Salah satu penggerak roda ekonomi Indonesia adalah UKM atau Usaha Kecil Menengah. Bisnis ini merupakan salah satu bisnis yang paling banyak peminatnya. Karena modal yang dikeluarkan tidak banyak dan risiko kerugiannya juga kecil. Untuk itu diperlukan bisnis UKM terbaik yang tepat untuk bisa dijalankan.

Tidak sedikit yang bingung untuk memilih bisnis UKM yang diinginkan. Dengan berbagai alasan, seperti tidak adanya modal, kurangnya pengalaman, ketidaktahuan teknik pemasaran, bahkan berbagai hambatan lainnya. Tidak ada bisnis yang tanpa kendala, yang terpenting adalah pantang menyerah. Untuk itu harus mengetahui berbagai macam bisnis UKM yang bisa dijalankan di Indonesia.

Baca Juga: Bisnis Franchise Kopi: Cara Memulai, Jenis-Jenis dan Biaya

Macam-Macam Bisnis UKM di Indonesia

Ternyata banyak sekali macam bisnis UKM yang ada di Indonesia. Walaupun begitu, tidak sedikit masyarakat yang merasa bingung untuk memilih. Dengan alasan tidak memberikan prospek yang baik pada mereka. Jangan pernah ragu untuk memilih salah satu bisnis UKM. Yang diperlukan hanyalah amati, tiru, dan modifikasi. Berikut paparan bisnis UKM yang menjanjikan di Indonesia.

1. Bidang Kuliner

Bidang Kuliner
(Sumber : Lifepal.co.id)

Bisnis ini termasuk salah satu bisnis UKM  yang banyak diminati dan tidak akan pernah sepi. Karena makanan termasuk salah satu kebutuhan pokok manusia. Jika ingin berhasil dalam bisnis kuliner, maka perhatikan kualitas rasa, kemasan, pelayanan, dan tentu saja strategi promosi yang dipakai.

Pilih ide kuliner yang unik, bisa dari rasa makanan atau nama makanannya. Cara penyajian makanannya juga harus diperhitungkan. Manfaatkan layanan jasa antar makanan, seperti Go Food dan GrabFood. Dengan jasa antar makanan memungkinkan bagi pelanggan untuk memesan makanan secara online. Dan makanan akan diantarkan ke lokasi pelanggan.

Bagi yang memulai usaha kecil menengah, bekerja sama dengan jasa layanan antar makanan merupakan suatu keharusan. Dengan begitu akan meraih lebih banyak pelanggan online.

2. Fashion

Bisnis UKM terbaik selanjutnya adalah di bidang fashion. Usaha ini merupakan bisnis primadona di Indonesia. Produk fashionmerupakan produk incaran ketika masyarakat berbelanja online. Lingkup industifashion sangat luas, mulai dari baju, terusan, celana, hijab, aksesoris, sampai dengan sepatu.

Jika memiliki passion di dunia fashion, jangan ragu untuk memulai usaha ini. Yang diperlukan adalah pengamatan trendfashion yang sedang dipakai. Karena trendfashion selalu berubah dan berkembang. Perhatikan pula target market yang dituju. Apakah fashion yang dijual diperuntukkan untuk bayi, anak-anak, remaja, dewasa, laki-laki atau perempuan. Sehingga bisa fokus ketika menjualnya.

Jika belum memiliki modal, untuk langkah awalnya bisa menjadi reseller atau dropship dari brandfashion yang terkenal. Sambil berbisnis, lakukan upgrade ilmu bisnis dan pengumpulan modal untuk memulai bisnis sendiri.

3. Kosmetik dan Skincare

Industri kosmetik dan skincare di Indonesia memiliki masa depan cerah. Oleh karena itu, bisa diperhitungkan untuk memulai bisnis. Berdasarkan laporan dari kementerian perindustrian, sejak tahun 2017 bisnis kosmetik dan skincare mengalami kemajuan sebesar 20%. Bahkan 95% industri kosmetik dan skincare dikuasai oleh industri kecil menengah.

Bukan hanya itu saja, pasar untuk kosmetik dan skincarejuga diperluas. Tidak hanya perempuan, laki-laki juga merupakan pasar potensial industri ini. Jika ingin memulai bisnis ini, pastikan  untuk mempertimbangkan konsumen laki-laki dan menggunakan bahan alami.

4. Pendidikan

Jika tidak berminat menjual produk, bisa memilih untuk menjual jasa. Salah satunya adalah industri pendidikan. Sektor pendidikan juga tidak kalah populer dengan bisnis UKM  lainnya. Dengan alasan orang tua memberikan jam tambahan belajar untuk anaknya. Mereka akan mendaftarkan anaknya ke bimbingan belajar atau les privat.

Skill Yang diperlukan adalah keterampilan dalam mengajar. Semakin dikenal dengan teknik pengajaran yang baik, maka akan semakin banyak murid yang akan mendaftar. Untuk tempat belajarnya bisa menyulap beberapa bagian rumah atau bisa mengunjungi langsung rumah siswanya.

Baca Juga: Profesi dan Peluang Bisnis Saat Corona yang Bikin Kaya Raya

5. Bidang Kecantikan

Bidang Kecantikan
(Sumber : Kontan.co.id)

Perlu diketahui populasi wanita di Indonesia lebih banyak dari pada populasi pria. Dan juga kebutuhan wanita lebih beragam dari pada kebutuhan pria. Oleh karena itu, bisa dijadikan inspirasi untuk membuka usaha. Yaitu usaha di bidang kecantikan.

Banyak usaha yang bisa dilakukan di bidang kecantikan. Misalnya membuka salon, SPA, menjual peralatan makeup, menjadi penata rias  atau lainnya. Bisnis ini akan berkembang ketika banyak wanita yang memerlukan jasa rias untuk keperluan acaranya. Misalnya wisuda, pernikahan, dan acara lainnya. Bahkan bisnis kecantikan  akan menjadi hal yang menjanjikan ketika setiap wanita mementingkan  penampilannya. Jadi, jangan ragu untuk menekuni bisnis ini.

6. Produk Kerajinan Tangan

Bisnis UKM yang bisa dijalankan berikutnya adalah bisnis produk kerajinan tangan. Indonesia memiliki kekayaan alam yang berlimpah dan merupakan anugerah terbesar yang bisa dimanfaatkan untuk membuat suatu produk yang bermanfaat untuk sekitarnya. Bukan hanya bermanfaat, produk tersebut bisa bernilai ekonomis.

Ini bisa menjadi peluang yang besar jika bisa merubah bahan baku menjadi produk yang kreatif. Dan tentu saja bisa memasarkan produk tersebut dengan baik. Contoh kerajinan tangan yang bisa dipasarkan adalah bros, berbagai macam tas anyaman, celengan, boneka, kain, sarung, dan lain sebagainya.

Sekarang untuk pemasaran produk kerajinan begitu mudah yaitu dengan memakai toko online. Memang sejak dahulu produk kerajinan sudah ada, tapi pemasarannya hanya sekitar toko besar atau tempat-tempat wisata. Dengan adanya toko online, pemasaran produknya akan lebih luas.

7. Furniture

Jika dilihat, bisnis ini memerlukan modal yang cukup besar. Padahal jika bisa bekerja sama dengan beberapa toko furniture, langsung bisa menjalankan bisnis ini lewat media online. Dan sekarang, pelanggan tidak harus mengunjungi toko secara langsung. Mereka bisa membelinya lewat online. Bahkan bisa melihat model furniture secara online juga.

8. Digital Marketing Agency

Hampir semua kegiatan berbelanja di zaman sekarang dimulai dari mesin pencari google  atau media sosial. Tapi tidak semua pelaku usaha kecil menengah bisa melakukan digital marketing. Dari sini yang memiliki keahlian dalam bidang digital marketing bisa membuka usaha kecil.

9. Buku

Jika berniat untuk memulai bisnis ini, perlu untuk mengetahui buku-buku yang sering dicari. Misalnya buku langka atau buku impor yang sedang dicari banyak orang. Manfaatkan internet untuk menjual buku secara online. Bisa melaluiwebsite, marketplace, atau media sosial.

Baca Juga: Jenis-Jenis Produk Bisnis Afiliasi Terlaris dan Paling Laku Setiap Hari di Pasaran

10. Agribisnis

Agribisnis
(Sumber : Lifepal.co.id)

Bisnis UKM yang bisa dijalankan di Indonesia yang terakhir adalah di bidang agribisnis. Bisnis ini merupakan bisnis di bidang pertanian dan peternakan. Kebanyakan pelaku bisnis ini adalah orang tua, jarang sekali anak muda. Padahal, bisnis ini termasuk menjanjikan dan peluangnya juga masih terbuka lebar.

Yang bisa dilakukan ketika memulai bisnis ini adalah bisa menjual berbagai macam sayur organik, budidaya tanaman rempah, ternak ayam petelur atau ayam potong, dan lain sebagainya.

Itulah sepuluh macam contoh bisnis UKM terbaik yang bisa dilakukan di Indonesia. Yang terpenting untuk memulai usaha adalah sifat pantang menyerah dan mau bekerja keras. Selalu upgrade ilmu bisnis, bisa dengan mengikuti beberapa kegiatan pelatihan yang diadakan pemerintah. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.