Aliexpress adalah marketplace online global dibawah jaringan Alibaba Group yang digunakan oleh seluruh negara untuk memudahkan mencari barang yang dapat dijual kembali melalui cara dropship aliexpress.  

Cara Dropship Aliexpress untuk Pemula

Aliexpress adalah marketplace ritel eCommerce di bawah naungan AlibabaGroup yang berbasis di China. Berbisnis dropshipping dengan penjual yang tergabung di dalam Aliexpress sangatlah menguntungkan karena mereka sudah berpengalaman dan terbiasa melakukan pengiriman secara internasional. Jumlah penjualnya juga banyak dengan jutaan ragam produk yang bisa dipilih untuk dijual kembali di Indonesia.

Bagi para pemula yang ingin mencoba menjadi pelaku dropship di Aliexpress, caranya sangat mudah. Silahkan simak petunjuk cara dropship aliexpress berikut ini:

Baca Juga: Kumpulan Website Dropship Terpercaya dan Paling Aman

1. Menentukan Produk

Menentukan Produk
(Sumber : Hollago.id)

Sebagai langkah awal, tentukan produk yang hendak dibeli untuk dijual kembali. Sebaiknya pilih produk yang sedang populer pada saat ini. Misalnya pada saat ini aneka model baju anak-anak maka pelaku dropship bisa memilih berjualan produk baju anak-anak. Lakukan pemantauan secara rutin ke akun jualan milik kompetitor. Dengan cara ini maka akan diperoleh jenis produk yang paling diminati oleh pelanggan mereka. 

Idealnya memilih produk untuk cara dropship aliexpress adalah yang sesuai dengan minat dan hobi, karena penghobi tentu paham dengan produk tersebut. Misalnya mempunyai hobi berolahraga maka bisa berjualan aneka perlengkapan olahraga. Jika berminat terhadap asesoris gadget, maka sebaiknya berbisnis di bidang ini. Pemula bisa menggunakan internet untuk melihat kebutuhan pasar yang riil dan produk yang sedang menjadi tren di saat ini.

2. Memilih Supplier

Memilih Supplier
(Sumber : Lifepal.co.id)

Agar terhindar dari pajak dan cukai, sebaiknya membeli barang yang mempunyai kisaran harga di bawah USD50, karena Pemerintah Indonesia akan mengenakan pajak impor sebesar 5% hingga 25% untuk barang kiriman dari luar negeri dengan harga lebih dari USD50.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan produk yang berkualitas dari supplier Aliexpress:

a. Melihat Jumlah Penjualan

Carilah supplier cara dropship aliexpress dengan jumlah penjualan yang cukup tinggi. Pesanan dengan jumlah yang banyak merupakan bukti bahwa supplier tersebut terpercaya dan produk yang dijualnya sangat disukai oleh pelanggan. Pantaulah aktivitasnya secara berkala untuk mengetahui seberapa rutin supplier tersebut menerima order.

b. Cek Rating

Pilihlah supplier dengan rating yang bagus, minimal mendapat nilai 4 bintang dari para pelanggannya. Nilai rating yang tinggi menunjukkan bahwa para pelanggan merasa puas dengan layanan dan produk yang dijual. Cek juga komen dan ulasan dari para pelanggan terkait produk, cara pembayaran, pengemasan, pengiriman, atau pelayanan lainnya.

c. Pastikan Hanya Menjual Barang Asli

Carilah supplier cara dropship aliexpress yang hanya menjual barang-barang asli. Hindarilah produk-produk palsu yang menyebabkan potensi gugatan secara hukum. Perhatikan dengan detail dan teliti mengenai barang-barang tersebut untuk memastikan keasliannya.

d. Bebas Ongkos Kirim

Sebisanya carilah supplier yang menawarkan layanan bebas biaya pengiriman. Hal ini tentu dapat menekan budget dan memberi nilai tambah saat menjual kembali di Indonesia dengan layanan gratis ongkos kirim. Umumnya, iming-iming gratis biaya pengiriman ini akan mendatangkan minat yang besar dari para pembeli.

e. Periksa Harga

Pada cara dropship aliexpress akan ditemukan beberapa supplier yang menawarkan produk yang sama namun dengan harga yang berbeda. Walaupun sangat perlu menemukan harga yang terbaik untuk mendapatkan untung yang baik, perlu diingat bahwa biasanya produk dengan harga terendah pasti akan mengalami penurunan kualitas dibandingkan dengan produk dengan harga di atasnya.

Baca Juga: Arti Supplier dan Cara Memilih Supplier Bisnis Terpercaya

Cara Berbelanja dan Pembayaran Aliexpress

Cara Berbelanja dan Pembayaran Aliexpress
(Sumber : Retaildetail.eu)

Setelah memutuskan produk yang akan dibeli dan supplier mana yang dipilih sebagai pemasok, maka segeralah melakukan transaksi pembayaran agar produk cepat diproses dan dikirim. Cara melakukan pembayaran Aliexpress sangatlah mudah, yaitu dengan transfer via ATM. Berikut langkah berbelanja dan pembayaran Aliexpress menggunakan ATM:

  1. Sebagai langkah awal lakukan registrasi untuk mendapatkan akun di Aliexpress. Aliexpress membutuhkan waktu 3-5 hari untuk melakukan verifikasi sehingga pada kurun waktu tersebut belum bisa dilakukan pemesanan produk
  2. Jika akun telah terverifikasi, anda dapat langsung login dan mencari produk
  3. Setelah menemukan produk yang akan dibeli, klik “Add to Chart” kemudian “Buy Now” 
  4. Selanjutnya klik “Go to Chart”. Detail barang akan muncul setelah memilih fitur ini
  5. Isi data lengkap untuk konfirmasi order kemudian klik “Save
  6. Langkah selanjutnya klik “Use Another Payment Method” dan pilih metode pembayaran yang diinginkan
  7. Klik “Place Order” jika sudah menentukan metode pembayaran. Maka akan muncul “Other Methods via Full Site
  8. Muncul pilihan “Doku” atau “Card”. Silahkan pilih “Doku” kemudian pilih “Pay Now”. Sebelum melakukan pembayaran dengan Doku, kalian harus melakukan registrasi dulu di Dokuwalet dan melakukan top-up saldo agar bisa melakukan pembayaran. Menggunakan Dokuwalet ini sangat menguntungkan terutama bila terjadi proses refund karena uang refund akan langsung dikembalikan ke saldo Dokuwalet.
  9. Muncul fitur “Payment Methods”, silahkan klik “ATM Transfer

Selain menggunakan ATM, cara dropship aliexpress juga bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Pembayaran dapat menggunakan Visa, MasterCard, Maestro, dan American Express. Membayar menggunakan kartu kredit sangat menguntungkan karena menawarkan perlindungan apabila terjadi proses refund karena produk yang dikirim tidak sesuai. Pelaku dropship dapat mengajukan selisih kepada perusahaan atau bank yang mengeluarkan kartu kredit.

Cara Pengiriman

Setelah melakukan pembayaran, maka tahap selanjutnya adalah menentukan metode pengiriman untuk cara dropship aliexpress. Aliexpress memberikan dua metode pengiriman produk yang bisa dipilih:

1. Pengiriman Standar

Waktu pengiriman akan berbeda tergantung tujuannya. Lamanya berkisar antara 12 hari hingga 2 bulan, bahkan bisa lebih. Pengiriman dengan metode standar ini biasanya merupakan pelayanan dari Aliexpress sehingga tidak dipungut biaya alias gratis.

2. Pengiriman Premium

Pengiriman premium dari Aliexpress adalah menggunakan ePacket. Metode pengiriman ini lebih direkomendasikan daripada menggunakan pengiriman standar karena waktu sampai di tujuan lebih pendek. Perkiraan pengiriman sekitar 12-20 hari, tergantung tujuan pengiriman. Intinya dengan menggunakan ePacket, barang akan lebih cepat sampai dan sangat menguntungkan karena biaya yang dikeluarkan juga tidak begitu tinggi.

Baca Juga: Ketahui Arti Resi dan Fungsi Resi dalam Pengiriman Barang

Cara Refund

Apabila produk yang dikirim tidak sesuai pesanan, cacat, atau berkualitas buruk, maka kalian bisa mengajukan permohonan refund pada cara dropship aliexpress. Untuk melakukan refund, pembeli yang melakukan pembayaran melalui transfer ATM atau internet banking wajib mempunyai akun dokuwalet karena aplikasi ini adalah perantara pembayaran tersebut ke Aliexpress. Uang refund akan masuk ke akun dokuwalet yang dimiliki.

Bagi yang membayar dengan menggunakan kartu kredit, proses refund sangat mudah. Hanya dengan mengajukan klaim ke perusahaan atau bank yang mengeluarkan kartu kredit, maka uang akan langsung kembali ke akun yang dimiliki.

Demikianlah cara dropship aliexpress yang bisa dilakukan. Jangan lupa untuk selalu mengingatkan di awal kepada calon pembeli mengenai waktu pengiriman produk yang cukup memakan waktu agar mereka tidak merasa kecewa. Semoga artikel ini bermanfaat.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.