Ingin Membangun Toko Online? Berikut 5 Cara Jualan di Line Shopping yang Praktis

Maraknya sosial media membuat kita memiliki banyak sekali pilihan aplikasi untuk berhubungan antara satu sama lain. Salah satu contohnya adalah Line, yang mana seringkali digunakan oleh pasar anak muda. Selain dari fitur untuk ngobrol, ada juga cara jualan di Line Shopping yang mungkin masih belum diketahui banyak orang.

Sama halnya dengan cara jualan di Instagram, kalian juga harus bisa membangun image yang berarti di mata pelanggan. Hal ini penting untuk membuat kalian stand-out diantara penjual-penjual lainnya.

Nah, mungkin sebelum kita masuk pada pembahasan cara jualan di Line Shopping, mungkin ada dari kalian yang masih kebingungan akan keefektifan berjualan online, terutama di sosial media. Berikut adalah pembahasannya:

Prospek Berjualan Secara Online 

Cara Jualan di Line Shopping
(Sumber: thenextweb.com)

Pandemi yang tengah berlangsung meningkatkan pengeluaran online sebesar $ 183 miliar selama setahun terakhir, dan telah berhasil memperkuat pasar penjualan online secara permanen, berdasarkan laporan terbaru oleh Adobe.

Indeks Ekonomi Digital Adobe mengukur pengeluaran sejak awal pandemi, pada Maret 2020, hingga Februari 2021, dan menyimpulkan bahwa lonjakan pengeluaran ini tidak mungkin melambat. Hal ini tidak hanya akan berlangsung pada 1 tahun saja, namun juga untuk tahun-tahun selanjutnya.

Baca Juga : 10 Ide Promosi Kreatif yang Terbukti Meningkatkan Penjualan

Dengan fakta ini kita bisa menyimpulkan bahwa pasar online sedang menarik-menariknya. Jadi, tak salah jika kita mengambil langkah untuk membuat toko online dan mulai berjualan.

Dalam dua bulan pertama tahun ini saja, konsumen telah menghabiskan $ 121 miliar secara online, naik 34% dari periode yang sama tahun lalu, menurut indeks, yang menggunakan Adobe Analytics untuk mempelajari data yang mencakup lebih dari satu triliun kunjungan ke situs web ritel  di seluruh penjuru Amerika Serikat.

Ingat, data di atas hanya mencakup pasar Amerika saja, dan belum pasar luar negeri yang tentu nilainya lebih besar. 

Selain daripada mempelajari cara membuat Facebook bisnis atau Instagram marketing, kalian juga bisa mulai mengenal dan belajar mengenai cara jualan di Line Shopping ini. 

Sebelum masuk lebih jauh, sudahkah kalian familiar dengan aplikasi Line itu sendiri?

Sekilas Tentang Line

Untuk bisa mengetahui bagaimana sejarah aplikasi Line, kita perlu menarik historisnya ke tahun 2011 dimana bencana Tsunami sedang melanda negara Jepang.

Pada tahun tersebut, sistem komunikasi nasional memang sedang bisa beroperasi dengan baik. Maka dari sanalah, NHN Jepang yang merupakan bagian dari NHN Korea Selatan mulai bersandar pada teknologi berbasis internet.

(Sumber: alibaba.com)

Sebuah keputusan dibuat untuk menggunakan Line sebagai sarana komunikasi yang bisa digunakan oleh publik. Dari awal perilisannya pada Juni 2011, Line berhasil menarik minat banyak orang.

Hal ini terbukti sekitar 4 bulan berikutnya, dimana pada Oktober 2011 server Line sempat mengalami overload. Kemudian berbagai perbaikan atau maintenance dilakukan untuk memperbaikinya.

Baca Juga : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penetapan Harga Produk

Banyak pengguna yang menyatakan bahwa Line sangat membantu kehidupan mereka, terutama untuk berkomunikasi antara satu sama lain. Dengan Line, mereka bisa mengobrol dan membuat grup untuk membincangkan sesuatu secara mudah, cepat, dan gratis.

Jumlah pengguna Line pun semakin meningkat seiring banyak dan seringnya perbaikan yang dilakukan. Menginjak akhir November 2013, pengguna total Line diperkirakan sampai lebih dari 300 juta.

Jumlah ini tidak berhenti dan terus meningkat tiap tahunnya. Pada akhir 2017 saja, pengguna Line sudah mencapai angka 700 juta.

Mengapa jumlah pengguna bisa mencapai angka yang fantastis ini? Jawabannya terletak pada bagaimana Line bisa menyajikan banyak sekali fitur yang berbeda.

Tak hanya untuk chat, di dalam aplikasi Line terdapat banyak opsi fitur seperti Line Taxi, Line Today, Line Man, Line Pay, dan masih banyak lagi. Hal ini menyebabkan Line semakin relevan dengan kehidupan masyarakat modern.

Fitur Line Shopping

Lalu bagaimana dengan Line di Indonesia? Di negeri kita sendiri, Line lebih sering digunakan sebagai sarana berhubungan dan hiburan dengan fitur-fiturnya yang menarik seperti Line Webtoon. Berbagai berita juga disajikan di Line Today.

Namun, ada satu fitur yang kerap terlupakan, yakni Line Shopping. Fitur ini adalah tempat pengguna berbelanja, mencari produk yang diinginkan dengan mudah serta efektif karena terdapat fungsi perbandingan harga yang sangat membantu.

Line Shopping sendiri juga sudah bekerja sama dengan banyak marketplace ternama di Indonesia. Maka dari itu, sayang rasanya jika kalian tidak mendaftarkan diri di Line Shopping, padahal kesempatan pasarnya sangat luas.

Cara Jualan di Line Shopping

Seperti halnya dengan cara berjualan di E-bay, yang harus kalian lakukan adalah melakukan pendaftaran. Untuk bisa menggunakan fitur Line Shopping dengan baik, kalian harus sudah mengantongi akun official.

Tenang saja, kami akan sajikan semua cara berjualan di aplikasi ini dari awal sampai metode penjualan yang harus kalian kuasai. Simak baik-baik ya!

Pendaftaran dan Pengaturan Line Shopping

Berikut adalah langkah pendaftaran Line Shopping yang bisa kamu ikut:

  • Yang jelas, kalian harus sudah mempunyai akun official Line untuk bisa menikmati fitur ini
  • Caranya, buat akun Line terlebih dahulu di gadget mana saja yang kalian ingin pakai. Kalian bisa menginstall aplikasi di HP maupun laptop.
  • Setelah akun sudah jadi, ketik tanda ‘+’ untuk mulai membuat akun official
  • Kemudian, kalian hanya tinggal mengisi data yang diperlukan seperti biodata, dan lain-lain
  • Apabila sudah, klik ‘Register
  • Apabila akun official Line sudah di tangan, kini saatnya kita meluncur ke fitur Line Shopping, dengan memilih menu ‘Commerce
  • Baca persyaratan dan ketentuan dulu sebelum mengklik ‘I agree to above terms
  • Sama halnya seperti pendaftaran akun official tadi, isilah data-data yang diperlukan dengan detail ya, lebih bagus jika sesuai dengan KTP
  • Atur Membership Type nya menjadi Individual jika kamu ingin berjualan secara perorangan (bukan perusahaan)
  • Kemudian mulailah upload dokumen yang diharuskan seperti KTP, buku tabungan, dan foto-foto mengenai produk yang akan kamu jual, dan juga statistik penjualan (jika ada)
  • Pada bagian ‘Main Contact Info’ isilah dengan emailmu yang nantinya digunakan untuk verifikasi akun.
  • Cek-lah email untuk lembar informasi yang dikirimkan oleh Line
  • Nah, sekarang tinggal tekan ‘Save”, dan tunggu tim dari Line Shopping untuk memverifikasi akun mu

Nah, sekarang kalian sudah selesai mengatur akun Line Shopping nya dan mulai mengupload produk-produk kalian. Mungkin sebagian dari kalian ada yang masih bingung mengenai bagaimana cara jualan di Line Shopping yang terbaik.

Kuncinya hanya satu, yakni familiar dengan fitur-fiturnya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kami bagikan:

Cara Jualan di Line Shopping Paling Efektif

(Sumber: linecorp.com)

1. Greeting message

Wajar rasanya jika pelanggan ingin diperlakukan dengan baik dan sopan. Maka dari itu, sapalah pelanggan-pelanggan kalian dengan ramah agar bisa menarik perhatian mereka.

Untuk bisa memuaskan hati sang pembeli, manfaatkan fitur greeting message. Fitur ini akan membuat kata-kata sambutan secara otomatis, jadi kalian tidak perlu lagi memasukkannya secara manual.

Pada saat pelanggan melakukan chat dengan kalian, maka otomatis mereka akan disapa oleh greeting message ini. Fitur ini juga dapat memberikan kesan fast respond di lapak kalian.

2. Broadcast message

Apakah fitur ini berbeda dengan greeting message? Tentu saja dong.

Fitur ini memungkinkan kalian untuk mengirim informasi produk terbaru pada pelanggan yang banyak secara otomatis. Jadi untuk memasarkan apa saja yang baru di toko kalian, manfaatkan saja fitur ini.

Broadcast message juga bisa diatur waktunya, membuat kalian jadi lebih fleksibel untuk mengatur jadwal.

3. User premium ID

Apabila kalian sudah mendapatkan keuntungan yang cukup, maka tidak ada salahnya untuk membeli premium ID. Pentingnya akun ini adalah untuk menunjukkan bahwa toko yang kalian miliki adalah toko yang berkualitas dengan integritas yang tinggi.

Kalian bisa membelinya di bagian ‘Business Store’ dengan biaya tertentu yang harus dibayar per tahunnya.

Baca Juga: 5 Tips Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Terbukti Berhasil

4. Multiple admin

Kewalahan menghadapi banjir customer yang tiada habisnya? Sudah saatnya kalian menggunakan admin tambahan!

Kalian bisa mengajak teman atau menyewa jasa orang lain untuk mengelola akun line Shopping mu. Hanya tinggal ‘Add Another User’ saja, kalian bisa menambahkan siapapun untuk mengelola toko kalian secara bersama-sama.

Tentukan peran masing-masing admin untuk menghindari kerusuhan. 


Itulah tadi beberapa cara jualan di Line Shopping yang bisa kamu coba. Coba terapkan ilmu yang kami berikan dan tetap semangat ya!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow dan Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Owner Blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like