5 Tips Sukses Bisnis Sewa Tenda dan Strategi Persiapan Modal

Bisnis Sewa Tenda

Bisnis sewa tenda adalah bentuk usaha yang memberikan peluang menjanjikan hingga masa depan. Apalagi, masyarakat Indonesia memang identik dengan perayaan, peringatan, dan pengadaan acara dengan mengundang banyak orang. Simak beberapa penjelasan di bawah ini.

Rincian Modal Bisnis Sewa Tenda

Apakah Anda sudah berniat untuk membuka persewaan tenda? Pastikan Anda mampu menyiapkan modal cukup besar. Rata-rata, pembangunan usaha sewa tenda akan membutuhkan nominal modal hingga Rp30.000.000,00 dengan rincian sebagai berikut:

Baca Juga : Trik Rahasia Cara Memulai Bisnis Pakaian saat Krisis Ekonomi Corona Covid-19

  • Bor Rp550.000,00
  • Gerinda Rp650.000,00
  • Las Rp500.000,00-Rp600.000,00
  • Tenda 2 x 2 Rp1.300.000,00
  • Tenda 3 x 3 Rp1.500.000,00
  • Tenda 3 x 4 Rp1.700.000,00
  • Tenda 4 x 4 Rp1.900.000,00
  • Tenda 4 x 5 Rp2.700.000,00
  • Tenda 4 x 6 Rp2.900.000,00
  • Kursi plastik 100 buah Rp3.000.000,00
  • Peralatan musik dan sound system Rp10.000.000,00
  • Kebutuhan alat lainnya Rp6.000.000,00

Anjuran bagi Calon Pebisnis Sewa Tenda dalam Aspek Persiapan Modal

Bisnis Sewa Tenda
(Sumber: Alamatjalan.com)

Seiring berkembangnya suatu usaha, tentu ada upaya peningkatan operasional dan mutu dari alat maupun layanan bagi masyarakat. Sebelum melangkah ke tahapan tersebut, tentu Anda harus memperhitungkan pembangunan fondasi usaha di awal.

Tidak perlu khawatir soal jumlah modal yang sudah disiapkan. Asal, Anda mau memperhatikan hal-hal berikut ini agar tidak muncul kerugian di kemudian hari:

1. Jangan terburu-buru pinjam uang melalui bank

Pebisnis yang menjalankan persewaan tenda juga sudah tentu meminjam uang di bank dalam upaya peningkatan mutu perusahaan. Meskipun terlihat sangat wajar, upayakan untuk tidak pinjam bank jika Anda masih pemula dan baru saja merintis usaha tersebut.

Mengapa demikian? Berikut ini penjelasan yang mampu menjadi bahan pertimbangan bagi Anda:

  • Cicilan bank akan terus bertahan setiap bulan, sedangkan sewa tenda di awal masih menapaki jatuh bangun dari kokohnya perusahaan. Hal tersebut mendorong suatu alternatif bagi calon pemilik sewa tenda, yaitu dengan menabung modal secara mandiri
  • Bank memberikan bunga pinjaman. Sekiranya dana Anda masih kurang, cobalah untuk meminjam kepada kenalan terdekat agar tidak dibuat cemas dengan bunga pinjaman tersebut. Manfaatkan pinjaman dengan penuh tanggung jawab dan amanah
  • Dana dari bank memang bisa cair secara instan, namun risikonya lebih besar mengalami kredit macet
  • Peminjaman modal yang tidak pada tempatnya, terlalu dipaksakan, dan tanpa perhitungan malah memberikan dampak buruk pada suatu usaha

2. Penerapan sistem bayar di muka

Sistem pembayaran adalah aspek lain yang berhubungan dengan modal. Selain itu, aturan yang tepat harus dilaksanakan pengusaha sewa tenda yang masih pemula. Tujuannya adalah mencegah timbul kerugian di masa yang akan datang.

Ajukan pembayaran di muka sebagai penunjang jasa sekaligus penambahan alat baru yang mendukung kinerja pekerjaan. Meskipun demikian, masih ada peluang untuk memiliki alat murah berkualitas bagus agar bisa dipakai berjangka panjang.

Baca Juga : Strategi Pemasaran Bisnis Kos Kosan Bisa Cepat Laku di Kawasan Pabrik

3. Minimalisir dahulu kerja sama dengan Event Organizer

Jika masih awal, sebaiknya jangan terburu-buru mengajukan penawaran kerja sama terhadap EO di daerah setempat. Suatu hal yang bisa menjadi bahan pemikiran adalah perbedaan prinsip dari masing-masing profesi.

Contohnya adalah ketika pemilik dari jasa penyewaan tenda ingin menerapkan pembayaran di muka. Sebaliknya, pihak EO malah cenderung mengutamakan keperluan pelanggan dahulu. Padahal, kondisi tersebut hanya merugikan bagi pihak persewaan tenda.

Oleh sebab itu, pilahlah perusahaan EO yang bisa diajak bekerja sama secara transparan dan mudah diajak berkomunikasi. Dengan demikian, kedua belah pihak tidak bersikap egois demi kepentingan sendiri, melainkan memberi manfaat dan bertambahnya relasi satu sama lain.

Tips Sukses Usaha Sewa Tenda

Bisnis Sewa Tenda
(Sumber: Sentul.city)

Tidak ada alur berbisnis yang mudah karena semuanya membutuhkan semangat dan upaya agar unggul di antara para pesaing. Dengan begitu, pengusaha dapat menjadi individu maupun kelompok sukses karena mampu mengatasi permasalahan masyarakat.

Tentu Anda ingin merasakan buah dari kesuksesan saat menjalankan usaha. Alangkah baiknya bila Anda ikut memperhatikan tips berikut ini:

1. Bangun relasi seluas-luasnya

Dalam suatu bisnis sewa tenda, relasi adalah kunci utama yang ikut menentukan nasib usaha di masa depan. Luasnya relasi dan penyebaran di berbagai daerah mampu memudahkan bisnis Anda dalam memperoleh pesanan yang terus mengalir setiap hari.

Anda harus menghargai dan menggunakan potensi relasi dengan sebaik mungkin. Siapa yang tahu Anda malah jadi terkenal karena promosi dari teman atau keluarga sendiri? Tips ini harus bisa dipegang sejak awal dan menjadi dasar pemikiran yang waspada, namun tetap terbuka dengan peluang.

Baca Juga : 5 Alasan Merintis Usaha Kolam Pemancingan

2. Strategi pemasaran harus benar-benar optimal

Pemasaran adalah kebutuhan esensial agar usaha Anda bisa dikenal, dipandang, dan mampu dipertimbangkan oleh calon pelanggan. Semakin optimal upaya pemasaran, maka semakin tinggi peluang untuk memperoleh konsumen yang banyak.

Tentu hal ini bisa tercapai jika ada upaya strategi yang direncanakan secara matang dan bertahap. Ikuti cara pemasaran berikut ini:

  • Pemasangan spanduk dapat dilakukan di tempat yang mudah dilihat oleh masyarakat yang melintas. Namun, usaha pemasaran konvensional ini sebaiknya bisa diupayakan dengan anggaran secukupnya dan tidak berlebihan
  • Lakukan pemasaran dan promosi melalui saluran media sosial, mengingat banyaknya konsumen di era digital saat ini
  • Jika sudah yakin berkembang dan sudah mampu berdiri secara stabil, Anda bisa memulai kerja sama dengan pihak-pihak terkait yang sudah biasa membutuhkan jasa tenda. Selain menjangkau perusahaan lain, tidak menutup kemungkinan Anda diperlukan oleh konsumen secara langsung

3. Manajemen keuangan bisnis sewa tenda

Selain merancang strategi teknis di lapangan, harus ada pengaturan keuangan yang mumpuni, cermat, dan teliti. Apalagi, persewaan tenda adalah jasa yang besar serta membutuhkan tanggung jawab dari masing-masing pihak dalam bekerja menyukseskan permintaan pelanggan.

Pemasukan dan pengeluaran merupakan aspek krusial dalam menjalankan roda perputaran usaha. Maka dari itu, mempelajari kalkulasi keuangan secara benar dapat menjaga kesuksesan dari persewaan tenda milik Anda.

Gunakan teknik presentase dalam membagi pemasukan untuk rencana pengeluaran maupun simpanan. Alokasikan dana secara bijaksana dan jangan rusak kepercayaan pelanggan terhadap Anda. Bangun integritas dengan baik untuk menghasilkan reputasi terpercaya di kalangan masyarakat.

4. Perkaya diri dengan wawasan seputar persewaan tenda

Tidak sedikit pengusaha sewa tenda yang memulai perjalanannya dengan wawasan nol. Dari hari ke hari, nyatanya mereka mampu membesarkan nama perusahaan dan menjadi sukses.

Hal ini tentu tidak lepas dari usaha dan niat untuk terus memperkaya diri dengan pengetahuan serta penggalian informasi terbaru seputar persewaan tenda. Anda bisa memanfaatkan media buku, situs yang berkaitan di bidang sejenis, hingga pengalaman yang dibagikan orang lain.

Bisa jadi setiap ilmu yang berhasil Anda serap dapat memberikan pengaruh positif bagi perusahaan. Tidak hanya itu, wawasan agar cerdas berbisnis juga dibutuhkan untuk menyikapi persaingan dan perkembangan zaman yang dinamis.

Baca Juga : Jenis Peluang Bisnis Modal 1 Juta Modal Kecil Untung Besar

5. Hargai setiap orang yang bekerja untuk Anda

Sejak membangun kerajaan bisnis persewaan tenda, sudah pasti Anda akan merekrut beberapa karyawan sesuai kebutuhan. Masing-masing mengemban tanggung jawab dan tugas semaksimal mungkin demi kemajuan usaha dan kepuasan pelanggan.

Oleh sebab itu, jadilah pemimpin yang mampu menghargai setiap sumber daya dengan memberikan gaji sepadan dengan pekerjaan karyawan. Hal ini ingin menunjukkan bahwa seluruh peran dalam bisnis persewaan tenda Anda turut mendukung kesuksesan dan perkembangan yang ada.

Penjelasan di atas mampu merangkum keingintahuan Anda seputar bisnis sewa tenda dan tips seputar persiapan modal di awal. Mantapkan langkah Anda dan tingkatkan terus inovasi dalam menghasilkan pengalaman memuaskan bersama para pelanggan maupun seluruh karyawan.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like