah satunya adalah pada perekonomian. Banyak pebisnis yang mengalami kebingungan untuk bertahan di tengah wabah. Sebagian bahkan harus terpaksa menutupnya.

Kini, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah memasuki masa transisi, yang di mana, pada fase ini, masyarakat serta segala macam komponen pendukungnya mampu berkegiatan dengan mematuhi aturan protokol kesehatan. Agar tidak ada lagi pertambahan kasus dan perekonomian bisa berangsur membaik.

Cara Memulai Kembali Bisnis

cara memulai bisnis
(Sumber: Glints.com)

Bagi entrepreneur yang terdampak, keinginan untuk merintis bisnisnya kembali pastilah sangat besar. Di satu sisi, mereka harus memulai lagi bisnis tersebut untuk kembali mendapat penghasilan, namun di sisi lain, ketakutan itu tetaplah ada.

Terlebih bagi mereka yang dengan berat hati harus memberhentikan atau membuat para karyawan atau harus merumahkan mereka. Membuka kembali bisnis sebagai tempat karyawannya mencari nafkah, seolah menjadi tanggung jawab yang harus ia selesaikan. Ataupun bagi para pelaku bisnis UMKM, yang kehilangan lahan untuk mereka mendapat penghasilan, sedangkan kebutuhan tetap harus dipenuhi.

Agar kebutuhan tetap dapat terpenuhi sekaligus mengembalikan stabilitas perekonomian. Yang perlu dilakukan adalah bergerak. Jangan hanya menunggu ini semua selesai. Perbaiki yang salah, pertahankan hal-hal yang sekiranya masih bisa dilaksanakan pada keadaan seperti ini.

Pastikan bisnis yang dilakukan mampu beradaptasi dengan keadaan yang belum stabil ini agar setidaknya ia bisa tetap bertahan dan menjalankan perputaran uang, walau belum mencapai performa terbaiknya.

Baca Juga: Ide Bisnis Kuliner New Normal yang Tak Pernah Sepi Pembeli saat Pandemi Corona

Tips Cara Memulai Bisnis di Tengah Era New Normal 

cara memulai bisnis
(Sumber: Business-standard.com)

1. Berubah Mindset

Cara memulai bisnis kembali di masa pandemi ini adalah dengan merubah mindset. Usaha yang dijalankan kini tak lagi sama dengan apa yang dibangun sejak dahulu, Cara mendapat keuntungan pun akan berbeda. Pikirkanlah gaya bisnis baru di masa sekarang ini dan carilah peluang melalui sisi lain dari setiap usaha yang dirintis.

2. Mengatur Keuangan dengan Baik

Agar usaha tetap stabil, perhatikanlah arus perputaran uangnya dengan baik. Aturlah dengan sebijak mungkin. Kurangi pengeluaran untuk hal-hal yang tidak mendesak ataupun tidak begitu diperlukan. Memaksimalkan modal untuk memberikan produk dengan kualitas terbaik untuk konsumen.

3. Bekerja Sama

Jika memulai kembali dirasa cukup berat, cara memulai bisnis yang terbilang cukup efektif adalah dengan melakukan kerjasama. Jenisnya bisa disesuaikan dengan kemampuan. Menjadi investor, sharing profit dan berbagai jenis kerjasama lain yang bisa dilakukan.

4. Mengambil Peluang

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, peluang untuk meraih keuntungan di saat seperti ini bisa saja sangat berbeda dengan waktu-waktu sebelumnya. Pertimbangkan caranya, lalu atur strategi dan mulailah untuk kembali menjemput bola.

5. Tetap Ikuti Aturan

Jangan lupa untuk selalu mematuhi aturan protokol kesehatan dengan tetap berpegang pada anjuran pemerintah. Hal tersebut bertujuan agar bisnis tetap lancar juga meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

c

Tips dan Trik Berjualan di Era New Normal

cara memulai bisnis
(Sumber: Idntimes.com)

Jika dirasa sudah siap, mulailah membuka kembali usaha dengan memperhatikan dan mencoba cara memulai bisnis di bawah ini:

1. Manfaatkan Teknologi

Cara memulai bisnis pertama adalah dengan memanfaatkan teknologi. Teknologi bisa menjadi solusi dalam berbisnis di masa pandemi ini. Mulailah membuka bisnis dengan metode online. Cara ini bahkan terbilang lebih hemat, karena mengurangi beberapa pengeluaran yang bersifat operasional.

Bisa dengan membuat account media sosial untuk memulainya atau jika bisnisnya bergerak di bidang kuliner, bergabunglah dengan beberapa penyedia jasa layanan, ojek online misalnya. Selain lebih hemat dan mudah, bisnis dengan mengandalkan jaringan internet ini terbilang cukup efektif membantu memberhentikan penyebaran kasus corona, karena tidak dilaksanakan dengan tatap muka.

Modal awal yang dibutuhkan sebagai cara memulai bisnis secara online ini adalah kuota internet. Nampaknya  untuk mendapatkan hal tersebut, tidaklah sulit, ditambah dengan tren bersosial media yang kini sangat berpengaruh di kehidupan banyak orang.

2. Inovasi

Inovasi merupakan cara memulai bisnis berikutnya yang terbilang cukup penting, terlebih pada bisnis yang ingin kembali berjalan setelah sempat vakum. Buatlah sesuatu yang unik dan bisa menarik perhatian calon pelanggan. Bisa dari varian produk yang lebih unik, promo yang lebih menggiurkan atau sistem yang berbeda.

Misal untuk pebisnis di bidang barbershop, jika biasanya pelanggan beramai-ramai dating ke lokasi, kini justru pengusaha tersebut yang bisa datang ke tempat pelanggan. Selain menjadi daya tarik, hal ini terbilang cukup aman, karena tidak ada nada kerumunan.

Jika bisnis berada di ranah kuliner, mulailah dengan fasilitas delivery order. Tidak aka nada antrian memanjang, dan konsumen akan merasa lebih mudah karena hanya tinggal menunggu datangnya produk. Jika sebelumnya karyawan bekerja sebagai waiters, mungkin kini mereka bisa sedikit beralih profesi sebagai driver untuk mengantar pesanan. Bisnis tetap berjalan dan para pegawai bisa tetap bekerja.

Yang penting, para pelaku bisnis tidak berdiam diri. Mulailah kembali menapaki langkah bisnis dan jemputlah bola dengan menciptakan dan memanfaatkan setiap peluang agar bisnis tetap bertahan.

3. Menghubungi Konsumen

Cara memulai bisnis yang ketiga adalah dengan menghubungi para konsumen. Para pelaku usaha, setidaknya akan memiliki beberapa informasi atau kontak dari orang-orang yang telah menjadi pelanggan setia. Mulailah untuk berkomunikasi lagi bersama mereka, sampaikan penawaran produk melalui komunikasi itu. Pendekatan tersebut bisa dimulai dari orang-orang terdekat, keluarga, teman ataupun kerabat. 

Baca Juga: Rahasia Strategi Bisnis Properti Untung Besar yang Mudah Ditiru Anak Muda

4. Menyediakan Kebutuhan Konsumen

Jika masih dirasa sulit untuk memulai kembali bisnis yang telah dirintis sejak lama, maka tidak ada salahnya jika saat ini usaha dimulai dengan cara menyediakan kebutuhan yang banyak diperlukan masyarakat di era pandemi ini. Produksi masker rumahan, usaha makanan sehat, menyewakan alat olahraga, dan lain sebagainya.

5. Strategi Marketing 

Tetap gunakan serangkaian strategi marketing untuk mendapatkan pelanggan. Misalnya dengan penggunaan Instagram Ads, menyiapkan harga yang lebih murah untuk produk tertentu, diskon pada pembelian dengan jumlah banyak, ataupun promo bundling

Lakukan berbagai hal yang dirasa dapat menyita perhatian lalu membuat calon pelanggan membeli produk pada bisnis yang sedang dijalankan.

Virus Corona ini memang merubah tatanan kehidupan masyarakat. Jika kegiatan biasanya dilakukan di luar rumah, kini belajar, bekerja, bahkan beribadah pun dilakukan di rumah saja. Hal tersebut menjadikan para entrepreneur untuk lebih memutar otak. Berpikir bagaimana caranya agar keberlangsungan bisnis tetap terjaga dengan keadaan seperti ini. Termasuk ketika usaha tersebut sempat diberhentikan. Untuk memulainya kembali para pelaku bisnis setidaknya harus paham tentang bagaimana cara memulai bisnis kembali di era new normal ini.

Untuk itu, perlu adanya inovasi sebagai cara memulai bisnis untuk menciptakan peluang baru meski Covid-19 belum mau pergi. Tapi setidaknya, di masa menuju era new normal ini, kehidupan bisnis dan keadaan perekonomian bisa lebih baik.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.