Berikut 6 Cara Jual Barang di OLX Beserta Strategi Lengkapnya

Pada saat ini, kita dapat dengan mudah menggunakan layanan marketplace untuk melakukan jual beli barang. Untuk bisa menjangkau calon pembeli yang lebih luas, kalian perlu menggunakan marketplace yang berbasis Internasional, seperti OLX. Apakah kalian tertarik mencari tahu cara jual barang di OLX? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Berbeda dengan bisnis jualan di mobil, kalian bahkan tidak perlu keluar rumah untuk mulai mendapatkan keuntungan. Yang hanya perlu kalian lakukan hanyalah menggunakan aplikasi ini dan mempelajari cara pengoptimalannya, yang akan lebih lanjut kami jelaskan nanti.

Sebelum membicarakan metode praktis yang bisa kalian praktekkan, apakah kalian sudah mengenal platform OLX?

Mengenal Lebih Dekat Aplikasi OLX

Cara Jual Barang di OLX
(Sumber : englishspectrum.com)

Sebelum membahas mengenai cara jual barang di OLX, mari kita simak sejarah dari aplikasi yang kini populer untuk jual beli kendaraan ini.

OLX atau Online Exchange, yang juga dikenal sebagai grup OLX, adalah pasar online yang didirikan pada tahun 2006 dan beroperasi di sekitar 45 negara. Pada awalnya,  OLX merupakan forum khusus yang berkantor pusat di Belanda.

Baca Juga : 10 Ide Promosi Kreatif yang Terbukti Meningkatkan Penjualan

Seperti yang kalian tahu, OLX adalah platform online terkemuka untuk membeli, menjual, dan menukar berbagai produk seperti elektronik, pakaian, perlengkapan rumah tangga, mobil, sepeda, dll. 

Selama tahun 2014, platform OLX memiliki tampilan sekitar 11 miliar halaman, memiliki sekitar 200 juta pengguna aktif per bulan, 8,5 juta transaksi per bulan, dan 25 juta listing. Hal ini tentu membuka potensi yang jauh lebih besar ketimbang pasar lokal yang terbatas.

Sama halnya dengan cara jualan di Line Shopping, pengguna harus pintar-pintar menggunakan fitur-fitur penjualan yang ada untuk bisa menggaet pelanggan. Dan sama dengan marketplace lainnya, OLX juga memiliki basis yang serupa.

Pembeli dan penjual di area terdekat dapat melihat satu sama lain di marketplace ini dan berkomunikasi menggunakan layanan pesan. Dengan begitu, ada kepercayaan yang bisa terbangun di antara penjual dan pembeli.

Dan dengan adanya layanan lokasi ini, mereka dapat bertemu untuk melakukan Cash On Delivery. Selain itu, ada juga keutamaan penggunaan OLX dari platform yang lainnya:

Keuntungan Menggunakan OLX

Cara Jual Barang di OLX
(Sumber: pandasecurity.com)

Tentu banyak orang yang mencari cara jual barang di OLX karena berbagai keuntungan yang bisa dipertimangkan, seperti :

1. Hadir di Banyak Negara

OLX telah ada di lebih dari 100 negara. Tentu ini menjadi sebuah kekuatan luar biasa untuk OLX sendiri. Memiliki cakupan wilayah yang signifikan di banyak negara akan membuat banyak pengguna semakin banyak dan terus bertambah.

Ketika ada lebih banyak pengguna di platform, berarti ada banyak orang juga yang akan menggunakan platform ini untuk membeli dan menjual.

2. Memiliki Banyak Fungsi 

Di platform OLX, pengguna dapat dengan mudah mendesain banyak iklan yang kaya dengan gambar yang indah. Pengguna juga dapat mengontrol aktivitas jual beli di platform ini dengan mudah dan nyaman.

OLX juga memiliki fitur dimana pengguna dapat menampilkan iklan mereka di platform jejaring sosial apa pun. Pengguna dapat mengakses situs web OLX dari mana saja, dan kapan saja.

3. Memiliki Daftar Barang yang Lengkap

OLX juga memberikan akses mudah kepada pelanggan untuk mendapatkan produk apapun dengan biaya lebih murah. Pelanggan dapat mengakses situs web ini dengan mudah, dan menemukan barang apapun yang mereka inginkan.

Baca Juga : Jenis-Jenis Barang yang Cocok Dijual Online dan Laris Manis

4. Pangsa Pasar Yang Besar

OLX telah berhasil mendapatkan sekitar 60% dari pangsa pasar online. Ini adalah kekuatan yang signifikan bagi OLX ini, dan traffic nya pun juga meningkat hingga 55 kali lipat selama beberapa bulan terakhir. 

Di Indonesia sendiri, OLX sudah didownload lebih dari 1 juta kali. 

Cara Jual Barang di OLX

Cara Jual Barang di OLX
(Sumber : digi-karma.com)

Nah sekarang kita masuk pada pembahasan utama. Ada beberapa tips dan trik yang bisa kalian gunakan apabila tertarik untuk mulai berjualan di marketplace ini, seperti :

1. Pertimbangkan Lagi Harga Produk yang Kamu Jual

Sama halnya dengan cara berjualan di Ebay, penetapan harga produk adalah tindakan yang menentukan agar iklan kalian bisa berhasil menarik perhatian. Untuk mengetahui apakah harga yang diinginkan sudah ideal, penting untuk memeriksa iklan serupa lainnya di OLX itu sendiri. 

Selain menjaga agar penawaran kalian tetap kompetitif dan menghindari devaluasi produk, penting juga untuk mengetahui harga demi mempertahankan kredibilitas penjual.

Harga yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menimbulkan ketidakpercayaan di pihak calon pembeli. Oleh karena itu, meskipun kalian ingin menjual produk secepat mungkin, hindari mengiklankannya dengan harga yang sangat rendah, karena dapat menimbulkan kecurigaan akan adanya penipuan atau kerusakan produk.

2. Jangan Lupa Ajukan Pertanyaan Pada Buyer

Fitur OLX chat adalah salah satu fungsi terpenting dari aplikasi ini, karena memungkinkan penjual dan calon pembeli untuk mengobrol secara langsung. 

Menggunakan fitur  obrolan untuk menjawab pertanyaan pelanggan adalah sikap yang menentukan untuk membangun dan  memastikan negosiasi yang baik, karena menunjukkan kedekatan dengan pelanggan dan kehadiran penjual yang selalu ada. 

Chat juga memungkinkan kalian untuk melaporkan adanya penyimpangan ke OLX. Dengan begitu, perusahaan akan menghapus iklan yang tidak biasa dan bahkan cenderung melawan aturan.

3. Selalu Berhati-hati Dalam Memilih Buyer

Penjual harus berhati-hati saat dihubungi oleh calon pembeli. Meskipun OLX mendorong verifikasi profil pengiklan dengan email dan telepon, hal yang sama tidak berlaku pada akun pelanggan. 

Jadi, penjual harus memperhatikan untuk memastikan pembelian tersebut bukan merupakan upaya penipuan. Jika seseorang menghubungi kalian melalui situs dan memiliki identifikasi yang agak kabur atau ambigu, jangan ragu untuk meminta informasi yang lebih detail. 

OLX merekomendasikan untuk menanyakan tidak hanya nama depan, tetapi juga nama belakang, tempat kerja, dan data pengguna lainnya.

4. Lebih Bijak Dalam Bernegosiasi

Cara jual barang di OLX selanjutnya sangat terikat dengan hal kehati-hatian. OLX memang menghubungkan penjual dan pembeli, tetapi tidak menengahi pembayaran. Oleh karena itu, kehati-hatian harus diberikan saat closing kesepakatan untuk menghindari penipuan dan tipu daya. 

Baca Juga : Jenis-Jenis Barang yang Laku Dijual Di Teras Depan Rumah

Perusahaan menyarankan agar pengguna tidak melakukan setoran atau transfer bank sebelum menerima produk, serta menekankan adanya risiko tanda terima setoran bank yang palsu.

Jadi, kita sebagai penjual harus ekstra hati-hati dalam hal ini.

5. Ambil Gambar Produk dengan Baik

Foto dapat menjadi elemen penting yang menentukan dalam mendatangkan calon pembeli ke iklan kalian. Jadi, fokuslah untuk mengambil gambar produk yang bagus. 

OLX memungkinkan hingga enam gambar untuk setiap iklan. Oleh karena itu, kalian perlu untuk memilih dengan baik foto-foto ini nantinya, menunjukkan detail produk yang dimaksud dan memilih kamera berkualitas baik untuk menonjolkan karakteristik produk.

6. Selalu Taati Aturan yang Berlaku

Ada beberapa aturan untuk membuat iklan di OLX yang harus dipenuhi agar pengguna tidak dilarang atau dibanned dari platform tersebut. Selain menempatkan produk pada kategori yang sesuai, perlu juga diperhatikan perbedaan antara iklan yang dibuat oleh perorangan dan oleh badan hukum.

Pada saat mendaftarkan akun, ada beberapa syarat dan ketentuan. Jangan hanya diskip saja ya, pastikan untuk membaca keseluruhan isinya agar kalian lebih paham.

Itulah tadi cara jual barang di OLX yang bisa kalian praktekkan sekarang. Seperti halnya marketplace lain, OLX bisa menjadi senjata ampuh untuk menjual barang-barang kalian. Maka dari itu, ikuti strategi yang kami berikan untuk bisa mencapai hasil yang maksimal.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow dan Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Owner Blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like