Menjalankan sebuah usaha atau bisnis dapat memberikan keuntungan yang besar. Namun, untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan upaya, dalam hal ini modal yang juga besar. Hal ini lah yang terkadang membuat banyak orang mundur sebelum mencoba untuk berbisnis. Padahal, banyak pelaku usaha besar saat ini memulai bisnisnya dengan modal yang sangat minim. Bagi kamu yang masih bingung hendak memulai bisnis, lakukan 9 trik hebat cara memulai bisnis online dari nol tanpa modal berikut ini.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Penulis Artikel Online Untuk Pemula

9 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Memulai bisnis dari nol memang bukan perkara mudah. Tapi juga bukan sesuatu yang mustahil. Apalagi saat ini telah tersedia koneksi internet yang dapat menjadi pilihan kamu untuk memulai sebuah bisnis secara online tanpa modal. Kelebihan lainnya kamu dapat menjalankan bisnis ini sebagai usaha sampingan yang bisa kamu lakukan dimana saja dan kapan saja. 

Tanpa mengganggu pekerjaan atau aktivitas utama kamu sehari-hari. Karenanya, bagi kamu yang masih takut untuk memulai bisnis, saatnya merubah pola pikir kamu. Hilangkan anggapan yang membuat kamu berpikir bahwa memulai bisnis adalah hal yang sulit. Sebagai permulaan, kamu bisa menerapkan 9 cara memulai bisnis online dari nol berikut ini.

1. Mulai Dengan Pola Pikir Bisnis Yang Benar

Mulai Dengan Pola Pikir Bisnis Yang Benar
(Sumber : Webhostmu.com)

Memulai bisnis dengan pola pikir yang benar, akan menjaga kamu untuk tidak mudah terjebak dalam mindset negatif. Saat bisnis online yang kamu rintis tidak berjalan dengan baik, pola pikir negatif ini lah yang membuat kamu, mudah menyerah dan berputus asa.

Yakinilah bahwa rezeki setiap orang sudah diatur dan tidak mungkin tertukar. Nikmati setiap proses tumbuh kembang bisnis kamu. Jangan melulu terpaku pada harapan hasil atau keuntungan yang banyak. Apalagi membandingkan usaha sendiri dengan usaha orang lain yang telah berjalan dalam waktu yang cukup lama.

2. Tentukan Model Bisnis Online yang Ingin dijalankan

Ada berbagai macam model bisnis online yang dapat kamu lakukan, misalnya freelancing, sponsorship/endorse, membership website, sponsored articles, konsultasi online maupun jualan online. Pilihlah model bisnis online yang sesuai dengan kemampuan kamu. Jika memang kamu memiliki kemampuan di bidang desain grafis, maka model bisnis yang sebaiknya kamu pilih adalah freelancing.

3. Riset Dan Tentukan Produk

Sebelum memulai suatu usaha maupun membangun sebuah bisnis, tentunya kamu harus menentukan jenis produk atau jasa apa yang ingin kamu tawarkan pada konsumen terlebih dahulu. kamu bisa melakukan ini dengan riset dan membaca kebutuhan publik dengan tepat. Sehingga kamu pun dapat menciptakan sebuah peluang. 

Mulailah riset ini dari lingkungan keluarga kantor atau lingkungan sekitar tempat tinggal. Dengarkan dengan seksama teantang barang atau jasa apa saja yang banyak mereka bicarakan. kamu dapat menjual barang yang unik dan sedang viral, atau barang dengan banyak manfaat yang dibutuhkan orang-orang. 

Kamu juga bisa menjual barang atau jasa yang memang menjadi passion atau hobby kamu sendiri. Tidak peduli sesering apapun mendengarnya, passion adalah salah satu faktor penting dalam memulai sebuah bisnis. Dengan memulai dari sesuatu yang kamu sukai, ke depannya kamu pun menjadi lebih bersemangat dan tidak mudah menyerah ketika menghadapi hambatan-hambatan yang muncul. 

4. Susun Busssines Plan

Menyusun bussines plan yang baik menjadi salah satu cara memulai bisnis online dari nol berikutnya. Persiapan yang matang sangat dibutuhkan saat kamu akan memulai sebuah bisnis atau usaha. 

Sekecil apapun skala bisnis kamu, bussines plan yang tepat akan memandu kamu untuk menumbuhkan dan mengembangkan bisnis tersebut menjadi besar. Buat gambaran dan tujuan yang ingin dicapai mulai dari target pasar, rencana sistem pejualan, daftar supplier dan lain sebagainya  dengan rinci dan jelas.

Salah satu sistem penjualan yang bisa kamu pilih adalah menjual barang dengan menggunakan sistem dropship yang kini juga banyak dilakukan para pelaku bisnis online. Dropship akan bekerja sama dengan pihak supplier atau distributor. Sehingga kamu sebagai penjual, tidak perlu memiliki stok barang. Ini membuat kamu dapat menjalankan bisnis ini tanpa  megeluarkan modal.

Baca Juga: Rahasia Sukses Bisnis Tiket Pesawat Online untuk Mahasiswa Tanpa Modal Besar

5. Bangun Website Atau Landing Page Atau Katalog Dan Manfaatkan Media Sosial

Bangun Website Atau Landing Page Atau Katalog Dan Manfaatkan Media Sosial
(Sumber : Boseseo.com)

Website yang dibangun berfungsi sebagai etalase jualan kamu di dunia maya. Dengan memiliki website, para pembeli yang menjadi target market kamu dapat memperoleh detail produk yang mereka inginkan dan juga dapa digunakan sebagai media untuk menyampaikan branding toko kamu.

Jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial. Pengguna media sosial saat ini sangat berlimpah yang tentunya dapat menjadi sarana promosi untuk target pasar kamu. Media social yang banyak digunakan saat ini adalah Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube. Nah, kamu dapat membuata akun di masing-masing media social itu dengan nama toko online atau website kamu.

6. Memanfaatkan Marketplace

Marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, atau Lazada dapat membantu kamu menjangkau lebih banyak konsumen atau pembeli dan mendongkrak penjualan. Karenanya sangat penting bagi kamu untuk memaksimalkan fungsi dari marketplace ini. Cantumkan link toko marketplace kamu di setiap profil sosial media sehingga, ini dapat meningkatkan kepercayaan konsumen pada toko online yang kamu kelola.

7. Cari Asisten

Bagaimanapun mengembangkan sebuah bisnis online membutuhkan upaya yang tidak sedikit. Saat bisnis kamu mulai bertumbuh, kamu tidak mungkin mengurus semua hal sendiri. Mulai dari mengupload foto dan detail produk di berbagai sosial media, website toko juga akun marketplace, memeriksa stock barang di supplier dan agen. membalas chat konsumen, dan lain sebagainya. Maka dari itu, memiliki seorang asisten dalam menjalankan bisnis online kamu menjadi solusi yang sangat membantu. kamu juga bisa menjalin kerja sama dengan beberapa teman. Tentu saja tetap dalam koridor profesionalitas. 

8. Buka Rekening Khusus Bisnis

Ada banyak orang yang masih mencampur pendapatannya dalam satu rekening. Meski terlihat sepele, namun hal ini beresiko membuat bisnis online kamu sulit maju, karena kamu tidak bisa memantau perkembangan bisnis online kamu secara real time. Oleh karena itu, pastikan kamu memiliki rekening khusus untuk menyokong bisnis online kamu.

Baca Juga: Jenis-Jenis Barang yang Cocok Dijual Online dan Laris Manis

9. Terus Menjaga Komitmen

Terus Menjaga Komitmen
(Sumber : Kompasiana.com)

Bisnis online mau tidak mau, suka tidak suka akan menyita tenaga, perhatian juga waktu kamu. Oleh sebab itu, menjaga komitmen menjadi sangat penting. kamu harus terus konsisten. Bahkan saat libur pun tetap harus digunakan untuk menjalankan bisnis online. Ini karena bisnis online harus tetap terus beroperasi selama 24 jam sehari dalam seminggu tanpa libur.

Nah itu tadi 9 trik hebat cara memulai bisnis online dari nol tanpa modal. Pastinya kamu harus pandai membagi waktu agar tidak ada pekerjaan yang terbengkalai dan meski effort yang dikeluarkan memang besar namun itu semua sepadan dengan hasil yang akan dapatkan nantinya. Selamat memulai bisnis online.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.