Bisnis yang berkaitan dengan kuliner, seringkali mudah viral dan tentu saja mendatangkan keuntungan yang banyak bagi pemiliknya, termasuk bisnis makanan ringan. Di era serba digital ini, kemudahan untuk mendapatkan informasi mengenai kuliner kekinian semakin mudah, sehingga peluang bisnisnya pun semakin besar. Inilah informasi perihal bisnis makanan ini. 

Ide Bisnis Makanan Ringan Kekinian

Bisnis makanan ringan sendiri bisa mendatangkan keuntungan yang banyak karena memiliki kelebihan seperti pembuatannya yang relatif mudah dan simple, modal awal tidak terlalu besar, dan yang terakhir adalah karena bisnis makanan ringan ini tergolong mudah untuk dipasarkan. Maka tidak heran jika banyak sekali yang ingin mencoba untuk menjalankan bisnis ini. 

Baca Juga: Cara untuk Memulai Bisnis Pulsa Tanpa Ada Pengalaman Sebelumnya 

Bagi yang ingin mencoba menjalankan bisnis makanan ringan ini, berikut adalah beberapa ide jenis makanan yang bisa dicoba: 

1. Banoffee

Banoffee adalah dessert asal Inggris dan merupakan salah satu cemilan kekinian yang berbahan dasar pisang juga karamel. Banoffee merupakan singkatan dari Banana dan Toffe, kini, resep dari cemilan ini mengalami berbagai inovasi dan adaptasi yang disesuaikan oleh pembuatnya.

Cara memproduksi bisnis makanan ringan ini pun tak terlalu sulit. Hanya membutuhkan pisang, biskuit, susu, coklat dan cream. Diawali dengan membuat caramel, lalu tambahkan biskuit, coklat, serta pisang di atasnya, kemudian beri cream, dan selesai!

2. Silky Puding

bisnis makanan ringan
(Sumber: Mymilk.id)

Kelembutan adalah salah satu daya jual cemilan yang satu ini. Disukai oleh berbagai usia dari berbagai kalangan, silky puding mampu mendatangkan keuntungan yang lumayan bagi para pebisnisnya.

Berbeda dengan pembuatan puding pada umumnya, si lembut ini tidak menggunakan agar-agar atau jelly tetapi mengandalkan bahan berupa tepung maizena. Gula, serta susu. Kini banyak varian dari cemilan ini yang hits di pasaran, seperti matcha, taro, thai tea, cheese, coklat, dan lain sebagainya.

3. Bisnis Salad Buah

Salad menjadi rekomendasi bisnis makanan yang bisa dicoba saat ini. Cara membuatnya pun sangat mudah. Hanya tinggal menyiapkan berbagai macam buah seperti apel, anggur, pear, kiwi, buah naga, mangga, strawberry dan lain sebagainya, lalu tambahkan yoghurt, cream kental manis, mayonnaise, dan taburkan keju melimpah di atasnya.

4. Risol Mayo

Cemilan asin yang satu ini cukup disukai banyak orang. Yang sedang viral dan kekinian yaitu risol mayo, cara pembuatannya hampir sama dengan risoles pada umumnya, namun pada inovasi menu yang satu ini, risol tersebut biasanya berisikan smoked beef, keju, dan tentu saja mayonaise.

5. Pie Susu

Cemilan saat pandemi yang sudah dipraktekkan banyak orang sebagai kegiatan untuk menghabiskan waktunya selama di rumah saja adalah pie susu. Alat yang digunakan untuk membuat cemilan ini simple saja, hanya menggunakan Teflon. Jika makanan ini dijadikan salah satu ide bisnis akan menarik dan mampu menggugah selera banyak orang.

Baca Juga: Jurus Ampuh Memulai Bisnis Rental Mobil Hingga Sukses 

6. Keripik Pisang Banyak Rasa

Berbisnis dengan menjual keripik pisang adalah salah satu cara mendapatkan keuntungan yang besar dalam waktu yang cukup singkat. Pasalnya, modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak dan pencinta cemilan yang satu ini sangat banyak juga berasal dari berbagai kalangan.

Kini, keripik pisang tak hanya dijual dengan rasa asin ataupun manis, namun terdapat beberapa varian rasa yang mampu menarik perhatian konsumen, seperti vanilla, coklat, greentea, barbeque, keju, sapi panggang, dan lain sebagainya.

7. Makaroni Basah dan  Kering

bisnis makanan ringan
(Sumber: Tokopedia.com)

Jika makaroni biasa dikenal sebagai cemilan kering, kini tak hanya itu. Makaroni basah pun banyak ditemui sebagai salah satu kudapan favorit. Keduanya memiliki pangsa pasar tersendiri sesuai dengan selera konsumennya. Makaroni ini dihidangkan dengan berbagai bumbu yang menarik. Barbeque, keju, rumput laut, original, dan lain-lain. Biasanya terdapat pula level dari kepedasan makanan yang satu ini.

8. Mie Lidi

Salah satu cemilan yang ada sejak jaman dahulu dan kembali hits saat ini. Ya, mie lidi. Makanan mie yang tipis dengan bentuknya yang mirip dengan sapu lidi ini sangat disukai oleh banyak orang. Sama dengan makaroni, kudapan ini dihidangkan dengan berbagai bumbu, seperti jagung manis, keju, barbeque, asin, juga yang lainnya. 

9. Arumanis

Sama halnya dengan mie lidi. Arumanis juga merupakan cemilan masa lalu yang kembali hits. Nama lainnya adalah kembang gula atau cotton candy. Si manis ini banyak disukai orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa, laki-laki maupun perempuan dan cocok untuk dikembangkan menjadi bisnis makanan ringan kekinian.

10. Vietnamese Spring Roll

bisnis makanan ringan
(Sumber: Myhealthydish.com)

Cemilan sehat mirip lumpia yang berasal dari Vietnam ini sedang hangat diperbincangkan dan banyak ditemui dipasaran. Bentuk dan rasanya yang unik menjadi daya tariknya tersendiri.

Berisikan berbagai sayuran seperti salad, atau yang dikombinasikan dengan daging ayam, crab stick, maupun udang. Beberapa bahkan berisikan berbagai jenis buah-buahan segar. Cemilan tersebut kemudian dibalut dengan kulit bernama banh trang, atau nasi kertas yang sudah lembut karena terkena air. Dalam penyajiannya kemudian dioleskan ke dalam saus seperti mayonnaise.

11. Frozen Dimsum

Beberapa waktu lalu, banyak kedai dimsum yang ramai dikunjungi oleh banyak orang. Karena selain merupakan cemilan yang enak, makanan ini terdapat banyak varian menu yang bisa dipilih.

Kini, di masa pandemi, orang-orang lebih susah ke luar rumah, apalagi hanya sekedar untuk nongkrong. Oleh sebab itu, sebagai obat rindu dari kuliner yang satu ini, bisnis frozen dimsum cukup diminati dan mendapat perhatian khusus bagi para penikmatnya.

Baca Juga: Referensi Bisnis Milenial untuk Lulusan SMA saat Masa Pandemi Virus Corona 

12. Seblak

Makanan atau cemilan khas Sunda yang terkenal dengan cita rasa pedasnya ini memang digandrungi oleh banyak orang. Kini, tak hanya kerupuk seblak, atau seblak dalam bentuk kering saja yang banyak ditemui di pasaran, tetapi seblak basah pun telah banyak penikmatnya.

Baik seblak kering maupun basah ini tetap menjadi salah satu cemilan favorit. Apalagi sekarang ini, seblak tak hanya identik dengan kerupuk saja, namun ada beberapa pendukung lainnya seperti siomay, batagor, mie glosor, kwetiau, sosis, bakso, dan lain sebagainya.

Tips Sukses Bisnis Makanan Ringan

Beberapa cara yang harus diperhatikan ketika akan memulai bisnis makanan ringan ialah:

1. Menentukan Produk yang Akan Dijual

Tentukanlah produk yang akan dipasarkan berdasarkan minat, kemampuan produksi atau selera pasar yang menjadi pertimbangan utamanya.

2. Pahami dan Kuasai dengan Baik Cara Pembuatannya

Jika bisnis makanan ringan ini dikelola oleh seorang diri, maka kuasailah terlebih dahulu proses pembuatan makanan tersebut. Lakukan beberapa trial untuk memastikan kualitas dan rasa produk.

3. Menyusun Strategi Pemasaran

Bisnis makanan ringan ini akan berjalan baik jika dikenal banyak orang. Mulailah memasarkannya lewat rekan-rekan terlebih dahulu, mintalah mereka untuk mengunggah produk di media sosialnya untuk disambungkan ke akun medsos usaha yang dikelola.

Bergabung dengan kemitraan ojek online juga merupakan salah satu solusi yang baik. Kemudian, jika bisnis telah berjalan, cobalah untuk bekerja sama dengan beberapa influencers untuk bentuk promosi berupa endorsement.

4. Menjaga Kualitas dan Selalu Lakukan Inovasi 

Jagalah selalu kualitas dan kebersihan makanan yang diproduksi, sehingga bukan hanya nikmat tapi juga tetap sehat. Jangan lupa juga untuk melakukan inovasi. Inovasi dalam bisnis makanan ringan ini terbilang cukup penting. Lakukanlah penambahan varian rasa atau menu jika dirasa perlu untuk kembali meningkatkan minat beli khalayak.

Itulah informasi perihal ide bisnis makanan ringan serta tips untuk memulainya. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi bisnis yang bisa Anda coba. Selamat mencoba! 

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE FacebookFollow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.