Bisnis makanan merupakan bisnis yang tidak ada matinya, sebab makan itu sendiri merupakan kebutuhan setiap manusia. Dengan semakin banyaknya bisnis makanan ringan, menjadi peluang sekaligus menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang akan membuka usaha yang satu ini. Untuk meminimalisir adanya persaingan dalam menjalankan usaha yang satu ini, maka dibutuhkan kreativitas untuk bisa menciptakan bisnis makanan ringan unik yang belum ada sebelumnya.

Bisnis makanan ringan unik memang wajib dilakukan. Sebab, kebanyakan dari masyarakat Indonesia juga tidak hanya memperhatikan dari segi rasa saja. Namun, mereka juga melihat dari segi keunikan sebuah produk makanan. Semakin unik makanan yang ditawarkan, semakin tinggi pula rasa penasaran yang timbul dari konsumen.

7 Bisnis Makanan Ringan Paling Unik dan Belum Banyak Pesaing


Ingin membuka bisnis makanan ringan yang unik? Berikut adalah 7 rekomendasi jenis makanan ringan paling unik yang bisa dicoba:

1. Bakpao Buah

Bisnis Makanan Ringan Unik

Siapa sih yang tidak mengenal bakpao? Hampir setiap kalangan pasti tahu, bahkan pernah mencicipi atau menjadikannya sebagai salah satu makanan ringan kesukaan. Makanan yang berasal dari negara China ini, kini cukup mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, bahkan dengan mudahnya bisa dijumpai di pinggiran jalan.

Sudah kenal dan mencicipi bakpao buah? Apakah bentuk dan rasanya sama dengan bakpao pada umumnya? Bakpao buah merupakan makanan ringan yang masih cukup asing terdengar atau bahkan banyak yang tidak mengetahui.

Secara bentuk, bakpao buah jelas berbeda dengan bakpao pada umumnya. Bakpao buah sangat mirip dengan bentuk buah asli. Hampir-hampir bisa membuat siapa saja terkecoh dengan bentuknya yang unik serupa buah.

Mungkin banyak yang berpikir bakpao buah merupakan bakpao yang berisikan bermacam-macam buah di dalamnya. Tetapi yang sebenarnya bakpao buah isiannya sama dengan bakpao pada umumnya, seperti cokelat, kacang hijau, daging, dan lain sebagainya. Warna bakpao buah juga cenderung mencolok layaknya warna buah asli. Siapa pun bisa memilih berbagai bentuk buah sesuai dengan keinginannya.

2. Belalang Goreng

Umumnya, generasi di bawah generasi milenial tidak asing dengan makanan ringan yang satu ini. Malahan, biasanya banyak dari mereka yang mencari dan mengolahnya sendiri. Akan tetapi, sekarang ini belalang sangat sulit sekali ditemukan, sehingga makanan ringan yang satu ini cukup mahal harganya.

Belalang goreng biasanya diolah dengan bumbu-bumbu rempah serta tidak menggunakan bahan pengawet. Belalang goreng bisa dijamin kehigienisannya, jadi siapa pun yang ingin mengkonsumsinya akan terhindar dari bahaya sakit perut.

Belalang sendiri memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Belalang goreng amat baik untuk dikonsumsi karena banyak mengandung protein, vitamin, asam lemak esensial, mineral, dan juga zat kitosan yang biasanya terkandung dalam kulit udang.

3. Wagashi

Bagi para penikmat kudapan khas Jepang, wagashi tidaklah asing bagi mereka. Kue tradisional khas Jepang satu ini mulai memasuki dunia perkulineran Indonesia. Makanan ringan yang satu ini amat mirip dengan permen, rasanya yang manis biasanya dipasangkan dengan teh hangat.

Masyarakat Jepang biasanya menikmati wagashi dengan cara memakannya sampai habis. Setelah itu, baru minum teh hangat tanpa gula. Di Jepang, biasanya wagashi dihidangkan pada acara-acara tertentu saja.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat wagashi juga cukup mudah ditemui, seperti beras, gandum, kedelai, tepung, dan brown sugar. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampurkan menjadi satu dan diberi air, setelah semua bahan tercampur kemudian diuleni dan digoreng dalam minyak yang panas.

4. Chocodot

Chocodot merupakan jenis cokelat yang berpadu dengan dodol khas Garut. Cokelat jenis ini juga mulai banyak laris dan digemari oleh masyarakat. Dengan kemasan yang menarik dan berbalut kata-kata kekinian anak muda jaman sekarang, tentu menjadi daya tarik sendiri bagi penggemar coklat jenis ini.

Banyak tulisan-tulisan menarik yang biasanya terpampang di kemasan. Misalnya Coklat Hati Rindu, Cokelat Rasa Sayang, Cokelat Anti Galau, dan lain sebagainya yang tentunya tidak kalah menarik. Para produsen memang sengaja mendesain semenarik mungkin kemasan dengan tujuan untuk menarik banyak pelanggan.

Selain itu, rasanya yang enak tidak kalah saing dengan produk cokelat yang dipasarkan pada umumnya. Beberapa hal tersebut itulah yang menjadikan Chocodot menjadi salah satu oleh-oleh khas Garut yang banyak diburu oleh masyarakat.

5. Rempeyek Jangkrik

Bisnis Makanan Ringan Unik

Rempeyek jangkrik merupakan salah satu makanan oleh-oleh khas daerah Surabaya. Biasanya, jangkrik digunakan sebagai makanan burung atau umpan untuk memancing. Namun, siapa sangka jika jangkrik ternyata bisa dijadikan olahan lezat macam rempeyek jangkrik?

Tidak sembarangan jangkrik bisa diolah menjadi rempeyek. Jangkrik yang digunakan biasanya yaitu jangkrik yang masih muda. Sebab, semakin muda usia jangkrik dipercaya semakin tinggi pula kandungan protein dalam rempeyek jangkrik tersebut.

Cara mengolahnya bisa dibilang cukup mudah. Jangkrik yang sudah dipastikan mati disangrai terlebih dahulu. Setelah itu, dipotong-potong dan jangan lupa bagian kepala dan kaki wajib dibuang. Setelah bagian badan jangkrik selesai di potong-potong, campurkan dengan tepung terigu dan bumbu, kemudian goreng sampai renyah.

6. Semangka Goreng

Kentang goreng, ubi goreng, dan pisang goreng merupakan makanan ringan yang sangat sering dijumpai. Tetapi, bagaimana dengan semangka goreng? Buah yang didominasi dengan kandungan air yang cukup tinggi bisa dibuat menjadi makanan ringan yang lezat.

Cara mengolahnya sangatlah mudah. Cukup siapkan buah semangka tanpa biji yang sudah di potong-potong. Kemudian, celupkan ke campuran tepung maizena, terigu, putih telur, gula, air, dan sedikit minyak. Setelah itu, goreng sampai adonan kulitnya renyah.

Semangka goreng mungkin sudah lumayan populer jadi makanan ringan. Tetapi, untuk saat ini belum ditemukan produsen yang menjual makanan ringan yang satu ini. Hal ini dapat menjadi peluang yang menjanjikan untuk usaha makanan ringan.

7. Oreo Goreng

Bisnis Makanan Ringan Unik

Gorengan merupakan makanan ringan yang paling mudah ditemukan di sekitar kita, terutama di wilayah Indonesia. Tetapi, bagaimana jika biskuit dijadikan gorengan? Bisa dibilang hal ini masih jarang ditemukan. Oreo goreng adalah makanan ringan yang banyak dicari, bahkan digemari oleh kalangan anak-anak.

Cara mengolahnya juga cukup mudah, yaitu dengan memasukkan oreo ke lemari es terlebih dahulu. Kemudian, oreo tadi harus diselimuti dengan tepung terigu yang telah ditambah dengan gula dan telur, lalu diaduk secara merata. Sambil diaduk, masukan sedikit demi sedikit susu cair dan tambahkan sedikit baking powder. Setelah semuanya tercampur rata, gorenglah oreo sampai berwarna kuning kecoklatan.

Itulah beberapa rekomendasi bisnis makanan ringan unik yang patut untuk dicoba. Semoga bisa dijadikan inovasi dalam menangkap peluang untuk menjalankan usaha, terlebih dengan banyaknya persaingan yang semakin hari semakin ketat. Dengan menjalankan bisnis makanan ringan yang unik, maka jumlah pesaing hanya sedikit dan keuntungan bisa semakin bertambah. Tunggu apa lagi? Yuk, coba sekarang juga!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.