4 Kelebihan Bisnis Sound System dan 3 Strategi Menjalankannya

Bisnis Sound System

Jika Anda paham atau bahkan lumayan mahir dengan elektro, maka memulai bisnis sound system bisa banget nih dicoba. Meski sedikit terdengar kuno, namun jika direncanakan dengan baik dan menggunakan strategi bisnis yang benar, usaha ini bisa memberikan pundi-pundi keuntungan yang lumayan lho!

Bisnis ini juga termasuk salah satu yang berumur panjang dan sepertinya tidak akan pernah mati karena akan terus dibutuhkan hingga puluhan tahun ke depan. Justru semakin hari semakin banyak dibutuhkan. Tertarik mencoba? Maka ini dia seluk beluk bisnis sound system di Indonesia yang perlu Anda ketahui.

Kelebihan Bisnis Sound System di Tanah Air

Jika Anda perhatikan, hampir setiap kota dan kapubaten di negeri ini pasti memiliki usaha sound system, bahkan seringkali jumlahnya lebih dari satu, dan lokasinya tidak hanya di perkotaan tapi juga di desa-desa.

Tidakkah Anda penasaran mengapa jumlah usaha sound system bisa begitu banyak? Apakah usaha ini benar-benar sangat menguntungkan? Ternyata, dibanding beberapa jenis usaha lain, jasa sewa sound system memiliki beberapa kelebihan seperti berikut ini:

Baca Juga : 8 Langkah Memulai Usaha Agen Telur Agar Profit Maksimal

1. Pangsa Pasar Sangat Luas

Bisnis Sound System
(Sumber: Thebluediamond.org)

Jumlah penduduk Indonesia yang terus bertambah setiap tahun ternyata tidak hanya berpengaruh pada jumlah tempat tinggal dan kebutuhan pangan yang terus meningkat tapi juga membuat berbagai acara sering dilakukan.

Jika diingat-ingat, berbagai acara seperti lomba 17 Agustus, pesta pernikahan, hajatan khitanan, pengajian akbar, konser musik, senam massal, pertandingan olahraga, pentas seni di sekolah, dan berbagai acara hiburan lain yang membutuhkan pengeras suara tidak pernah absen digelar setiap tahunnya.

Bahkan dalam satu bulan dan di satu kota saja, jumlahnya bisa ratusan lho! Belum lagi jika suatu kota rutin menggelar pengajian akbar setiap minggu dengan jumlah jemaah ribuan karena pembicaranya adalah ustad kondang. Maka bisa dipastikan jumlah sound system yang dibutuhkan tidak hanya satu.

Nah, dengan begitu banyak acara yang membutuhkan pengeras suara dan dengan intensitas yang lumayan sering serta terus menerus ada sepanjang tahun, maka dapat disimpulkan bahwa usaha sound system memiliki pangsa pasar sangat bagus atau luas.

Bukan dari satu kalangan atau satu lokasi saja, mulai dari masyarakat kelas bawah, menengah, dan bahkan atas, baik di desa atau pun kota selalu membutuhkan perlengkapan ini. Sayang sekali kan jika panfsa sebesar ini dilewatkan begitu saja?

Baca Juga : 7 Kiat Usaha Mie Pangsit Rincian Modalnya, Dijamin Untung!

2. Peluang Tinggi

Harga perlengkapan sound system sendiri termasuk tidak murah, dan membutuhkan tempat serta perawatan khusus agar perlengkapan selalu dalam kondisi prima saat digunakan.

Sekaya apapun orang yang mengadakan sebuah acara yang membutuhkan sound system, kecil kemungkinan orang tersebut untuk membeli sound system sendiri. 99% orang akan lebih memilih untuk menyewa.

Karena itu, peluang bisnis penyewaan sound system termasuk tinggi. Intinya, Anda tidak akan sulit untuk menemukan orang-orang yang bersedia menyewa jasa dan peralatan Anda, jadi jangan khawatir bisnis Anda tidak laku ya.

3. Cocok Dijadikan Side Job

Jika kebetulan Anda memiliki pekerjaan utama sebagai karyawan suatu perusahaan yang mengharuskan Anda bekerja sesuai dengan jam kantor namun di saat yang sama Anda membutuhkan cuan tambahan, maka jasa rental sound system menjadi salah satu jenis usaha rumahan yang cocok untuk dicoba.

Biasanya, kebanyakan orang menggelar acara saat akhir pekan, sementara hari kerja karyawan umumnya adalah Senin sampai Jumat atau maksimal sampai Sabtu. Jadi saat akhir pekan, Anda memiliki waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk tetap produktif.

Jika misalnya ada acara yang berlangsung saat hari kerja pun, Anda tetap bisa menjalankan usaha ini karena biasanya jenis usaha ini tidak bisa ditangani oleh satu orang saja, melainkan dalam bentuk tim dengan jumlah 2-5 orang atau lebih tergantung acara dan jumlah sound system yang disewa.

Nah, pada saat Anda harus masuk kantor tapi ada yang membutuhkan jasa Anda, maka karyawan Anda bisa menanganinya. Jadi pekerjaan utama Anda tetap jalan, begitu pula dengan usaha sampingan Anda.

Baca Juga : 6 Cara Memulai Usaha Pangkas Rambut Pria Mudah Pasti Berhasil

4. Karyawan Minim

Bisnis Sound System
(Sumber: Wikimedia.org)

Usaha sewa sound system itu tidak seperti bisnis restoran atau kafe yang membutuhkan banyak karyawan. Artinya, biaya operasional berupa gaji karyawan yang harus Anda keluarkan setiap bulan akan lebih sedikit, dan hal ini secara otomatis akan membuat keuntungan yang Anda kantongi menjadi lebih banyak.

Sebagai usaha sound system pemula atau baru dibuka, Anda bahkan bisa memulainya dengan 2 orang saja lho. Jika Anda ingin terjun langsung, maka cukup pekerjakan satu orang saja sebagai karyawan Anda.

Jangan khawatir, seiring waktu Anda bisa menambah jumlah karyawan kok, yaitu ketika bisnis sudah mulai besar dan jumlah pelanggan Anda sudah lumayan banyak. Bersamaan dengan ini, jumlah inventaris Anda juga bisa ditambah.

Perlengkapan / inventaris / alat yang dibutuhkan untuk usaha sound system sendiri biasanya berupa loud speaker, power amplifier, crossover aktif, equalizer, audio mixer, microphone dan input audio, compo deck player, dan kabel-kabel serta beragam konektor untuk menyambungkan masing-masing unit.

Strategi Bisnis Sound System

Semua jenis bisnis, dimanapun itu, dan seberapapun skalanya, selalu memiliki kompetitor alias pesaing. Begitu juga dengan bisnis sewa sound system. Namun, pesaing bukanlah menjadi sesuatu yang harus ditakuti dan akhirnya malah menurunkan semangat untuk memulai bisnis.

Justru sebaliknya, Anda harus bisa menemukan strategi bisnis yang tepat untuk mengalahkan para pesaing. Misalnya dalam bisnis sewa sound system ini, Anda bisa gunakan tiga strategi berikut:

1. Jalin Kerjasama dengan Pihak Ketiga

Memang benar bahwa pangsa pasar bisnis ini sangat luas dan kesempatannya terbuka hampir sepanjang tahun. Namun, akan cukup merepotkan jika Anda harus mencari satu per satu orang atau organisasi yang kira-kira akan mengadakan acara beberapa hari atau minggu ke depan.

Nah, untuk itu, Anda bisa gunakan strategi cerdas memotong jalur. Daripada mencari konsumen satu per satu, akan lebih efektif jika Anda mendatangi EO dan / atau WO. Tapi jangan datang dengan tangan kosong ya, Anda harus membuat proposal yang profesional untuk meyakinkan mereka.

Biasanya, EO sudah memiliki klien langganan, jadi saat musim sepi hajatan pun, Anda tidak akan sepi pelanggan karena sudah bekerja sama dengan EO.

Baca Juga : 12 Tips Usaha Toko Buku Pasti Untung Besar

2. Tawarkan Diskon atau Paket

Bisnis Sound System
(Sumber: Piqsels.com)

Salah satu media promosi paling murah, cepat, dan mudah di era serba teknologi seperti sekarang adalah internet, tepatnya dengan media sosial.

Saat mempromosikan bisnis jasa sound system secara online, berikan penawaran yang menggiurkan kepada pelanggan potensial lewat paket atau diskon, terutama saat usaha Anda pertama kali dibuka.

Strategi ini sudah banyak digunakan oleh berbagai jenis bisnis dan terbukti ampuh menarik banyak konsumen lho.

3. Berikan Layanan Profesional

Sebagus apapun kualitas peralatan Anda, atau sebanyak apapun diskon yang Anda tawarkan, tapi jika layanan yang Anda berikan tidak bagus, maka kecil kemungkinan klien tersebut akan menggunakan jasa Anda lagi.

Karena itu, sedari awal berikanlah layanan yang profesional, ramah, dan tidak pandang bulu, baik kepada klien kecil atau pun besar. Sikap profesional inilah yang menjadi kunci berbagai jenis bisnis dapat sukses dan berumur panjang.

Bisnis sound system layak dipertimbangkan jika kebetulan modal usaha Anda cukup besar dan sudah memiliki ilmu dasar elektro. Jangan khawatir dengan pesaing karena Anda hanya perlu menggunakan strategi terbaik agar bisa lebih unggul.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like