Strategi Cara Bisnis Rental PS Terbaru yang Tidak Rugi

bisnis rental ps

Sejak dulu hingga sekarang, penggemar PS terus saja mengalami peningkatan. Kebanyakan pemain game ini cukup loyal, sehingga permintaan atas PS dipasaran tak pernah surut. Dari fenomena tersebut, muncullah sebuah peluang usaha baru bertajuk bisnis rental PS.

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Rental PS

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dari usaha rental PS.

  • Cenderung menjanjikan omset yang besar di setiap bulannya.
  • Ada banyak sekali target pasar potensial yang bisa dijangkau. Mulai dari anak-anak, remaja, mahasiswa, hingga pekerja yang merasa stres akibat tekanan pekerjaan bisa menjadi pasar bagi pemilik rental ps. Sehingga untuk beberapa waktu kedepan, usaha ini dinilai memiliki prospek yang bagus.

Adapun beberapa kelemahan yang dimiliki usaha ini adalah:

  • Sudah banyak bisnis serupa yang didirikan, sehingga persaingannya menjadi cukup ketat.
  • Harga perkakas game di PS2, PS3, ataupun PS4 cukup mahal.
  • Sering terjadi kerusakan pada joystick atau konsol PS.

Baca Juga: Cara Sukses Memulai Bisnis Mainan Anak Agar Laris Manis

Analisis SWOT

Perencanaan langsung aksi tidak selalu menjadi langkah yang tepat untuk diambil. Perencanaan tak bisa selalu terwujud, artinya proses planning tidak selalu sempurna. Guna menyempurnakan tahapan itu, dibutuhkan analisis SWOT yang tepat dari suatu usaha.

Untuk jenis usaha rental PS, analisis SWOT nya adalah sebagai berikut:

1. Strength

  • Pelayanan ramah yang akan membuat perental betah dan terus berlangganan.
  • Selalu ada update-an game terbaru untuk disewakan.

2. Weakness

  • Harga peralatan dan perlengkapan PS yang cukup mahal, sehingga membuat stok game di tempat rental kecil kurang lengkap.
  • Terkadang terjadi kerusakan pada konsol PS.

3. Opportunity

  • Grafik permintaan yang terus meningkat setiap tahunnya.
  • Selalu ramai dikala musim liburan.

4. Threat

  • Persaingan usaha yang semakin ketat.
  • Beberapa jenis game sudah tersedia dalam perangkat smartphone.

Cara Memulai Usaha Rental PS

1. Lokasi Rental PS

Apapun jenis usahanya, pemilihan lokasi menjadi hal terpenting yang perlu diperhatikan. Bila ingin membuka usaha rental di rumah, dan kebetulan tempat tinggal tersebut memiliki lokasi yang strategis, tentu pengusaha dapat menghemat biaya modal yang harus dikeluarkannya.

Akan tetapi, bila lokasi rumah kurang menguntungkan untuk lokasi usaha, menyewa tempat di area lain bisa menjadi opsi alternatif untuk menggaet lebih banyak pelanggan.

2. Persiapan Perlengkapan dan Peralatan

Berikut ini merupakan beberapa perangkat yang diperlukan dalam bisnis rental PS.

Baca Juga: Jurus Ampuh Memulai Bisnis Rental Mobil Hingga Sukses

a. Konsol

Konsol
(Sumber: Gimbot.com)

Harga konsol PS di pasaran cukup beragam bergantung pada ukuran memori dan spesifikasi yang dimilikinya. Idealnya, berkisar antara 3 hingga 5 jutaan rupiah untuk 1 perangkatnya. Biasanya, dalam 1 paket konsol sudah dilengkapi dengan stik dan beberapa seri game original sebagai bonusnya.

Perlu diingat, bahwa ada banyak sekali penjual perangkat PS yang menjajakan barang second dengan harga miring. Walau cukup menggiurkan, ada baiknya untuk selalu hati-hati dan teliti dalam memeriksa barang tersebut.

Indikator paling mudah untuk memeriksa kondisi perangkat PS adalah YLOD atau Yellow Light of Death, dimana lampu penanda pada konsol berubah yang mana sebelumnya berwarna hijau menjadi kekuningan. Bila menemukan perangkat dengan ciri YLOD, sebaiknya dihindari karena biasanya perangkat seperti itu umurnya tidak akan lama lagi.

Daripada terburu-buru dan malah berakhir rugi karena perangkat PS akan segera mati, lebih baik pengusaha mengumpulkan modal terlebih dulu agar nantinya bisa membeli perangkat yang lebih handal.

Agar perangkat PS lebih awet, pengusaha bisa membeli PS3 dengan model tipis (slip) karena resiko terjadinya YLOD jarang terjadi, jikapun ada kemungkinannya sangatlah kecil.

b. TV atau LCD

TV atau LCD
(Sumber: Neogaf.com)

Pembelian TV atau LCD bisa disesuaikan dengan kebutuhan usaha. Usahakan untuk memilih layar berukuran agak besar dengan kualitas HD agar pelanggan merasa nyaman saat berkunjung.

Walaupun sedikit lebih mahal, namun penggunaan layar besar terbukti mampu membuat pengunjung betah untuk berlama-lama dalam menyewa PS. Artinya, keuntungan yang diperoleh pun akan semakin besar. Perlu diketahui, LCD berukuran kecil dan berkualitas standar mungkin saja akan mengurangi kualitas dari game itu sendiri.

c. Aksesoris

Aksesoris
(Sumber: Tekno.kompas.com)

Aksesoris dapat dibeli sesuai kemampuan anggaran pengusaha. Bila tersedia budget yang besar, melengkapi aksesoris di tempat rental guna membuat pelanggan merasa puas sah-sah saja.

Adapun beberapa contoh aksesoris penunjang dalam usaha rental PS adalah controller, playstation camera, wireless headset, playstation VR, charging stand, dan wireless remote controller slide.

3. Mempelajari Prosedur Pengoperasian

Agar usaha makin sukses, pengusaha wajib mempelajari bagaimana prosedur dalam pengoperasian playstation. Menganalisa game-game seperti apa yang harus dibeli dan mana yang tidak, serta belajar bagaimana cara memperbaiki perangkat PS saat terjadi kerusakan.

4. Perkiraan Modal

Asumsikan untuk menggunakan perangkat konsol PS3, meja, kipas angin, dan TV LCD/LED sebagai peralatan penunjang usaha rental PS. Dengan asumsi tersebut, maka modal awal yang dibutuhkan adalah:

  • Pembelian peralatan dan perlengkapan rental PS
  1. Konsol PS3 sejumlah 10 unit dengan masing-masing unit dihargai Rp 2.500.000. Totalnya menjadi Rp 25.000.000
  2. 10 unit meja dengan harga Rp 100.000 per unitnya, totalnya adalah Rp 1.000.000
  3. Kipas angin seharga Rp 200.000
  4. 10 unit TV LCD/LED ukuran 32 inch seharga Rp 25.000.000

Sehingga total investasi awal untuk peralatan dan perlengkapan usaha rental PS adalah Rp 51.200.000

  • Biaya operasional
  1. Biaya listrik senilai Rp 1.000.000
  2. Gaji tenaga kerja sambilan Rp 700.000
  3. Biaya cadangan lain-lain sebesar Rp 500.000

Total anggaran operasional adalah Rp 2.200.000

Dengan begitu, total modal awal yang dibutuhkan pengusaha agar dapat membuka usaha rental playstation adalah Rp 53.400.000

Estimasi perhitungan di atas bukanlah suatu acuan utama yang bisa diterapkan oleh semua orang di semua lokasi melainkan hanya sebagai gambaran kasar atas modal usaha rental playstation, mengingat beberapa daerah memiliki standar dan harga yang berbeda-beda.

Baca Juga: Apa itu Bisnis Digital? Pengertian, Jenis, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan

5. Perhitungan Keuntungan

Perkiraan penghitungan break even point (BEP) dengan asumsi:

  • Harga sewa PS per jamnya Rp 5.000
  • Rata-rata lama sewa PS dalam 1 hari adalah 15 jam
  • Perkiraan omset per hari = Rp 5.000 x 15 jam x 10 unit PS = Rp 750.000
  • Perkiraan omset per bulan = Rp 500.000 x 30 hari = Rp 22.500.000

Sehingga total estimasi keuntungan per bulannya menjadi Rp 22.500.000 – Rp 2.200.000 = Rp 20.300.000

Lalu, butuh berapa bulan hingga modal bisa kembali seutuhnya?

Berdasarkan data di atas, dengan modal awal sebesar Rp 53.400.000, termasuk biaya operasional pada bulan pertama, dan laba bersih yang didapatkan adalah Rp 20.000.000. Maka pengembalian modal bisa dilakukan di bulan ke-2 atau ke-3. Sedangkan di bulan-bulan berikutnya pengusaha tinggal menikmati hasil dari bisnis satu ini.

Pengembalian modal bisa kembali dalam waktu yang lebih cepat bila usaha rental dilengkapi dengan bisnis sampingan lain seperti penjualan makanan, camilan, minuman, atau pulsa dan paket data.

Itulah beberapa cara yang bisa ditempuh untuk membuka bisnis rental ps dengan untung besar. Dengan prospek yang luas dan pengelolaan mudah, jenis bisnis seperti ini akan membawa pelakunya pada kesuksesan besar.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like