Untuk menambah pemasukan, mahasiswa banyak yang melakukan bisnis selama menjalani masa kuliah. Hasilnya lumayan dan bahkan ada yang sampai sukses menghasilkan omset jutaan rupiah. Bisnis untuk mahasiswa pemula juga terbilang sangat beragam dan bisa dilakukan di sela-sela jam kuliah.

Memasuki dunia perkuliahan memang merupakan waktu untuk menjadi pribadi yang mandiri. Bagi mahasiswa yang kuliah jauh dari kota asalnya alias merantau, tentu dituntut untuk bisa mengurus segalanya sendiri, termasuk dalam mengatur keuangan. Apalagi mahasiswa semester 1 yang baru saja memulai merantau dan tinggal jauh dari keluarganya.

Segala pengeluaran harus diatur seminimal mungkin agar jatah uang bulanan sampai di akhir bulan. Tak jarang, keperluan mahasiswa ada saja yang tak terduga, mulai dari print tugas, beli buku, dan sebagainya. Oleh sebab itu, kadang jatah uang bulanan sudah habis sebelum waktunya.

Aneka Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula Paling Menguntungkan


Berikut ini adalah beberapa rekomendasi bisnis untuk mahasiswa yang cukup menguntungkan dan menggiurkan:

1. Bisnis Online Shop

Bisnis untuk Mahasiswa Pemula
(Sumber : aceh.tribunnews.com)

Sekarang, banyak orang berbondong-bondong menggunakan aplikasi online untuk berbelanja dengan cepat, mudah dan tak perlu kemana-mana. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang layak dicoba bagi mahasiswa pemula.

Bisnis ini bisa dimulai dengan menawarkan barang kepada teman kuliah atau saudara dan juga dipasarkan melalui marketplace. Barang yang dijual pun dipilih sesuai minat dan strategi masing-masing. Satu produk dengan banyak jenis dan variasi atau berbagai produk kebutuhan sekaligus. Semua bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing.

Baca Juga : Panduan Dasar Sukses Bisnis Ternak Ayam Termudah untuk Pemula

Bisnis ini memiliki peluang besar karena mindset setiap orang di zaman sekarang adalah mencari kemudahan. Misalnya hendak membeli baju, tinggal buka aplikasi, pilih, dan tunggu beberapa hari sudah bisa mendapatkan baju yang diinginkan, tanpa perlu keluar rumah dan menghabiskan waktu di jalan.

2. Bimbingan Belajar

Peluang usaha bimbel atau bimbingan belajar juga wajib dicoba bagi mahasiswa pemula yang ingin menambah pemasukan. Seorang mahasiswa tentu sudah melewati masa Pendidikan mulai SD, SMP hingga SMA tentu materi-materinya sudah pernah dipelajari.

Nah, status sebagai mahasiswa biasanya sudah banyak yang dipercaya para orang tua untuk memberikan pelajaran tambahan kepada anak-anaknya. Apalagi kompleks kampus dan kota-kota besar, banyak sekali orang tua yang tertarik untuk mencari guru les karena orang tua yang sibuk dan sebagainya.

Bagi mahasiswa pemula yang ingin memulai bisnis dengan menjadi seorang guru les, bisa mulai dari les privat dengan mematok biaya sekitar Rp50.000,- setiap pertemuan per orang. Bisa juga dengan mendirikan lembaga bimbingan belajar bersama teman-teman kampus lintas jurusan agar bisnis bisa terus berkembang. 

3. Jasa Desain Grafis

Bisnis untuk Mahasiswa Pemula
(Sumber: www.yuksinau.id)

Usaha jasa desain grafis sangat disarankan untuk para mahasiswa yang berfokus pada bidang desain, seperti jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), Desain Interior, dan lain sebagainya. Namun, bagi mahasiswa jurusan lain yang tertarik dan punya kemampuan di bidang desain sangat diperbolehkan.

Dengan menekuni usaha ini, akan menambah lagi keterampilan yang dimiliki dan mempunyai tambahan nilai portofolio jika hendak mencantumkan di CV kelak.  Hal-hal yang diperlukan untuk memulai usaha ini adalah dengan menguasai Adobe Photoshop, Corel Draw, Lightroom, dan aplikasi lain yang bisa digunakan untuk desain grafis.

Bisnis ini bisa dimulai dengan mengikuti event-event kompetisi seperti pembuatan logo perusahaan, event ulang tahun kampus, mendesain undangan pernikahan teman, dan lain sebagainya. Usaha ini juga bisa dijalankan pada beberapa website khusus freelancer yang sudah banyak berkembang. Jika bergabung dengan website tersebut kita bisa mulai menawarkan jasa pada klien-klien yang membutuhkan.

4. Jasa Event Organizer

Kemampuan merencanakan dan mengelola sebuah acara secara tidak disadari dimiliki oleh para mahasiswa. Mahasiswa terbiasa mengadakan sebuah acara dimulai dari tingkat jurusan hingga sekelas nasional. Bahkan, mahasiswa pemula semester 1 juga dilibatkan untuk membantu dalam pelaksanaannya.

Baca Juga : Jenis Investasi Terbaik untuk Bisnis Modal 10 Juta

Kemampuan ini merupakan sebuah peluang usaha untuk menjadi seorang event organizer. Event organizer atau EO adalah profesi yang berperan sebagai penyedia jasa profesional penyelenggara acara. Menawarkan jasa ini ke beberapa acara sederhana seperti seminar, ulang tahun, dan acara kantor bisa menjadi permulaan untuk mengawali usaha.

Merencanakan dan mengelola acara tentu dibutuhkan tim yang baik, maka solusinya adalah dengan merekrut teman-teman yang lain untuk bergabung dan menjadi sebuah tim. Bisnis ini memiliki peluang yang besar jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.

5. Influencer

Instagram membuka kesempatan bagi siapa saja yang mau memanfaatkan kemudahan dan keuntungan yang bisa diperoleh, termasuk bagi mahasiswa. Industri endorsement  telah membuat Instagram tidak hanya sebagai media sosial yang digunakan untuk membagikan foto tetapi juga sebagai media periklanan.

Manfaatkan media sosial ini untuk menarik endorsement, caranya dengan menyajikan konten-konten menarik untuk meningkatkan jumlah followers. Bekerjasama dengan teman yang memiliki kemampuan fotografi akan memberikan nilai lebih pada tampilan feed Instagram.

Konten yang diunggah pun beragam sesuai minat masing-masing, bisa tentang info dan fenomena yang terkait dengan jurusan kuliah. Bisa juga yang tidak berhubungan dengan jurusan kuliah, misalnya berhubungan dengan life style yang mengedukasi.

Beberapa konten yang disukai para pemilik akun di Instagram contohnya adalah hal baru di dunia perkuliahan sebagai mahasiswa pemula, sedikit motivasi secara berulang setiap minggu, video tutorial, dan lain sebagainya.

6. Bisnis Kuliner

Bisnis untuk Mahasiswa Pemula
(sumber: :Lifepal.co.id)

Area kampus biasanya sangat luas dan besar sedangkan toko atau kantin hanya tersedia di berbagai tempat dan tidak banyak. Sedangkan mahasiswa yang sudah memasuki semester atas sangat disibukkan dengan tugas dan proyek akhir kuliah dan tidak sempat menyiapkan makanan atau hanya sekedar mampir ke warung untuk membeli makan.

Hal ini bisa menjadi peluang usaha yaitu bisnis kuliner. Bisnis ini bisa dimulai dengan bekerjasama dengan produsen donat, pedagang pasar dan sebagainya untuk menjualkan dagangannya. Setiap hari mengambil stok dagangan dan kemudian dibawa ke kampus dan ditawarkan kepada teman-teman di kelas.

Baca Juga : Contoh Bisnis Makanan Ringan Unik Belum Ada Pesaing

Cara lain yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis ini adalah dengan membuat makanan  sendiri dan memasarkannya dengan sistem DO atau delivery order. Makanan yang bisa dibuat seperti dessert brownies lumer, pisang keju, dan sebagainya yang mudah dibuat dan unik, sehingga menarik mahasiswa lain untuk membeli.

7. Bisnis Jual Beli Buku Bekas

Mahasiswa pasti membutuhkan buku-buku materi perkuliahan untuk menunjang pembelajaran di kelas maupun saat mengerjakan tugas. Saat biaya kuliah yang semakin mahal, buku bekas menjadi alternatif untuk mengurangi beban keuangan mahasiswa.

Buku bekas dapat dibeli dengan harga murah dari pengumpul buku atau dari kakak tingkat dalam satu jurusan atau orang lain yang sudah tidak membutuhkannya lagi. Kemudian buku bekas tersebut dapat dijual kembali kepada teman atau orang lain yang membutuhkan.

Demikian beberapa rekomendasi bisnis untuk mahasiswa pemula semester 1. Pilihlah bisnis yang sesuai passion dan diniatkan untuk menambah pengalaman serta berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas, sehingga bisnis bisa berjalan dengan sukses. Selamat mencoba.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.