Media sosial kini tak hanya bisa digunakan untuk bertukar informasi maupun silaturahmi ataupun ajang untuk berinteraksi, tapi juga bisa membantu kita dalam meningkatkan penghasilan. Salah satunya adalah Instagram. Platform yang satu ini ramai digunakan masyarakat sebagai sarana untuk berbisnis secara online. Berbagai cara jualan di Instagram bisa kita pelajari untuk mempersiapkan usaha agar profit yang didapatkan pun sesuai dengan target dan keinginan.

Berbagai kelebihan bisa kita rasakan melalui bisnis menggunakan media sosial ini. tak perlu adanya modal awal untuk lokasi atau sewa tempat, penggunaan fitur yang terbilang cukup mudah, bisa diakses kapanpun dan dimanapun melalui telepon genggam, dan tentunya bisa menjaring pelanggan dari berbagai lokasi, baik yang dekat hingga yang jauh sekalipun.

Baca Juga: Rahasia Cara Membuat Facebook Bisnis untuk Jualan laris

6 Cara Jualan di Instagram yang Efektif

1. Tentukan Target Audiens

Langkah awal memulai bisnis adalah dengan menentukan target audiensnya. Kenali lebih dalam produk yang akan dijual, dan tentukan siapa calon pembeli yang sesuai dengan barang atau jasa tersebut. Mulai dari gender, usia, pekerjaan atau berbagai latar belakang lainya. Jadilah solusi yang hadir bagi kebutuhan target market nantinya, sehingga mereka akan secara sukarela mencari dan melakukan transaksi di online shop yang sedang Anda Kelola.

Pelajari karakter, kebiasaan atau habit dari calon pelanggan, sehingga nanti akan muncul kedekatan, koneksi atau emosi yang sejalan. Setelah merasa cocok, konsumen kemungkinan akan melakukan repeat order dan loyal terhadap produk yang kita jual di Instagram.

2. Gunakan Akun Instagram Bisnis

gunakan akun instagram bisnis
(Sumber: Urbandigital.id)

Media sosial yang satu ini, kini semakin memudahkan kita untuk membangun sebuah bisnis. Cara jualan di Instagram yang merupakan basic adalah dengan menggunakan profil bisnis. Dengan business account, kita bisa menuliskan kategori usaha sesuai dengan apa yang dijalankan. Selain itu, kita bisa menjangkau market yang lebih luas dengan beriklan pada akun bisnis ini.

Bahkan, jika memiliki website, kontak whatsapp yang bisa dihubungi, atau tautan yang dapat disambungkan ke marketplace, kita bisa menaruhnya pada bio Instagram lengkap dengan inti gambaran toko atau produk yang ditawarkan.

3. Buat Konten Menarik

Cara jualan di Instagram lainnya yang cukup efektif adalah dengan membuat dan mengunggah postingan yang menarik. Jika orang sudah tertarik ‘berkunjung’ ke akun yang kita kelola, besar kemungkinan, mereka akan kembali lagi atau bahkan melakukan transaksi.

Konten yang dibuat tidak harus selalu menampilkan barang jualan saja. Bahkan, hal-hal simple seperti kuis, tebak-tebakan dan berbagai konten informasi maupun hiburan bisa menjadi daya tarik tersendiri yang bisa ‘memancing’ interaksi antara kita sebagai penjual dan calon pembeli.

Instagram merupakan salah satu media sosial dengan fitur yang cukup lengkap. Disana, kita bisa mengunggah berbagai gambar visual, maupun audio visual pada feed, IG Story, bahkan IG TV. Manfaatkanlah berbagai platform media tersebut untuk memberikan informasi dan menjadi sarana promosi yang efektif.

4. Posting Secara Rutin

posting secara rutin
(Sumber: Sabigaju.com)

Setelah membuat postingan dengan tampilan dan isi konten yang menarik. Hal selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mengunggahnya secara rutin. Hal ini bertujuan agar audiens atau calon pelanggan tidak ketinggalan info terupdate dari bisnis yang dijalankan, sekaligus meyakinkan mereka bahwa memang usaha yang dijalankan ini aktif dan dapat dipercaya.

Kita juga bisa memperhatikan waktu posting yang efektif. Informasi mengenai waktu dan hari dimana akun kita banyak interaksi atau sering mencuri perhatian, bisa dilihat di fitur insight.

5. Gunakan Hashtag yang Relevan

Penggunaan hashtag atau tanda pagar yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan pun bisa menjadi salah satu cara jualan di Instagram yang cukup efektif. Pasalnya, orang-orang kini tak hanya mencari sesuatu berdasarkan namanya saja, namun juga tanda pagar (tagar) yang relevan atau ada kaitannya dengan apa yang mereka butuhkan.

6. Buat dan Lakukan Strategi Pemasaran

Jika berbagai cara jualan di atas sudah dilakukan, kini saatnya kita menerapkan berbagai strategi pemasaran yang bisa meningkatkan penjualan. Beberapa poin yang bisa kita lakukan adalah:

Baca Juga: Strategi Pemasaran Bisnis Kos Kosan Bisa Cepat Laku di Kawasan Pabrik

a. Memasang iklan atau Instagram Ads

buat dan lakukan strategi pemasaran
(Sumber: Wix.com)

Dengan langkah yang satu ini, kita bisa menyesuaikan audiens penerima iklan dengan target market yang sesuai berdasarkan algoritma yang ditentukan oleh Instagram. Anda pasti pernah melihat tampilan iklan yang muncul ketika beberapa waktu sebelumnya, kita melakukan pencarian dengan keyword yang sama atau mirip? Kurang lebih seperti itulah cara kerjanya.

Selain itu, kita bisa memasang iklan tersebut melalui business manager yang difasilitasi oleh Facebook. Dari sana, kita bisa menjangkau calon pelanggan lebih luas, juga lebih spesifik lagi. Bahkan, kita bisa menentukan action atau respon dari khalayak tersebut, seperti menghubungi lewat whatsapp, visit profile ataupun order now.

Apakah biaya yang dibutuhkan untuk memasang iklan ini besar? Tidak juga. Karena kita bisa menyesuaikan budget yang dimiliki dengan pemasangan di media promo tersebut. Walaupun memang, semakin besar biaya yang dikeluarkan, dampaknya pun bisa semakin besar.

Overall, menggunakan Instagram Ads ini bisa menjadi solusi bisnis yang cukup efektif, karena kita bisa menyasar konsumen berdasarkan kebutuhan yang mereka inginkan, sehingga kemungkinan berakhir pada pembelian pun peluangnya akan terbuka lebar.

b. Endorse Artis atau Selebgram

Cara jualan di Instagram berikutnya adalah dengan melakukan endorsement atau kerjasama dengan artis, selebgram, maupun influencers. Endorse adalah kegiatan mendukung atau support terhadap suatu produk dengan cara mengulas atau melakukan review yang dalam konteks ini tentu saja diunggah melalui akun Instagram.

Artis, selebgram maupun influencers tersebut disebut sebagai endorser, dimana mereka akan membantu untuk memperkenalkan produk kepada khalayak dengan tujuan agar usaha kita mendapatkan attention dari power mereka sebagai public figure. Pesan yang disampaikan oleh endorser tersebut bisa menjadi daya tarik sekaligus memberikan rasa percaya pada calon pelanggan nantinya.

c. Promo atau Diskon

Hal yang tak kalah penting berikutnya adalah melakukan promo atau diskon melalui akun Instagram bisnis yang kita kelola. Promo atau diskon tertentu, tentu dapat menarik perhatian masyarakat karena mereka akan melakukan pembelian secara cepat berdasarkan waktu yang telah kita tentukan, dengan pertimbangan karena harga diskon lebih murah daripada ketika produk dijual pada harga normal.

Baca Juga: Rahasia Sukses Bisnis Tiket Pesawat Online untuk Mahasiswa Tanpa Modal

Kita bisa memanfaatkan waktu tertentu untuk membuat program diskon ini, seperti pada hari-hari besar. Contohnya misalkan, 17 Agustus, Hari Kartini, saat Ramadhan dan berbagai waktu penting lainnya.

Jika kita ingin mendapat followers atau engagement serta perhatian lebih dari banyak orang, kita bisa mengadakan giveaway, dimana calon pelanggan akan melakukan syarat tertentu, seperti halnya follow maupun share konten, untuk berkesempatan mendapat hadiah spesial yang kita tawarkan. Promo dan giveaway tersebut cukup efektif untuk mendongkrak popularitas bisnis kita di awal kemunculannya.

Demikian informasi dan pembahasan mengenai cara jualan di Instagram yang mampu menambah penghasilan serta omset para pengusaha online shop. Setelah dibaca dan dipahami, ada baiknya jika berbagai langkah tersebut langsung direalisasikan supaya hasilnya semakin cepat bisa kita rasakan.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.