Salah satu jenis usaha yang sedang hits dan banyak dicoba beberapa waktu terakhir adalah bisnis kopi. Berbagai brand menawarkan sajian menu es kopi kekinian yang diharapkan mampu memenuhi keinginan pasar yang kemudian menghasilkan keuntungan. Kopi merupakan jenis minuman yang cukup banyak disukai. Memang, penikmatnya cenderung segmented, karena tidak semua orang bisa dan senang minum kopi, tapi kopi tetaplah punya daya tariknya tersendiri. Oleh karenanya, sebagai solusi, hampir seluruh kedai kopi menyediakan minuman non-coffee, biasanya adalah coklat, moccacino, dan lain sebagainya.

Trik Usaha Bisnis Kopi 

Tak dapat dipungkiri, bisnis kopi kini memang sudah banyak dan menjamur. Beberapa diantaranya sudah sangat sukses dengan mempunyai penggemarnya tersendiri, brandnya pun telah dikenal di mana-mana. Untuk itu, dibutuhkan beberapa hal penting yang harus dilakukan sebelum membuka bisnis kopi agar cepat mendatangkan keuntungan:

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis yang Bangkrut Akibat Corona

1. Menentukan Target Konsumen

Yang pertama harus dilakukan adalah menentukan siapa yang menjadi target konsumennya. Jika targetnya mahasiswa atau orang kantoran, siapkan menu yang biasa menjadi minuman favorit mereka. Siapkan konsep atau design yang sesuai dengan citra, usia, maupun karakter dari target market bisnis kopi tersebut.

2. Memilih Lokasi yang Strategis 

bisnis kopi
(Sumber: Majalahotenncoffee.com)

Berikutnya adalah menentukan lokasi bisnis. Jika sekiranya target market kedai kopi adalah orang-orang kantoran, maka lokasi bisnis yang dipilih bisa berada di sekitar kawasan itu, atau bahkan pilihlah lokasi di tempat strategis dan buat senyaman mungkin, karena terkadang, meskipun jaraknya tidak dekat, para pelanggan tetap mau datang jika tempat yang dituju bisa menciptakan kesan yang menyenangkan.

3. Memilih Barista yang Tepat 

Hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan saat akan mengelola bisnis kopi adalah merekrut karyawan yang kompeten. Usahakan memilih barista yang sudah memiliki pengalaman atau track record yang baik. Yang lebih penting dari itu adalah, pekerjakanlah karyawan dengan attitude yang baik, karena mereka merupakan bagian atau representasi dari citra perusahaan.

4. Menciptakan Inovasi

Selain kopi yang disajikan dalam cup atau gelas. Buatlah inovasi bisnis yang bisa menambah daya jual. Seperti saat sekarang ini, dalgona coffee sedang banyak dibicarakan dan disukai banyak orang. Maka tidak ada salahnya jika menjadikan menu tersebut sebagai salah satu varian baru.

Atau misalnya, di Era menuju new normal ini, beberapa kedai kopi mengeluarkan produk yang dikemas dalam ukuran 1 liter dan bisa diantar atau delivery langsung ke tempat konsumen yang memesan.

Baca Juga: Strategi Bisnis Laundry Kecil-Kecilan, Rumahan dan Kantoran

5. Bekerja Sama dengan Supplier

Untuk setiap sajian kopi terbaik, pilihlah bahan yang baik pula. Jalin kerjasama dengan supplier atau penyedia bahan baku yang memiliki kredibilitas baik. Buat kesepakatan bisnis yang disetujui kedua belah pihak.

6. Menjual Konsep

bisnis kopi
(Sumber: Timeout.com)

Tentukan konsep atau brand identity dari bisnis kopi yang akan dikelola. Misalnya, menciptakan kesan bahwa brand kopi ini merupakan teman yang asik, maka di setiap pesanan bisa ditambahkan notes tertentu yang bisa membuat pelanggan merasa lebih dekat.

Atau, bisa dengan membuat kedai kopi yang cukup lengkap. Dalam artian tidak hanya menjual kopi tapi berbagai minuman lain juga beberapa cemilan yang bisa dinikmati banyak orang dengan selera yang berbeda-beda. 

7. Menjalankan Strategi Pemasaran

Strategi ini bisa dijalankan baik secara online maupun offline. Pada pemasaran online, buatlah akun media sosial khusus yang digunakan untuk menjalin komunikasi dengan pelanggan. Sekaligus menjadi pusat informasi yang ingin disampaikan oleh brand kopi yang sedang dirintis ini. 

Seperti informasi waktu atau jam operasional, promo, diskon, varian baru dan lain-lain. Selain itu, kedai kopi ini juga bisa didaftarkan sebagai merchant di beberapa aplikasi ojek online sehingga dapat dijangkau oleh pelanggan yang ingin membeli kopi tanpa harus datang ke lokasi. Untuk offline, gunakanlah beberapa media publikasi tertentu yang bisa membantu bisnis kopi ini dikenal banyak orang. Banner, spanduk, flyer adalah beberapa contohnya.

8. Selalu Perhatikan Kualitas

Trik membuka bisnis kopi yang terakhir adalah selalu perhatikan kualitas. Dalam bisnis produk atau jasa apapun, kualitas merupakan hal penting yang harus dimiliki. Karena hal ini sangat berpengaruh besar pada citra bisnis juga kepercayaan pelanggan terhadap brand yang dibuat. Kepuasan pelanggan adalah yang utama. Buatlah mereka merasa nyaman dengan menyuguhkan sajian terbaik dan ciptakanlah hubungan yang baik antara kedai kopi dengan pelanggannya.

Peluang Bisnis Kopi yang Masih Terbuka Lebar

bisnis kopi
(Sumber: Theputtytribe.com)

Peluang berbisnis dalam bidang ini sebenarnya masih terbuka lebar. Hanya saja memang diperlukan trik dan strategi yang tepat agar bisa bersaing dengan banyaknya kompetitor. Kedai kopi biasanya ramai dikunjungi oleh pelajar atau mahasiswa yang sedang berkumpul, orang-orang kantoran yang sedang meeting, dan berbagai kalangan lainnya, meski beberapa diantaranya akan memesan minuman yang merupakan bukan dari jenis kopi.

Kopi juga tetap bisa dinikmati oleh banyak kalangan. Tak hanya orang-orang yang dikenal mempunyai budget lebih untuk sekedar nongkrong, lebih luas dari itu, bahkan penikmat kopi banyak terlihat di pinggir jalan, di warung-warung, hingga di setiap rumah.

Minum kopi, untuk sebagian orang bisa disebut sebagai tradisi. Di mana, ketika ada moment  untuk berkumpul, juga acara-acara penting lainnya, kopi selalu menjadi pelengkap suasana. Banyak orang menikmati kopi hangat di pagi hari sebagai cara untuk menambah semangat mereka, beberapa lainnya menikmati es kopi di siang hari sebagai teman menjalani hari, yang lainnya ada pula penikmat kopi di malam hari, yang dianggap mampu menemani waktu berkualitas mereka.

Banyaknya penikmat kopi dari berbagai usia dan kalangan ini memang menjadi salah satu peluang bisnis kopi. Kedai kopi selalu memiliki konsumen atau pelanggan setianya masing-masing, sehingga keuntungannya pun terbilang menjanjikan.

Jika dilihat dari manfaatnya, kopi terbukti dapat meningkatkan stamina, energi, serta meningkatkan fungsi otak hal inilah yang membuat sebagian orang memilih minum kopi agar tidak merasa ngantuk. Selain itu, kopi merupakan minuman yang baik untuk jantung, bisa membakar lemak, sekaligus menekan risiko beberapa penyakit seperti kanker, stroke ataupun Alzheimer.

Minuman kopi ini memiliki banyak sekali jenis, seperti: espresso, Americano, latte, cappuccino, long black dan lain sebagainya. Hal ini bisa dimanfaatkan sebagai lahan bisnis untuk meraup keuntungan melalui kegiatan menjual bermacam jenis atau varian kopi. Faktanya, Indonesia merupakan salah satu Negara yang mampu menghasilkan dengan jumlah yang sangat besar. Beberapa daerah bahkan dikenal karena produk kopinya yang tersohor ke banyak tempat di Nusantara hingga mancanegara.

Baca Juga: Rahasia Peluang Bisnis Modal Kecil Untuk Usia Muda

Kopi yang baik akan selalu menemukan penikmatnya. Begitu jika dikutip dari sebuah film bertajuk Filosofi Kopi. Kopi memanglah memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan. Yang jika peluang ini bisa dimanfaatkan dengan baik, bisa membantu pemiliknya meraup keuntungan yang besar.

Kesimpulan yang bisa diambil dari informasi ini adalah diperlukan konsep, strategi, dan perencanaan yang matang jika kita ingin terjun ke dalam bisnis kopi. Buatlah konsep menarik yang bisa membuat orang ingin mencoba kopi yang di jual di tempat Anda. Memaksimalkan penjualan dengan menggunakan serangkaian strategi pemasaran juga inovasi tertentu. Dan yang terpenting, utamakan kualitas produk juga pelayanannya. Dengan begitu bisnis kopi yang kita buat bisa bersaing di pasaran. 

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.