Siapa sih yang tidak ingin tampil menawan? Mempercantik diri dengan riasan kosmetik lagaknya sudah menjadi hal populer yang cukup umum ditemui saat ini. Bukan hanya menutupi bekas luka ataupun menyiasati warna kulit yang tidak rata, namun juga akan mempertegas bentuk muka dari wanita tersebut. Melalui fenomena ini, siapa yang menyangka jika bisnis kosmetik layak digeluti?

Berdasarkan survei yang dibuat oleh PT Beiersdorf Indonesia, ditunjukkan bahwa ada setidaknya 80% wanita asal Indonesia menggunakan make up. Mulai dari eyeliner, lipstik, perona pipi, bedak, dan lain sebagainya. Menilik dari fakta ini, sayang kan kalau kesempatan meraup untung besar dengan usaha kosmetik dilepas begitu saja? Lalu, bagaimana rahasia untuk mensukseskan usaha kosmetik ini?

Baca Juga: Bisnis Ibu Rumah Tangga Muslimah yang Berkah, Halal dan Tanpa Riba

Tips Membuka Toko Kosmetik

Agar bisnis di bidang kosmetik yang dijalankan bisa sukses dan memperoleh banyak penjualan, tips dan trik berikut ini bisa digunakan.

1. Carilah Lokasi Usaha Yang Strategis

Carilah Lokasi Usaha Yang Strategis
(Sumber : Idntimes.com)

Apapun itu jenis usaha yang dipilih, pemilihan lokasi strategis menjadi poin penting nan utama yang menentukan sukses atau tidaknya usaha tersebut, tentu tanpa mengesampingkan faktor-faktor lainnya. Dengan membuka toko di lokasi yang strategis, maka potensi keuntungan yang akan diperoleh juga jauh lebih banyak. Contohnya saja, dekat kampus, dekat kantor, atau pinggir jalan yang banyak dilalui target pembeli serta mudah untuk dijangkau.

2. Pastikan Modal Cukup

Bukan hanya mencari lokasi strategis untuk toko saja, namun memastikan kecukupan modal juga perlu dipertimbangkan. Modal itu nantinya akan digunakan untuk kulakan produk-produk kosmetik, menyewa tempat, dan menggaji karyawan. Dengan memastikan kecukupan modal, maka usaha kosmetik yang dimimpikan pun bisa segera direalisasikan.

3. Kelengkapan Variasi Kosmetik

Orang-orang cenderung malas untuk berbelanja kosmetik di beberapa tempat berbeda. Menilik dari fakta tersebut, pengusaha dapat menjajakan kosmetik dalam varian lengkap. Mulai dari makeup, skincare, hingga bodycare, sediakan semuanya dalam berbagai merk yang ada.

Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan ketersediaan stok yang tersedia. Jika ada produk kosong dalam rak, segera kulakan dan isi kembali rak tersebut.

4. Tentukan Target Pasar

Menentukan target pasar menjadi salah satu hal paling penting dalam membuka suatu usaha. Poin ini memerlukan banyak perhatian lantaran target pasar sendiri mampu menentukan apakah produk yang hendak dijual akan laku keras di pasaran atau tidak. Selain itu, berhasil menentukan target pasar akan mempermudah pekerjaan pengusaha dalam menentukan harga pasar atas produk yang akan dipasarkan.

5. Buat Konsep Usaha

Ketika membuka sebuah usaha kosmetik, ada banyak sekali konsep usaha yang dapat dijalankan. Konsep waralaba, toko, ataupun dijual di rumah, bisa diangkat sebagai konsep bagi usaha kosmetik. Jika memungkinkan, konsep-konsep di atas bahkan bisa dipadupadankan bersama-sama.

Akan tetapi, jika modal yang dimiliki cukup kecil, akan lebih baik jika memulai usaha ini dari nol, yakni secara rumahan dan dijajakan secara online melalui media sosial. Selain itu, pengusaha juga bisa menjajal untuk membuka stand di beberapa event besar.

6. Tentukan Cara Penjualan

Apabila pengusaha berniat untuk berdagang secara offline, pastikan agar toko kosmetik memiliki lokasi strategis dan areanya dekat dengan ruang publik. Yang mana tempat seperti itu akan selalu ramai dilalui oleh orang-orang. Seperti misalnya saja di mall, salon kecantikan, butik, atau opsi lainnya.

Metode penjualan ini dibagi menjadi 2, yakni dengan menitipkannya di toko kosmetik, atau membuka booth sendiri guna memperkenalkan produk jualan kepada khalayak luas.

Bukan hanya itu saja, pengusaha juga bisa memanfaatkan sistem online agar cakupan pasar lebih luas. Mudah saja, cukup buat toko online di platform media sosial atau ecommerce  yang memungkinkan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Bisnis UKM Terbaik Modal Kecil Untung Besar

7. Pastikan Kualitas Kosmetik Yang Dijual Baik

Pastikan Kualitas Kosmetik Yang Dijual Baik
(Sumber : Hinyong.com)

Tips berikutnya ialah memastikan kualitas kosmetik yang dijual. Pastikan untuk hanya memilih kosmetik yang sudah memiliki brand ternama, atau sederhananya cukup populer dan memiliki banyak pengguna. Pasalnya, kosmetik yang sudah memiliki brand populer dipastikan akan laku terjual.

8. Sediakan Sampel

Tidak semua cocok akan cocok dengan produk kosmetik dan skincare yang sama. Perbedaan tone dan jenis kulit membuat kebutuhan produk yang mereka gunakan tidak sama. Menyediakan sampel gratis tentu akan sangat menarik untuk diterapkan, terlebih bagi orang-orang yang ingin mencoba produk kecantikan baru tapi takut tidak cocok dengan kulit yang dimilikinya.

9. Tata Rak Dengan Rapi

Menata kosmetik di rak sesuai dengan jenis dan merknya akan mempermudah pembeli saat hendak memilih suatu produk. Bagi pebisnis, menata rak dengan rapi akan memudahkan mereka dalam mengecek ketersediaan stok barang dan tanggal kadaluarsa dari produk terkait.

10. Buat Perizinan Usaha Kosmetik

Meskipun tidak membuka toko berskala besar secara langsung, tidak ada salahnya untuk membuat perizinan usaha. Hal ini ternyata cukup efektif untuk membuat orang lain percaya kepada toko tersebut. Dengan kepercayaan yang tinggi, nilai kredibilitas dari toko pun akan meningkat.

Perlu dicatat, apabila pengusaha tidak membuat perizinan untuk usahanya, dikhawatirkan toko usaha kosmetik yang sedang dijalankan ditutup paksa oleh pemerintah daerah setempat sewaktu-waktu. Bukannya sukses berjualan, malah jadi merugi kan?

11. Persiapkan Karyawan

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan karyawan sebagai pegawai, terlebih jika toko sudah tidak bisa dihandle sendiri lagi. Untuk urusan pegawai, usahakan untuk memilih staf yang mampu melayani pembeli dengan ramah. Ini karena karyawan yang ramah akan membuat pembeli merasa senang, dan bahkan bisa jadi akan memperoleh pelanggan tetap karena pelayanannya yang sangat memuaskan.

12. Manfaatkan Media Sosial

Toko strategis memang menjadi kunci kesuksesan, tapi tanpa dibarengi dengan pemanfaatan media sosial untuk berpromosi, perolehan toko tidak bisa dioptimalkan. Apalagi di era super modern seperti saat ini, dimana orang-orang lebih menyukai belanja online lewat media sosial. Karenanya, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan keberadaan media sosial untuk memperoleh keuntungan yang besar.

13. Ikuti Trend Serta Pahami Kebutuhan Pasar

Memilih untuk menjual kosmetik yang memang sedang trend dan banyak digunakan jelas akan lebih menguntungkan. Misalnya saja saat ini sedang trend perkakas make up flawless ala korea, maka tidak ada salahnya untuk ikut berjualan makeup-makeup flawless juga.

Disamping itu, pengusaha juga perlu memahami apa yang dibutuhkan oleh pasar. Ini karena bila usaha kosmetik menawarkan produk pemenuh kebutuhan sesuai keinginan pembeli, bisnis kosmetik pun akan senantiasa berjalan.

Baca Juga: Tips dan Cara Sukses Memulai Bisnis Barbershop untuk Pemula

14. Rajin Promosi

Rajin Promosi
(Sumber : Indocareb2b.com)

Dengan adanya promosi, usaha yang dijalankan akan lebih mudah dikenal oleh orang lain. Saat usaha tersebut berhasil dikenal banyak orang, produk yang ditawarkan akan makin laris di pasaran.

Tips-tips di atas bisa diterapkan oleh siapa saja yang tertarik untuk membuka bisnis kosmetik. Dengan mengaplikasikan semua tips di atas, maka usaha kosmetik pun akan berjalan dengan lancar dan mampu menghasilkan banyak keuntungan. Dan yang pasti, bisa melewati terjangan tantangan baru yang menghadang di depan mata.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.