Bisnis kos kosan adalah salah satu jenis usaha properti yang sangat menguntungkan. Jenis usaha satu ini bergerak di bidang kepemilikan aset berupa tanah dan bangunan serta berbagai fasilitas pendukung yang dikelola dengan cara menyewakannya pada pihak yang membutuhkan. Modal yang dibutuhkannya memang besar, namun hasilnya akan lebih menggiurkan. Bayangkan saja, dengan hanya menyewakan beberapa kamar dan fasilitasnya, kita bisa mendapat penghasilan besar setiap bulan dari uang sewa tersebut, yang tentunya sudah dipotong oleh biaya operasional.

Jenis usaha yang satu ini memang banyak diminati karena selain keuntungan yang ditawarkan besar, peminatnya pun pasti ada. Karena masih banyak mahasiswa, mahasiswi, karyawan kantor atau bahkan pegawai pabrik yang membutuhkan tempat tinggal di tanah rantau. Tak sebatas pada penghasilan yang didapat dengan terus menerus, bisnis ini semakin lama akan memiliki nilai yang makin tinggi. Karena harga tanah akan semakin naik, peminat akan semakin banyak karena banyak masyarakat yang juga membutuhkan hunian, Bisnis ini memang menarik, karena dianggap tak akan kehilangan peminatnya.

Fasilitas yang kita tawarkan pada bisnis kos kosan yang dibuat, bisa disesuaikan dengan lokasi dan juga target marketnya, sehingga usaha kita cepat laku, mampu bersaing dan kemudian meraih kesuksesan.

Tips Bisnis Kos Kosan di Daerah Pabrik

Seperti yang telah dikatakan di atas, banyak orang yang akan membutuhkan tempat tinggal, termasuk karyawan pabrik. Lokasi dekat pabrik menjadi salah satu tempat yang cocok atau strategis untuk membuka usaha yang satu ini, mengingat banyaknya jumlah pegawai dan beberapa diantaranya berasal dari luar daerah.

Baca Juga: Rahasia Peluang Bisnis Modal Kecil Untuk Usia Muda 

Bagi yang ingin memiliki bisnis kos kosan di sekitar pabrik, berikut tips dan triknya:

1. Harga Sewa yang Terjangkau

bisnis kos kosan
(Sumber: Economy.okezone.com)

Target market dari bisnis kos kosan kali ini adalah karyawan pabrik. Biasanya, harga yang murah adalah salah satu perhitungan yang dipikirkan sebelum memilih tempat tinggal. Untuk itu, yang perlu kita lakukan adalah memberikan harga ‘miring’ yang tentunya dapat bersaing di pasaran.

Menurunkan biaya operasional bisa menjadi solusi yang diambil. Listrik misalnya, menjadi tanggungan masing-masing penyewa sesuai dengan pemakaiannya, uang kebersihan yang ditanggung bersama melalui sistem ‘patungan’ atau penggunaan kipas angin sebagai pengganti AC.

2. Berikan Kemudahan Akses dan Lahan Parkir

Salah satu hal penting dalam menentukan lokasi bisnis kos kosan adalah kemudahan aksesnya, usahakan tempatnya tak jauh dari pabrik, mudah ditemukan dan jalannya tidak terlalu sempit. Sehingga orang akan lebih mempertimbangkan tempat tersebut. Selain itu, usahakan untuk memiliki lahan parkir untuk motor. Karena kebanyakan pegawai pabrik menggunakan kendaraan tersebut untuk menunjang pekerjaannya.

3. Bisa Menyediakan Kebutuhan Lain

bisnis kos kosan
(Sumber: Bisniskost.com)

Selain menyewakan tempat, kita juga bisa membuka usaha lain yang berdampingan atau bahkan berada di kawasan kos kosan tersebut. Misalnya warung kopi, warung nasi, toko kelontong, toko sembako, laundry dan lain sebagainya.  Jika bisnis kita memiliki kelebihan lain yang menjadi pelengkap, orang-orang tidak akan ragu untuk menyewa kos kosan yang kita kelola, karena mereka akan semakin dimudahkan untuk mendapat kebutuhan lain sehari-harinya.

4. Selalu Utamakan Kebersihan dan Keamanan

Karena berkaitan dengan tempat tinggal, maka kita sebagai pemilik kos harus menjamin kenyamanan, kebersihan dan keamanan. Jika penyewa sudah merasa nyaman, mereka akan cenderung betah dan tidak akan mencari tempat tinggal lain. 

Begitupun jika kos kosan kita dalam keadaan bersih. Walaupun tempatnya terbilang sederhana, jika kebersihan dijaga dengan baik, rasanya akan tetap menyenangkan. Salah satu caranya bisa dengan menyediakan tempat sampah di setiap kamar, juga di luar dan rutin untuk membersihkannya (yang dikoordinasikan dengan petugas kebersihan daerah setempat).

Keamanan juga penting. Jangan sampai orang-orang yang menyewa tempat tinggal merasa was-was atau khawatir karena kondisi yang kurang aman, hal tersebut memungkinkan mereka untuk mencari hunian baru. Apalagi bagi beberapa orang yang memiliki kendaraan bermotor atau berbagai barang elektronik yang rawan. Salah satu solusinya adalah dengan menyiapkan gembok yang hanya bisa digunakan oleh pemilik dan penghuni kos. Selain itu tamu yang berkunjung lebih dari satu malam wajib lapor dengan memperlihatkan identitasnya.

Peluang Bisnis Kos Kosan

bisnis kos kosan
(Sumber: Entrepreneur.com)

Mengapa usaha yang satu ini sangat menarik untuk dilakukan? Berikut alasannya:

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis yang Bangkrut Akibat Corona

1. Banyak yang Membutuhkan

Lagi-lagi yang menjadi faktor utamanya adalah minat yang tinggi. Bahkan semakin lama permintaannya akan semakin banyak mengingat banyak pula orang yang membutuhkan tempat tinggal dengan harga yang cukup terjangkau.

2. Pendapatan akan Dihasilkan Secara Rutin

Dengan bisnis kos kosan ini, kita bisa mendapat penghasilan rutin setiap bulan, setiap semester ataupun tiap satu tahun berdasarkan perjanjian kontrak pembayaran sewa kos nya. Tak hanya itu, keuntungan yang didapat pun akan terasa jangka panjang.

3. Tidak Sulit untuk Dikelola

Meski pada persiapannya dibutuhkan banyak hal pendukung seperti kamar, perabotan dan lain sebagainya, jika sudah dijalani, bisnis yang satu ini akan terasa mudah. Kita hanya tinggal melakukan hal-hal rutin seperti koordinasi kebersihan, pembayaran listrik dan lain sebagainya. Bahkan, kita juga bisa mendelegasikan berbagai urusan operasional tersebut pada seseorang yang dipercaya, dengan kredibilitas juga kinerja yang baik serta dipastikan jujur dan dapat dipercaya, dengan begitu kita bisa lebih fleksibel dalam mengelola bisnis kos kosan ini.

4. Bisa Mendapat Penghasilan Tambahan

Selain keuntungan rutin yang kita dapatkan, ada sisi lain yang memungkinkan kita untuk meraih keuntungan lebih. Salah satu contohnya yang telah disebutkan di atas, yaitu dengan membuka laundry,  warung, toko, warteg atau berbagai usaha pendukung lain di tempat kos tersebut.

5. Menjadi Bentuk Investasi Jangka Panjang

Kos kosan juga sangat potensial sebagai ladang investasi. Karena harga tanah dan bangunan semakin lama akan semakin tinggi, oleh karenanya bisnis kos kosan dapat disebut dengan bisnis yang minim resiko mengalami kerugian.

6. Balik Modal dalam Waktu yang Cepat

Memang modal awal yang dikeluarkan cukup besar, namun penghasilan yang didapat pun besar pula. Sehingga, kemungkinan balik modalnya dalam waktu cepat akan terbuka lebar.

7. Pemasukan yang Tinggi

Jika dibandingkan dengan rumah kontrakan, keuntungan yang dihasilkan oleh bisnis kos kosan ini lebih tinggi. Karena biasanya yang disewakan tak hanya satu kamar saja, melainkan beberapa unit. Sehingga pendapatannya pun akan berkali-kali lipat.

Baca Juga: Rahasia Sukses Bisnis Tiket Pesawat Online untuk Mahasiswa Tanpa Modal Besar 

8. Nilai Jual Tinggi

Bisnis yang satu ini dianggap memiliki nilai jual kembali yang cukup tinggi. Usaha kos kosan adalah investasi dengan capital gain tinggi yang menggiurkan dan dapat menjadi bisnis keluarga untuk diwariskan pada generasi penerus.

Poin-poin yang telah diulas membahas beberapa keuntungan serta strategi meraih kesuksesan melalui bisnis properti khususnya bisnis kos kosan. Tak harus selalu berada di daerah atau lokasi pendidikan, bisnis satu ini pun bisa dikelola di daerah sekitaran pabrik, karena banyak pula karyawannya yang memerlukan kos kosan. Harga, fasilitas dan pemenuh kebutuhan pendukung lain tentunya harus dipertimbangkan sebelum memulai usaha ini.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.