Bagi seseorang yang hendak terjun ke dunia bisnis, membaca buku bisnis terbaik bisa dijadikan sebagai langkah awal yang tepat. Dengan membaca, setidaknya pebisnis pemula akan memiliki wawasan mumpuni agar bisa bertahan dalam menghadapi resiko usaha yang jauh lebih besar lagi kedepannya.

Rekomendasi Buku Bisnis Terbaik Untuk Belajar Bisnis

1. Business Adventures

Siapa yang akan menyangka jika buku karangan John Brooks bertajuk Business Adventures akan jadi buku favorit tokoh besar sekelas Bill Gates? Diketahui, pada tahun 1991, Warren Buffet merekomendasikan buku ini pada Bill Gates, tak butuh lama setelah itu, Bill Gates langsung jatuh cinta dan menjadikannya sebagai inspirasi juga motivasi dalam mengembangkan bisnisnya, Microsoft.

Saat ini, Microsoft menjelma sebagai perusahaan raksasa yang sangat diperhitungkan di mata dunia. Tentunya, Business Adventures banyak mempengaruhi pola pikir Bill Gates hingga mampu mengembangkannya seperti sekarang dan menjadi satu dari sekian banyak tokoh terkaya di dunia.

Baca Juga: Trik Rahasia Cara Memulai Bisnis Percetakan Modal Kecil

2. Think and Grow Rich

Think and Grow Rich
(Sumber: Tomaslau.com)

Napoleon Hill secara khusus menekankan penetapan target dan kemauan kuat dari pelaku usaha untuk bisa mencapai kesuksesan lewat bukunya ini. Napoleon berharap agar Think and Grow Rich bisa membantu setiap pebisnis dalam menentukan tujuannya secara spesifik dan menetapkan strategi matang dalam upaya pencapaiannya.

Beberapa hal yang dibahas dalam buku ini meliputi negosiasi, penjualan, kolaborasi, dan hal-hal lain yang dibutuhkan untuk menghasilkan kesepakatan yang baik dengan client.

3. The 80/20 Principle

Dunia bisnis udah lama akrab dengan Pareto (hukum 80/20) yang merupakan salah satu konsep yang dapat diterapkan dalam pengembangan usaha. Sejumlah 80% yang diperoleh melalui bisnis didapat dari 20% usaha yang dilakukan pebisnis itu sendiri. Sederhananya, dari total 5 produk yang dijual, sekitar 80% keuntungannya hanya berasal dari 1 produk yang sama.

Hukum ini tidak hanya berlaku pada sales, namun juga efisiensi SDM dan hal dasar dalam bisnis lainnya. Dengan kata lain, hukum Pareto yang dijelaskan dalam buku karangan Robert Koch, The 80/20 Principle, mengajak para pembacanya agar lebih fokus pada suatu pencapaian yang paling menguntungkan perusahaan.

Baca Juga: Kumpulan Biografi Pengusaha Sukses dan Rahasia Besarnya

4. Little Red Book of Selling

Little Red Book of Selling ditulis oleh penulis besar Amerika bernama Jeffrey Gitomer. Pada buku ini, pembaca akan diajari tentang teknik persuasif dan penjualan yang setidaknya harus dimiliki oleh setiap pengusaha pemula.

Hingga saat ini, tak terhitung berapa pelaku usaha yang mengalami kendala, bahkan gagal dalam upayanya mempertahankan bisnisnya, dikarenakan mereka belum mempunyai dasar teknik mempengaruhi orang supaya mau membeli produknya.

Bukan hanya membahas soal penjualan, Little Red Book of Selling juga mengajarkan pembacanya tentang aspek-aspek penting yang harus diketahui oleh seorang pengusaha sesaat sebelum mereka memulai bisnisnya.

Digawani sampul yang didominasi warna merah ong layaknya pembawa keberuntungan, dan ditambahkannya gambar kartun mungil di setiap halamannya, membuat buku ini tidak membosankan saat dibaca. Apalagi dengan adanya kutipan motivasi di setiap bab yang dijamin akan memberikan pembaca lebih banyak inspirasi juga semangat dalam menjalankan usahanya.

5. Rework

Rework
(Sumber: Medium.com)

Diterbitkan oleh Crown Business, Rework yang merupakan karangan Jason Fried dan David Heinemeier Hansson banyak memberikan pembacanya saran-saran tak terduga. Dimana biasanya buku bisnis akan menyajikan saran yang relatif umum, seperti membuat perencanaan bisnis, mencari investor, mempelajari kompetisi, dan tips lain yang sejenis. Tapi, lewat bacaan Rework, pebisnis justru akan memperoleh perspektif berbeda soal bisnis.

Rework akan membeberkan jalan tercepat dan termudah dalam mencapai kesuksesan sebagai seorang pebisnis.

Bukan hanya berbentuk tips saja, namun buku yang dikemas dalam 279 halaman ini mengarahkan pembacanya mengikuti langkah-langkah terbaik yang perlu diambil ketika menjalankan suatu usaha.

Pembaca juga akan belajar bagaimana menjadi sosok yang produktif, trik beriklan tanpa keluar banyak modal, pun dengan kutipan motivasi yang siap membakar semangat pembaca untuk memulai bisnis.

Mengingat penyampaiannya yang dibuat sederhana namun to the point, Rework sangatlah cocok untuk dibaca para pebisnis pemula yang masih merasa awal terkait dunia usaha.

Baca Juga: Bisnis Modal 5 Juta Paling Laris yang Mudah untuk Ditiru dan Trik Balik Modal Cepat

6. Zero to One: Notes on Startups, or How to Build the Future

Dijajakan dengan harga USD 20, buku Zero to One: Notes on Startups, or How to Build the Future cukup layak mengisi rekomendasi buku terbaik untuk belajar bisnis.

Peter Thiel, yang merupakan CEO dari Paypal, mengungkapkan bagaimana langkah pertama yang perlu ditempuh dalam membangun sebuah bisnis dan cara pebisnis menciptakan inovasi baru dalam usahanya. Sebagaimana yang kita ketahui, sejak teknologi dan internet berkembang pesat, ranah dunia usaha semakin meluas, dan karenanya para pelaku usaha bisa terus bereksplorasi dari berbagai perspektif.

Nah, buku terbitan Crown Business ini akan mengajarkan pembaca bagaimana cara memanfaatkan keberadaan teknologi dan internet sebagai wadah dalam berbisnis.

Disamping itu, buku setebal 195 halaman ini  juga akan mengajarkan pembacanya beberapa kemampuan yang seharusnya dimiliki oleh tiap-tiap calon pemimpin, yakni belajar untuk memahami diri sendiri.

Melalui buku ini, Peter Thiel menunjukkan kepada pembacanya untuk melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda, mengamati prospek dimasa mendatang, sekaligus belajar menciptakan inovasi terbaru.

7. Shoe Dog: A Memoir by the Creator of NIKE

Shoe Dog: A Memoir by the Creator of NIKE
(Sumber: Medium.com)

NIKE. Dari namanya saja sudah tergambar dengan jelas bagaimana wujud dari usaha raksasa ini. Perusahaan sepatu terpopuler di dunia dengan inovasi produk out of the box, banyak digunakan oleh tokoh besar dunia dan para selebriti, pun juga populer karena kualitasnya yang mumpuni.

Untuk bisa mencapai tahap ini, pendiri perusahaan ini telah melalui banyak rintangan juga tantangan dalam hidupnya.

Lewat Shoe Dog: A Memoir by the Creator of NIKE, Phil Knight yang merupakan pendiri dari brand ini membagikan kisah perjuangannya  dalam mendirikan perusahaannya hingga menjadi brand ikonik untuk sepatu olahraga di dunia.

Setelah membaca buku ini, para pembaca diharapkan akan memperoleh inspirasi dan motivasi bahwa tidak ada sesuatu yang bersifat instan jika hal tersebut berhubungan dengan pencapaian kesuksesan.

Phil Knight yang diceritakan baru saja lulus dari sekolah bisnis, meminjam uang ayahnya sebesar 50 dollar untuk kemudian ia jadikan sebagai modal membangun perusahaan yang mempunyai 1 misi, yaitu membuat sebuah produk sepatu dengan modal kecil namun memiliki kualitas baik.

Pada tahun pertamanya, Phil Knight memperoleh penghasilan kotor senilai USD 8.000 dari berjualan sepatu buatannya di lingkungan rumah. Namun kini, NIKE sudah berhasil mencapai nilai jual sekitar USD 30 miliar.

Di dalam buku yang diterbitkan oleh Scribner, Knight membeberkan rahasianya dalam memulai dan menjalankan usahanya hingga bisa sukses seperti saat ini, serta kendala beserta rintangan yang dihadapinya.

Pepatah lama mengungkapkan, “buku adalah jendela ilmu” itu sangatlah relevan. Dengan membaca buku bisnis terbaik, pengetahuan pebisnis mengenai dunia usaha akan semakin terbuka, sehingga upaya pengembangan bisnis pun tak lagi jadi hal sulit untuk dilakukan.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.