Bisnis kuliner merupakan salah salah satu usaha dengan banyak peminat. Bagaimana tidak, berbagai makanan dan menu yang dijual seringkali memiliki daya tariknya tersendiri. Terlebih jika jenis makanan tersebut tengah hangat diperbincangkan dan menjadi viral, tentu saja menu tersebut akan diburu oleh banyak orang.

Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh para pengusaha kuliner untuk konsumennya adalah kemudahan. Tak perlu membeli bahan, tidak ada proses pembuatan karena makanan telah siap untuk dihidangkan.

Peluang Bisnis Kuliner 

bisnis kuliner
(Sumber: Thirtyfun.com)

Bisnis kuliner sangat memungkinkan pemiliknya untuk meraup keuntungan yang besar, karena siapa sih yang nggak suka makan? Rasanya, setiap orang pasti memiliki seleranya sendiri. Dan tentu saja, makan adalah salah satu kebutuhan manusia.

Baca Juga: Cara Kerja Usaha dan Bisnis Franchise serta Definisi dan Keuntungannya

Dengan jaman yang serba mudah serta didukung oleh canggihnya teknologi, merasakan nikmatnya aneka sajian kuliner semakin mudah saja, hal tersebut adalah peluang emas bagi para pelaku bisnis. Selain itu kuliner juga merupakan salah satu jenis usaha yang variatif. Dalam artian, banyak jenis ataupun menu yang bisa dijadikan lahan bisnis menguntungkan. Seperti misalnya masakan khas Nusantara, makanan mancanegara, dessert, makanan berat, makanan ringan, berbagai jenis minuman, hingga inovasi menu yang viral dan kekinian.

Meskipun pelaku bisnis di bidang kuliner sangat banyak, yang berarti terdapat beberapa kompetitor dalam satu jenis usaha yang sama, kuliner akan selalu memiliki penikmatnya sendiri, Jika bisnis dapat dijalankan dengan baik, maka ia akan tetap bertahan meskipun banyak pesaing.

Namun rasanya, di masa pandemi Covid-19 sekarang ini, tidak ada satupun bisnis yang tak terkena dampaknya. Banyak diantara pelaku bisnis yang merasa bingung dan cukup kesulitan untuk mempertahankan bisnisnya, bahkan mungkin beberapa memberhentikannya untuk sementara. Namun untuk sebagian lainnya, momentum untuk melakukan berbagai aktivitas di rumah ini bisa dijadikan salah satu peluang bisnis, termasuk bisnis kuliner. 

Ide Bisnis Kuliner di Era New Normal

bisnis kuliner
(Sumber: Beritauang.com)

Ada beberapa jenis kuliner yang mampu dijadikan peluang bisnis kuliner menuju era new normal di tengah pandemi corona seperti sekarang ini, diantaranya adalah:

Baca Juga: Pengertian Komunikasi Bisnis – Teori, Fungsi, Konsep dan Penjelasannya

1. Makanan Siap Saji

Salah satu jenis kuliner yang banyak dijumpai saat ini adalah makanan siap saji. Untuk menikmatinya, konsumen tak lagi harus kesulitan dalam mengolah bahan makanan. Cukup dengan membelinya, mereka sudah langsung bisa menikmati ragam kuliner tersebut.

Karena kemudahan inilah, banyak masyarakat yang tertarik untuk mencobanya. Untuk itu, makanan siap saji merupakan salah satu ide atau rekomendasi bisnis kuliner yang bisa diterapkan dalam situasi seperti sekarang ini. Jenis kuliner yang ditawarkan biasanya berupa makanan berat atau lauk pauk, seperti rendang, iga bakar mozarella, ayam bakar betutu, dan lain sebagainya

2. Kuliner Instant

Selain masakan siap saji, kini makanan instan pun seolah menjadi primadona. Mulai dari mie ayam, siomay, bakso, hingga ramen pun ada kemasan instantnya, lho. Selain unik dan menarik, kuliner ini juga menawarkan kepraktisan pada konsumennya.

Cukup dengan menggoreng atau hanya dengan menambahkan sedikit air panas, berbagai varian makanan tersebut siap untuk disantap. Kemudian, selain berbagai jenis makanan atau minuman instan, frozen food pun kini sedang marak ditawarkan di pasaran. Pasalnya, makanan jenis ini rasanya tidak diragukan lagi serta banyak disukai anak-anak yang kini seharian berada di rumah. Proses mengolahnya pun sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

3. Dessert

Di tengah pandemi ini, banyak orang yang merasa bosan karena tak bisa berwisata kuliner ke luar rumah. Untuk itu, biasanya mereka membutuhkan makanan manis dan segar sebagai obat untuk menghilangkan kejenuhan serta dapat mengembalikan mood. Dessert menjadi salah satu ide bisnis kuliner yang patut dicoba saat ini.

4. Makanan Ringan

Selain bosan selama berdiam diri di rumah, kebanyakan orang akan cenderung lebih sering makan atau menghabiskan cemilan. Kebanyakan orang akan memiliki stok makanan ringan untuk menemani hari-harinya di rumah. 

Untuk mendapatkan makanan ringan ini nampaknya bukan hal yang sulit dan bisa dengan mudah dijual kembali serta dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan,  Selain itu, kelebihan dalam bisnis kuliner snack  atau makanan ringan ini karena biasanya produk tersebut memiliki expired date yang cukup lama. Sehingga tidak perlu perputaran yang cepat.

Tips Berbisnis di Bidang Kuliner Menuju Era New Normal

bisnis kuliner
(Sumber: Highlandernews.org)

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai upaya mengembangkan bisnis bidang kuliner di masa sekarang ini, seperti:

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp Bisnis untuk Pengusaha

1. Memilih Jenis Kuliner

Hal mendasar yang harus dilakukan oleh seorang pebisnis kuliner adalah menentukan apa yang akan ia jual. Pertimbangkanlah beberapa hal sebelum menentukannya. Seperti modal awal, tempat penyimpanan produk, masa berlaku atau hal-hal lain yang dianggap penting.

2. Selalu Memaksimalkan Peluang

Merubah tantangan menjadi peluang adalah salah satu kalimat yang cukup relate terhadap keadaan saat ini. Tidak mudah memang mengembangkan sebuah binis di tengah keadaan yang kurang menguntungkan seperti sekarang ini, 

Salah satunya adalah dengan memperhatikan sekitar. Jika banyak diantara relasi yang merupakan mahasiswa ataupun karyawan maka dessert adalah salah satu menu yang bisa dipertimbangkan. Atau jika disekitar terdapat banyak orang tua yang bingung menentukan masakan apa untuk buah hati mereka, maka frozen food bisa menjadi pilihan.

3. Mulailah Secara Online 

Hampir setiap orang memiliki gadget canggih sekaligus memiliki akun media sosial. Sebagai langkah awal, unggah produk yang dijual dan pasarkanlah secara online. Selain praktis, berjualan dengan cara ini tidak membutuhkan modal yang banyak. Kelebihan lainnya adalah, jangkauan dari bisnis kuliner berbasis internet ini sangatlah luas, Siapapun, dimanapun bisa berpeluang menjadi pelanggan.

Setelah itu, bergabunglah menjadi mitra beberapa aplikasi yang bisa menjadikan bisnis  yang sedang dirintis sebagai merchant. Beberapa ojek online misalnya. Untuk menarik perhatian, buatlah promo yang bisa didapatkan jika membeli melalui aplikasi tersebut.

Selanjutnya, untuk menjangkau khalayak yang lebih luas, buatlah iklan pada medsos akun bisnis yang dimiliki. Menggunakan Instagram atau Facebook Ads misalnya. Tentukan audiensnya dengan sangat detail dan terperinci sesuai dengan target market dari bisnis yang dijalankan, seperti usia, gender, lokasi, dan berbagai kesukaan mereka.

Bisnis dengan berbasis online juga mampu mengurangi resiko terpapar virus dan dapat meminimalisir penyebarannya, karena tidak berada dalam keramaian dan tidak berlangsung dengan cara tatap muka.

4. Perhatikan Perputaran Uang

Manage uang dengan sebaik-baiknya. Karena terkadang hasil atau pendapatan dalam berbisnis tidak diatur dengan cukup baik, yang menyebabkan bisnis tidak bertahan lama.

Bisnis kuliner banyak dipilih karena dianggap mampu mendatangkan Rupiah dengan nominal yang cukup besar dengan menjadi pemenuh kebutuhan konsumennya. Namun, dalam keadaan yang penuh dengan keterbatasan ini, harus ada beberapa langkah dan strategi yang harus ditetapkan sebelum memulai langkah berbisnis, seperti memilih dan menentukan ide dari usaha yang akan dijalankan, agar bisnis dibidang kuliner yang dibangun bisa bertahan lama dan kuat dari persaingan pasar. 

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.