Bisnis Payment Point Online Banking atau yang kerap disingkat sebagai bisnis PPOB merupakan salah satu cara dalam melakukan pembayaran yang terkoneksi secara online dengan menjalin kerjasama bersama pihak perbankan dalam waktu nyata. Melalui kerjasama ini, proses pengumpulan data dapat diselesaikan dengan sangat cepat dan hasil yang valid. Dengan begitu, para nasabah tak lagi perlu khawatir akan adanya kemungkinan data hilang atau tidak terdeteksi.

Sekarang ini, menjalankan usaha PPOB semakin digandrungi oleh masyarakat Indonesia lantaran memiliki peluang yang cukup besar. Apalagi PPOB masuk sebagai salah satu jenis bisnis yang sukses, wajar jika kemudian usaha ini kerap dijadikan sebagai bisnis rumahan yang dijalankan oleh berbagai kalangan.

Baca Juga: Cara untuk Memulai Bisnis Pulsa Tanpa Ada Pengalaman Sebelumnya

Pembayaran yang Bisa dilakukan Melalui PPOB

Pembayaran yang Bisa dilakukan Melalui PPOB
(Sumber : Blog.darmawisataindonesia.co.id)

Terdapat banyak sekali sistem pembayaran yang disediakan dalam bisnis satu ini. Sehingga masyarakat pun merasa dimudahkan dengan kehadiran PPOB. Untuk sistem termurah yang ditawarkan dalam bisnis PPOB ialah sistem dengan cara pemakaian ataupun memfasilitasi pembayaran tagihan secara online.

Pada tahap ini, transaksi pembayaran dilakukan secara real-time. Jadi, kemungkinan adanya pembayaran yang kelebihan atau bahkan pembayaran ganda tidak ada terjadi.

PPOB ini juga cenderung memiliki hitungan finansial yang akurat. Dengan hal ini, tentu akan lebih memudahkan pihak pembayar atau biller. Disamping itu, pihak pembayar juga memiliki kesempatan dana dan terjaminnya dana yang diperolehnya oleh pihak bank ataupun pihak ketiga.

Di bawah ini merupakan beberapa sistem pembayaran yang dapat dilakukan melalui usaha PPOB.

  1. Tagihan untuk angsuran leasing.
  2. Membayarkan tagihan listrik bulanan pada rekening listrik PLN.
  3. Bisa digunakan untuk melakukan pembayaran pada rekening PDAM.
  4. Bisa digunakan sebagai tempat untuk pembayaran iuran BPJS bulanan.
  5. Sebagai tempat untuk melakukan pembayaran dengan cara mentransfer atau ticketing kereta api.
  6. Menjadi lokasi penjualan untuk voucher pulsa elektronik yang tersedia atas seluruh provider operator seluler.
  7. Menjadi tempat pembayaran untuk Speedy Telkom atau rekening telepon.
  8. Sebagai tempat pembayaran token listrik prabayar PLN ataupun pulsa listrik.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menjalankan Bisnis PPOB Terpercaya di Indonesia

Jika ingin menjadi pebisnis sukses yang bisa menjalankan suatu usaha yang mudah untuk dikembangkan, maka usaha PPOB ini bisa dijadikan sebagai alternatif yang tepat. Walaupun bisnis ini menawarkan peluang yang sangat besar karena tak membutuhkan banyak modal, namun untuk pebisnis yang tertarik untuk menggeluti usaha ini wajib memperhatikan beberapa hal penting seperti halnya:

  1. Pebisnis wajib mempelajari berbagai detail dari pola kinerja PPOB hingga mekanismenya terlebih dahulu. Aktivitas ini bertujuan agar pebisnis tidak melulu terpaku hanya dengan melihat seberapa besar nominal yang akan didapatkannya nantinya.
  2. Jika memiliki keinginan untuk memasang berbagai provider sebagaimana yang disediakan pada PPOB, maka pebisnis dianjurkan untuk merisetnya lebih dulu. Ini dilakukan lantaran banyaknya provider yang beredar di pasaran. Terlebih lagi, harga yang ditawarkan di luaran sana sangatlah bersaing. Karenanya, dengan mempelajari hal ini sebaik mungkin, maka pebisnis pun dapat mengetahui jenis provider seperti apa yang terbaik untuk dijadikan sebagai opsi usaha.
  3. Pebisnis juga disarankan agar tidak mudah percaya pada mod yang banyak meminta transfer ke bagian rekening cabang. Guna mengatasi penipuan semacam ini, maka pebisnis dianjurkan untuk mengetahui informasi rekening tersebut secara detail. Sehingga, pebisnis akan yakin jika yang ditransfer merupakan rekening pusat dan bukannya rekening cabang.
  4. Pelaku bisnis disarankan untuk mencari loket PPOB yang menerapkan sistem pembayaran pada biaya ringan, atau bahkan biaya gratis.
  5. Jika pelaku bisnis memperoleh pemberian bayaran yang relatif tinggi, maka sebaiknya berhati-hati. Karena ini mungkin bisa menjadi tindakan penipuan.
  6. Ada baiknya untuk memilih jenis PPOB dengan biaya yang murah di awal.
  7. Usahakan untuk memilih bisnis PPOB yang tidak pernah mengalami gangguan server sama sekali.
  8. Pilihlah PPOB yang sudah menggunakan dukungan pada penggunaan multi bank.
  9. Agar proses pengisian deposit berjalan dengan lebih cepat, pilihlah PPOB yang sudah dilengkapi dengan layanan ticketing.
  10. Pilihlah jenis PPOB yang telah terpercaya dengan cara melihat seberapa banyak jumlah member yang dimilikinya dan pelayanan apa saja yang ditawarkannya.

Baca Juga: Rahasia Peluang Bisnis Modal Kecil Untuk Usia Muda

Keuntungan Menjalankan Usaha PPOB Resmi

Proses pembuatan usaha PPOB sangatlah mudah untuk dilakukan. Ini karena pebisnis bisa memulai usahanya dengan melakukan beberapa tahapan langkah saja. Atau bisa juga dengan melalui agen PPOB yang lebih praktis.

Disamping itu, harga peralatan dan perangkat yang dibutuhkan untuk bisnis ini tidak terlalu mahal. Dan lagi, PPOB ini memiliki multiplier effect yang mempunyai pengaruh besar terhadap para pelakunya.

Tujuan usaha PPOB ini adalah untuk membantu masyarakat dalam mengatasi banyaknya jumlah pengangguran yang kian meningkat setiap tahunnya. Ini dibuktikan dengan banyaknya antusias dari orang-orang yang tertarik untuk menjalankan bisnis PPOB ini. Karena selain cukup mudah untuk dijalankan, modal yang diperlukan tidaklah terlalu banyak. Walau begitu, keuntungan yang bisa didapatkan cukup menjanjikan.

Guna mengetahui keuntungan apa saja yang bisa didapatkan saat menjalankan usaha PPOB resmi, simak terus ulasan ini sampai akhir, ya!

1. Memiliki Pangsa Pasar yang Cukup Luas

Memiliki Pangsa Pasar yang Cukup Luas
(Sumber : Kompas.com)

Usaha PPOB memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Sederhananya, setiap rumah sudah dapat dipastikan akan menggunakan listrik, maka untuk membidik target konsumen yang dituju pebisnis bisa membuka layanan pembayaran listrik.

Perlu diingat, konsumen bukan hanya akan datang untuk melakukan pembayaran listrik saja. Namun juga untuk menggunakan jasa loker lain dari PPOB untuk pembayaran lainnya. Sebagai contoh saja pembayaran pulsa, kartu kredit, asuransi PDAM, atau yang lainnya. Jika pelayanan yang ditawarkan semakin lengkap, bisa dipastikan bahwa jangkauan untuk konsumen usaha PPOB juga semakin luas.

2. Memiliki Sistem yang Mudah

Sistem yang diterapkan oleh usaha PPOB ini tergolong sangat mudah lantaran mempunyai prosedur pembayaran yang cukup praktis. Bisnis seperti ini memang menargetkan para masyarakat yang berada di tempat yang jauh dari lokasi pembayaran resmi. Sehingga pebisnis pun dapat menjalankan usaha ini di rumah sebagai bisnis rumahan atau usaha sampingan.

3. Komisi Menguntungkan

Adapun untuk nominal komisi dari bisnis ini, bisa dibilang sangatlah menguntungkan. Walaupun pada awalnya jumlah komisi yang didapatkan tidak terlalu besar, namun semakin banyak pelanggan yang menggunakan jasa PPOB tentu akan membawa pebisnis pada jumlah komisi yang semakin banyak.

Baca Juga: Apa Itu Bisnis Paytren? Pengertian Paytren, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan

Cara Membangun Usaha PPOB

1. Mempersiapkan Peralatan yang Diperlukan

Mempersiapkan Peralatan yang Diperlukan
(Sumber : Jakartanotebook.com)

Beberapa peralatan yang dibutuhkan dalam membangun usaha ini adalah komputer, unit UPS atau Uninterruptible Power Supply, dan koneksi internet.

2. Mencari Agen Resmi

Selanjutnya, cari penyedia layanan PPOB resmi yang terpercaya dan banyak menawarkan manfaat terbaik untuk keberhasilan usaha ini.

Sebagai usaha yang mudah dijalankan, bisnis PPOB ini tidak bisa dipisahkan dari keuntungan yang konsisten. Dalam setiap bulannya, akan selalu ada pendapatan. Hal ini dikarenakan dalam hal pembayaran PPOB, pangsa pasar yang dituju cenderung lebih bertarget.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.