7 Tips Jitu Bisnis Rental Komputer dan Print Laris Manis

Bisnis Rental Komputer dan Print

Kamu ingin menjalankan sebuah usaha tapi belum menemukan ide yang pas? Merintis bisnis rental komputer dan print bisa menjadi pilihan yang tepat, terutama untuk kaum muda melek teknologi. Prospek yang cukup menjanjikan membuat usaha ini cukup diminati oleh pelaku bisnis.

Rental komputer bukanlah sesuatu yang baru, apalagi di lingkungan kampus atau sekolah. Meskipun saat ini kebanyakan orang sudah memiliki laptop atau komputer, nyatanya bisnis ini masih saja laris manis oleh pelanggan. Penasaran dengan tips jitu berbisnis rental komputer? Simak di sini.

Mengapa Berbisnis Rental Komputer?

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini komputer bukanlah hal asing di tengah masyarakat. Meskipun banyak orang memiliki laptop atau komputer di rumah masing-masing, bukan berarti tidak ada lagi yang membutuhkan rental komputer dan print.

Bisnis yang satu ini masih memiliki segmen pasar yang potensial, tidak hanya di kawasan pinggiran tetapi juga perkotaan. Masih banyak pelajar, mahasiswa, atau pekerja yang tidak memiliki perangkat komputer sehingga mereka harus menggunakan jasa rental untuk menyelesaikan pekerjaan.

Bahkan tak jarang mahasiswa atau pelajar yang sudah memiliki komputer juga mendatangi tempat rental hanya sekedar untuk mencetak hasil pekerjaan. Tentu saja ini mencetak peluang bisnis yang sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga : Jenis Peluang Bisnis Modal 1 Juta Modal Kecil Untung Besar

7 Tips Sukses Bisnis Rental Komputer

Agar usaha rental komputer kamu berjalan dengan lancar, pastinya kamu membutuhkan tips dan trik khusus dalam menekuni bisnis tersebut. Perhatikan tips jitu berikut ini jika ingin bisnis rental komputer mampu bertahan di tengah gempuran zaman:

1. Pilih Lokasi Strategis

Usaha apapun yang kamu jalankan, lokasi memegang peranan penting dalam kesuksesan sebuah bisnis. Meskipun tidak bersifat mutlak, memilih lokasi strategis memudahkan kamu untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Pastinya inilah yang kamu harapkan saat merintis bisnis.

Lokasi bisa dikatakan strategis apabila mudah ditemukan oleh konsumen. Dalam kaitannya dengan bisnis rental komputer, kamu harus memilih lokasi yang dekat dengan target yaitu pelajar atau mahasiswa. Dengan kata lain, lokasi paling baik untuk bisnis ini adalah di area kampus atau sekolah.

Bisnis rental komputer dan print memang paling tepat dijalankan di kawasan kampus, perkantoran, atau sekolah. Di lokasi ini, konsumen lebih mudah mengakses tempat rental sehingga membuka peluang lebih besar bagi kamu untuk meraup keuntungan.

2. Gunakan Peralatan yang Memadai

Bisnis Rental Komputer dan Print
(Sumber: Rentalkomputerindonesia.com)

Peralatan yang memadai tidak harus mahal. Asalkan perangkat komputer memiliki spesifikasi yang cukup baik, kamu sudah bisa melayani pelanggan untuk mengetik berbagai dokumen, browsing, memindahkan file, dan lain sebagainya.

Beberapa perlengkapan yang biasanya dibutuhkan untuk bisnis rental komputer adalah monitor, PC, keyboard, and mouse. Untuk memudahkan pelanggan melakukan pencarian di internet, kamu mungkin juga membutuhkan modem atau jaringan LAN.

Yang tak kalah penting adalah perangkat printer dan scanner. Dengan memiliki peralatan tersebut, kamu bisa melayani pencetakan atau pemindaian dokumen. Semakin banyak modal yang kamu miliki, semakin banyak perlengkapan yang bisa kamu sediakan.

3. Berikan Diskon

Diskon adalah cara jitu untuk menggaet lebih banyak pelanggan. Buat kamu yang baru saja membuka bisnis rental maupun sudah berjalan cukup lama, cobalah untuk memberikan diskon agar konsumen tertarik untuk menggunakan layanan di bisnis kamu.

Kamu bisa memberikan diskon setiap minggu, setiap bulan, atau saat ada event tertentu. Tidak perlu menawarkan diskon besar-besaran jika tidak memungkinkan. Cukup berikan diskon sesuai perhitungan agar tidak membuat bisnis kamu rugi.

Baca Juga : 14 Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan Untung Berlipat Ganda

4. Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Meningkatkan kualitas pelayanan memberikan kontribusi besar untuk mendukung bisnis rental komputer yang kamu jalankan. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, misalnya membantu pelanggan yang kurang mahir menggunakan komputer.

Selain itu, bersikap ramah juga bisa memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumen. Ketika mendapatkan pelayanan yang baik, bukan tidak mungkin konsumen tersebut akan memberikan promosi gratis untuk orang-orang di sekitarnya.

5. Lakukan Promosi

Tidak hanya diskon, promosi juga bisa dilakukan melalui berbagai strategi marketing. Kamu bisa memasarkan bisnis melalui sosial media atau dengan menggunakan plakat yang terlihat menarik. Jika memungkinkan, kamu juga bisa berpromosi melalui brosur.

Promosi adalah bagian penting dalam berbisnis, tidak peduli usaha apapun yang kamu geluti. Semakin banyak orang yang mengetahui bisnis rental komputer dan print yang kamu jalankan, semakin besar pula peluang untuk mengembangkan usaha.

6. Tingkatkan Kemampuan Mengoperasikan Komputer

Bisnis Rental Komputer dan Print
(Sumber: Golesson.com)

Yang tak kalah penting, kamu perlu meningkatkan kemampuan mengoperasikan komputer. Jika kamu mahir menggunakan komputer, kamu bisa membantu pelanggan yang mengalami kesulitan dalam mengoperasikan komputer tersebut.

Ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pelayanan. Berbagai kemampuan yang bisa kamu tingkatkan adalah kemampuan mengetik hingga mengoperasikan MS Office.

7. Kombinasikan Usaha

Terakhir, kamu juga bisa mengombinasikan usaha untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan pelanggan. Misalnya kamu menyediakan perlengkapan kantor dan alat tulis di tempat rental. Selain itu, kamu juga bisa mengembangkan bisnis fotokopi agar semakin banyak pelanggan yang datang.

Cara Memulai Usaha Rental Komputer dan Print

Setelah mengetahui berbagai tips jitu untuk menjalankan usaha rental komputer, kini saatnya untuk mempelajari cara memulai bisnis tersebut. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan, antara lain:

1. Mempersiapkan Lokasi Usaha

Bisnis Rental Komputer dan Print
(Sumber: Infobanknews.com)

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk memulai usaha rental adalah dengan mempersiapkan tempat usaha. Pilih lokasi yang strategis seperti di area kampus, sekolah, atau gedung perkantoran. Sesuaikan ruko yang ingin kamu sewa dengan anggaran yang kamu miliki.

Biaya sewa ruko untuk tempat yang strategis dan mudah dijangkau memang lebih besar dibandingkan dengan ruko di lokasi yang kurang menguntungkan. Usahakan untuk menganggarkan dana lebih untuk aspek yang satu ini.

2. Membeli Perlengkapan Elektronik

Kamu tidak harus membeli perlengkapan dengan spesifikasi yang canggih. Cukup gunakan komputer keluaran baru dengan spesifikasi biasa-biasa saja agar pengguna merasa nyaman. Sebisa mungkin hindari membeli barang bekas karena rawan bermasalah.

Memang tidak ada larangan untuk membeli perlengkapan elektronik bekas, asalkan kamu bisa memastikan kondisi perangkat masih baik. Jika tidak, besar kemungkinan biaya perbaikan atau perawatan justru lebih besar, apalagi untuk komputer keluaran lama.

Baca Juga : Trik Rahasia Cara Buka Usaha Jus Buah Kekinian Paling Laris

3. Melakukan Pemasaran

Setelah membuka rental komputer, langkah selanjutnya adalah melakukan pemasaran. Kamu bisa mempromosikan jasa rental dan pengetikan melalui media online dan offline. Jangan lupa untuk memberikan diskon agar banyak pelanggan yang melirik usaha kamu.

4. Lakukan Perawatan

Hampir semua perlengkapan elektronik membutuhkan perawatan secara berkala. Kamu tidak perlu melakukan maintenance setiap hari atau setiap minggu, tapi pastikan ada jadwal rutin untuk perawatan. Tujuannya adalah untuk memastikan perangkat tetap dalam kondisi baik saat digunakan.

Baca Juga : Teknik Aman Cara Merawat Printer Agar Berumur Panjang

Baca Juga : Cara Merawat Mesin Scanner agar Awet dan Hasil Tetap Bagus

Tertarik untuk menjalankan bisnis rental komputer dan print?Tidak perlu khawatir dengan prospek di masa depan karena segmen pasar untuk bisnis ini masih tergolong baik. Perhatikan beberapa tips di atas agar bisnis kamu berjalan dengan lancar.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like