7 Tips Sukses Bisnis Pakan Ternak untuk Pemula

Bisnis Pakan Ternak
Wheelbarrow with pellet feed dairy cows in barn

Beternak adalah salah satu kegiatan yang tidak bisa dilepaskan dari masyarakat Indonesia, terutama yang tinggal di area pedesaan. Banyaknya jumlah peternak ternyata membuka peluang usaha baru, yaitu bisnis pakan ternak. Meskipun terdengar sepele, bisnis ini menawarkan keuntungan yang besar.

Meningkatnya jumlah peminat usaha ternak membawa dampak positif bagi pelaku bisnis pakan. Pasalnya semakin tinggi permintaan pakan, semakin banyak pula pundi-pundi uang yang dihasilkan. Buat kamu yang tertarik untuk memulai bisnis serupa, simak ulasan lengkap berikut ini.

7 Kiat Sukses Usaha Pakan Ternak

Ada berbagai macam usaha yang bisa kamu lakukan untuk menggeluti bidang pakan ternak, seperti membangun pabrik pengolahan pakan untuk ternak, menjadi supplier, atau membuka toko pakan ternak kecil-kecilan.

Buat kamu yang baru berkecimpung dalam bidang ini, merintis toko pakan ternak bisa menjadi opsi yang paling tepat. Selain tidak terlalu sulit, bisnis ini juga bisa menjadi ajang untuk mendalami pakan ternak sehingga kamu bisa mengembangkan bisnis yang lebih besar.

Agar bisnis pakan ternak kamu berjalan lancar, perhatikan 5 kiat sukses di bawah ini:

Baca Juga : 5 Alasan Merintis Usaha Kolam Pemancingan

1. Memperdalam Pengetahuan tentang Pakan

Bisnis Pakan Ternak
(Sumber: Consultant-myanmar.com)

Terkadang konsumen menanyakan beberapa pertanyaan misalnya produk yang tepat untuk ternak tertentu atau bahan terbaik untuk membuat ternak lebih produktif. Jika kamu ingin mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, pastikan kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Bagaimana caranya? Tentu saja kamu harus belajar. Dengan memperdalam pengetahuan mengenai seluk beluk pakan ternak, kamu tidak hanya sekedar menjual tapi juga membantu peternak untuk memilih produk yang tepat.

Meskipun terdengar sederhana, hal ini menjadi poin tersendiri di mata konsumen. Oleh karena itu, tidak perlu malu untuk mempelajari segala hal tentang pakan ternak agar bisnis yang kamu bangun bisa berkembang dengan baik.

2. Memastikan Kualitas Produk yang Dijual

Agar bisnis pakan ternak kamu sukses dan diminati oleh konsumen, sangat penting untuk memastikan kualitas produk yang dijual. Dengan menjamurnya bisnis serupa, pelanggan menjadi lebih selektif dalam memilih toko pakan yang benar-benar menyediakan barang berkualitas.

Tidak hanya memastikan kualitas, kamu juga harus memastikan produk dalam kondisi baik. Pastinya pelanggan tidak akan senang jika produk yang dibeli dalam kondisi robek, menggumpal, atau bahkan sudah tidak layak pakai.

Ada baiknya kamu memeriksa gudang penyimpanan secara berkala untuk meyakinkan bahwa produk yang tersimpan masih dalam kondisi baik. Dengan begitu, pelanggan akan merasa puas karena sudah membeli di toko kamu.

3. Menyediakan Produk Beragam

Salah satu cara jitu untuk sukses dalam merintis usaha pakan ternak adalah dengan menyediakan produk beragam. Semakin lengkap produk yang kamu sediakan, semakin banyak konsumen yang tertarik untuk mampir ke toko kamu.

Sediakan produk pakan dengan merek serta kualitas yang berbeda sehingga pembeli bisa menentukan pilihan sesuai kebutuhan dan anggaran yang dimiliki. Tapi pastikan kamu tetap jujur dalam menyampaikan seluk beluk masing-masing produk agar pembeli tidak merasa tertipu.

4. Jalin Kerjasama dengan Peternakan

Jika kamu sudah memiliki pengetahuan yang cukup mengenai produk pakan serta kebutuhan ternak, tidak ada salahnya untuk menjalin kerjasama dengan peternakan yang berlokasi tak jauh dari toko kamu. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan bisnis yang tengah dijalankan.

Dengan terciptanya kerjasama dengan peternakan, otomatis kamu mempunyai pelanggan tetap yang akan membeli pakan ternak secara rutin. Selain itu, jumlah permintaan juga tergolong tinggi apalagi untuk peternakan berskala besar.

Agar kerjasama terjalin dengan baik, pastikan kualitas pakan tetap terjaga. Selain itu, ketepatan waktu juga menjadi faktor penting untuk memastikan kebutuhan pakan untuk ternak tetap terpenuhi. Yang tak kalah penting, kamu bisa menawarkan harga kerjasama agar lebih menggiurkan bagi peternak.

5. Rutin Mengecek Harga Pasar

Di tengah ketatnya persaingan bisnis pakan ternak, tidak sedikit pelaku usaha yang menurunkan harga secara drastis demi menggaet lebih banyak pelanggan. Tapi tentu saja cara ini bisa merugikan pelaku usaha yang lain.

Agar selalu bisa menyediakan produk berkualitas dengan harga kompetitif, kamu perlu mengecek harga pasar secara rutin. Dengan mengetahui fluktuasi harga, kamu bisa menyesuaikan harga jual yang sesuai dengan pasar.

Tidak perlu memberikan harga yang jauh lebih rendah dari harga pasar karena akan menyebabkan kerugian. Tapi jangan sampai kamu menetapkan harga yang jauh lebih tinggi karena bukan tidak mungkin konsumen akan berpindah ke lain hati meskipun produk yang kamu jual berkualitas.

Baca Juga : 7 Tips Cara Memulai Bisnis Cuci Sepatu dari Awal Modal Kecil

6. Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Bisnis Pakan Ternak
(Sumber: dupontnutritionandbiosciences.com)

Ternyata kualitas pelayanan turut berperan dalam kesuksesan sebuah usaha, termasuk usaha pakan ternak. Agar konsumen merasa senang saat membeli di toko kamu, pastikan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik tanpa membeda-bedakan konsumen.

Tidak sedikit toko pakan yang ditinggalkan oleh pelanggan karena kualitas pelayanan yang buruk, misalnya pegawai toko yang kurang ramah atau tenaga yang kurang cekatan. Dengan meminimalisir hal tersebut, diharapkan pelanggan akan kembali di lain hari.

Salah satu contoh pelayanan yang baik adalah melayani pembeli yang ingin berkonsultasi. Misalnya saja pembeli menanyakan produk mana yang memiliki kualitas paling baik atau produk apa yang paling tepat untuk ternak yang dimiliki. Usahakan untuk selalu menjawab pertanyaan sebaik mungkin.

7. Lakukan Promosi

Agar bisnis kamu lebih dikenal oleh masyarakat, promosi merupakan hal yang wajib dilakukan. Kamu bisa melakukan promosi melalui brosur, selebaran, ataupun spanduk yang dipasang di tempat umum.

Selain itu, diskon dan promo menarik juga bisa jadi sarana promosi yang tidak boleh dilewatkan. Semakin banyak yang mengetahui keberadaan toko kamu, semakin besar peluang untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Kendala yang Mungkin Kamu Alami

Bisnis Pakan Ternak
(Sumber: Futurelearn.com)

Menjalankan bisnis toko pakan ternak terdengar mudah. Kendati demikian, ada sejumlah kendala yang bisa menghambat jalannya bisnis kamu. Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi halangan untuk mengembangkan usaha pakan ternak:

1. Persaingan yang Ketat

Bisnis makanan ternak mempunyai tingkat persaingan yang cukup tinggi. Kamu harus pandai-pandai mencari celah agar usaha dapat bertahan di tengah ketatnya persaingan. Misalnya kamu melayani pembelian online, memberikan jasa delivery, dan lain sebagainya.

2. Penyakit Ternak

Penyakit yang menyerang ternak menjadi salah satu kendala tersendiri. Ketika banyak ternak yang terserang wabah, otomatis penjualan pakan ternak akan menurun. Hal ini akan berdampak pada omzet yang kamu dapatkan.

3. Perubahan Kualitas dari Pabrik

Tidak jarang produk mengalami perubahan kualitas dari pabriknya, misalnya karena perubahan supplier bahan baku atau turunnya rasio takaran. Penurunan kualitas akan mempengaruhi produktivitas ternak sehingga akan berpengaruh pada kepuasan konsumen.

4. Risiko Produk Rusak

Jika penyimpanan tidak dilakukan dengan baik, besar kemungkinan produk akan mengalami kerusakan akibat serangan tikus atau lingkungan yang lembab. Hal ini tentu saja akan menyebabkan kerugian bagi kamu.

Baca Juga : Rahasia Cara Bisnis Ketoprak dari Awal Cepat Balik Modal

Bisnis pakan ternak memang menggiurkan, mengingat jumlah peternak yang semakin meningkat. Namun menjalankan bisnis ini bukanlah tanpa kendala. Pelajari kiat sukses serta kendala yang mungkin dialami agar kamu lebih siap dalam merintis bisnis yang satu ini.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like