5 Cara Berjualan di Ebay yang Praktis dan Mudah Dilakukan

Cara-Berjualan-di-Ebay
sumber: www.moneycrashers.com

Memiliki banyak barang bekas kerap kali menimbulkan banyak masalah, terutama untuk seseorang yang tinggal dengan area rumah yang kecil. Menjual barang menjadi salah satu opsi terbaik untuk mengatasinya. Ebay menjadi tempat jual beli barang bekas yang sering digunakan banyak orang. Nah, bagaimana cara berjualan di Ebay dengan tepat dan praktis? Simak artikel ini lebih lanjut!

Alasan Menjual Barang di Ebay

cara berjualan di ebay
sumber: thebalancesmb.com

Sebelum kita masuk dalam pembahasan mengenai cara berjualan di Ebay, kita harus mengerti apa alasan dibalik digunakannya Ebay sebagai sarana penjualan.

Seperti yang kita semua tahu, Ebay bukanlah sebuah nama yang hanya dianggap sebelah mata. Tidak hanya masyarakat Amerika saja, Ebay digunakan oleh seluruh pengguna di dunia secara real-time.

Dengan banyaknya pengguna, maka kita bisa menyimpulkan bahwa barang yang diperjual belikan juga sangat bervariasi, mulai dari jenis, corak ragam, spesifikasi, dan faktor lainnya.

Baca Juga : Rahasia Sukses Cara Jualan di Instagram dan Strategi Ampuh – BukaUsaha

Nah, apabila pembaca tertarik untuk menjual barang di Ebay baik itu sebagai langkah untuk mengurangi barang bekas atau membuat sebuah usaha, berikut adalah kelebihan dan kekurangan berjualan di Ebay yang patut untuk dipertimbangkan

Kelebihan Menjual Barang di Ebay

Seperti halnya di bentuk apa pun, tentu setiap marketplace atau pasar memiliki ups atau kelebihan. Dan tentu saja, hal ini datang dengan beberapa kelemahan juga, yang akan kita bahas nanti.

  • Tidak Perlu Keahlian Khusus

Keuntungan besar pertama yang akan kalian temui adalah betapa mudahnya memulai penjualan di eBay. Tidak perlu main-main dengan kode HTML, mencoba membuat situs sendiri atau menyewa kasir untuk bagian pembayaran.

Yang kalian butuhkan adalah pengetahuan soal barang apa yang akan dijual, langkah pendaftaran, dan bagaimana cara berjualan di Ebay dengan menarik pelanggan potensial

  • Mudah Untuk Membuat List Barang

Cara berjualan di EBay sangatlah terstruktur. Situs ini menyediakan daftar instruksi terperinci yang membawa kalian melalui proses memposting barang-barang untuk dijual selangkah demi selangkah dengan terperinci.

Proses ini sangatlah sederhana sebetulnya. Selain daripada membuat sendiri daftar di Ebay, ada sejumlah aplikasi ponsel telah dibuat untuk melakukan itu.

Aplikasi-aplikasi ini memungkinkan untuk membuat daftar bahkan ketika tidak ada koneksi internet, dan baru mengirimkannya setelah berhasil menemukan hotspot Wi-Fi.

  • Bisa Menjual Barang Apa Saja

Untuk menjadi kompetitif di eBay tidak mengharuskan diri kalian untuk memiliki produk mencolok yang tersedia untuk dijual. Bahkan, ada banyak individu yang mencari nafkah yang layak dengan eBay untuk menjual barang-barang dari sekitar rumah mereka sendiri yang tidak lagi mereka butuhkan, atau bisa dibilang sebagai barang bekas.

Ini adalah keuntungan besar karena itu berarti kalian tidak perlu beroperasi dengan cara yang sama atau setara dengan produksi bisnis yang besar. Punya barang bekas tak terpakai? Langsung jual saja di Ebay.

Baca Juga : 10 Ide Promosi Kreatif yang Terbukti Meningkatkan Penjualan – BukaUsaha

Kelemahan Menjual Barang di Ebay

  • Kompetisi yang Ketat

Pengguna yang berada di seluruh penjuru dunia membuat Ebay menjadi salah satu platform yang digemari untuk membeli dan menjual barang. Dengan begitu, persaingan dengan penjual lain pun tak terhindarkan, membuat penjual kadang sulit untuk menjual barangnya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, banyak orang akan mendaftar sebagai penjual di eBay untuk menemukan aliran pendapatan ekstra atau bahkan sepenuhnya menggantikan pendapatan mereka sebelumnya. 

  • Banyak Fee yang Harus Dibayar

Dengan semakin canggihnya teknologi di Ebay, penjual diharuskan membayar beberapa layanan. Misalnya, hanya untuk mendirikan toko di Ebay saja, penjual harus membayar fee. Setelah barang terjual, penjual pun juga harus membayar fee

Namun, dibalik itu semua, fee tersebut sebenarnya juga akan kembali ke penjual berkat dijaminnya keamanan dan kenyamanan lewat fitur-fitur yang ada.

Cara Berjualan di Ebay

cara berjualan di ebay
sumber : cheatsheet.com

Sekarang kita masuk pada topik utama. Ada beberapa cara yang bisa pembaca lakukan untuk bisa menjual barang di Ebay dengan seefektif mungkin, seperti :

1. Cari Tahu Barang Apa yang Selalu Dibutuhkan

Cara berjualan di Ebay yang pertama adalah mengidentifikasi barang apa yang ingin dijual. Meskipun eBay dapat mengubah item yang tidak diinginkan menjadi uang tunai, printer lama atau unit AC bekas tentu akan jarang lakunya.

Sedikit research saja akan memastikan bahwa kalian akan memberi pembeli apa yang mereka inginkan dan mencegah kalian untuk membuang-buang waktu. 

Tidak ada yang lebih menghancurkan daripada me-refresh halaman dan melihat dua kata itu lagi: “zero bids” yang berarti tidak ada yang tertarik akan barang yang kalian jual.

Beberapa barang-barang terlaris di eBay, seperti yang telah diteliti oleh blog CrazyLister, adalah:

  • Barang elektronik bermerek
  • Ponsel dan aksesorisnya
  • Fashion yang mid-to-high-end 
  • Produk kesehatan dan kecantikan yang tidak digunakan
  • Item kerajinan
  • Barang koleksi
  • Mainan (terutama dengan kualitas terbaik dan terjaga)
  • Barang antik

2. Buatlah Akun Ebay

Semua pengguna harus mendaftar untuk memulai menggunakan situs Ebay. Kalian tidak bisa mencantumkan item tanpa profil adanya.

Tidak ada biaya untuk mendaftar di eBay. Kalian hanya tinggal memilih nama pengguna, memverifikasi email dan mengkoneksikan kartu kredit, debit atau PayPal ke akun sehingga kalian dapat membayar fee yang dibutuhkan terlebih dahulu.

Orang-orang dapat memiliki beberapa akun eBay dengan informasi perbankan yang sama tetapi dengan alamat email atau login information yang berbeda.

3. Atur Opsi Pembayaran

Sebagian besar penjual di eBay menawarkan PayPal sebagai opsi pembayaran. Hal yang asik dari penggunaan PayPal adalah pembeli juga dapat menggunakan kartu kredit untuk melakukan pembayaran jika mereka mau. 

Menerima cek atau pesanan uang dapat membantu meningkatkan penawaran, tapi agak menyulitkan untuk dicairkan.

Untuk Paypal sendiri, sekarang pendaftarannya sudah sangatlah mudah. Bahkan, kini pendaftaran bisa dilakukan hanya dengan kartu debit saja.

4. Ambil Gambar dan Tulis Deskripsi dengan Benar

Sangat penting bahwa pembeli bisa melihat persis apa yang akan mereka beli sehingga tidak ada kebingungan atau kesalahpahaman. EBay menyarankan 8-12 foto per listingan sehingga pembeli dapat melihat semua sisi item dan detail item. 

Selain itu, salah satu foto akan ditetapkan sebagai foto galeri dan akan muncul sebagai foto yang dilihat pembeli saat mencari barang.

Tujuan dari pengoptimalan foto adalah untuk memiliki foto yang luar biasa sehingga ketika pembeli melihat barang kalian dibandingkan dengan barang-barang penjual lain, secara kompetitif, kalian akan terlihat lebih unggul daripada yang lain.

Ada slot untuk 10.000 karakter dalam kotak deskripsi. Gunakan fitur ini dengan bijak. 

Jangan hanya mengetik “MacBook Air 2018” dan meninggalkannya begitu saja. Ingatlah untuk mencantumkan atribut lain yang relevan, tergantung pada apa yang kalian jual. 

Menambahkan deskripsi yang akurat dan terperinci tentang produk kalian akan membuatnya muncul sebagai top item dalam hasil pencarian, karena pembeli mencari produk menggunakan identifikasi atau tertentu.

Baca Juga : Rahasia Cara Membuat Facebook Bisnis untuk Jualan Laris – BukaUsaha

5. Bangun Kepercayaan Dengan Pembeli

cara berjualan di ebay
sumber: moneysavingexpert.com

Feedback dari rating yang diberikan customer pada kalian sebagai seller bisa mengikuti besar kecilnya penjualanmu. Penjual yang baru akan selalu mendapatkan untung yang lebih sedikit, padahal sudah berusaha menjual barang yang sama dengan kompetitor.

Pembeli di Ebay akan selalu mempercayai penjual yang akan selalu ada, dan terbukti bahwa mereka memang bisa dipercaya. Cara tercepat untuk membangun kepercayaan yang tinggi di Ebay adalah dengan melihat review dari customer.

Dulunya, rating ini dibagi menjadi Positive, Negative, dan Neutral saja. Namun, Ebay kemudian menambahkan fitur review yang lebih detail, yang mana bisa mencerminkan bagaimana karakter si penjual dengan semestinya. Ini adalah jalur utama kesuksesan kalian sebagai penjual di Ebay. Jadi, selalu bangun kepercayaan dengan menyediakan barang dan layanan yang over the top.

Itulah beberapa cara berjualan di Ebay yang bisa mulai kalian praktekkan. Ingat, persaingan di Ebay sangatlah ketat. Jadilah seorang penjual yang unik dan memiliki value tersendiri di mata pelanggan.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow dan Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Owner Blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like