Sebagian besar anak sekolah membutuhkan tambahan biaya untuk memenuhi kebutuhan sekolahnya. Uang saku dari orang tua terkadang hanya cukup untuk jajan dan transportasi. Padahal, anak sekolah juga membutuhkan uang untuk biaya lainnya, seperti print tugas, membeli paket data sebagai penunjang belajar, dan lain sebagainya. Ada banyak peluang bisnis modal kecil yang dapat dilakukan oleh anak sekolah. Orang tua juga tidak perlu khawatir karena usaha ini sama sekali tidak mengganggu kegiatan sekolah dan belajar.

10 Peluang Bisnis Modal Kecil Untuk Usia Muda


Memulai usaha tidak selalu mengeluarkan modal besar, berikut ini usaha dengan modal minim yang dapat dilakukan oleh anak sekolah. Bahkan, ada yang tidak mengeluarkan modal sama sekali, dan cukup menggunakan smartphone yang dimiliki:

1. Menjadi Blogger

Bisnis Modal Kecil
(Sumber: dyp.im)

Blog bukan hanya media yang digunakan untuk bermain-main, tetapi juga bisa menjadi sumber pendapatan. Tulisan-tulisan yang di posting pada blog memang tidak dibayar secara langsung. Akan tetapi, dengan mendaftarkan blog pada Google Adsense, content placement, atau review produk. Sementara, konten blog dapat diisi sesuai dengan kegemaran.

Tips supaya blog cepat menghasilkan, fokuskan isi konten pada satu tema atau disebut dengan niche. Whole-niche salah satu niche blog yang paling populer karena sifatnya menyeluruh. Misalnya, menentukan niche tentang sinopsis buku, maka di dalam blog dapat diisi menu fiksi dan nonfiksi. Masing-masing menu dapat diisi submenu, seperti contohnya pada fiksi terdapat genre romance, humor, horor, dan masih banyak lagi.

Berbeda lagi jika memilih micro-niche, dimana niche blog lebih spesifik. Misal, memilih niche sinopsis novel romance Indonesia. Berarti isinya harus novel Indonesia yang bergenre romance. Jika memilih whole-niche, tawaran kerja sama review produk menjadi lebih luas. Sedangkan micro-niche harus memilih produk yang benar-benar sesuai dengan topik blog tersebut.

2. Content Creator Social Media

Sudah banyak sekali selebgram di Indonesia, beberapa diantaranya hanya bermodal paras cantik, tinggal posting foto lalu terkenal. Banyak pula yang bermodalkan ide kreatif, seperti membuat konten lucu yang berdurasi sekitar satu menit. Selain itu, banyak juga selebgram yang memiliki hobi travel, menulis caption yang menyentuh, kuliner kekinian maupun daerah, dan masih banyak lagi.

Kunci utama dari selebgram adalah harus bisa menarik follower, karena mereka yang tertarik bekerja sama atau endorse melihat dari jumlah pengikutnya. Mereka inilah yang akan membayar selebgram. Pendapatan minimal selebgram adalah Rp200.000,00 per hari. Intinya selebgram mempromosikan barang melalui akun media sosial.

3. Youtuber

Profesi youtuber hampir mirip dengan blogger dan selebgram. Para youtuber harus memiliki ide kreatif yang unik untuk dijadikan konten. Pihak youtube memberikan gaji tergantung pada jumlah subscriber dan viewer. Jadi, pikirkan dengan matang sebelum membuat konten. Semakin menghibur konten yang dibuat, pengunjung juga semakin banyak. Secara otomatis, subscribe dan viewer juga akan naik.

4. Menawarkan Jasa Ketik

Bisnis Modal Kecil
(Sumber: indonesianwriter.com)

Jasa pengetikan juga paling banyak dicari baik di kota besar maupun pedesaan. Biasanya pekerja kantoran yang dikejar deadline membutuhkan jasa ketik. Sementara di perkampungan biasanya perangkat desa membutuhkan jasa ketik untuk membuat proposal, surat pengajuan, atau yang lainnya.

Inilah kesempatan anak sekolah untuk menawarkan jasa ketik. Usaha ini membutuhkan perangkat komputer atau laptop, serta skill mengetik cepat. Untuk harganya, biasanya kisaran Rp1.000,- hingga Rp3.000,- per lembar.

5. Menjual Pulsa

Bisnis yang satu ini sangat populer, sebagian besar pelajar dan anak sekolah merupakan pelaku bisnis pulsa atau voucher isi ulang. Pangsa pasar bisnis ini sangat luar, pasalnya semua orang menggunakan ponsel untuk beraktivitas.

Namun, resiko yang paling besar dari bisnis ini adalah banyak pelanggan yang telat bayar atau hutang. Bahkan ada beberapa kasus yang lupa membayar. Melakukan bisnis ini harus rajin dan sabar.

Sebelum menjalankan usaha ini, sebelumnya harus mendaftar sebagai agen di konter pulsa terdekat. Biaya pendaftarannya pun berbeda-beda, minimal Rp100.000,00. Jika mendaftar secara online ada biaya pendaftaran terendah hanya Rp30.000,00 saja.

6. Budidaya Tanaman

Bisnis budidaya tanaman tidak terlalu menyita waktu. Perawatan hanya dilakukan sekali saja, itu pun tidak begitu merepotkan. Sekolah tetap lancar, bisnis juga berjalan. Bonusnya penghasilan juga mengalir. Pilih tanaman yang perawatannya mudah. Selain itu, bisa juga sekalian menjual benih tanaman tersebut.

Membuka usaha ini harus jeli dalam menentukan tanaman yang akan dijual. Misal, saat ini bunga anggrek sedang populer-populernya. Maka jual beberapa varietas anggrek. Jika tidak ingin mengeluarkan banyak modal, mahasiswa bisa menawarkan produk tanaman hias secara online, kemudian mengambil produk tersebut lewat produsen tanaman hias yang menawarkan harga lebih murah.

7. Bisnis Ikan Hias

Komunitas pecinta ikan hias di setiap kita kini kian menjamur, adanya kelompok ini penjualan ikan hias terus mengalami peningkatan. Itulah sebabnya ikan hias merupakan usaha yang memiliki prospek yang bagus. Ikan hias tidak hanya disukai kalangan anak-anak, tetapi orang dewasa juga suka memelihara hewan air ini.

Setiap jenis ikan hias memiliki perlakuan yang berbeda, lebih mudahnya pilih ikan yang perawatannya mudah. Cara memasarkan yang paling cepat adalah dengan berkeliling, tetapi anak sekolah tentu tidak memiliki waktu untuk itu. Oleh karena itu, menjual ikan hias secara online melalui website atau sosial media adalah solusi yang sangat tepat. Jumlah customer pasti akan sangat banyak.

8. Menjajakan Makanan Ringan

Banyak makanan ringan yang hadir dengan kreasi terbaru. Sebagian besar masyarakat Indonesia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa gemar membeli makanan ringan. Mencari mangsa pasar bisnis ini tidak sulit. Keuntungan dari menjual makanan juga lumayan.

Tetapi, masalahnya anak sekolah tidak memiliki banyak waktu untuk memproduksi makanan sendiri. Untuk sementara bisa mengambil produk langsung dari produsen, kemudian dijual kembali. Membeli di produsen langsung biasanya mendapat harga uang lebih murah.

9. Jasa Desain Grafis

Bisnis Modal Kecil
(Sumber: toffeedev.com)

Peluang bisnis ini sangat cocok untuk anak sekolah yang memiliki hobi desain. Jasa desain grafis banyak dicari oleh perusahaan atau pelaku usaha. Pendapatan bisnis ini sangat menggiurkan, desain yang dapat memuaskan pelanggan dihargai sangat mahal. Rajin-rajinlah melatih kemampuan desain agar mendapat keuntungan yang tinggi.

10. Buka Les untuk Anak SD dan SMP

Pekerjaan ini sangat cocok untuk mereka yang suka anak-anak dan mengajar. Tawarkan les privat pada tetangga, kenalan orang tua, atau teman yang memiliki adik. Modal utamanya harus pintar dari segi akademik dan menguasai beberapa pelajaran. Seperti contohnya, Matematika dan Bahasa Inggris. Kedua mata pelajaran ini paling banyak peminatnya.

Untuk mendapatkan murid, bisa menawarkan jasa les privat melalui media sosial. Dengan teknik pemasaran yang baik dan memberikan kesan terpercaya, pastinya akan banyak anak sekolah dan orang tua yang berminat untuk mengikuti les tersebut.

Banyak sekali peluang bisnis modal kecil yang dapat dilakukan oleh anak sekolah. Beberapa contoh diatas dapat dimulai tanpa meminta modal dari orang tua. Jika usaha dapat berjalan dengan lancar dan sukses, bukan hanya tambahan uang saku saja yang didapat, perekonomian keluarga juga akan terbantu.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.