Bisnis tiket pesawat online merupakan salah satu kegiatan usaha penyedia layanan transportasi udara yang terbilang cukup sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja yang ingin mendapat penghasilan tambahan. Jenis bisnis yang satu ini cocok pula untuk dikerjakan mahasiswa yang ingin mengisi waktu luangnya dengan melakukan hal produktif serta menguntungkan.

Penggunaan alat transportasi pesawat memang semakin lama semakin besar, karena banyak orang yang membutuhkannya. Kemudahan dan kecepatan menjadi dua keunggulan yang ditawarkannya. Tak hanya untuk perjalanan wisata, berbagai kegiatan pekerjaan dan kepentingan seseorang pun bias terbantu dengan hadirnya pesawat terbang ini.

Peluang Bisnis Tiket Pesawat Online

bisnis tiket
(Sumber: Tirto.id)

Memang tak begitu banyak orang yang tertarik dengan bisnis yang satu ini, namun sebetulnya jenis usaha tersebut mampu mendatangkan omzet yang cukup besar dan menguntungkan. Apalagi jika bisnis ini dilakukan secara online. Selain semakin mudah, keuntungan yang didapat bisa semakin besar.

Peluang dari bisnis tiket online ini tentu saja terletak pada kebutuhan pasar. Banyaknya konsumen  yang membutuhkan jasa dari bisnis tersebut mampu mendatangkan keuntungan yang banyak pula. Jika dilihat dari sisi waktu pelaksanaan, kita bisa memulai dan menjalankan usaha tiket ini kapan saja. Selain itu, peluang usaha lainnya terletak pada penyampaian informasi dan kegiatan pemasaran yang dijalankan akan lebih mudah juga cepat tersebar.

Pada umumnya, keuntungan yang didapat dari bisnis yang satu ini adala sekitar 70% – 80% dari komisi asli maskapai penerbangan. Contoh perhitungannya adalah sebagai berikut: jika harga tiket pesawat sebesar Rp1.000.000. maka keuntungan maskapainya sekitar Rp100.000 dan keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menjual tiket pesawat secara online ini sebesar Rp70.000 – Rp80.000. Cukup lumayan, bukan? Walau memang pada pelaksanannya semua tergantung pada kebijakan dari masing-masing maskapai ataupun jenis kerjasama yang dijalin.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp Bisnis untuk Pengusaha

Bisnis tour and travel di Indonesia memang terbilang cukup menjanjikan, apalagi kini penggunaan pesawat tak lagi hanya untuk kelas menengah ke atas, namun hampir seluruh lapisan masyarakat membutuhkannya untuk berbagai kepentingan, baik perjalanan bisnis, wisata dan lain sebagainya.

Indonesia memang kaya akan tempat wisata yang menarik, oleh karenanya, bisnis ini menjadi salah satu pemenuh kebutuhan masyarakat akan jasa pariwisata tersebut, yang kemudian didukung oleh bertambahnya jumlah Bandara dan lokasi wisata dari waktu ke waktu.

Rahasia Sukses Bisnis Tiket Pesawat Tanpa Modal Besar

bisnis tiket
(Sumber: Techinasia.com)

Berikut merupakan point-point tips memulai usaha tiket pesawat secara online tanpa modal besar yang bisa diaplikasikan oleh para mahasiswa, diantaranya:

Baca Juga: Pengertian Komunikasi Bisnis – Teori, Fungsi, Konsep dan Penjelasannya

1. Bekerjasama dengan Perusahaan Tertentu

Langkah awal yang bisa dilakukan adalah menjalin kerjasama atau menjadi agen maupun mitra perusahaan tertentu yang dapat menyediakan kebutuhan tiket perjalanan pesawat. Dengan demikian, kita akan dibantu untuk memperoleh pengetahuan dan cara memulai bisnis ini dengan menjalankan beberapa prosedur khusus. 

2. Memahami Alur Bisnis

Rahasia yang berikutnya adalah pahamilah terlebih dahulu seluk beluk mengenai tiket pesawat terbang dan alur penjualannya.  Kuasai tentang hal reservasi tiket juga beberapa kegiatan operasional lainnya yang akan berpengaruh pada bisnis tiket pesawat terbang ini.

Selanjutnya, gunakanlah seperangkat komputer atau laptop yang terhubung dengan jaringan internet untuk mengupdate informasi dan pengetahuan tentang tiket pesawat. Sambungkanlah pula pada perangkat printer untuk kebutuhan  mencetak.

Hal berikutnya yang tak kalah penting adalah, pengetahuan tentang apa saja kelebihan atau kekurangan yang dimiliki oleh beberapa maskapai penerbangan sebagai penyedia jasa transportasi, lakukanlah edukasi pada calon konsumen atau pelanggan mengenai point-point penting tersebut.

3. Melakukan Pengecekan Harga Tiket

Sebagai agen penyedia tiket pesawat, kita harus melakukan pengecekan harga dengan rutin dan berkala, agar pelanggan akan semakin dimudahkan dan memilih menggunakan jasa bisnis tiket pesawat yang dikelola ini. Selain itu, kita juga harus senantiasa update mengenai harga promo dari berbagai maskapai. Hal ini akan menjadi daya tarik bagi konsumen untuk memilih dan menentukan perjalanannya nanti.

4. Menjalankan Strategi Marketing

Sama seperti berbagai jenis usaha lainnya, bisnis tiket pesawat juga harus dilakukan dengan menjalankan berbagai strategi marketing.  Karena bisnis ini akan berjalan secara online, maka manfaatkan jaringan internet semaksimal mungkin. Bisa  dalam bentuk blog, website atau berbagai akun media sosial lainnya yang dibuat khusus untuk menjalankan bisnis tiket ini. Kita juga bisa memasang ads pada medsos tersebut, sehingga jangkauan konsumennya akan lebih luas dan bisa disesuaikan dengan target usaha.

Penggunakan akun medsos tersebut juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menyampaikan edukasi atau informasi seputar tiket, maskapai dan perjalanan agar bisnis lebih terkesan informatif juga interaktif.

5. Memperbanyak Relasi

Bergabunglah dengan beberapa komunitas perjalanan online agar mendapat relasi atau jaringan yang semakin luas. Melalui komunitas tersebut kita akan mendapat berbagai informasi seputar bisnis tiket dan berbagai pendukung lainnya melalui kegiatan tanya jawab ataupun diskusi.

Keuntungan Bisnis Tiket Pesawat

bisnis tiket
(Sumber: Reviewbukalapak.com)

Mengapa bisnis tiket pesawat ini  menarik untuk dijalankan? Karena usaha yang satu ini memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

Baca Juga: Cara Kerja Usaha dan Bisnis Franchise serta Definisi dan Keuntungannya

1. Cukup Mudah Dilaksanakan

Dengan menjalankan bisnis pesawat secara online, maka kegiatan usaha bisa dilakukan dimana saja asal kita terhubung dengan jaringan internet. Biaya yang dikeluarkan untuk memulai bisnis ini pun tak begitu besar, hanya membutuhkan gadget, printer juga jaringan internet. Selain itu bisnis ini pun tidak terlalu sulit untuk dipahami. Bisa dikatakan juga, bisnis yang satu ini memiliki modal dan resiko yang cukup minim.

2. Banyak yang Membutuhkan

Bisnis ini bisa berjalan dan berdampak pada jangka panjang. Pasalnya, semakin lama, kebutuhan dan permintaan terhadap tiket pesawat akan semakin banyak. Sehingga akan membuka peluang usaha semakin besar. Selain itu bertambahnya jumlah Bandara pun bisa menjadi prospek bisnis ini kedepannya. Jadi, bisnis tiket online bukan hanya sekedar usaha musiman. Karena orang yang membutuhkan jasa kita akan semakin lama semakin banyak.

3. Dimudahkan dengan Adanya Teknologi

Selain bisa dilakukan secara online, bisnis tiket ini juga sangat terbantu oleh semakin canggihnya teknologi. Karena kegiatan pemasaran dan penjualan bisa dilakukan melalui berbagai akun sosmed maupun beberapa e-commerce yang bisa memperluas jangkauan bisnis.

4. Terdapat Banyak Pilihan

Kita bisa menyediakan kebutuhan masyarakat akan tiket pesawat dengan menyediakan beberapa pilihan jenis tiket, baik pada maskapai ataupun berbagai kelas tertentu, termasuk jika adanya promo-promo khusus

Itulah beberapa informasi mengenai peluang, kelebihan, keuntungan serta tips menjalankan bisnis tiket pesawat secara online. Ternyata memulai bisnis yang satu ini tidak terlalu sulit. Waktu dan tempatnya pun terbilang cukup flexible, serta modal awal yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar. Usaha ini bisa menjadi salah satu pilihan menarik bagi kaum milenial khususnya mahasiswa yang ingin mendapat keuntungan dengan memanfaatkan internet dan kecanggihan teknologi.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.