Keberadaan internet seakan sudah menjadi barang kebutuhan pokok. Fenomena seperti ini dapat menjadi peluang usaha untuk membuka bisnis Wifi Indihome rumahan. Cukup dengan modal internet unlimited, dan pebisnis dapat menghasilkan banyak keuntungan tambahan.

Cara Bisnis Wi-Fi Indihome

1. Tentukan Sumber Internet

Wifi merupakan teknologi komunikasi yang menggunakan sinyal radio jarak pendek. Yang dibutuhkan oleh orang-orang sebenarnya bukanlah perangkat Wifi, melainkan akses internet yang tersedia lewat jaringan wifi. Sehingga hal pertama yang dibutuhkan dalam bisnis ini adalah sumber internet unlimited.

Terdapat beberapa cara untuk mendapatkan internet unlimited tanpa kuota yang bisa digunakan. Salah satunya adalah:

Baca Juga: Trik Hebat Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Tanpa Modal

a. Langganan Internet Kabel

Langganan Internet Kabel
(Sumber : Rfindustries.com)

Selain murah, internet kabel diklaim jauh lebih stabil dan bebas dari gangguan cuaca. Umumnya, internet kabel menggunakan media kabel Coaxial, Fiber Optic (FO), dan kabel telepon.

b. Langganan Internet Wireless

Langganan Internet Wireless
(Sumber : Artikel.rumah123.com)

Alternatif lain yang dapat digunakan adalah provider internet wireless atau RT-RW net yang menawarkan bandwidth minimal 5 Mega.

Dengan bandwidth 5 Mbps, pebisnis dapat membuka usaha Wifi hotspot menggunakan mikrotik sebagai pengatur bandwidth tersebut. Kapasitas ini dapat digunakan oleh 10 orang, dan masih lancar untuk menonton Youtube dan main game.

c. Langganan Internet Seluler

Jika ingin menggunakan jaringan telepon seluler, pastikan terlebih dahulu area yang hendak dipakai sudah masuk pada jaringan 4G. Bila belum, pebisnis bisa nembak dengan radio 4G outdoor dari bakal area bisnis ke tower 4G terdekat.

2. Tentukan Sistem Cara Jualan WiFi Hotspot

Kemudian, lakukan riset sederhana untuk mencari tahu bagaimana internet di rumah bisa diperjual belikan untuk bisnis.

Terdapat 2 cara agar pebisnis bisa memulai usaha hotspot Wifi. Yakni dengan memanfaatkan peralatan yang diberikan oleh tempat berlangganan internet, atau membuat sistem voucher sendiri agar pengelolaan lebih mudah dan kualitas layanan bisa terjaga dengan baik meski banyak yang user yang tersambung.

a. Jualan WiFi Sistem Ganti Password

Pemanfaatan sistem ganti password merupakan cara berbisnis internet yang paling mudah dan murah. Tapi cara ini dianggap rumit karena pengusaha harus mengganti passwordnya setiap hari dan tidak dapat memasang tarif berdasarkan waktu. Sekali saja pengunjung mengetahui passwordnya, mereka dapat menggunakan jaringan internet selama seharian penuh. Akibatnya, kecepatan internet tidak dapat dibagi secara merata, sehingga Wifi akan lemot saat banyak digunakan.

Beberapa kelebihan dari sistem ini adalah:

  • Tidak membutuhkan perangkat printer untuk mencetak voucher.
  • Lebih murah karena tidak memerlukan AP Wifi dan router.
  • Password bisa diganti menggunakan smartphone.
  • Bisa langsung memanfaatkan Wifi yang diberikan pihak provider internet.

Adapun untuk kekurangan dari sistem ini adalah:

  • Perlu mengganti password setiap hari.
  • Akan sering terjadi lag saat terhubung dengan internet, terutama ketika jaringan terlalu ramai.
  • Pemilik bisnis tidak bisa mengatur durasi pemakaian dari setiap user.
  • Bandwidth rebutan, sehingga kecepatan internetnya tidak bisa dibagi rata.

Apabila pengguna hotspot masih sedikit, yakni berkisar 5-7 orang saja, mungkin masih bisa lancar. Jika bandwidth yang digunakan hanya 10 Mbps, kemungkinan user yang sedang main game akan terganggu saat ada yang membuka youtube.

Baca Juga: Penjelasan Sistem Bisnis Trading Terlengkap di Internet Beserta Untung Rugi

b. Jualan WiFi Sistem Voucher

Jualan WiFi Sistem Voucher
(Sumber : Barbarcheat.com)

Sistem voucher dianggap sebagai cara yang paling ideal untuk jualan hotspot Wifi. Cara ini membutuhkan perangkat tambahan agar bisa diaktifkan, sehingga pebisnis pun membutuhkan modal ekstra untuk itu. Namun, hal tersebut akan sangat sepadan dengan fitur dan kemudahan yang diperoleh. Selain itu, pelanggan juga akan lebih puas lantaran kecepatan internet yang mereka dapat lebih stabil. Pengusaha pun akan lebih dimudahkan dalam hal pengelolaan dan keamanannya.

Sistem voucher menawarkan beberapa kelebihan, seperti:

  • Voucher dapat berfungsi sebagai tiket masuk agar dapat menggunakan internet.
  • Pelaku usaha tidak perlu repot mengganti password hotspotnya setiap hari.
  • Durasi pemakaian user dapat ditentukan melalui voucher yang dibuat.
  • Saat durasi voucher habis, voucher akan langsung hangus dan internet tidak akan bisa digunakan lagi.
  • Meskipun sedang ramai pengunjung, kecepatan internet tetap stabil karena dibagi secara otomatis.
  • Dapat mencetak voucher hingga ratusan sekaligus.
  • Harga voucher dapat diatur sesuka pemilik usaha.
  • Masa berlaku voucher akan dihitung sesaat setelah voucher diaktifkan.
  • Dapat dibuat dengan voucher model apapun. Entah itu per jam, harian, atau bahkan bulanan.

Sistem ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti:

  • Membutuhkan modal yang lebih banyak untuk membeli perangkat tambahan, yakni Wifi AP dan router.
  • Memerlukan komputer dan printer untuk membuat voucher cetak. Atau bisa juga dengan berlangganan cetak voucher di warnet.
  • Pemilik usaha perlu dibekali dengan pengetahuan tentang pengaturan router mikrotik dan APnya.

Meskipun bandwidth yang digunakan kecil, 10 Mbps misalnya, koneksi internet akan tetap stabil bahkan ketika digunakan oleh 15-20 orang sekaligus. Ini karena mikrotik akan mengatur manajemen bandwidth sehingga kecepatan internet akan dibagi sesuai prioritas dan merata.

3. Biaya Pembuatan Usaha WiFi Hotspot

Memulai bisnis Wifi Indihome rumahan tidaklah membutuhkan modal yang mahal. Cukup dengan memasang internet kabel sekitar Rp 400.000 dan usaha jualan hotspot Wifi pun sudah bisa dijalankan dengan penggunaan sistem ganti password.

Apabila ingin pekerjaan lebih mudah, rapi, aman, dan kualitas hotspotnya baik, alias tidak lag saat banyak pengguna, maka pengusaha bisa merogoh kocek lebih dalam untuk membuat sistem voucher.

Namun bila pebisnis memiliki modal yang terbatas, ada baiknya untuk menggunakan sistem ganti password. Nantinya, pebisnis akan diberi modem wifi oleh ISP, tempat memasang internet, yang bisa langsung digunakan. Kendati demikian, pelaku usaha hotspot harus mengetahui akun routernya terlebih dahulu.

Baca Juga: Rahasia Sukses Cara Bisnis Bitcoin Tanpa Modal untuk Pemula

4. Cara Setting WiFi Untuk Usaha/Bisnis Rumahan

Baik hotspot dengan sistem ganti password ataupun voucher. Keduanya bisa dilakukan sendiri tanpa perlu membayar lebih untuk jasa setting hotspot. Lebih detailnya, pebisnis dapat menggunakan panduan lengkap cara setting berikut:

1. Cara Setting WiFi Sistem Ganti Password Manual

Ketika memasang internet kabel atau wireless, umumnya kita akan diberi router Wifi secara otomatis. Pada tahap ini, pelaku bisnis dapat minta diajari bagaimana cara mengganti password Wifi lewat HP. Idealnya, password Wifi memang harus sering diganti agar aman. Entah karena dibobol oleh hacker atau bocor ke orang lain.

Yang perlu dilakukan ialah meminta toling ke teknisi yang memasang Wifi untuk diajari bagaimana prosedur penggantiannya. Bila sudah paham betul, kini usaha hotspot Wifi bisa mulai diecerkan.

b. Cara Setting WiFi Sistem Voucher

Meskipun sedikit rumit, pengusaha masih bisa melakukannya sendiri bila mau belajar. Setelah membeli router mikrotik dan Wifi AP, pengusaha hanya perlu mensettingnya sebelum akhirnya mulai mengedarkan bisnis ini.

Dibekali keuletan dan rasa ingin belajar, bisnis wifi Indihome ini pun bisa sukses dijalankan. Jenis usaha seperti ini akan sangat cocok untuk diterapkan di tempat yang memang minim sinyal. Karenanya, sebelum memutuskan untuk membuka bisnis ini, pastikan untuk melakukan riset terhadap pasar lebih dulu. Apakah lingkungan sekitar benar-benar membutuhkannya atau tidak.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.