Siapa bilang sukses di usia muda hanya dapat dirasakan oleh sebagian orang saja? Bisnis milenial pada dasarnya bisa dilakukan oleh anak muda dengan latar belakang apapun. Selama ia memiliki tekad juga keinginan yang kuat serta fokus terhadap tujuannya dalam berbisnis, sukses adalah hal yang dapat diraihnya.

Saat ini, yang menjadi tantangan justru adalah keadaan, dimana pademi Covid-19 belum juga berakhir. Hal ini tentu saja akan membuat banyak orang yang akan memulai bisnis untuk lebih berpikir dan berusaha mencari celah mendapat peluang usaha yang mampu menguntungkan.

Bisnis Milenial Ditengah Pandemi

Milenial, sebutan bagi kaum muda, kebanyakan akan memiliki idealismenya sendiri untuk membangun sebuah bisnis dan sukses di usianya yang masih terbilang muda. Kini, dengan diiringi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, semakin berkembang pula pemikiran manusia. Sehingga siapapun bisa mulai untuk meniti karirnya di dunia muda, termasuk untuk anak-anak lulusan SMA.

Namun, dengan adanya pandemi virus corona ini, banyak sektor terdampak yang mengalami kerugian. Untuk menghindari hal tersebut, baiknya ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih jenis usaha yang dijalankan dan juga serangkaian strategi bisnis yang perlu diterapkan.

Berikut adalah referensi bisnis milenial yang bisa dilakukan anak muda, diantaranya:

Baca Juga: Cara Membuat Konsep Bisnis yang Unik, Kreatif, Kuat dan Menarik

1. Fotografi

Kini, banyak anak muda yang memiliki passion di dunia fotografi, maka tidak ada salahnya jika minat serta bakat tersebut dijadikan sebuah modal untuk mendirikan sebuah usaha. Hanya dengan menggunakan kamera atau smartphone milik pribadi dan mengandalkan kepekaan terhadap momen atau angle yang baik, bisnis fotografi ini sudah bisa dijalankan.

Mulailah dengan mengunggah beberapa karya ke media sosial, lalu buatlah portofolio khusus yang memuat karya-karya fotografi tersebut. carilah relasi sebanyak-banyaknya hingga mampu mendatangkan klien.

Bahkan, jika memiliki modal yang lebih. Bisnis fotografi bisa ditambah dengan dibukanya studio foto di rumah, yang memungkinkan untuk melakukan kegiatan fotografi untuk produk, style dan lain sebagainya.

2. Design

bisnis milenial
(Sumber: Yooreka.id)

Kemudian bisnis milenial yang selanjutnya adalah bidang design. Graphic Designer merupakan salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote atau hanya di rumah saja. Dalam keadaan pandemi seperti ini, bisnis menguntungkan adalah hal-hal yang bisa mendatangkan profit sekaligus bisa dilakukan dari dalam rumah. Brief dari klien akan diterima secara online, tanpa perlu adanya tatap muka terlebih dahulu. Meski begitu, pekerjaan dan kegiatan bisnis ini tetap bisa dijalankan dengan lancar.

Pekerjaan atau bisnis yang berkaitan dengan kreativitas visual ini mampu menguntungkan pemiliknya. Pasalnya kini, jasa dari seorang graphic designer bisa dibayar dengan harga yang cukup fantastis. Pada pembuatan logo dan berbagai kebutuhan sebuah perusahaan misalnya. 

3. Social Media Management

Salah satu bisnis milenial yang sedang banyak digandrungi saat ini adalah pengelolaan media sosial. Mengingat adanya pengaruh dan ketergantungan yang besar antara manusia dengan penggunaan medsos tersebut.

Sama halnya dengan design, bisnis ini juga bisa dilakukan dari rumah. Biasanya berupa analisis aktivitas social media dari  klien dan bagaimana caranya untuk mengoptimalisasi akun tersebut. Socmed management adalah salah satu jenis usaha yang tanpa modal. Mengandalkan smartphone dan kreatifitas ataupun passion bidang marketing yang dimiliki millennials, bisnis ini sudah bisa dimulai dan dijalankan.

4. Thrift Shop

Saat ini, cukup banyak anak muda yang membuka Thrift shop. Yaitu, toko yang menjual barang bekas. Barang-barang yang dijual tentu saja masih dalam keadaan baik dan biasanya branded sehingga masih banyak orang yang mengincarnya.

Kini, toko tersebut bisa dibuat online. Cukup dengan upload dan gunakan hashtag atau tanda pagar tertentu, lalu biarkan konsumen mencari dan melakukan transaksi.  Bisnis ini terbilang menguntungkan karena banyak orang yang mencari barang melalui Thrift shop ini. Mereka beranggapan bahwa barang berkualitas tidak harus mahal, salah satunya dengan membeli barang bekas ini. Hal tersebut bisa dijadikan peluang untuk mendapat penghasilan, karena bisnis jenis ini mampu hadir sebagai solusi atau pemenuh kebutuhan konsumennya.

5. Videographer atau Video Editor

bisnis milenial
(Sumber: Crafters-getcraft.com)

Bisnis milenial selanjutnya yang bisa dilakukan adalah membuka usaha videographer atau editor. Pekerjaan ini juga bisa berawal dari hobi. Jika millennials memiliki keahlian di bidang videografi, maka cobalah untuk berbisnis dengan menawarkan jasa video beserta editingnya. Karena hasil atau keuntungannya terbilang menjanjikan.

Mulailah dengan mencari atau bekerja sama dengan berbagai klien yang kurang memahami tentang dunia videografi ini, youtubers atau socmed influencers misalnya. sehingga jasa yang ditawarkan millenials adalah solusi bagi mereka.

6. Guru Les

Bisnis milenial juga bisa dilakukan dalam bidang pendidikan, yaitu dengan menjadi guru les. Kegiatan learn from home di masa pandemi ini membuat banyak orang tua merasa pusing juga kelelahan untuk membantu anak-anak mereka belajar. Hal tersebut bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis yang baik. Jika millennials memiliki skill atau pengetahuan tertentu yang dimiliki, selanjutnya mulailah sebuah usaha atau bisnis menjadi guru les, sehingga orang tua akan merasa terbantu. 

Baca Juga: Strategi Bisnis Laundry Kecil-Kecilan, Rumahan dan Kantoran 

7. Blogger atau Vlogger

Tak dapat dipungkiri, banyak aktivitas yang kini dilakukan secara digital. Maka, kaum milenial bisa memanfaatkan momen ini untuk memulai rencana bisnisnya. Bagi mereka yang memiliki passion di bidang menulis, maka bisa membuat bisnis milenial berupa sebuah blog yang berisi konten menarik.

Pun bagi mereka yang senang tampil di depan kamera, buatlah konten menarik yang bisa sekaligus dijual atau mendatangkan keuntungan dengan melakukan berbagai kerjasama dengan pihak tertentu.

8. Crafting

bisnis milenial
(Sumber: Blog.ngorder.id)

Bagi kaum milenial yang kreatif dan mampu menghasilkan karya dari tangan mereka, bisnis milenial menguntungkan yang bisa dicoba berikutnya adalah crafting. Menyulam, membuat scrapbook, merangkai bunga adalah beberapa contohnya.

Baca Juga: Cara Membuat Konsep Bisnis yang Unik, Kreatif, Kuat dan Menarik

9. Online Shop

Salah satu bisnis yang bisa dilakukan tanpa modal atau dengan mengeluarkan modal awal yang sedikit ialah online shop. Cukup dengan membuat akun media sosial, bisnis tersebut bisa sesegera mungkin dijalankan. Sebagai salah satu strateginya, buatlah sistem pre-order, dimana konsumen akan melakukan transaksi terlebih dahulu sebelum mendapat barang yang mereka inginkan.

Tips dan Strategi Berbisnis Untuk Kaum Milenial

1. Tentukan Jenis Bisnis Milenial yang Akan Dijalankan

Mulailah merintis sebuah usaha berdasarkan hal-hal yang disukai atau dikuasai. Karena selain menghasilkan keuntungan, kegiatan bisnis nantinya akan terasa menyenangkan jika dilakukan sesuai passion.

2. Perluas dan Tambah Relasi

Anak muda atau milenial biasanya senang untuk bergaul dan mempunyai banyak teman. Jadikanlah hal tersebut sebagai peluang untuk mendapatkan relasi yang banyak. Mulailah untuk menawarkan produk atau jasa dari bisnis yang dikelola kepada rekan-rekan.

3. Menentukan Strategi Promosi

Hal ini dilakukan untuk membuat bisnis millennials dapat dikenal dan diketahui banyak orang. Kegiatan promosi offline bisa dilakukan dengan membuat kartu nama misalnya. Sedangkan untuk online bisa dengan membuat akun media sosial khusus yang berisikan portofolio di dalamnya.

4. Fokus, Mau Belajar dan Terus Berinovasi

Bisnis adalah kegiatan yang dapat menguntungkan sekaligus ajang pengembangan diri bagi anak muda. Teruslah belajar dari hal-hal yang didapat atau pengalaman, fokus kepada target serta tujuan dari bisnis. Dan buatlah ide serta gagasan menarik yang inovatif sehingga banyak orang yang tertarik dengan bisnis yang dijalankan.

Itulah rekomendasi bisnis milenial yang bisa dipilih oleh anak muda di tengah pandemi sekaligus strategi untuk menjalankannya. Dengan bisnis milenial ini maka pemasukan kantong tetap terjaga meski di tengah pandemi. Selamat berbisnis!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.