Selain berjualan makanan, bisnis minuman pun menjadi salah satu jenis usaha kuliner yang mampu membuat para pemiliknya meraih kesuksesan. Selain berbagai konsep unik yang ditawarkan, minuman pun tidak akan habis peminatnya, karena inovasi dan berbagai varian baru terus bermunculan seiring berjalannya waktu.

Kini, sudah tak terhitung rasanya berapa banyak jenis minuman yang ada di pasaran. Banyak juga diantaranya yang sedang kekinian bahkan viral, hingga dibicarakan dan dicari banyak orang. Namun, ada pula jenis minuman hits yang anti mainstream. Apa sajakah itu?

Ide Bisnis Minuman Anti Mainstream

Bisnis minuman hits saat ini memang banyak kita temui, berbagai brand usaha menjual produk yang pada intinya adalah sama. Namun pada pembahasan berikut ini, ada beberapa jenis usaha minuman yang anti mainstream, diantaranya:

Baca Juga: Cara Kerja Usaha dan Bisnis Franchise serta Definisi dan Keuntungannya

1. Teh Dalam Kemasan

Ide bisnis minuman hits anti mainstream yang pertama adalah teh dalam kemasan. Minuman teh memang sudah banyak beredar dipasaran, berbeda-beda rasa, bentuk juga kemasannya. Namun pernahkah terpikir untuk membuat bisnis minuman teh bentuk serbuk dalam kemasan? 

Konsep yang ditawarkan adalah mirip dengan kopi atau minuman lainnya yang untuk mengkonsumsinya kita hanya tinggal menuangkan air panas ke atas teh tersebut. Lalu,  mengapa bisnis ini dapat menguntungkan? Tentu saja, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil teh terbanyak. Selain itu, masyarakat sudah tak asing lagi dengan rasa teh, bahkan beberapa orang menjadikannya sebagai minuman favorit. Untuk itu, bisnis minuman yang satu ini layak untuk dipertimbangkan.

2. Cheese Tea

bisnis minuman
(Sumber: Moshimoshi.nippon.jp)

Mirip dengan pembahasan sebelumnya. Jika pada minuman dalam kemasan, teh tersebut berupa serbuk dan harus diolah terlebih dahulu, pada minuman ini, kita menawarkan konsep inovatif dan menarik atau sisi lain dari minuman teh.

Minuman ini adalah cheese tea. Keunikan dari cheese tea membuatnya memiliki banyak penggemar. Sekilas tampilannya mirip teh biasa. Namun di bagian atasnya diberi pelapis berupa cream cheese yang mampu membawa perubahan pada rasa teh ini menjadi lebih nikmat.

3. Minuman Tradisional Instant

Siapa bilang kalau minuman tradisional itu nggak kekinian? Justru kini, banyak orang yang kembali mengkonsumsi minuman tradisional tersebut, jamu misalnya. Terlebih di masa pandemi ini, kita harus lebih banyak mendapat asupan yang sehat agar imunitas tetap terjaga.

Jarangnya kita temui penjual jamu atau minuman tradisional menjadi salah satu kendala yang dialami. Namun, jika kita sedikit merubah pola pikir, keadaan ini justru bisa menjadi peluang. Buatlah bisnis minuman tradisional tersebut ke dalam bentuk kemasan atau instant sehingga memungkinkan untuk didapat dan dinikmati oleh berbagai kalangan.

Baca Juga: Pengertian Komunikasi Bisnis – Teori, Fungsi, Konsep dan Penjelasannya

4. Susu Murni Kemasan 

Jenis minuman yang satu ini pasti sudah diketahui banyak orang. Namun biasanya, susu murni kita temui sebagai minuman di tempat nongkrong, café, kedai atau berbagai tempat lainnya dan disajikan dalam gelas. Atau selain itu, biasanya susu murni bisa kita dapatkan dalam kemasan literan.

Untuk itu, menjual susu murni dalam bentuk kemasan dengan berbagai ukuran bisa menjadi salah satu cara untuk menghasilkan keuntungan yang banyak. Karena banyak orang yang nyatanya menyukai minuman sehat yang satu ini. Selain harganya relatif murah, kita bisa juga menyediakan berbagai varian rasa untuk menarik minat pembeli.

5. Aneka Ragam Yoghurt

bisnis minuman
(Sumber: Yummytoddlerfood.com)

Selain susu murni, yoghurt adalah minuman segar hasil fermentasi susu yang juga disenangi banyak orang. Jika kita mampu menjual yoghurt beraneka ragam rasa atau varian, bahkan yang jarang ditemui di banyak tempat, bisnis minuman tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

Selain terdiri dari beberapa rasa, yoghurt yang ditawarkan bisa disertai isi atau potongan buah yang menjadi pilihan rasanya. Seperti yoghurt kiwi dengan potongan buah kiwi, yoghurt leci dengan potongan leci, dan lain sebagainya.

6. Sari Kelapa

Kelapa merupakan salah satu buah yang banyak manfaatnya. Selain buahnya, air kelapa juga banyak dicari orang karena khasiatnya. Untuk itu, produk sari kelapa dalam kemasan bisa kita jadikan alternatif usaha minuman yang tetap kekinian namun minim pesaing.

7. Jus Sayur dan Buah

Jus buah-buahan tentu seringkali kita temui di banyak tempat. Namun jus sehat yang merupakan perpaduan sayur dan buah jarang kita dapatkan. Beberapa orang menjadikan minuman ini sebagai menu diet.

Nanas dan selada, apel dan labu siam, wortel dan apel, adalah beberapa macam jus sehat yang bisa kita coba untuk memasarkannya. Kandungan dalam minuman ini bisa menjadi salah satu poin utama yang menunjang kegiatan promosi dan penjualan.

8. Jus Kacang dalam Kemasan

Jika kita terbiasa menikmati kacang ijo sebagai cemilan, bagaimana rasanya kalau kacang ijo tersebut dijadikan minuman jus? Sehat dan menarik tentunya. Karena bisnis ini merupakan salah satu inovasi dari sebuah bentuk kuliner. Selain kacang ijo, kacang kedelai dan kacang merah pun bisa dijadikan sebuah produk minuman siap minum dalam kemasan, namun tetap sehat dan menyegarkan.

Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Minuman

bisnis minuman
(Sumber: Food.detik.com)

Untuk melancarkan kegiatan bisnis minuman yang dijalankan, lakukanlah beberapa kiat di bawah ini, seperti:

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp Bisnis untuk Pengusaha

1. Pastikan Bahan Minuman Berkualitas

Karena kebanyakan bisnis minuman ini berbahan dasar alami, pastikanlah dibuat dari bahan-bahan pilihan dengan kualitas yang baik, agar minuman yang diproduksi tersebut, selain enak juga tetap mampu menjaga kesehatan dari pelanggannya.

2. Tawarkan Berbagai Varian

Memiliki berbagai jenis varian yang bisa dipilih merupakan salah satu cara agar bisnis minuman mendapat banyak konsumen. Karena kemungkinan mereka akan dating berulang kali untuk mencoba varian yang berbeda, namun sebelum itu, pastikan rasanya telah lolos tahap quality control agar tak mengecewakan.

Menawarkan berbagai varian ini juga merupakan salah satu alternatif pilihan bagi konsumen jika ada rasa dari minuman yang tidak mereka sukai, sehingga dalam bisnis yang dijalankan tidak akan ada lost sales.

3. Packaging yang Menarik

Selain rasanya harus enak, buatlah kemasan yang menarik dan mampu menyita perhatian banyak orang atau membuat calon konsumen merasa penasaran untuk mencoba produk yang kita tawarkan. 

4. Promosi online dan offline

Jika bisnis tersebut sudah dibuka, maka lakukanlah berbagai jenis promosi, baik online maupun offline. Online bisa dengan cara bergabung dengan perusahaan ojek online dan mengadakan season promo bersama mereka ataupun mengandalkan akun media sosial bisnis untuk memasarkan minuman yang dijual ini.

Untuk promosi secara offline pastikanlah tempat berjualan minuman dapat terlihat oleh banyak orang, dengan menambahkan roll banner, neon box, sign ataupun berbagai media lainnya sehingga usaha minuman yang dijalankan bisa dikenal dan banyak orang tertarik untuk mencobanya.

Ternyata, masih ada beberapa jenis minuman yang hits dan tetap memiliki peluang daya jual yang tinggi. Beberapa minuman tersebut bahkan jarang ditemui atau merupakan inovasi dari beberapa produk yang sudah ada. Dengan modal utama berupa keunggulan produk, ditunjang dengan perencanaan bisnis yang matang, maka kesuksesan dalam bisnis siap untuk dicapai.

Itulah informasi seputar bisnis minuman kekinian dan juga hits yang bisa dicoba. Semoga bisa menjadi inspirasi bisnis yang bisa dicoba dengan keuntungan yang menjanjikan. Selamat mencoba!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.