10 Cara Membuka Bisnis Kantin Sekolah Lengkap Pasti Untung Banyak

Bisnis Kantin Sekolah

Bisnis kantin sekolah bisa menjadi referensi bisnis yang sangat menjanjikan. Bukan hanya mudah dijalani saja, akan tetapi peluang mendapatkan keuntungan juga bisa sangat besar. Bisnis seperti ini bisa membuka peluang konsumen yang cukup beragam.

Bahkan semua murid dan guru juga bisa menjadi konsumen. Dengan modal yang tidak terlalu besar, membuka usaha kantin sekolah rupanya tidak kalah menguntungkannya dibandingkan dengan pekerja kantoran di perkotaan. Meskipun terlihat sederhana, akan tetapi keuntungannya sangat menggiurkan.

Cara Membuka Bisnis Kantin Sekolah

Kantin sekolah merupakan salah satu ide usaha yang bisa memberikan keuntungan dan prospek cerah hingga di masa mendatang. Untuk membuka bisnis semacam ini tentu tidak sulit. Anda hanya perlu mencermati beberapa cara berikut.

Baca Juga : Tips Sukses Cara Memulai Usaha Kuliner dengan Brand Sendiri

1. Mintalah Izin dari Pihak Sekolah Bersangkutan

Bisnis Kantin Sekolah
(Sumber: equator.co.id)

Untuk mengawali bisnis seperti ini, sebaiknya Anda meminta izin terlebih dahulu dari pihak sekolah yang bersangkutan. Hal tersebut tentunya karena kantin sekolah pasti terletak di dalam kompleks sekolah. Anda bisa mulai meminta izin dari TU atau langsung ke pihak kepala sekolah.

2. Siapkan Modal Usaha untuk Membuka Kantin

Berikutnya Anda bisa mulai menyiapkan modal untuk membuka kantin sekolah. Modal usaha ini sejatinya merupakan modal investasi serta operasional. Modal investasi bisa berupa kursi, meja dan sebagainya. Sementara itu, modal operasional mencakup belanja bahan baku makanan, minuman dan lainnya.

3. Buat Jajanan Paling Laris

Dalam membuka usaha kantin di sekolah, tentunya Anda perlu membuat jajanan yang paling laris diminati pelanggan. Misalnya, pentol, bakso, cilok, soto, es krim, es campur, nasi goreng, mi rebus dan sebagainya. Jangan lupa lengkapi jualan Anda dengan makanan dan minuman kemasan.

4. Buat Jajanan yang Aman Dikonsumsi dan Cukup Mengenyangkan

Buatlah ide jajanan yang sekiranya aman dikonsumsi banyak kalangan. Pastikan jajanan tersebut juga mengenyangkan. Terlebih tidak sedikit orang yang melewatkan sarapan atau makan siang. Dengan demikian, maka mereka bisa sarapan atau makan siang di kantin sekolah.

Baca Juga : Tips Bisnis Bubur Ayam dan Resep Bubur Ayam untuk Pengusaha

5. Kemas Makanan Agar Higienis

Jangan lupa untuk selalu mengemas makanan agar senantiasa terjaga sisi higienisnya. Dengan demikian, tentunya Anda bisa meningkatkan penjualan. Siapa sih yang tidak suka makanan bersih, sehat dan terjaga kualitasnya?

6. Buat Makanan dan Minuman dengan Harga Terjangkau

Dalam membuat makanan dan minuman untuk dijual di kantin sekolah, maka berikan harga yang sekiranya terjangkau untuk semua kalangan. Misalnya, menjual gorengan dengan harga mulai dari Rp.500,00 per bijinya, Pop Ice seharga Rp.3000,00 per cup dan sebagainya.

7. Perhatikan Iklim dan Cuaca

Perhatikan juga iklim dan cuaca sekitar. Apabila terlihat masuk musim kemarau, maka tidak ada salahnya untuk memperbanyak berjualan serba es. Sebaliknya, jika masuk ke musim penghujan, maka cobalah berjualan makanan dan minuman hangat.

8. Tentukan Lokasi Kantin Sekolah

Bisnis Kantin Sekolah
(Sumber: smaia8.alazharsummareconbekasi.sch.id)

Dalam menentukan lokasi kantin sekolah sebenarnya tidak boleh sembarangan. Anda memerlukan analisa mendalam mengenai kelayakan tempat usaha Anda. Semakin banyak anak yang bersekolah, maka semakin besar pula peluang keuntungan Anda nantinya.

9. Pilihlah Harga Sewa yang Terjangkau dan Wajar

Ketika memilih tempat untuk membuka usaha kantin di sekolah, maka sebaiknya pilihlah tempat sewa yang menawarkan harga terjangkau dan relatif wajar. Pastikan antara harga dan fasilitas yang Anda dapatkan sudah seimbang.

10. Kelola Kantin dengan Baik

Terakhir, cobalah kelola kantin dengan baik. Anda bisa memulainya dengan berjualan makanan dan minuman yang laris serta cocok di lidah banyak orang. Jangan lupa atur arus kas dengan baik serta rajinlah menjaga kebersihan kantin Anda.

Baca Juga : 8 Tips Praktis Usaha Angkringan Modern Bagi Pemula

Referensi Menu Usaha Kantin Sekolah

Apakah Anda sudah ingin membuka usaha kantin di sekolah? Jika benar, maka sejak sekarang mulailah untuk mempertimbangkan pilihan menu apa yang ingin dijual. Pastikan menu-menu tersebut cocok di lidah banyak orang, ya!

1. Aneka Gorengan

Bisnis Kantin Sekolah
(Sumber: hai.grid.id)

Salah satu jenis makanan yang laris manis adalah aneka gorengan. Ide kulineran ini perlu Anda coba seperti tempe goreng, tahu goreng, tahu walik, tahu isi, pisang goreng, risol, bakwan, pisang cokelat dan sebagainya. Pastinya jenis makanan ini akan laris manis meskipun dijual pada musim hujan dan kemarau.

2. Nasi Goreng

Bisa dikatakan bahwa nasi goreng adalah makanan sejuta umat. Siapa sih yang tidak suka dengan makanan bercita rasa lezat seperti ini? Tentunya nasi goreng juga sangat mudah dibuat sehingga sangat cocok menjadi pilihan menu kantin sekolah Anda nantinya. 

3. Nasi Uduk

Selain nasi goreng, tampaknya Anda juga bisa membuat ide kuliner untuk kantin seperti nasi uduk. Nasi uduk tentunya memiliki cita rasa tersendiri dan bisa dinikmati oleh banyak kalangan. Menu ini sangat lezat disantap ketika sarapan.

4. Siomay

Siomay juga bisa menjadi referensi ide makanan ringan yang bisa Anda jual di kantin sekolah. Meskipun tergolong ke dalam makanan ringan, akan tetapi siomay juga bisa mengenyangkan. Harganya juga cukup terjangkau sehingga pas untuk kantung anak sekolah.

5. Cilok, Cimol atau Cilor

Jika kurang berkenan membuat siomay, maka Anda juga bisa menjajal jajanan lainnya seperti cilok, cimol atau cilor. Makanan dengan bahan baku aci ini tentunya sangat mudah dibuat dan digemari oleh banyak orang. Apalagi anak-anak yang memang suka mencoba aneka jenis makanan ringan.

6. Bakso dan Mi Ayam

Bakso dan mi ayam juga bisa menjadi referensi makanan yang Anda jual di kantin SMP dan SMA. Siapa sih yang tidak suka dengan bakso dan mi ayam? Kedua makanan ini tampaknya menjadi jenis makanan sejuta umat yang laris manis menjadi jajanan banyak orang.

7. Aneka Es

Berjualan aneka es juga bisa menjadi ide usaha kantin yang laris manis. Pilihlah jenis usaha es yang sekiranya bisa Anda buat dengan cita rasa lezat. Misalnya, es dawet, es teh, es jus, es buah, es krim, es lilin dan sebagainya.

Baca Juga : 10 Tips Cara Memulai Bisnis Les Privat

Contoh Persiapan Bisnis Kantin Sekolah

Apabila Anda sudah sangat berminat untuk membuka usaha kantin sekolah, maka sebaiknya cobalah buat simulasinya terlebih dahulu. Buatlah contoh perhitungan modal usahanya sebagai gambaran nyata pembuatan kantin nantinya.

  • Persiapkan tempat usaha terlebih dahulu. Misalnya, etalase, meja, kursi dan sebagainya. Kisaran dananya mencapai Rp.2000.000,00.
  • Persiapkan biaya operasional dengan cakupan:
    • Biaya pekerja bulanan senilai Rp.1.500.000,00.
    • Biaya untuk sewa tempat senilai Rp.500.000,00 per bulannya.
    • Biaya listrik dan air sekitar Rp.200.000,00.
  • Belanja bahan baku senilai Rp.2000.000,00.

Dengan demikian, maka diperoleh total modal awal yang perlu disiapkan untuk membuka kantin sekolah adalah Rp.6.200.000,00. Perhitungan ini termasuk ke dalam jenis perhitungan sederhana. Anda bisa mengalokasikan anggaran lebih banyak agar bisa lebih banyak menjual makanan dan minuman di kantin.

Bisnis kantin sekolah tentunya bisa menjadi salah satu ide usaha yang bisa memberikan peluang keuntungan gemilang. Terutama bagi Anda yang hobi memasak dan membuat aneka kulineran. Kapan lagi bisa mendapatkan pendapatan lewat hobi yang disenangi?

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like