Investasi dan bisnis sebenarnya memiliki keterkaitan satu sama lain yang tidak bisa dipisahkan. Ketika berinvestasi, maka seorang pebisnis dapat memiliki kestabilan keuangan yang baik sehingga modal dari bisnis yang dijalankan bisa tetap terjaga. Biasanya bisnis modal 10 juta ke atas lah yang akan membutuhkan kestabilan keuangan yang tinggi dari pemilik usahanya.

Investasi untuk Modal Bisnis


Terdapat berbagai jenis investasi yang bisa dilakukan oleh para pelaku bisnis agar keuangan mereka tetap stabil. Diantaranya adalah investasi emas, investasi deposito, dan juga saham. Bidang properti juga bisa menjadi sarana investasi terbaik yang mampu menghasilkan keuntungan besar. Dari keuntungan besar yang diraih, dapat menjadi modal usaha yang sangat menjanjikan.

Rekomendasi Bisnis Modal 10 Juta


1. Bisnis Waralaba

Bisnis Modal 10 Juta

Berbeda dengan zaman dulu, masyarakat hanya mengenal waralaba besar, seperti supermarket dan minimarket. Saat ini, lebih banyak bisnis waralaba yang dapat ditemui. Hampir semua kuliner kekinian dapat dijadikan bisnis waralaba. Peluang membuka usaha waralaba dengan modal kecil semakin besar.

Keuntungan dari waralaba diantaranya adalah bisnis ini dapat ditekuni oleh para pemula yang masih minim pengalaman, dan klien waralaba tidak perlu merintis usaha dari nol. Pilih waralaba yang produknya sudah dikenal luas oleh masyarakat, sehingga penjualan akan lebih mudah dan cepat. Selain itu, agar lebih menyenangkan pilih waralaba yang sesuai minat dan hobi.

Baca Juga : Contoh Bisnis Makanan Ringan Unik Belum Ada Pesaing

Untuk bergabung menjadi klien waralaba siapkan biaya untuk modal kisaran Rp5.000.0000,- hingga Rp10.000.000,- saja. Dengan modal ini, klien waralaba mendapat fasilitas diantaranya jaringan pemasok, pemasaran, penjualan, iklan, pelatihan, dan dukungan finansial.

Sebagai klien waralaba, sebaiknya kenali juga kekurangan dari bisnis ini. Laku tidaknya produk atau jasa yang ditawarkan tergantung dari merk, tidak dapat berkreasi karena semua jalannya bisnis ditetapkan oleh pihak waralaba. Bisnis makanan atau minuman kekinian bersifat musiman, dan adanya potongan fee per tahun.

2. Usaha Catering

Catering merupakan salah satu usaha kuliner yang memiliki peluang cukup bagus. Jasa catering banyak dibutuhkan misalnya pada acara rapat kantor, ulang tahun, seminar, dan masih banyak lagi. Bisnis ini dapat dijalankan oleh siapa saja, terutama Ibu-Ibu yang memiliki bakat memasak berbagai jenis makanan.

Jasa catering sendiri terdiri dari beberapa jenis, diantaranya catering makanan box, bekal anak sekolah, dan prasmanan. Pangsa pasar catering memang sangat luas, hampir semua acara membutuhkan jasa catering untuk memenuhi konsumsinya. Selain menguntungkan, usaha ini memiliki prospek jangka panjang yang bagus. Asalkan pelaku usaha dapat menjaga kualitas makanannya.

Pelaku usaha ini harus dapat memperkirakan banyak makanan yang dibuat. Jika kebanyakan dan tidak habis makanan cepat basi, sehingga produk sudah tidak dapat dijual lagi.  Sebaiknya, masak sesuai dengan jumlah pesanan yang diminta.

Selain itu, kekurangan dari bisnis ini adalah harga barang baku selalu naik turun. Harga bahan baku naik, otomatis harga catering per porsi juga ikut naik. Kenaikan harga catering berpengaruh pada minat pelanggan menggunakan jasa catering tersebut. Hal ini dapat disiasati dengan mengurangi porsi nasi dan lauk, atau negosiasikan dengan pelanggan terlebih dahulu.

3. Membuka Jasa Cuci Kendaraan

Bisnis Modal 10 Juta

Jutaan penduduk Indonesia, hampir semua menggunakan kendaraan pribadi, baik motor ataupun mobil. Penggunaan kendaraan bermotor ini terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Kondisi ini memberikan peluang usaha jasa cuci kendaraan. Bisnis ini memiliki prospek yang bagus, pasalnya pengguna kendaraan terus mengalami peningkatan.

Sebagian pengguna kendaraan tidak memiliki waktu untuk merawat dan membersihkan kendaraannya, lantaran jadwal kerja yang padat. Pasti mereka membutuhkan jasa cuci kendaraan untuk merawat kendaraannya. Oleh karena itu, bisnis cuci kendaraan masih termasuk potensial.

Baca Juga : Contoh Bisnis dalam Dunia Musik Cepat Untung, Laris, dan Enteng Modal

Ingin memulai bisnis ini, sebaiknya cari lokasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat luas. Pemilihan lokasi strategis sangat menentukan kelancaran usaha cuci motor. Pastikan di sekitar lokasi tersebut belum ada yang mendirikan usaha yang sama.

Usaha ini memiliki persaingan yang cukup ketat, untuk itu lakukan strategi pemasaran yang menarik. Promosi dapat dilakukan dengan menyebar brosur, memasang papan iklan, memanfaatkan teknologi internet, dan masih banyak lagi. Biasanya trik yang digunakan pebisnis pemula adalah memberikan bonus pelayanan. Promo harga memang paling disukai oleh masyarakat.

Berikan pelayanan yang benar-benar memuaskan konsumen. Hasil cucian yang mengkilap, serta pelayanan yang ramah membuat konsumen tertarik datang kembali. Berikan fasilitas pendukung agar konsumen tidak bosan saat menunggu kendaraan selesai dicuci, misalnya koran, televisi, dan wifi.

4. Laundry Kiloan

Menjalankan usaha laundry tidak membutuhkan modal yang cukup besar. Dengan modal Rp. 10.000.000 saja bisnis ini sudah dapat berjalan. Usaha ini dapat dibuka di rumah. Jadi, tidak membutuhkan modal yang banyak untuk menyewa tempat. Untuk pemula, gunakan 2 sampai 3 mesin cuci terlebih dahulu. Harga mesin cuci beragam, mulai dari Rp1.000.000,- hingga Rp3.000.000,-.

Sementara itu, untuk peralatan penunjang usaha laundry membutuhkan setrika uap dan timbangan dengan kapasitas 30 kg. Harga setrika uap di pasaran sekitar  Rp500.000,- dan harga timbangan kurang lebih Rp300.000,-. Sebaiknya, pilih perlengkapan dengan harga yang paling murah.

Bahan yang digunakan usaha laundry diantaranya adalah deterjen, penghilang noda, pewangi, pelicin setrika yang masing-masing menyetok 10 kg. Kira-kira total harga bahan-bahan ini yaitu sebesar Rp500.000,-. Peralatan lain yang dibutuhkan antara lain ember, keranjang, plastik, gantungan baju, dan sebagainya. Peralatan ini membutuhkan biaya kisaran Rp1.000.000,-.

Bisnis ini memiliki banyak pesaing, sehingga lakukan promosi sebaik-baiknya. Selain itu, kendala yang pasti dihadapi pengusaha laundry adalah musim penghujan. Meskipun mesin cuci sudah dilengkapi dengan pengering, usaha ini tetap membutuhkan cahaya matahari.

5. Toko Kelontong

Bisnis Modal 10 Juta

Mungkin saat ini keberadaan toko kelontong sudah tergusur oleh adanya supermarket. Tetapi, tidak sedikit warga yang masih menggunakan toko kelontong sebagai alternatif belanja. Untuk menarik pelanggan, pastikan barang pokok seperti beras, telur, minyak goreng, gula, garam, dan bahan pokok lainnya harus ada.

Seperti usaha modal kecil lainnya, toko kelontong memiliki persaingan yang ketat. Sebaiknya, pelajari terlebih dahulu bagaimana cara menghadapi ketatnya persaingan bisnis toko kelontong. Banyak usaha toko kelontong yang memilih berhenti karena tidak mampu memenangkan pasar. Hal ini karena pengetahuan yang minim tentang bisnis toko kelontong.

Baca Juga : Fakta Mengejutkan Bisnis Prabowo yang Tak Disangka-sangka

Selain itu, bisnis ini rawan sekali dengan hutang. Terutama toko yang berdiri di daerah pedesaan. Konsumen di pedesaan cenderung suka hutang sembako atau kebutuhan pokok lainnya. Persentase keuntungan juga kecil, sehingga banyaknya pelanggan yang berhutang dan tidak segera membayar memungkinkan resiko bangkrut.

Itu dia, peluang bisnis modal 10 juta yang dapat dijalankan oleh para pemula. Usaha-usaha di atas jika ditekuni dengan baik, tentu dapat berkembang menjadi usaha yang lebih besar. Bisnis yang semakin berkembang, nantinya juga mendapat kesempatan untuk membuka lapangan pekerjaan. Yuk, mulai bisnis sekarang juga!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.