Usaha makanan ringan seperti sosis bakar belakangan menjamur di Indonesia. Cita rasa yang khas dengan tekstur lembut dan krispi dari bagian yang ‘gosong’ membuat menu kuliner ini banyak digandrungi masyarakat. Melihat antusiasme yang besar, peluang bisnis sosis bakar juga semakin luas.

Cara Memulai Bisnis Sosis Bakar

1. Menentukan Lokasi Berjualan

Ketepatan dalam menentukan lokasi akan berdampak pada sukses atau tidaknya suatu usaha. Oleh sebab itu, pengusaha harus menempatkan usahanya di lokasi yang benar-benar strategis. Pastikan untuk memilih tempat yang banyak dilalui orang-orang seperti di depan mall, depan sekolah, atau depan teras minimarket.

Baca Juga: Cara Bisnis Angkringan: Strategi, Keuntungan dan Resiko

2. Membuat Sosis Rumahan

Membuat Sosis Rumahan
(Sumber: Review.ralali.com)

Jika pengusaha ingin mendapatkan keuntungan yang lebih banyak, membuat sosis rumahan bisa jadi alternatif solutif untuk ditempuh. Jadi, pengusaha tak perlu kulakan sosis lain. Disamping faktor kebersihan, kualitas produk sosis juga akan terjamin. Biaya produksinya pun cukup terjangkau, dan yang pasti rasanya lebih kaya akan rasa.

Fakta ini bisa dimasukkan ke dalam promosi usaha sosis bakar. Mengingat kebanyakan penjual sosis bakar saat ini menggunakan sosis curah yang tergolong berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka panjang, membuat sosis rumahan sendiri akan menjadi poin plus usaha sosis bakar di mata masyarakat.

Bagi pengusaha yang tertarik menggeluti usaha sosis bakar, resep berikut ini bisa dijadikan sebagai referensi.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Daging sapi 500 gram
  • Gelatin sapi 1 sdm
  • Oregano ½ sdt
  • Keju parut 50 gram
  • Tepung tapioka 50 gram
  • Bawang putih (Dihaluskan) 10 siung
  • Kaldu jamur 1 sdm
  • Air hangat 50 ml
  • Telur 2 butir

Prosedur pembuatan:

  • Larutkan gelatin ke dalam air hangat suam-suam kuku.
  • Campurkan seluruh bahan hingga merata.
  • Masukkan campuran daging tersebut ke dalam piping bag.
  • Isikan es ke dalam plastik yang sudah diberi lubang dan diikat di bagian ujung bawahnya.
  • Masukkan piping bag berisi adonan tadi ke dalam plastik es. Pastikan untuk tidak mengisi plastik dengan adonan hingga penuh, cukupkan sampai ¾ saja.
  • Ikat plastik agar udara tidak masuk ke dalam adonan, sehingga hasil sosis setelah matang menjadi lebih padat dan kenyal.
  • Didihkan air, kemudian matikan api.
  • Masukkan adonan sosis ke dalam air tersebut dan tunggu hingga suhunya mendingin. Hasilnya, adonan akan mengeras dengan sendirinya.
  • Panaskan steam. Buka plastik pembungkus sosis dan masukkan ke dalam kukusan.
  • Tunggu kurang lebih setengah jam, angkat, dan sosis siap untuk dijajakan.

3. Menentukan Harga Jual

Terkadang, ada saja penjual sosis bakar yang menjual dagangannya dengan harga yang terlalu mahal, sedangkan yang lainnya menawarkannya terlalu murah. Tentu keduanya penetapan harga keduanya tidak tepat untuk dilakukan.

Idealnya, olahan sosis bakar dijual dengan harga yang terjangkau. Asalkan pengusaha tidak memasang harga terlalu murah, resiko tekor dan rugi bisa ditanggulangi. Dalam penentuan harga ini, perhatikan harga-harga dari bahan baku yang digunakan.

Jika ingin menari referensi soal berapa sekiranya harga jual yang ideal untuk usaha ini, pengusaha dapat mengunjungi tempat pesaing di dekat lokasi pengusaha berjualan atau bahkan di kota lain. Pastikan untuk tidak meniru harga mereka sama persis. Pasalnya, mungkin saja harga pokok produksi produk sosis mereka lebih mahal atau lebih murah.

Pengusaha disarankan untuk membeli sosis dengan kualitas baik. Agar harga jualnya bisa ditekan lebih murah, gunakan saus dengan harga yang terjangkau namun tetap memiliki kelayakan mumpuni.

Jangan sampai pengusaha mengorbankan kualitas rasa barang dagangannya hanya karena ingin mengejar harga murah saja. Pastikan untuk terus menggunakan bahan yang berkualitas baik sehingga cita rasa sosis bakar akan tetap terjaga.

Baca Juga: Ide Bisnis Kuliner New Normal yang Tak Pernah Sepi Pembeli saat Pandemi Corona

Cara Mengelola Keuangan Usaha Sosis Bakar

Cara Mengelola Keuangan Usaha Sosis Bakar
(Sumber: Bisnisukm.com)

Meskipun bisnis kuliner bertajuk sosis bakar terkesan sangat sederhana, pengusaha tetap memerlukan pengelolaan finansial yang baik agar usaha yang dijalankan bisa terus berkembang.

Adapun langkah-langkah dalam pengelolaan finansial ialah:

  1. Pisahkan pendapatan dari hasil penjualan sosis bakar dengan uang pribadi.
  2. Buatlah kartu stok untuk varian sosis yang disediakan. Pastikan untuk membedakan kartu stok tersebut sesuai dengan ukuran dan merk sosis.
  3. Catat laporan keuangan yang terdiri dari pendapatan dan pengeluaran dengan rapi di setiap harinya.

Target Pasar Usaha Sosis Bakar

Beberapa pasar yang menjadi target utama untuk usaha sosis bakar diantaranya adalah:

  1. Anak kecil yang sekolah Paud dan TK
  2. Pelajar dan mahasiswa
  3. Anak kecil di lingkungan komplek perumahan
  4. Karyawan atau pegawai
  5. Ibu rumah tangga
  6. Masyarakat umum

Cara Mengelola SDM Usaha Sosis Bakar

Walau tergolong sebagai usaha berskala kecil yang bisa dikelola sendiri, namun tetap ada kemungkinan bagi pengusaha untuk memperluas jaringan usahanya dengan membuka cabang baru. Apabila hal tersebut terjadi dan pengusaha merekrut beberapa karyawan, cara pengelolaan SDM agar bisnis kuliner ini dapat berjalan sukses pada setiap gerainya ialah sebagai berikut:

  1. Tentukan sebuah peraturan yang wajib ditaati oleh seluruh SDM dalam usaha tersebut, termasuk juga si pemilik kedai.
  2. Bersikap ramah dan hangat pada karyawan, namun tetap tegas saat diperlukan.
  3. Perlakukan seluruh karyawan dengan sama.
  4. Beri karyawan dengan bonus yang menarik pada periode-periode tertentu, misalnya saja saat usaha sosis bakar berhasil memenuhi target penjualan bulanannya.
  5. Terbuka untuk menerima masukan yang diberikan karyawan. Mau mempertimbangkan opini orang lain dan ajak mereka berdiskusi soal pengembangan usaha yang dijalankan.

Strategi Meningkatkan Profit Usaha Sosis Bakar

Agar bisa meningkatkan profit dalam penjualan, pengusaha membutuhkan strategi ampuh seperti:

  1. Memberikan pelayanan ekstra untuk para pelanggan yang hadir, melayani mereka dengan senyuman dan selalu berbicara dengan sopan.
  2. Buat spanduk atau banner semenarik mungkin supaya orang-orang yang berlalu lalang di depan stand sosis bakar merasa tertarik untuk membeli produk dagangan.
  3. Selalu pertahankan kualitas penyajian, cita rasa sosis bakar, serta kebersihan tempat usaha.
  4. Buatlah inovasi rasa yang berbeda dari stand sosis bakar lainnya agar bisnis pengusaha bisa meninggalkan kesan mendalam di benak pelanggan.

Baca Juga: Cara Bisnis Frozen Food : Strategi, Kelebihan dan Kelemahan

Strategi Pemasaran Sosis Bakar

Strategi Pemasaran Sosis Bakar
(Sumber: Shopee.co.id)

Beberapa strategi pemasaran dasar yang dapat dipergunakan adalah:

  1. Mengupload hasil jepretan sosis bakar yang sudah dipoles dengan efek dan editan menarik ke akun sosial media.
  2. Sebarkan brosur ke beberapa area yang dianggap memiliki potensi untuk mendatangkan banyak pelanggan.
  3. Sediakan sampel sosis bakar dan tawarkan pada ibu-ibu yang sedang menunggu anaknya di sekolah.
  4. Biasanya, masyarakat cenderung mendengarkan rekomendasi dari orang lain daripada iklan yang dilihatnya di internet. Review langsung dari orang yang sudah pernah menjajal suatu produk makanan akan lebih efektif dalam mendatangkan pelanggan. Karenanya, pastikan untuk menciptakan kesan yang baik kepada seluruh pelanggan yang datang ke tempat usaha.

Semua orang bisa menjajal bisnis sosis bakar, mulai dari pengusaha bermodal kecil hingga mereka dengan modal besar sekalipun. Kemudahan prosedur dan pengelolaan serta prospek pasar yang besar membuat usaha satu ini cukup menjanjikan untuk ditekuni.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.