Bisnis rental mobil merupakan salah satu usaha bidang transportasi yang banyak dibutuhkan orang, baik warga lokal maupun pendatang yang sedang berkunjung. Untuk itu, jenis usaha yang menawarkan fasilitas berupa jasa perjalanan ini mampu menambah pundi-pundi rupiah bagi pemilik maupun pengelolanya.

Bisnis ini bisa dikatakan akan terus dibutuhkan, karena penggunaanya bukan hanya untuk satu macam perjalanan saja. Bisa wisata, bisnis, silaturahmi, menghadiri berbagai event tertentu dan lain sebagainya.

Peluang dan Kelebihan Bisnis Rental Mobil 

bisnis rental mobil
(Sumber: Treat.tier3.xyz)

Membuka usaha rental mobil berpeluang menghasilkan keuntungan yang besar. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa kini terdapat banyak kegiatan yang memerlukan alat transportasi sebagai penunjangnya.

Banyak cara atau strategi yang bisa diterapkan oleh para pemilik binsis rental mobil ini, dimanapun mereka berada bisa di wilayah kota besar, kota kecil, maupun kota yang sedang berkembang.di kota besar, terutama kota wisata, banyak orang membutuhkan jasa rental mobil untuk melakukan aktivitas wisata yang menyenangkan.

Di kota kecil atau sedang berkembang, banyak masyarakat membutuhkan jasa ini karena biasanya jarak antara satu tempat dengan kawasan lainnya cukup berjauhan dan jarang ditemukan angkutan umum. Terutama untuk kegiatan bisnis atau pekerjaan, rental mobil merupakan salah satu solusinya. Selain itu bisnis rental mobil juga memiliki banyak kelebihan yang bisa dirasakan, diantaranya adalah: 

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis yang Bangkrut Akibat Corona

1. Target Pasar yang Cukup Luas

Siapa saja bisa menjadi target pasar dari bisnis ini. Mahasiswa, karyawan kantor. Ibu-ibu, hingga pengusaha sekalipun. Hal tersebut memungkinkan pemilik bisnis rental mobil untuk meraup keuntungan banyak dari berbagai kalangan.

2. Pengelolaan yang Mudah

Pengelolaan bisnis rental mobil ini terbilang cukup mudah. Fokus utamanya adalah pada kualitas kendaraan yang dimiliki juga pelayanan yang dapat memuaskan pelanggannya.

3. Keuntungan yang Menggiurkan

Hasil dari satu kali penyewaan mobil saja, hasil yang didapat sudah lumayan besar. Bayangkan jika yang menggunakan jasa ini berasal dari banyak pihak, juga ketersediaan mobil yang banyak pula. Keuntungannya pasti sangat menggiurkan.

4. Terdapat Banyak Solusi untuk Meminimalisir Resiko

Memang tak ada bisnis yang bisa lepas dari resiko begitu saja, namun untuk jenis usaha yang satu ini, ada beberapa solusi yang bisa digunakan untuk meminimalisir adanya hal yang tidak diinginkan. Mendaftarkan mobil pada asuransi adalah salah satu contohnya.

Jurus Jitu Bisnis Rental Mobil

Bagi para pemula yang ingin mencoba memulai bisnis ini, bisa mengikuti jurus jitu agar usaha rental atau sewa mobil yang dijalankan berjalan dengan lancar dan sukses:

Baca Juga: Rahasia Peluang Bisnis Modal Kecil Untuk Usia Muda 

1. Memahami Usaha Rental Mobil

Langkah awal sebelum menjalankan bisnis ini adalah dengan menguasai dan memahami dengan penuh seperti apa usaha ini berjalan. Karena bisnis yang dijalankan tidak begitu sulit, maka waktu yang dibutuhkan untuk memahami usaha ini juga tidak terlalu lama. Perbanyak referensi ataupun bisa sharing dengan beberapa senior yang berpengalaman dibidangnya. Dengan begitu bekal yang dimiliki cukup dan menjadi ilmu bisnis yang akan sangat membantu kedepannya. 

2. Memilih Mobil yang Banyak diminati

Sediakan mobil yang banyak dipilih atau diminati pelanggan. Sehingga memungkinkan mereka untuk menaruh kepercayaan pada bisnis rental mobil yang dijalankan. Biasanya berupa minibus, family car, dan lain-lain. Setelah itu, tentukanlah harga dari setiap kendaraan yang disewakan. Dengan pilihan mobil yang beragam dan berkualitas serta banyak diminati, maka bisnis rental mobil yang dijalankan bisa lebih terkenal dan banyak diminati. 

3. Membeli Mobil Secara Kredit

Salah satu strategi lainnya adalah pembelian mobil untuk bisnis secara kredit. Mengapa demikian? Hal ini merupakan salah satu alternative pengeluaran modal. Lalu, cicilan yang dibayarkan setiap bulannya itu, bisa diambil dari keuntungan menyewakan mobil tersebut. bagaimana, tidak terlalu sulit, bukan?

4. Bergabung dengan Asuransi

bisnis rental mobil
(Sumber: Caranddriver.com)

Salah satu cara meminimalisir masalah dalam bisnis rental mobil ini adalah dengan mendaftarkan kendaraan yang dimiliki pada asuransi. Karena kendaraan (juga pengemudinya) merupakan aset berharga pada bisnis yang dijalankan. Dengan mendaftarkannya pada perusahaan asuransi, ketika terjadi hal seperti kehilangan atau kecelakaan, ada yang menjamin dan tidak akan terjadi kerugian yang sangat besar.

5. Buat Aturan Sewa

Tentukanlah regulasi pada bisnis rental mobil yang dikelola ini. Hal ini juga termasuk dalam cara meminimalisir resiko, seperti kerusakan mobil. Beberapa hal yang dilakukan untuk mengatur alur penyewaan mobil, diantaranya:

  • Kesepakatan tertulis di atas materai dari pihak pemilik dan penyewa
  • Penyewa diharuskan menulis formulir data diri dengan lengkap dan sejujur-jujurnya
  • Adanya penyimpanan kartu tanda penduduk atau identitas lainnya sebagai jaminan yang dapat dipercaya
  • Memasang GPS sebagai alat pelacakan

6. Menjalankan Strategi Marketing

Strategi yang dibuat dari usaha rental ini bisa secara offline maupun online. Jika sudah memiliki tempat khusus, maka pemasangan baliho, banner  atau neon box dengan tampilan yang menarik, bisa menjadi salah satu cara agar bisnis ini dikenal dan diketahui banyak orang.

Kemudian secara online, bisa dibuatkan akun media sosial khusus dan contact person melalui whatsapp business dimana para pelanggan bisa melakukan transaksi atau komunikasi penyewaan secara online. Selain itu, karena saat ini banyaknya kendaraan yang berfungsi sebagai taxi online, maka hal ini pun bisa menjadi salah satu strategi bisnis. Ketika mobil dalam keadaan free, bisa digunakan sebagai ojek online yang penumpangnya kemudian bisa dijadikan sebagai relasi.

Membuat promosi harga khusus pelanggan atau member pun dapat menjadi salah satu strategi marketing yang cukup efektif. Misal, bagi mereka yang merupakan pelanggan setia, ada persentase potongan harga jika sudah melakukan transaksi penyewaan sekian kali.

Baca Juga: Panduan Cara Membuat Perencanaan Bisnis yang Pas buat Kaum Milenial 

7. Menambah Relasi

Dalam bisnis penyediaan jasa seperti ini, relasi adalah hal yang sangat penting. Selain penumpang taxi online  yang sudah dibahas pada point sebelumnya, perbanyaklah relasi dari orang-orang terdekat, kerabat atau rekanan relasi yang sudah pernah menggunakan jasa ini, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk selalu menjalin hubungan yang baik dengan para konsumen tersebut.

8. Selalu Berikan Pelayanan Terbaik

bisnis rental mobil
(Sumber: Tribunnews.com)

Pelayanan dalam bisnis jasa adalah hal utama. Buatlah konsumen atau pelanggan merasa puas dengan fasilitas yang disediakan, hingga mereka tak ragu untuk menyewa jasa ini kembali.

Lakukanlah service kendaraan secara rutin dan berkala. Dengan begitu, kenyamanan dan performa armada rental bisa tetap terjaga dan berkualitas. Bagi yang menyediakan jasa driver, attitude juga merupakan hal utama yang harus diperhatikan.

9. Mengelola Keuangan

Hal penting lainnya dalam bisnis rental mobil adalah pengelolaan keuangan yang baik. Sebetulnya point ini berlaku untuk segala jenis usaha. Lakukanlah controlling terhadap setiap transaksi penyewaan, termasuk setiap keuntungan yang masuk. Hal ini akan berpengaruh pada perjalanan bisnis kedepannya.

Bagaimana, bisnis rental mobil ini cukup menjanjikan, bukan? Ia memiliki target pasar yang luas dan bisa dikelola dimana saja, termasuk kota kecil dan berkembang, karena aka nada saja konsumen yang membutuhkan jasa penyewaan kendaraan ini.

Buatlah pelanggan merasa puas dengan fasilitas serta pelayanan yang ada, namun jangan sampai lupa untuk selalu memperhatikan keamanan bisnis dan meminimalisir setiap peluang terjadinya kerugian. Fokus pada pengembangan, relasi, juga manajemen keuangan merupakan tiga poin penting yang harus dijalankan oleh pelaku bisnis rental mobil. Karena ketiganya merupakan penentu dari kelangsungan bisnis yang dikelola.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.