Bisnis pulsa saat ini menjadi salah satu peluang usaha yang mampu menguntungkan pemiliknya. Mengapa demikian? Karena saat ini, pulsa sudah dianggap seperti kebutuhan penting banyak orang selain sandang, pangan, maupun papan. Banyak kegiatan yang dapat terlaksana dengan didukung oleh adanya pulsa. Pulsa bisa disebut sebagai penunjang berbagai kegiatan komunikasi atau hubungan yang dilakukan oleh banyak pihak.

Peluang Bisnis Pulsa

bisnis pulsa
(Sumber: Altoastral.co.br)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pulsa adalah kebutuhan. Setiap orang yang akan berkomunikasi via telepon ataupun SMS pasti membutuhkan pulsa. Selain itu, ada pula kuota atau nama lain dari pulsa yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan akses internet.

Handphone dan pulsa merupakan satu paket penunjang aktivitas manusia yang dimiliki oleh hampir seluruh lapisan masyarakat. Oleh karenanya, bisnis pulsa bisa menguntungkan karena banyaknya orang yang membutuhkan produk tersebut. Bahkan beberapa orang kini memiliki lebih dari satu hp yang digunakan berdasarkan fungsinya masing-masing.

Baca Juga: Panduan Cara Membuat Perencanaan Bisnis yang Pas buat Kaum Milenial 

Terlebih di masa pandemi Covid-19 ini. Hampir seluruh kegiatan sehari-hari dikerjakan dari rumah. Mulai dari sekolah hingga bekerja. Kegiatan work from home dan learn from home melalui daring pasti akan membutuhkan kuota untuk penggunaannya.

Bisnis ini dapat dilakukan oleh siapapun, yang sudah pernah membuka sebuah usaha sebelumnya atau bahkan yang belum berpengalaman sama sekali. Bisnis pulsa bukanlah hal yang sulit untuk dipelajari atau dijalani. Namun sebelum memulainya, lebih baik pelajari dulu beberapa cara memulai dan mengelola usaha pulsa terutama untuk para pemula berikut ini.

Cara Memulai Bisnis Pulsa untuk Pemula

bisnis pulsa
(Sumber: Liputan6.com)

Untuk memulai sebuah bisnis, haruslah ada strategi atau perencanaannya terlebih dahulu. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuka usaha pulsa agar usaha bisa berjalan lancar, diantaranya:

Baca Juga: Strategi Bisnis Laundry Kecil-Kecilan, Rumahan dan Kantoran 

1. Memilih Tempat

Pertama, tentukanlah dimana kiranya bisnis pulsa tersebut akan dijalankan. Sesuaikanlah dengan modal yang dimiliki. Karena bisnis yang satu ini cukup simple, bisa dibuka melalui gerai tertentu atau konter, bisa dilakukan di rumah, bahkan bisa hanya dengan menerima orderan online atau by phone saja.

Jika modal yang disiapkan cukup untuk membuka atau menyewa sebuah konter, pilihlah tempat dimana lokasi tersebut mudah ditemukan atau menjadi tempat orang berlalu lalang. Bisa di daerah pendidikan, kawasan tempat tinggal atau kost, dekat area perbelanjaan ataupun angkutan umum.

2. Mencari Supplier yang Tepat

Karena bisnis pulsa merupakan kegiatan menjual beberapa produk berbeda, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih dan menentukan dengan supplier manakah bisnis ini akan bekerja sama. Pilihlah pihak penyedia barang yang terpercaya, berkualitas dan kredibilitasnya baik. Agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di kemudian hari.

3. Mempersiapkan Bisnis

Persiapkanlah bisnis dengan matang, mulai dari menghitung modal usaha, menyiapkan beberapa produk pendukung serta menentukan harga. Sebelum harga jual ditentukan, ada baiknya untuk melakukan riset mengenai harga pasaran pulsa tersebut. Dengan persiapan dan riset yang matang, maka usaha pulsa yang dilakukan juga bisa semakin matang. 

4. Melakukan Promosi

Lakukanlah serangkaian kegiatan promosi yang mampu menarik perhatian orang. Spanduk yang mudah dilihat dan dapat mengalihkan fokus khalayak misalnya. Atau buat flyer yang berisikan promo harga di awal pembukaan konter pulsa. Selain itu, berbisnis pulsa secara online pun menjadi salah satu cara yang baik agar pelanggan semakin merasa dimudahkan. Untuk itu, segeralah buat akun media sosial khusus untuk usaha pulsa yang dikelola.

Tips Sukses Melalui Bisnis Pulsa

Setiap orang yang berbisnis, tujuan utamanya pasti keuntungan dan kesuksesan usaha yang dikelola. Untuk itu, perhatikanlah beberapa hal di bawah ini yang bisa membantu kelancaran usaha gerai pulsa yang dijalankan:

1. Hindari Memberi Hutang

Karena bisnis yang satu ini perputaran uang serta barangnya terbilang cukup cepat, maka hindarilah memberikan hutang pada banyak orang. Karena akan menyulitkan perhitungan keuangan kedepannya dan bukan tidak mungkin membuat bisnis ini bisa merugi.

2. Bisa Menawarkan Produk Pelengkap

Berjualan pulsa juga biasanya didukung oleh beberapa produk pelengkap. Seperti misalnya kartu perdana, aksesoris handphone seperti charger, headset, dan lain sebagainya, bahkan beberapa juga menjual handphone merek tertentu. Semakin lengkapnya produk pada usaha pulsa yang dikelola, maka kemungkinan mendapat konsumen pun semakin besar.

3. Mengutamakan Pelayanan

Pelayanan dalam bisnis apapun merupakan hal penting Karena akan menentukan kepuasan konsumen, yang kedepannya akan berpengaruh pada kepercayaan mereka terhadap usaha pulsa yang dimiliki. Usahakan produk utama atau pulsa selalu ready untuk dibeli, karena jika tidak konsumen akan memilih tempat lain.

4. Perhatikan Target Capaian dan Keuangan

Buatlah target capaian pembelian perharinya. Misalnya untuk 50 transaksi pulsa, dua untuk penjualan aksesoris pendukung dan lainnya. Buatlah strategi promosi atau campaign khusus dan perbanyaklah relasi agar targetan tersebut mudah dicapai.

Selanjutnya, hitung dan catatlah setiap transaksi yang dilakukan agar pembukuan dan bisnis tersebut tercatat dengan jelas dan terperinci hingga tak membingungkan jika kita membutuhkan datanya di kemudian hari, hal ini juga bisa digunakan sebagai patokan mengenai ketersediaan saldo. Jika nominal saldo yang tercatat sudah sedikit, segeralah lakukan pengisian.

Kelebihan Menjalankan Bisnis Pulsa

bisnis pulsa
(Sumber: Revtekcapital.com)

Mengapa usaha menjual pulsa dapat membawa keuntungan bagi pemiliknya? Karena bisnis ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:

Baca Juga: Cara Membuat Konsep Bisnis yang Unik, Kreatif, Kuat dan Menarik

1. Modal Bisa Disesuaikan

Uang atau modal awal yang dikeluarkan untuk usaha pulsa ini cukup bisa disesuaikan dengan konsep bisnisnya. Apakah ingin membuka gerai di tempat tertentu atau hanya di rumah, apakah produk yang disediakan akan sangat lengkap atau hanya menyediakan beberapa barang tertentu saja.

2. Mudah Dipelajari

Menjual pulsa tidaklah sulit, hanya cukup mempelajarinya beberapa waktu saja, skill berbisnis pulsa sudah bisa didapat dan segera diaplikasikan.  Pastikanlah untuk memiliki minat dan keinginan belajar terlebih dahulu sebelum membuka usaha ini.

3. Tidak Terlalu Beresiko

Setiap bisnis pasti memiliki resiko dan tantangannya masing-masing, termasuk pada usaha pulsa ini. Namun pada intinya, bisnis pulsa adalah kegiatan menjual produk yang didapat dari supplier kepada khalayak yang membutuhkan, jadi jika diibaratkan, pebisnis tersebut hanya bertindak sebagai penghubung. Maka, jika bisnis mampu dikelola dengan baik, resiko dan kerugian pun dapat dihindari.

4. Konsumennya dari Berbagai Kalangan

Pulsa merupakan kebutuhan banyak orang dari berbagai kalangan. Setiap orang membutuhkan pulsa untuk dapat melakukan kegiatan komunikasi sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Hal tersebut merupakan peluang penting yang harus dimaksimalkan. Karena konsumennya luas, yang perlu dilakukan hanya tinggal menjadikan sebanyak-banyaknya orang tersebut menjadi pelanggan kita dengan menempatkan bisnis yang dijalankan sebagai pemenuh kebutuhan mereka.

Bisnis pulsa adalah salah satu peluang berbisnis yang sangat menjanjikan untuk dijalani. Selain mudah dan tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak, bisnis ini dapat menghasilkan nominal yang lumayan besar, mengingat pulsa merupakan kebutuhan banyak orang. Manfaatkanlah peluang ini dan tempatkan bisnis pulsa yang dikelola mampu menjadi pemenuh kebutuhan konsumen dengan kualitas pelayanan yang memuaskan. 

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.