Sekarang cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dapat lewat kantor, aplikasi BPJSTKU, ATM, website, bahkan SMS semakin membuat pelayanan bagi pengguna BPJS lebih mudah dan nyaman.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan merupakan badan hukum untuk publik sebagai tenaga kerja. Lembaga ini akan memberikan jaminan perlindungan kepada tenaga kerja di Indonesia dari risiko sosial ekonomi tertentu yang dapat terjadi.

Artinya penting sekali untuk mengikuti BPJS Ketenagakerjaan ini, dan pastinya yang bekerja sudah harus memilikinya. Apalagi dalam UU sudah diwajibkan kepada seluruh pekerja Indonesia baik dalam negeri maupun luar negeri. Ini semua guna menjamin pekerja Indonesia dari hari tua, kecelakaan kerja, dan juga memberikan manfaatnya.

Banyak orang yang sudah mendaftarkan diri ke BPJS Ketenagakerjaan, tapi masih tidak begitu mengerti penggunaannya. Padahal zaman serba digital sekarang ini membuat banyak hal semakin mudah. Nah, berikut ini beberapa cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang dapat dilakukan secara jarak jauh maupun tidak, untuk membantu para pengguna.

Baca Juga: Inilah Arti Payroll dan Fungsi Payroll dalam Perusahaan

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Kantor

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Kantor
(Sumber : Ternate.tribunnews.com)

Memang banyak cara lain untuk mengecek saldo, namun cara satu ini tidak bolehkah untuk dilewati. Karena tidak semua orang dapat menggunakan telepon maupun internet. Atau jika sedang tidak dapat menggunakan cara yang lebih mudah lainnya sehingga terpaksa menggunakan cara ini.

  1. Pertama, tentu perlu mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.
  2. Minta bantuan petugas untuk melihat saldo dengan cara menunjukan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  3. Pengecekan dapat anda lakukan melalui slip saldo yang dicetak oleh petugas.

Tentu cara ini banyak sekali digunakan, bagi yang belum memiliki akses cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang lain. Karena itulah dengan pergi ke kantor tetap dapat melihat saldo. Namun mulai ditinggalkan karena ada berbagai cara yang lebih mudah.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Menggunakan ATM

Salah satu cara lain yang lebih praktis daripada cara sebelumnya adalah menggunakan ATM. Sayangnya tidak semua ATM dapat melakukan ini, hanya dari ATM BNI. Untuk pengecekannya sendiri sangatlah mudah, perhatikan langkahnya berikut ini:

  1. Pertama dan sudah pasti harus menuju ATM BNI terdekat.
  2. Mulai menggunakan ATM dengan memasukan kartu serta PIN.
  3. Lalu cari dan pilih menu “cek saldo BPJS Ketenagakerjaan”, dan pilih “cek saldo”.
  4. Setelah ini saldo BPJS Ketenagakerjaan akan muncul di layar.
  5. Setelah mengecek, pastikan mengambil kembali kartu ATM.

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan satu ini memang terkesan lebih modern daripada cara dengan mendatangi kantornya. Namun masih harus pergi ke ATM BNI terdekat dulu baru dapat mengecek. Masih ada cara lain yang lebih praktis dan simpel yang sudah menggunakan jejaring telepon dan internet.

Baca Juga: Apa Itu Bisnis Paytren? Pengertian Paytren, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Menggunakan SMS

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Menggunakan SMS
(Sumber : Zuckici.com)

Cara satu ini sudah dapat dilakukan dari jarak jauh, tidak seperti sebelum-sebelumnya yang mengharuskan berpegian ke suatu tempat. Cara ini memang lebih praktis dan mudah sehingga membuat pengguna layanan BPJS merasa lebih nyaman. Untuk caranya, perhatikan tahapan penggunaannya berikut ini:

  1. Pertama, jika belum pernah menggunakan layanan SMS, yang harus dilakukan adalah mendaftar terlebih dahulu.
  2. Cara mendaftar sangatlah mudah, hanya mengirimkan SMS ke 2757 dengan format isi: DAFTAR SALDO#No KTP#NAMA#Tanggal Lahir#Nomor peserta.
  3. Perlu diperhatikan kata yang semua huruf kapital, diisi dengan huruf kapital. Sedangkan untuk format tanggal lahir menjadi dd-mm-yy, contohnya: DAFTAR SALDO#0102030101900001#IBUNYA BUDI#01-01-90#135792468
  4. Setelah dikirimkan, tunggulah sebentar untuk menerima balasan dari pihak BPJS berupa ucapan terimakasih beserta nomor ID.
  5. Jika sudah mendapatkan ID, maka dapat langsung mengecek saldo dengan cara SMS ke 2727 dengan format SALDO(spasi)No Peserta.
  6. Tunggu lagi sebentar, lalu akan ada balasan berupa jumlah saldo yang dimiliki.

Penting untuk diketahui cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui sms ini hanya berlaku untuk pengguna operator Telkomsel, XL, Indosat. Membuat layanan satu ini sudah simpel, namun masih terbatas. Selanjutnya akan menawarkan cara lain yang lebih mudah dengan menggunakan jaringan internet.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Menggunakan Website

Cara berikut ini sudah dilakukan dengan internet, jadi lebih modern dari cara-cara sebelumnya. Penggunaan internet juga menjadikan cara pengecekan saldo jauh lebih mudah dan fleksibel. Berikut tahapan cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan menggunakan website resminya:

  1. Pertama, langsung saja menuju situs web resmi BPJS ketenagakerjaan, atau dapat menuju laman login melalui tautan https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
  2. Lalu carilah dan pilih menu layanan peserta pada laman website.
  3. Setelah ini akan ada beberapa pilihan, lalu klik pilih tenaga kerja.
  4. Akan ada pilihan lagi, pilih BPJSTKU untuk melihat saldo.
  5. Setelah itu akan dialihkan ke laman login seperti tautan di atas, masukan email dan kata sandi.
  6. Setelah masuk dengan akun, akan banyak bermunculan menu, pilih menu lihat saldo, maka saldo akan dapat dilihat.

Tentu saja sebelum dapat melakukan cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan haruslah memiliki akun terlebih dahulu. Buatlah akun dengan memilih pilihan ‘buat akun’ pada situs tersebut, lalu isi sesuai persyaratan yang ada. Dengan cara ini pengecekan sudah dapat lewat internet, namun masih ada satu cara lain yang membuat lebih mudah lagi.

Baca Juga: Kumpulan Website Dropship Terpercaya dan Paling Aman

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Menggunakan Aplikasi BPJSTKU

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Menggunakan Aplikasi BPJSTKU
(Sumber : Jabarnews.com)

Pada tahun 2018 BPJS Ketenagakerjaan secara resmi merilis aplikasi resminya yang bernama BPJSTKU. Aplikasi ini ditujukan untuk memperluas pengguna dan memberikan pelayanan yang lebih baik. Apalagi aplikasi BPJSTKU ini ada versi android maupun versi iOS, sehingga dapat menjangkau segala ponsel pintar yang ada. Berikut cara menggunakannya:

  1. Pertama instal aplikasi BPJSTKU melalui Playstore maupun Appstore.
  2. Jalankan aplikasi, lalu masuk dengan mengisikan alamat email dan sandi akun. Jika belum memiliki akun, buatlah terlebih dahulu dengan mengikuti persyaratan yang tersedia.
  3. Setelah masuk akun, akan ada pilihan “lihat saldo”, pilih lah menu ini.
  4. Rincian saldo BPJS Ketenagakerjaan pun akan muncul.

Perlu diketahui menggunakan aplikasi pada sistem operasi android, harus sudah 5.0 ke atas atau yang lebih baru. Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan menggunakan aplikasi ini sangat mudah dan mengikuti perkembangan zaman, jadi lebih banyak dan sering digunakan. Aplikasi ini juga sudah diunduh lebih dari 5 juta kali dan semakin banyak tiap waktunya.

Itulah beberapa cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan terbaru yang sangat mudah. Jadi tidak perlu bingung lagi, bagaimana melihat saldo, ikuti saja petunjuk yang sudah diberikan di atas. Tentunya kemudahan ini semakin membantu banyak orang dalam berpartisipasi ke BPJS Ketenagakerjaan, jadi sangat menguntungkan baik bagi peserta maupun lembaga.

Mengingat memiliki BPJS Ketenagakerjaan merupakan hal yang diwajibkan bagi tenaga kerja. Diharapkan setelah mengetahui cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan ini akan lebih senantiasa lagi menggunakan layanan yang disediakan. Tidak ada ruginya, karena risiko sosial ekonomi dapat muncul kapan saja.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.