Dewasa ini, bisnis paid promote banyak digandrungi orang-orang lantaran prospeknya yang sangat menjanjikan. Secara sederhana, usaha ini menawarkan jasa untuk mempromosikan suatu produk/jasa melalui akun sosial media dengan followers tinggi sehingga akan menjangkau lebih banyak bakal konsumen potensial. Lalu, bagaimana cara memulai bisnis ini?

Cara Memulai Jasa Paid Promote Instagram

Ada banyak sekali langkah yang bisa ditempuh untuk memulai suatu usaha paid promote. Untuk pengusaha yang memiliki modal cukup besar, mereka bisa membeli akun sosial media yang sudah berjalan dan memiliki insight oke. Biasanya akun-akun seperti itu dijual pada harga 3 jutaan, tapi ada juga yang dipasarkan dengan angka puluhan juta, tergantung pada jenis dan kualitas dari akun terkait.

Atau, pengusaha bisa memulai usahanya dari 0 dengan membangun akun bisnisnya sendiri. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Rahasia Sukses Cara Jualan di Instagram dan Strategi Ampuh

1. Bangun Sosial Media Berfollower

Kunci utama usaha paid promote terletak pada akun sosial media itu sendiri. Semakin banyak follower yang dimilikinya, akan semakin banyak pula jangkauan yang bisa didapatkan. Hal ini juga akan berimbas pada pendapatan yang bisa diperoleh nantinya.

Adapun langkah-langkah untuk membangun sosial media berfollower ialah:

a. Ganti Jadi Akun Instagram Menjadi Akun Bisnis

Ganti Jadi Akun Instagram Menjadi Akun Bisnis
(Sumber: Labana.id)

Guna memaksimalkan fungsi akun instagram, cobalah untuk mengganti akunnya menjadi akun bisnis. Dengan begitu, pengusaha dapat melakukan banyak hal seperti menambahkan alamat usaha, kontak aktif, melihat laporan atau insight, dan lain sebagainya.

b. Tentukan Niche

Jangan mencampur-campur beberapa niche pada satu akun yang sama. Sebaiknya, sesuaikan niche dengan minat dan ketertarikan pengusaha. Dengan begitu, proses pencarian dan pembuatan konten pun akan terasa lebih menyenangkan.

Beberapa niche yang bisa diangkat ialah kuliner, humor, berita, gaming, bisnis, teknologi, dan masih banyak lagi lainnya.

c. Upload Konten Setiap Hari

Jika ingin memperoleh followers secara organik, maka pengusaha wajib mengunggah konten baru setiap harinya. Bukan hanya suatu konten asal-asalan yang tidak masuk dalam niche, namun benar-benar konten yang bermanfaat bagi target follower yang diinginkan.

Contohnya saja niche yang diangkat adalah bidang kuliner, maka unggahan yang harus naik adalah konten kuliner, entah itu resep masakan, video masak, wisata kuliner, atau info-info lain seputar kuliner.

d. Pakai Bantuan Tools Virol

Pakai Bantuan Tools Virol
(Sumber: Lapakaplikasi.com)

Agar mempermudah pengusaha dalam mencari konten dan mengembangkan akunnya, penggunaan bantuan tools ketiga seperti Virol bisa dijadikan alternatif. Virol sendiri merupakan sebuah tools yang memiliki fungsi untuk riset konten, repost video, dan riset hashtag.

Melalui tools ini, pengusaha bisa mengetahui konten seperti apa yang memiliki interaksi tinggi dengan potensi viral yang sama tingginya. Bila ada beberapa postingan viral, biasanya akun tersebut akan memperoleh peningkatan followers organik yang cukup tinggi.

Perlu dicatat, Virol bukanlah tools penambah followers BOT. Peningkatan followers dari tools ini diperoleh secara organik. Yakni dengan riset hashtag dan konten yang berpotensi viral.

Baca Juga: Trik Hebat Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Tanpa Modal

2. Promosikan Akun

Setelah akun yang dibangun memiliki setidaknya 50.000 followers, cobalah untuk mulai mempromosikan akun tersebut ke beberapa online shop yang juga bergerak di Instagram.

Hubungi mereka lewat fitur DM yang tersedia. Tawarkan jasa paid promote dan sertakan laporan insight dari akun tersebut lengkap dengan patokan harga yang dikehendaki.

Untuk pemula, usahakan untuk tidak mematok harga terlalu mahal. Pada tingkat 50.000 followers, pengusaha dapat memberikan patokan Rp 25.000 sampai Rp 50.000 untuk 1 kali posting.

Selain menghubungi beberapa pihak online shop secara langsung, promosi lewat website buzzer dan freelancer seperti halnya BuzzHero, SocialBuzz, atau Fastwork.id bisa jadi alternatif pilihan untuk ditempuh.

3. Rawat Akun Instagram

Selanjutnya, rawat akun instagram agar insightnya semakin bagus. Pada tahap ini, pengusaha perlu mengunggah konten setiap harinya dan memastikan agar seluruh postingan aman dari resiko shadow banned.

Perlu diketahui, pada saat akun instagram terkena shadow banned, maka total interaksi pada seluruh postingan dalam akun tersebut akan menurun. Jelas hal seperti ini akan sangat merugikan.

Kalau sudah begitu, pengusaha harus sabar menunggu hingga insight kembali normal, tentunya perlu diimbangi dengan mengunggah konten baru setiap harinya.

4. Berikan Layanan Maksimal

Sudah seharusnya akun instagram publik yang menawarkan servis paid promote memberikan layanan dengan maksimal kepada seluruh kliennya.

Semisal saja dengan mengikuti keinginan klien mau diunggah pada jam berapa, memention akun instagram mereka, memberikan pelayanan yang ramah, dan yang pasti fast respon dalam menanggapi semua pertanyaan juga keluhan mereka.

Dengan begitu, pengusaha bisa memperoleh repeat order atas jasa paid promotenya di masa mendatang. Terlebih bila klien berhasil memperoleh keuntungan berupa kenaikan followers yang signifikan setelah melakukan paid promote. Umumnya mereka akan kembali menggunakan jasa tersebut untuk memaksimalkan akun sosial medianya.

5. Tawarkan Promo Khusus

Penawaran harga promo terbukti ampuh dalam menarik perhatian calon pelanggan bisnis paid promote potensial. Tak melulu harus memangkas terlalu banyak uang dalam sebuah promo khusus, cukup sesuaikan dengan batas profit yang dimiliki. Walau memotong harga jual, jangan sampai merugi ya!

6. Lakukan Filter Terhadap Online Shop

Jangan sembarangan dalam memilih produk dagangan orang untuk dipromosikan. Pastikan untuk memeriksa terlebih dahulu produk dan akun instagram yang hendak dipromosikan. Untuk indikatornya sendiri bisa menggunakan hal berikut:

a. Akun Instagram Terlihat Profesional atau Tidak

Jika setelah dikunjungi akun calon pelanggan memiliki followers di bawah 1000 dengan unggahan sedikit dan foto nampak tidak berkualitas, belum memasukkan kontak pribadi, belum ada sorotan/highlight, dan bio yang dicantumkan tidak menarik, maka sebaiknya order mereka ditolak.

Selain kurang meyakinkan, akun-akun instagram seperti ini bisa saja digunakan sebagai akun penipuan berkedok online shop.

b. Produk yang Mereka Tawarkan Seperti Apa

Pengusaha perlu berhati-hati jika barang yang dipromosikan masuk dalam kategori kesehatan atau produk kecantikan. Lihat apakah produk-produk mereka telah lolos dan terdaftar pada BPOM atau tidak.

Sedangkan untuk produk makanan, tanyakan apakah barang mereka itu halal atau non-halal, sehingga nantinya konsumen tidak salah persepsi.

Baca Juga: Jenis-Jenis Barang yang Cocok Dijual Online dan Laris Manis

Selektif Dalam Menjalankan Usaha Paid Promote

Selektif Dalam Menjalankan Usaha Paid Promote
(Sumber: Ceritapengusaha.com)

Pada dasarnya, pengusaha harus selektif dalam memilih barang dagangan untuk dipromosikan. Jangan tamak dengan menyanggupi seluruh tawaran kerjasama yang diberikan, karena bisa saja akan merugikan orang-orang yang tertarik pada penawaran di akun usaha itu nantinya.

Apalagi jika produknya berkualitas buruk dan sangat mengecewakan, konsumen bisa saja merasa bahwa mereka telah ditipu. Bukan hanya online shop terkait saja yang akan terkena dampaknya, tapi juga akun yang digunakan untuk mempromosikannya. Tak mau rugi karena tamak kan?

Membuka bisnis paid promote di instagram sebenarnya gampang-gampang susah. Dibutuhkan konsistensi yang tinggi dan waktu yang tidak sebentar agar bisa sukses dalam bisnis ini. Jika pengusaha bisa memberikan komitmennya secara penuh, bukan menjadi hal yang mustahil bila usaha ini akan membuahkan hasil sejak bulan pertama peluncurannya.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.