Salah satu jenis usaha yang dikenal mampu mendatangkan keuntungan yang menjanjikan adalah bisnis properti. Terkadang, bisnis di bidang ini identik dengan modal yang besar dan dilakukan oleh pebisnis senior yang memiliki jam terbang meyakikan dalam dunia entrepreneurship. Namun nyatanya, berbisnis di bidang properti bisa dilakukan oleh anak muda dengan budget minim, bahkan tanpa modal. Yang perlu dilakukan adalah mempelajari seluk beluk bisnis tersebut, menyusun strategi dan action.

Memahami Apa Itu Bisnis Properti 

bisnis properti
(Sumber: Hashmicro.com)

Sebelum memulai, setiap pelaku bisnis tentu harus paham betul tentang dunia yang ia jalani. Bisnis properti adalah usaha yang bergerak di bidang kepemilikan aset berupa tanah maupun bangunan. Bisa berupa rumah, apartemen, villa, kost, sebidang tanah, bahkan termasuk gedung perkantoran, ruko dan lain-lain. Tak hanya jual beli, bisnis properti juga mencakup sewa menyewa dari bangunan tersebut termasuk fasilitas yang tersedia di dalamnya. 

Baca Juga: Cara Kerja Usaha dan Bisnis Franchise serta Definisi dan Keuntungannya

Mengapa Harus Bisnis Properti?

Pebisnis yang baik adalah mereka yang cerdas dalam memanfaatkan peluang. Tak hanya untuk saat ini, tapi juga untuk jangka panjang. Setiap orang akan membutuhkan hunian, para mahasiswa rantau akan membutuhkan apartemen atau kost, dan start up akan membutuhkan gedung untuk memulai kantor mereka. Jika merujuk pada keadaan tersebut, maka siapakah yang bisa membantu memenuhi kebutuhan para konsumen itu? Ya, jawabannya adalah para pebisnis bidang properti.

Tahun ke tahun, bisnis ini semakin berkembang karena permintaan yang semakin meningkat. Bisa dilihat dari banyaknya perumahan yang ditawarkan dengan harga yang menarik, rumah kost dengan segala fasilitas juga kelengkapannya, ataupun apartement yang berada di lokasi strategis yang bisa disewa tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Menarik, bukan? Bisnis ini akan selalu mempunyai pasarnya sendiri dan tidak akan kehilangan peminat. Karena semakin lama, kebutuhan akan semakin meningkat. Dan tentu saja, bisnis properti ini bisa mendatangkan keuntungan bagi para pelakunya.

Strategi dalam Menjalankan Bisnis Properti

bisnis properti
(Sumber: Realymyths.com)

Kesiapan adalah salah satu hal mendasar yang harus dimiliki seorang pengusaha. Untuk bisa menghasilkan Rupiah dari bisnis ini, tentu saja dibutuhkan serangkaian strategi dan skema kerja yang akan diaplikasikan pada pelaksanaan bisnisnya. Berikut beberapa tips sukses dalam bisnis di bidang properti, diantaranya:

Baca Juga : Rahasia Peluang Bisnis Modal Kecil Untuk Usia Muda

1. Memulai Tanpa Modal

Bisnis ini memang bisa dimulai tanpa modal. Yaitu dengan cara kerjasama atau menjadi bagian dari sebuah perusahaan properti, seperti menjadi agen atau marketing spesialis. Tujuannya adalah menambah pengetahuan, pengalaman serta adaptasi dengan dunia usaha ini,

Modal yang dibutuhkan hanyalah cara berkomunikasi yang efektif, agar pesan yang disampaikan mampu dimengerti dan menarik perhatian calon konsumen. Hal tersebut bisa dipelajari dan akan berkembang seiring dengan pengalaman yang didapat.

Selain mendapat ilmu dan pengalaman, cara ini juga tentu saja bisa menghasilkan uang. Bagi seorang karyawan dengan posisi marketing di bisnis properti, selain gaji, biasanya mereka juga akan mendapat closing fee setelah mendapatkan konsumen atau berhasil menjual unit.

Jika menjadi agen independen, lakukanlah kerjasama yang jelas tentang fee dari persentase penjualan yang diperoleh, atau keuntungan tersebut  bisa didapat dari menaikkan harga jual yang ditetapkan oleh perusahaan, semuanya bergantung pada kesepakatan bisnisnya seperti apa.

2. Kuasai Dunia Properti

Jika telah memulai langkah pertama dalam dunia properti, gunakan kesempatan ini untuk menjadi ajang untuk menyerap serta menguasai ilmu serta segala hal yang berkaitan dengan properti. Mulai dari jenis, kisaran harga, pemilihan lokasi, target market, dan lain sebagainya.

Sebelum memulai, kuasailah materi yang akan disampaikan, sehingga calon pelanggan akan merasa yakin. Catat dan ingatlah poin-poin penting dari kelebihan yang ditawarkan dari properti yang ditawarkan.

3. Bangun dan Jalin Hubungan yang Baik dengan Relasi

Berbisnis di bidang properti akan mempertemukan kita dengan banyak orang dari berbagai kalangan dan larang belakang yang berbeda. Ciptakan kesan yang baik saat berhubungan dengan mereka.

Sebagai langkah awal untuk menawarkan jenis properti yang dipasarkan, mulailah dari orang-orang terdekat lebih dahulu. Misalnya kerabat, keluarga besar, ataupun teman lama. Jalin kembali komunikasi yang baik dengan mereka, maintenance hubungan tersebut. Cerdaslah dalam mengambil sikap, dan tempatkan diri sebagai seseorang yang bisa membantu memenuhi kebutuhan mereka.

4. Perluas Wawasan dan Pergaulan

Jika orang terdekat sudah bisa dikatakan goals, langkah berikutnya adalah melebarkan sayap dengan menambah relasi di tempat lain. Yang perlu dilakukan adalah memperluas jaringan pertemanan maupun bisnis. Jangan lupa juga untuk selalu update tentang informasi terbaru, agar ketika memulai komunikasi dengan orang baru, tidak akan ada kesan canggung. Wawasan yang luas juga bisa menambah tingkat kepercayaan calon konsumen.

5. Menyiapkan Media Promosi

Selanjutnya, siapkan senjata yang dibutuhkan. Berupa berbagai media promosi, bisa flyer, poster, ataupun baligo dan berbagai media lainnya yang bisa membantu menyampaikan pesan kepada khalayak luas. Buat informasinya dengan jelas, namun usahakan untuk tetap bisa menarik keingintahuan calon pelanggan.

Untuk jangkauan yang lebih luas lagi, manfaatkanlah teknologi dan gunakan media social, kini ada fitur ads yang bisa mempromosikan produk sesuai dengan targetnya langsung. Dari lokasi, jenis kelamin, interest, usia yang bisa disesuaikan.

6. Bersiap untuk Hal yang Lebih Besar

Beberapa pengalaman yang didapat sebelumnya, tentu akan membuahkan hasil. Jangan terlena dengan keadaan, mulailah untuk menyisihkan sebagian dari pendapatan untuk mengembangkan bisnis properti kedepannya. Jika uang sudah cukup terkumpul, mulailah dengan membeli sebidang tanah, membangun kost atau menyewakan penginapan, dan mulailah terjun di bisnis properti milik sendiri.

Yakini bahwa suatu saat bisnis akan berkembang juga sampai pada tujuan yang ditetapkan sebelumnya. Asalkan dibarengi dengan kegigihan serta konsistensi, maka semua mimpi bukan tak mungkin untuk diwujudkan.

Baca Juga : Bisnis untuk Mahasiswa Pemula Anak Kuliah Tahun Pertama Semester 1

Bisnis Properti untuk Anak Muda

bisnis properti
(Sumber: Therumahproperty.com)

Bisnis dengan keuntungan yang menjanjikan ini bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk anak muda. Karena orientasi bisnis di bidang properti ini adalah jangka panjang, anak muda atau milenial dinilai akan mampu menjalaninya. Apalagi dengan kecakapan yang dimiliki serta didukung oleh teknologi informasi serta komunikasi, membuat para pemuda akan lebih cepat belajar, beradaptasi dan maju bersama bisnis yang mereka kelola.

Selain itu, anak muda dinilai bisa lebih kreatif. Selain memanfaatkan peluang, lebih dari itu mereka justru bisa menciptakan peluang tersebut. Inovasi dalam menentukan lokasi bisnis serta cara promosi yang digunakan adalah salah satunya.

Memulai sebuah bisnis, apalagi dengan skala yang cukup besar memang bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan tekad kuat yang dibarengi dengan kesiapan mental seseorang. Jika jalan bisnis di bidang properti yang dipilih, maka tetapkan tujuan dari sekarang dan mulailah. Kesuksesan tak hanya dilihat dari sebuah pencapaian, namun proses yang dijalani pun merupakan bagian  penting dari kesuksesan itu sendiri, nikmati setiap tahapannya, gali terus potensi yang dimiliki. 

Itulah informasi seputar bisnis properti dan seperti apa cara untuk menjalankan bisnis di bidang ini. Semoga informasi ini bermanfaat terutama bagi para pembaca yang ingin mulai terjun ke bidang ini. 

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.