Jenis Peluang Bisnis Modal 1 Juta Modal Kecil Untung Besar

bisnis modal 1 juta

Untuk dapat memulai sebuah usaha, tak melulu dibutuhkan modal yang besar hingga mencapai ratusan juta bahkan milyaran. Beberapa jenis usaha diketahui bisa dimulai dengan modal 1 jutaan saja. Lalu, apa saja bisnis modal 1 juta yang bisa kita tekuni?

Ide Bisnis Modal 1 Juta

1. Jual Kaos Pre Order

Modal yang minim bisa dimanfaatkan dengan membuka usaha kaos dengan sistem pre order. Seperti yang kita pahami, kaos adalah komoditi terbesar dengan minat tak sedikit di pasar online. Selain itu, jenis komoditas satu ini juga cenderung mudah untuk dipasarkan.

Bahkan meski sudah ada banyak pengusaha lain yang menjajakan barang serupa, pebisnis dapat berkreasi agar produk dagangannya tampak unik. Misalnya saja dengan menawarkan desain anti mainstream yang menarik minat konsumen.

Menariknya lagi, karena jenis usaha ini dilakukan dengan sistem pre order, pebisnis sebenarnya tidak membutuhkan modal sama sekali agar dapat memulainya.

Ini karena konsumen biasanya akan membayarkan DP terlebih dahulu saat pemesanan berlangsung. Dengan begitu, modal Rp 1.000.000 bisa dimanfaatkan untuk berpromosi  secara maksimal. Misalnya saja dengan memasang iklan di media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Baca Juga: Cara Memenangkan dan Menghadapi Persaingan Bisnis Kaos Distro Saat Ini

2. Berjualan Gorengan 

Berjualan Gorengan
(Sumber: Lintasusaha.com)

Meski terdengar remeh temeh, bisnis bermodal kecil satu ini bisa memberikan keuntungan lumayan. Hanya dengan modal perhari sekitar Rp 200.000 sampai Rp 300.000an saja, pelakunya bisa mendapatkan keuntungan hingga 100% dari total modal yang dikeluarkan.

Dimana harga pasaran gorengan sendiri biasanya tidak begitu mahal, setiap 1 buah gorengan biasa dijual dengan harga Rp 1.000 saja. Tapi seperti yang kita pahami, para konsumen seringkali membeli gorengan dalam jumlah banyak untuk kemudian dibawa pulang dan dikonsumsi sebagai camilan bersama keluarga atau temannya.

Diketahui, modal paling besar yang dikeluarkan untuk ide usaha ini ialah pembelian alat penggorengan dan gerobak, pun dengan tabung gas dan wajan. Sementara bahan-bahannya cukup murah dan mudah didapat, bahkan di warung-warung sembako skala kecil sekalipun.

Memilih lokasi yang banyak dilalui orang jadi salah satu poin penting dalam menjajakan gorengan. Jenis jajanan ringan satu ini bisa dipastikan digemari oleh semua kalangan masyarakat, baik anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa sekalipun.

3. Menerima Pesanan Kue

Walau toko-toko kue sudah banyak tersebar di seluruh sudut kota, namun masyarakat biasanya lebih memilih untuk memesan kue pada pihak perorangan yang pada dasarnya memang melayani jasa pemesanan kue. Atau mereka yang sudah menjadikan usaha ini sebagai bentuk dari bisnis rumahan kecil-kecilan.

Bisnis ini bisa dikerjakan bersama anggota keluarga bilamana jumlah pesanannya tidak terlalu besar. Secara umum, konsumen yang kerap memesan kue ialah masyarakat yang sedang memiliki hajat pesta, ataupun acara formal lain.

Jika bicara soal harga, tentu harus bisa bersaing dengan toko kue yang sudah lebih populer di daerah itu. Ini bertujuan untuk memikat para pelanggan hingga mereka benar-benar paham bagaimana kualitas olahan kue yang diproduksi.

4. Jasa Laundry

Di musim penghujan seperti saat ini, jasa laundry masuk dalam salah satu jenis usaha menguntungkan. Mengingat banyak orang mengalami kesulitan untuk mengeringkan bajunya dikala cuaca tak mendukung, pun ditambah dengan menumpuknya pakaian yang mereka gunakan ketika musim hujan berlangsung.

Meski hanya memiliki modal minim, pebisnis tetap dapat memulainya asal sudah punya mesin cuci sendiri di rumah. Sehingga modal senilai Rp 1.000.000 tadi bisa dimanfaatkan untuk membeli barang pendukung lain seperti halnya setrika, pewangi, pun dengan pengering baju otomatis, alias Air O Dry. kabarnya, harga pengering Air O Dry di pasar e-commerce dijual dengan harga Rp 300.000 sampai Rp 500.000 untuk tiap alatnya.

5. Bisnis Katering Ala Anak Kos

Gemar memasak masakan rumahan? Coba tuangkan hobi tersebut dalam peluang bisnis satu ini!

Membuka katering ala anak kos tidak mensyaratkan banyak modal untuk dapat dimulai. Dengan Rp 1.000.000 saja, pebisnis dapat membelanjakan berbagai bahan masakan di pasar. Kemudian mengolahnya menjadi kudapan lezat dan memasarkannya lewat sosial media yang dimiliki.

Baca Juga: Tren Ide Bisnis Makanan Ringan yang Lagi Viral dan Paling Laris

6. Budidaya Bibit Tanaman

Budidaya Bibit Tanaman
(Sumber: Jawaban.com)

Dewasa ini, banyak orang menyenangi aktivitas berkebun dan mencari tanaman hias unik untuk dirawat di rumah. Fenomena tersebut bisa diubah menjadi peluang emas bagi pebisnis yang berniat membuka usaha tanaman dan bibitnya loh!

Budidaya bibit tanaman mempunyai potensi bisnis yang bagus untuk ditekuni lantaran modal yang diperlukan tak terlalu besar. Dengan uang Rp 1.000.000, pebisnis dapat membelanjakan beberapa jenis bibit tumbuhan di toko pertanian setempat.

Jika dirasa modal yang dimiliki masih bersisa, pebisnis dapat mengoptimalkan dengan memiliki jenis bibit lain selain tanaman hias. Misalnya saja tomat, cabai, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk membeli beberapa kebutuhan pendukung dalam proses pembudidayaan seperti halnya pupuk dan pot.

7. Kerajinan Tangan

Dengan komitmen dan kreativitas mumpuni dari pelakunya, bisnis kerajinan tangan bukan hanya akan mendatangkan pundi-pundi rupiah, namun juga perasaan senang dan antusias. Terutama bagi pebisnis yang gemar dengan hal-hal berbau seni. Hanya dengan modal Rp 1.000.000, pebisnis bisa memulai bisnis kerajinan tangan kecil-kecilan.

Apabila pengusaha tak memiliki alat ataupun kemampuan menjahit dengan rapi, maka bantuan dari konveksi setempat sah-sah saja untuk diambil. Adapun beberapa jenis kerajinan tangan yang bisa ‘diuangkan’ adalah masker, topi, tas, sweater rajut, kaos tie dye, dan lain sebagainya.

8. Jasa Menulis

Jasa kepenulisan banyak dibutuhkan di era serba digital seperti saat ini. Mulai dari penulisan skripsi, jurnal, artikel untuk koran, hingga konten orisinil untuk website. Peluang ini tentu bisa dimanfaatkan dengan membuka jasa menulis.

Satu-satunya modal yang diperlukan untuk memulai usaha ini adalah laptop dan internet. Jika sebelumnya pebisnis telah memiliki perangkat PC/laptop, sementara sisa modal yang dimiliki bisa digunakan untuk pembelian paket data.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Penulis Artikel Online Untuk Pemula

9. Usaha Snack Kemasan

Usaha Snack Kemasan
(Sumber: Dikemas.com)

Snack sederhana seperti keripik kentang dan singkong pun cukup diminati masyarakat akhir-akhir ini. Memang sudah banyak produk camilan ringan serupa yang tersedia di supermarket dan minimarket. Tapi, pebisnis bisa meningkatkan daya tarik produknya dengan memberikan kemasan berdesain unik dan atraktif.

10. Sembako Online

Permintaan di pasar yang seakan tak ada habisnya membuat sembako menjadi peluang yang sangat cocok untuk digeluti kaum millenials. Meski tidak membutuhkan modal berjumlah besar, jenis usaha ini memiliki perputaran yang cepat. Artinya, keuntungan yang bisa diterima pun akan lebih cepat.

Beberapa jenis produk sembako yang bisa dipasarkan lewat platform internet adalah beras, gula pasir, garam dapur, tepung terigu, dan beberapa barang lain dengan ketahanan cukup baik.

Atau bisa juga dengan menjajakan ragam sayuran segar untuk masyarakat yang 1 domisili dengan pebisnis. Untuk metode pengiriman, bisa menggunakan jasa ekspedisi antar daerah. Sedangkan untuk produk mudah busuk seperti sayur mayur bisa diantar sendiri ke rumah pemesan atau bersepakat untuk bertemu di tengah.

Demikianlah beberapa ide bisnis modal 1 juta yang cocok digeluti di masa pandemi saat ini. Dari seluruh daftar di atas, manakah yang paling menarik untuk dimulai?

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like