Penggunaan digital dan internet yang semakin meningkat, diikuti kebutuhan untuk mengoptimalkan website, baik untuk kebutuhan bisnis, lembaga, maupun pribadi, membuat bisnis penulis artikel kian diminati karena memiliki peluang yang bagus.

Perkembangan zaman yang menuju era digital membuat banyak sekali kegiatan yang berpindah ke dunia internet. Membuat banyak sekali peluang usaha yang terbuka, salah satunya adalah penulis artikel online. Di mana kebutuhan artikel saat ini sangat tinggi, demi meningkatkan website, terutama website bisnis supaya dapat muncul di pencarian atas.

Artikel yang merupakan konten pada sebuah website memang sangat dibutuhkan untuk SEO atau search engine optimization, pengoptimalan mesin pencarian. Dengan website berisikan tulisan-tulisan yang sesuai dengan yang dicari para pengguna, maka website menjadi sering dikunjungi. Ini menyebabkan peningkatan pada suatu bisnis, jika digunakan untuk usaha.

Melihat peluang bisnis penulis artikel online yang sangat baik ini, sayang rasanya jika ditinggalkan. Apalagi banyak sekali pasar yang menunggu, karena sudah serba online. Nah, bagaimana memulai bisnis ini, terutama bagi pemula yang belum begitu memahami seluk beluknya.

Baca Juga: Rahasia Sukses Bisnis Tiket Pesawat Online untuk Mahasiswa Tanpa Modal Besar

Memulai Bisnis Penulis Artikel Online

Berikut ini adalah cara untuk memulai bisnis artikel yang perlu diperhatikan terutama bagi pemula. Silahkan memperhatikan dan mengikuti tahapan-tahapan yang ada, supaya bisnis yang dilakukan dapat berjalan lancar dan mendapatkan keuntungan yang lebih baik.

1. Suka Membaca dan Menulis

Suka Membaca dan Menulis
(Sumber : Cantik.tempo.co)

Ini jelas sekali menjadi dasar dari bisnis penulis artikel. Jelas, karena artikel merupakan sebuah karya tulis dan sebelum membuatnya harus membaca terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi. Apalagi jika ingin artikel yang dihasilkan berkualitas, seringnya membaca dan menulis akan sangat mempengaruhi.

Jika memang sangat ingin memulai bisnis ini namun belum terbiasa dengan kedua hal tadi mulailah biasakan. Tidak ada ruginya banyak membaca dan menulis, karena akan sangat berguna nantinya, tidak hanya untuk bisnis. Bagi yang sudah memiliki kebiasaan tersebut, jelas bisnis ini sangat cocok untuk dimulai.

2. Mengasah Keterampilan Menulis

Sudah sangat jelas artikel merupakan karya yang hasilnya akan sesuai dengan kemampuan menulis. Menulis memang membutuhkan jam terbang hingga mencapai tulisan yang benar-benar berkualitas. Oleh karena itu keterampilan menulis harus terus diasah demi memberikan yang terbaik untuk pembaca dan juga pelanggan.

Penulis artikel online tidak hanya sekedar menulis, pelajari juga berbagai macam yang berkaitan dengan pengoptimalan website. Pelajari mengenai hal-hal yang ada dalam artikel SEO, karena jenis artikel ini yang sangat dicari banyak orang. Mulailah belajar menggunakan alat-alat bantu analisa artikel yang dapat digunakan secara gratis.

Iringi dengan banyak membaca, karena akan memperkaya perbendaharaan kata dan juga pengetahuan. Sehingga dapat menulis dengan lebih indah juga cepat karena sudah cukup mengetahui apa yang akan ditulis. Perhatikan juga berbagai artikel yang ada di internet, dan cobalah tulis ulang dengan gaya bahasa sendiri, tanpa melakukan copypaste.

Baca Juga: Rahasia Sukses Cara Jualan di Instagram dan Strategi Ampuh

3. Membuat Blog

Membuat Blog
(Sumber : Tokopedia.com)

Untuk memulai bisnis penulis artikel, portofolio sangatlah penting. Dengan adanya blog, maka dapat memperlihatkan bagaimana kualitas tulisan yang dibuat. Pastikan konten blog merupakan tulisan yang nyaman dibaca dan juga Seo friendly supaya para pelanggan senang dengan tulisan yang dimuat, dan ingin memakai jasa.

Selain itu dengan adanya blog dapat sekaligus membantu pemasaran bisnis ini. Tentu saja karena orang-orang yang mencari jasa penulis artikel online pada umumnya adalah usaha yang juga memiliki website. Lakukan optimasi pemasaran seperti mereka, buktikan bahwa blog ini dapat menjadi teratas pada mesin pencarian.

4. Promosi

Bisnis penulis artikel sama halnya dengan bisnis lainnya membutuhkan promosi untuk meningkatkan pelanggan. Apalagi bisnis ini baru dimulai, jadi melakukan promosi adalah hal yang sifatnya harus jika ingin mendapatkan pelanggan. Selain itu banyaknya pesaing di bisnis ini, juga membuat pengoptimalan promosi menjadi wajib.

Tidak perlu langsung menggunakan pengiklanan, promosi dapat dimulai dengan hal-hal yang mudah. seperti membuat akun facebook khusus dan membuat status yang dikirim ke berbagai grup yang berkaitan. Juga menggunakan media sosial lainnya, seperti twitter dan juga instagram, optimalkan semua itu.

Dapat juga menawarkan usaha ini di forum-forum online seperti kaskus dan lainnya. Gunakan juga berbagai situs pencari jasa dan pencari pekerja lepas, postinglah jasa yang disediakan. Situs ini seperti freelancer, fiverr, dan masih banyak lagi. Blog pribadi yang tadi juga dapat digunakan sebagai media promosi.

5. Memberikan Layanan Terbaik

Setiap usaha pastinya harus memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan termasuk juga bisnis penulis artikel. Dengan memberikan pelayanan terbaik, pelanggan pasti akan senang dan berkesempatan untuk menggunakan jasa ini lagi. Juga dapat dijadikan keunggulan dari bisnis artikel, supaya menimbulkan konsistensi.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pelayanan adalah, kualitas tulisan yang sesuai bahkan melebihi ekspektasi. Pengerjaan yang tepat waktu disertai komunikasi yang responsive dan juga bertutur baik. Juga bukalah negosiasi harga, supaya pelanggan juga semakin senang menggunakan bisnis ini.

Nah itulah cara untuk memulai bisnis penulis artikel online. Memang hal-hal tersebut berupa tips dan penjelasan, bukan hal-hal yang menjelaskan secara langsung. Namun dalam menjalankan bisnis yang terpenting adalah berani melangkah. Artinya semua hal harus dimulai termasuk juga bisnis satu ini, itulah cara paling ampuh.

Setelah mengetahui hal tadi, mungkin ada timbul pertanyaan memang apa dan berapa keuntungan dari bisnis penulis online. Berikut akan dijelaskan mengenai hal itu, jadi harap diperhatikan dengan seksama.

Baca Juga: Kumpulan Website Dropship Terpercaya dan Paling Aman

Keuntungan Bisnis Penulis Artikel

Sebenarnya ada banyak sekali keuntungan yang didapat dari memulai bisnis ini, namun disini akan dijelaskan beberapa saja. Dari beberapa itu dirasa sudah cukup mewakili untuk menggugah selera memulai usaha keren satu ini.

1. Pekerjaan yang Fleksibel

Harus diakui bahwa bisnis penulis online ini seperti pekerja lepas, artinya dapat memiliki waktu dan juga tempat pengerjaan yang bebas. Tentunya tetap harus konsisten dengan hasil yang tepat waktu.

2. Menambah Pengetahuan

Bisnis ini memaksa untuk terus membaca dan menulis, jelas sekali akan menambah banyak sekali pengetahun. Apalagi jika membuka diri untuk menerima penulisan dengan tema apa saja, yang menuntut untuk menulis yang belum diketahui. Bekerja sekaligus mendapatkan banyak pengetahuan jarang sekali loh yang ada seperti ini.

3. Memiliki Keuntungan yang Lumayan

Memiliki Keuntungan Yang Lumayan
(Sumber : Rctiplus.com)

Bagi bisnis yang baru mulai, tarif harga memang lebih murah antara 2.500 hingga 3.000 per 100 kata. Ambillah harga 2.500 rupiah, jika mendapat pesanan dalam sehari 4 artikel 500 kata saja, maka akan mendapatkan 4 x 12.500 x 30 =1.500.000 rupiah dalam sebulan. Jika bisnis ini sudah mulai dikenal dapat mengenakan tarif hingga 10.000 per 100 kata.

Itulah keuntungan yang akan didapatkan dari bisnis penulis artikel online. Tentu saja ini sangat menggiurkan untuk dimulai, apalagi sudah mendapatkan pengetahuan mengenai tips dan juga cara memulainya. Jadi tidak ada alasan lagi untuk berkata sulit, yang penting adalah keinginan dan melangkah memulai, sebuah cara yang paling efektif dalam berbisnis.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.