Jaman sekarang, berbisnis tak lagi memiliki image atau citra perlunya mengeluarkan modal yang besar. Beberapa jenis usaha, kini bisa dijalani dengan modal yang sangat minim, bahkan tanpa modal sekalipun. Kemajuan teknologi membawa kita pada kemudahan bisnis. Mudah dijalani, dilakukan dan dikelola dimanapun, kapanpun. Salah satu caranya adalah dengan jualan online menggunakan media sosial Facebook. Lalu, bagaimana cara membuat Facebook bisnis agar jualan bisa cepat laris?

Banyak atau hampir setiap orang memiliki akun medsos yang digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh, mencari berita dan informasi, dan mendapat berbagai kebutuhan yang ia cari. Hal ini menjadi salah satu peluang besar, yang jika kita mampu memanfaatkannya dengan baik, maka bisa menghasilkan keuntungan yang besar pula. Dan, Facebook bisnis hadir sebagai salah satu fasilitas juga media pendorong bisnis kita agar bisa dipasarkan dengan mudah lalu mendatangkan Rupiah.

Tips dan Langkah Cara Membuat Facebook Bisnis

cara membuat facebook bisnis
(Sumber: Juraganroti.site)

Bagi yang berencana membuat akun Facebook bisnis atau fanpage untuk kegiatan usahanya, perhatikan uraian di bawah ini:

Baca Juga: Rahasia Strategi Bisnis Properti Untung Besar yang Mudah Ditiru Anak Muda

1. Membuka Akun Facebook

Cara membuat akun Facebook bisnis yang pertama adalah dengan membuka akun Facebook. Log in dengan menggunakan alamat e-mail dan password yang sudah dibuat sebelumnya.  Jika menggunakan perangkat komputer pilihlah tanda + di bagian kanan atas, lalu klik page atau halaman. Jika membuka pada perangkat smartphone, pilih menu yang berbentuk tiga garis di kanan atas, klik page dan create page.

2. Saatnya Membuat Fanspage

Selanjutnya, kita bisa mengisi data bisnis sesuai dengan kebutuhan usaha. Dimulai dari nama, kategori, dan deskripsinya seperti apa. Sebetulnya, dengan cara sederhana ini, fanspage telah berhasil dibuat.

3. Mengisi Data

Walau sudah terbentuk, namun jika ingin kegiatan bisnis berjalan secara efektif, kita harus membuat fanspage yang informatif dan menarik tentunya, sehingga orang tak ragu untuk melihat dan membeli produk di tempat kita.

4. Lengkapi Foto

Cara membuat facebook bisnis supaya laris adalah dengan menambahkan foto di akun bisnis kita. Misalnya, logo yang digunakan sebagai foto profil, cover foto pada halaman fanspage dan unggahlah berbagai produk yang dijual lengkap dengan deskripsinya, sehingga dengan cara seperti itu, kita sudah memiliki katalog online.

5. Username

Kita bisa membuat nama bisnis yang dapat digunakan pada akun facebook, nama atau sebutan brand misalnya.

6. About

Tulislah beberapa kalimat yang menjelaskan tentang usaha yang dijalankan atau produk yang ditawarkan.

Baca Juga: Rahasia Strategi Bisnis Properti Untung Besar yang Mudah Ditiru Anak Muda

7. Settings

Pada menu page settings, kita bisa menambahkan info bisnis secara mendetail, mulai dari lokasi, kontak berupa e-mail, website ataupun nomor handphone, service area, dan jam operasional bisnis. Lengkap sekali, bukan?

8. Fitur Lainnya

Masih banyak fitur lain dalam rangkaian cara membuat facebook bisnis yang bisa kita manfaatkan dan optimalkan dengan baik, seperti: videos untuk mengunggah beberapa video mengenai bisnis ataupun produk, resource  tools untuk pengembangan bisnis kedepannya, events untuk menambahkan jadwal dan waktu pelaksanaan acara tertentu yang dibuat oleh brand,  bahkan kita bisa melakukan perekrutan karyawan dari akun Facebook ini, lho.

Kemudahan lainnya adalah adanya fitur insight yang memudahkan kita melihat perkembangan  fanspage melalui interaksinya dengan konsumen, melakukan setting promo dan juga beriklan.

9. “Konten is the King

Pernah mendengar kalimat seperti yang disebutkan di atas? Sebagai pebisnis online tentunya kita harus pandai menarik perhatian calon pelanggan. Bagaimana caranya? Tentu dengan membuat postingan yang menarik. Semakin menarik konten, semakin banyak yang melihat dan interaksi, maka kemungkinan untungnya akan semakin banyak.

Untuk itu, buatlah konten yang cocok lalu posting secara rutin. Tidak perlu terlalu banyak, namun tetap ada setiap harinya. Jangan sampai skip berbulan-bulan, hingga konsumen akhirnya berpikiran bahwa usaha tidak dijalankan. Konten yang ditawarkan tidak selalu harus jualan. Bisa juga berisi tentang sesuatu yang informatif. Tentang fakta, infografis, motivasi, atau membahas sesuatu yang viral dan tengah hangat diperbincangkan.

Cara Membuat Facebook Bisnis Lebih Optimal

Jika pembahasan di atas menguraikan pembuatan fanspage secara teknis, kini kita akan mengulas tentang cara mengoptimalkan bisnis lewat Facebook, yaitu: 

1. Invite Friends

Untuk meramaikan Fanspage, di awal kita bisa mengundang teman-teman Facebook untuk bergabung, kemudian mereka bisa mengajak kawannya yang lain, sehingga semakin lama relasi atau target bisnis kita akan semakin banyak. 

2. Pemilihan Konten

cara membuat facebook bisnis
(Sumber: Ussfeed.com)

Selain beberapa poin yang telah disebutkan di atas, cara membuat Facebook bisnis yang efektif adalah membuat konten yang memiliki banyak interaksi dengan konsumen atau audiensnya. Salah satu langkah yang bisa menyita perhatian khalayak adalah dengan membuat berbagai kuis atau dikenal dengan sebutan giveaway. Hal ini bisa menjadi salah satu strategi yang digunakan untuk brand awareness maupun branding, dalam artian memperkenalkan produk kita kepada masyarakat. Sesuaikan pemilihan konten, jenis dan gaya bahasa yang digunakan dengan karakteristik atau kebiasaan serta kebutuhan dari target market kita. Sehingga kesannya akan lebih ‘dekat’ dengan mereka.

Baca Juga: Ide Bisnis Kuliner New Normal yang Tak Pernah Sepi Pembeli saat Pandemi Corona

3. Waktu Posting

Hal berikutnya yang harus kita pahami sebagai cara membuat facebook bisnis untuk jualan laris adalah memperhitungkan waktu posting berdasarkan ramainya jam-jam interaksi di Facebook. Saat makan siang, atau jam 7 -9 malam yang juga biasa disebut prime time.

4. Amati Fanspage

Langkah berikutnya adalah mengamati akun bisnis yang telah kita buat, seberapa efektifkah konten maupun kegiatan promosi yang dilakukan. Lihat bagaimana interaksi yang terjalin antara bisnis kita dengan khalayak. Lakukan analisis dan perbaikan apa yang kurang juga maksimalkan apa yang sudah berjalan.

5. Facebook Insights

cara membuat facebook bisnis
(Sumber: Yoast.com)

Cara menganalisis kegiatan usaha dan interaksi yang terjalin dengan data yang lengkap adalah melalui fitur insights. Kita bisa mengetahui jumlah likes, komen, reach atau jangkauan, impression atau seberapa sering konten muncul, tayang atau dibuka oleh konsumen, hingga berapa banyak views atau khalayak yang melihat serta membuka fanspage bisnis kita. 

Berdasarkan analisis data di atas, perbanyak konten yang berhasil menyita perhatian. Buat ulang atau perbaharui konsep dari konten yang masih kurang interaksinya. Karena, banyak orang bilang, berbisnis online itu semakin banyak interaksi akan semakin banyak transaksi yang terjadi.

6. Facebook Ads

Cara membuat facebook bisnis lebih dikenal dan diketahui banyak orang adalah melalui iklan, atau dikenal dengan sebutan Facebook Ads. Pada fanspage yang telah dibuat, kita bisa klik fitur ‘promote’ untuk mempromosikan postingan yang telah diunggah.

Atau, untuk lebih lengkapnya kita bisa membuka Ads Manager untuk pengaturan iklan yang detail. Melalui Facebook Ads ini, kegiatan bisnis bisa lebih maksimal karena kita bisa menyesuaikan dengan target khalayak yang diinginkan. Mulai dari lokasi, usia, minat, gender, dan lain sebagainya. Kita juga bisa menentukan jenis iklan yang ditayangkan. Apakah untuk view profile, website atau pemesanan langsung via whatsapp.

Berbagai poin dalam tulisan di atas, bisa dimanfaatkan sebagai cara membuat Facebook bisnis yang efektif dengan tujuan agar mendapat keuntungan sesuai dengan target yang ditentukan. Yang terpenting adalah, kenali secara mendalam usaha kita kelola terlebih dahulu, kemudian lakukan beberapa langkah strategis yang sesuai dengan kegiatan bisnis tersebut.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.