Modal merupakan salah satu penunjang kegiatan bisnis yang cukup penting. Usaha apa yang sekiranya bisa dikelola dengan bisnis modal 5 juta dan mampu meraup keuntungan yang banyak? Tentu saja ada beberapa cabang usaha yang bisa dijalankan dengan nominal modal tersebut. Lalu, ketika modalnya telah terkumpul dan bisnis sudah mulai dijalankan, Hal atau strategi apa yang bisa dilakukan agar bisnis modal 5 juta itu cepat mendapat untung dan balik modal? Simak penjelasan serta tips berikut ini.

Daftar Deretan Bisnis Modal 5 Juta Paling Laris

Dengan biaya awal sebesar 5 juta Rupiah, kita bisa mengelola sebuah bisnis yang bisa menghasilkan keuntungan. Beberapa jenis usaha yang bisa dilakukan adalah:

Baca Juga: Cara Membuat Konsep Bisnis yang Unik, Kreatif, Kuat dan Menarik

1. Bisnis Makanan Ringan Dalam Kemasan

Bisnis modal 5 juta yang pertama adalah makanan ringan dalam kemasan atau sering dikenal dengan nama cemilan juga snack. Kebanyakan orang biasanya senang dengan yang namanya ngemil, dan tak jarang mereka membeli makanan ringan ini secara rutin untuk stok. Tua, muda, laki-laki maupun perempuan punya cemilan favoritnya masing-masing yang biasanya pula mereka konsumsi di waktu luang.

Hal ini bisa dimanfaatkan menjadi peluang bisnis. Dengan modal yang tidak terlalu besar, usaha makanan ringan justru mampu menjadi pemenuh kebutuhan banyak kalangan dan bisa menghasilkan keuntungan yang cukup menggiurkan.

Selain menjual makanan ringan yang sudah ada dipasaran kemudian dibuat dalam packaging yang berbeda, kita juga bisa memproduksi cemilan atau kudapan itu sendiri dengan mengedepankan kualitas rasa ataupun keunikan konsepnya. Keripik pisang banyak rasa, misalnya.

Perkiraan modal yang dibutuhkan untuk bisnis ini adalah:

  1. Bahan baku makanan: Rp3.000.000
  2. Packaging: Rp1.000.000
  3. Media promo (flyer, stiker, dll): Rp500.000
  4. Total: Rp4.500.000

2. Bisnis Katering Rumahan

bisnis modal 5 juta
(Sumber: Hinyong.com)

Jenis bisnis modal 5 juta berikutnya adalah katering. Jasa yang satu ini selalu dibutuhkan bagi orang-orang yang membutuhkan makanan yang praktis, tanpa harus capek berbelanja atau mengolah masakan menjadi hidangan.

Jika kita memiliki beberapa relasi juga mampu memanfaatkan kondisi ini, bisnis katering bisa menjadi jalan bagi kita untuk mendapat keuntungan. Usaha katering rumahan bisa dikatakan sebagai salah satu bisnis yang modalnya kecil. Karena kita hanya menunggu orderan masuk, kemudian belanja bahan sesuai dengan kebutuhan.

Perkiraan modal yang dikeluarkan untuk bisnis katering:

  1. Alat masak, kompor, dan gas: Rp2.500.000
  2. Packaging: Rp1.000.000
  3. Media Promo: Rp500.000
  4. Total: Rp4.000.000

3. Bisnis Cake Homemade

Jika kita memiliki passion di bidang kuliner, misalkan membuat berbagai macam cake, hal ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih dari hobi yang dimiliki. Cukup dengan modal bisnis di bawah 5 juta Rupiah, bisnis yang satu ini sudah bisa berkembang.

Buatlah usaha dengan sistem pre-order (PO) yang beberapa varian cake yang bisa disorder oleh pelanggan, misalnya donut, birthday cake, cheesecake, japanese cake, dan lain sebagainya. Karena dengan sistem PO, konsumen biasanya akan membayar DP terlebih dahulu. Biaya itulah yang bisa kita jadikan sebagai modal awal untuk memproduksi kue.

Berikut contoh perhitungannya:

  1. Bahan kue: Rp1.5000.000
  2. Alat-alat untuk membuat kue: Rp2.000.000
  3. Media Promo: Rp500.000
  4. Total: Rp4.000.000

Baca Juga: Strategi Bisnis Laundry Kecil-Kecilan, Rumahan dan Kantoran 

4. Bisnis Party Planner

Salah satu bisnis modal 5 juta yang sedang hits dan kekinian. Ya, keberadaan  party planner memang saat ini terlihat semakin dibutuhkan. Karena banyak acara atau momen penting bagi konsumen yang ingin mereka lewatkan dengan penuh kesan yang bahagia. Engagement, bridal shower, birthday party adalah beberapa contohnya.

Memanfaatkan serta menambah relasi merupakan salah satu kunci bisnis ini bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, ketepatan dan kualitas akan menjadi pertimbangan penilaian dari konsumen.

Perkiraan hitungan modalnya adalah sebagai berikut:

  1. Alat-alat pendukung (backdrop, lampu, balon, hiasan, kain, dll): Rp4.000.000
  2. Media promo: Rp500.000
  3. Total: Rp4.5000.000

5. Bisnis Minuman Kekinian

Selain party planner, bisnis modal 5 juta yang banyak diminati adalah jenis usaha minuman kekinian. Beberapa contohnya adalah kopi, thai tea, susu murni, bubble tea, dan lain-lain. Kita bisa saja memilih franchise dari brand ternama, namun budget yang dikeluarkan bisa lebih diminimalisir jika dapat mempersiapkannya sendiri. Pelajari terlebih dahulu varian dari minuman tersebut, cari bahan baku, mulai melakukan percobaan, dan selanjutnya bisnis ini siap untuk dijalankan.

Contoh perhitungan modal usaha minuman:

  1. Tempat (booth): Rp1.500.000
  2. Bahan minuman (thai tea, green tea, kopi, susu, dll): Rp1.500.000
  3. Alat-alat (blender, teko, termos es): Rp1.000.000
  4. Packaging: Rp1.000.000
  5. Total: Rp5.000.000

6. Bisnis Martabak

Bisnis modal 5 juta selanjutnya adalah bisnis martabak. Salah satu kuliner yang ada saja pembeli dan penikmatnya dari dulu hingga sekarang adalah martabak. Walaupun penjual martabak tersebar di banyak tempat, namun mereka mempunyai pelanggannya masing-masing dan keuntungan yang dicapai bisa sangat menggiurkan.

Contoh perhitungan modal bisnis martabak:

  1. Tempat (gerobak/ etalase): Rp2.000.000
  2. Bahan-bahan: Rp800.000
  3. Alat-alat: Rp800.000
  4. Packaging: Rp600.000
  5. Media Promo: Rp400.000
  6. Total: Rp4.600.000

7. Bisnis Ikan Lele

bisnis modal 5 juta
(Sumber: Kumparan.com)

Salah satu bisnis modal 5 juta yang pelaksanaan dan perawatannya tidak terlalu menguras biaya adalah budidaya lele. Jenis ikan yang satu ini dibutuhkan oleh banyak kalangan, sehingga memungkinkan untuk mendatangkan peluang bisnis yang baik.

Perhitungan modal bisnis lele:

  1. Kolam ikan: Rp1.000.000
  2. Benih ikan: Rp500.000
  3. Pakan: Rp1.500.000
  4. Biaya Lain-lain: Rp300.000
  5. Total: Rp3.300.000

8. Bisnis Digital Marketing

Bisnis modal 5 juta yang satu ini sedang dibutuhkan dan banyak dicari. Karena di era digital ini, kegiatan bisnis bisa dimaksimalkan melalui digital marketing. Buatlah team dengan beberapa spesifikasi tugas, seperti: socmed management, designer graphic, SEO, dan lain sebagainya.

Perhitungan modal bisnis ini adalah: 

  1. Laptop: Rp5.000.000

Tips dan Trik Menjalankan Bisnis Sehingga Cepat Balik Modal

bisnis modal 5 juta
(Sumber: Modelacurriculum.net)

Jika modal yang dibutuhkan sudah siap, saatnya menentukan strategi bisnis agar cepat balik modal. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

Baca Juga: Cara Membuat Konsep Bisnis yang Unik, Kreatif, Kuat dan Menarik

1. Tentukan Bisnis yang Sesuai

Pilihlah jenis usaha yang sesuai dengan passion, hobi, minat, kesukaan atau yang sekiranya bisa dikuasai dengan baik. Sehingga, pada pelaksanaannya nanti kita bisa lebih enjoy juga fokus untuk mengembangkan bisnis melalui ide dan gagasan-gagasan tertentu.

2. Buatlah Business Plan

Perencanaan bisnis adalah langkah awal sebagai seorang entrepreneur. Buatlah detail usaha yang dijalankan seperti konsep, menu, varian, harga, strategi promosi target, tujuan dan lain sebagainya agar kita tidak kebingungan di kemudian hari.

3. Lakukan Survey atau Riset Pasar

Dengan modal yang dimiliki, lakukanlah riset untuk kebutuhan bisnis, misalkan pemilihan tempat, penentuan harga, kelebihan bisnis yang mampu dimaksimalkan, juga kekurangan bisnis yang bisa diminimalisir.

4. Pengelolaan Keuangan yang Baik

Buatlah catatan atau pembukuan keuangan yang detail mengenai modal yang dikeluarkan, misalnya rincian bahan dan alat yang dibutuhkan serta biaya operasional. Lalu kalkulasikan dengan penghasilan atau laba yang didapatkan. Catatlah setiap transaksi yang ada hingga perhitungannya menjadi sangat jelas.

Itulah rekomendasi bisnis modal 5 juta yang bisa pada pembaca coba sekaligus trik agar cepat balik modal. Selamat mencoba! 

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.