Kenali sistem, strategi dan cara memulai bisnis jastip atau bisnis jasa titip yang saat ini menjadi salah satu jenis bisnis yang banyak dilirik karena hasilnya menggiurkan dengan modal minimal.
Jastip atau jasa titip saat ini menjadi bisnis yang banyak diminati oleh kaum milenial terutama para ibu muda. Bisnis ini sebenarnya cukup sederhana. Seseorang membuka layanan jasa untuk membelikan atau membelanjakan barang yang diinginkan oleh pemesan dan kemudian barang tersebut akan dikirimkan kepada pemesan. Secara sederhana, seseorang titip kepada orang lain untuk membelikan barang yang dia perlukan.

Bisnis jasa titip atau jastip pada awalnya lebih banyak ditujukan untuk barang-barang yang harus dibeli di luar negeri. Seseorang membuka layanan jasa untuk membelanjakan barang-barang yang dipesan oleh orang lain saat dirinya bepergian ke luar negeri. Hal ini tentu saja menguntungkan kedua belah pihak. Pemesan dapat memperoleh barang yang diinginkan dengan mudah tanpa harus pergi ke luar negeri dan orang yang membuka jasa titip memperoleh keuntungan dari tarif jasa titip setiap barang.

Saat ini, bisnis jasa titip tidak hanya diperuntukkan bagi barang-barang yang ada di luar negeri. Semakin banyak pelaku bisnis jastip yang membuka kesempatan untuk titip beli produk-produk dalam negeri, mulai dari produk fashion, kerajinan bahkan sampai ke produk kuliner. Masa pandemi saat ini bahkan telah melahirkan para pebisnis jasa titip yang baru dimana mereka membuka layanan untuk membelikan kebutuhan sayur mayur dan lauk bagi keluarga-keluarga di sekitar mereka.

Baca Juga: Bisnis Ibu Rumah Tangga Muslimah yang Berkah, Halal dan Tanpa Riba

Sistem Bisnis Jastip

Sistem Bisnis Jastip
(Sumber : Blog.roomme.id)

Sebelum memulai berkecimpung dalam bisnis jasa titip, sebaiknya kenali terlebih dahulu bagaimana sistem yang digunakan dalam bisnis ini. Sistem dalam bisnis ini meliputi sistem pembayaran, sistem pemesanan, sistem pemberian uang jasa titip atau fee titip dan juga sistem pengiriman. Berikut adalah sistem yang biasa digunakan oleh para pelaku bisnis jastip.

1. Sistem pembayaran

Pelaku bisnis jastip bisa menerapkan dua macam sistem pembayaran yaitu dengan sistem pembayaran penuh di awal atau dengan menggunakan sistem uang muka atau down payment. Jika tidak ingin menggunakan sistem bayar penuh di awal, maka pebisnis jasa titip dapat meminta calon pembeli untuk melakukan pembayaran uang muka atau down payment dengan jumlah tertentu. Hal ini penting untuk menghindari calon pembeli yang tidak bertanggung jawab karena tidak melakukan pembayaran dan barang sudah terlanjur dibeli.

2. Sistem pemesanan

Untuk pemesanan barang, pelaku bisnis jasa titip dapat memberikan foto-foto produk yang siap untuk dibelanjakan kepada calon konsumen ataupun melakukan live chat sehingga pemesan dapat langsung memilih produk saat dirinya sudah berada di toko.

3. Sistem Fee atau Biaya Titip

Fee untuk jasa titip berbeda-beda pada masing-masing pelaku bisnis. Rata-rata fee yang ditetapkan adalah sebesar Rp. 10.000 hingga Rp. 25.000 untuk setiap barang yang dibeli. Pembelian di luar negeri biasanya fee yang ditetapkan maksimal adalah sebesar 20% dari harga barang. Ada pebisnis yang langsung menambahkan biaya jasa ke dalam harga barang sehingga harga barang yang dikeluarkan oleh pebisnis sudah termasuk biaya jasanya. Namun ada pula yang secara terang-terangan memfoto label harga untuk diberikan kepada pemesan dan menentukan biaya jasa dari harga barang yang dipesan.

4. Sistem pengiriman

Pengiriman sebaiknya dilakukan sesegera mungkin setelah barang dibeli. Pemesan dapat diberi tahu tenggang waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman terhitung sejak barang dibeli. Hal ini penting untuk menjaga kepercayaan pemesan jika barang segera dikirimkan setelah dibeli.

Baca Juga: Jenis-Jenis Produk Bisnis Afiliasi Terlaris dan Paling Laku Setiap Hari di Pasaran

Strategi Bisnis Jastip

Strategi Bisnis Jastip
(Sumber : Aidianetwork.com)

Setelah mengetahui sistem untuk menjalankan bisnis jasa titip, langkah selanjutnya adalah mengetahui strategi dalam menjalankan bisnis jastip. Ada beberapa strategi yang perlu dilakukan agar bisnis jasa titip dapat berjalan lancar dan memiliki konsumen atau pembeli loyal. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat diterapkan ketika memulai bisnis jasa titip.

1. Buat Sistem Pemasaran yang Menarik

Saat ini media sosial menjadi salah satu tempat yang sangat menarik untuk melakukan pemasaran. Promosi gratis dapat dilakukan melalui media sosial ini. Unggah produk-produk yang akan dipasarkan di media sosial. Buat unggahan foto dengan kualitas yang baik sehingga menarik calon konsumen untuk melakukan pemesanan.

2. Cantumkan Kontak yang Mudah Dihubungi

Bisnis jastip merupakan bisnis kepercayaan. Untuk menaikkan tingkat kepercayaan konsumen, cantumkan nomor kontak yang mudah dihubungi. Nomor telepon, nomor Whatsapp, alamat email dan juga alamat media sosial sebaiknya dicantumkan dengan jelas sehingga calon konsumen mudah untuk menghubungi.

3. Rajin Mencari Info Promo

Info-info promo akan sangat membantu dalam bisnis jasa titip. Calon pembeli tentunya akan lebih senang jika bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Selain itu, pebisnis jasa titip dapat membeli barang dengan harga promo dan menjualnya dengan harga normal. Dengan begitu keuntungan yang didapat akan lebih besar.

4. Harga yang Transparan

Transparansi harga penting untuk menjaga kepercayaan konsumen. Sampaikan harga secara jelas kepada calon konsumen agar konsumen tidak merasa dibohongi. Harga barang yang diberikan oleh pelaku bisnis jasa titip bisa jadi lebih mahal daripada harga di toko jika fee titip sudah masuk di dalamnya. Meski begitu konsumen tetap rela membayar asal harganya masih dalam level yang wajar.

Baca Juga: Panduan Cara Bisnis Hampers dan Keuntungan Bisnis Hampers

Cara Memulai Bisnis Jastip

Cara Memulai Bisnis Jastip
(Sumber : Journal.sociolla.com)

Bisnis jastip terbilang sebagai bisnis dengan modal minimal. Selain itu, bisnis ini dapat menyalurkan hobi belanja tanpa harus takut menguras isi dompet. Alih-alih menghabiskan isi dompet, hobi belanja pada bisnis jasa titip justru mendatangkan pundi-pundi rupiah. Untuk memulai bisnis jasa titip, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Tentukan Jenis Barang yang Akan Ditawarkan

Strategi pertama untuk memulai bisnis jasa titip adalah menentukan jenis barang yang ditawarkan kepada calon konsumen. Sebaiknya memilih jenis barang yang tidak terlalu beragam sehingga memudahkan saat berbelanja dan juga memudahkan konsumen yang akan titip untuk membeli. Berikan keterangan dan foto barang secara detail agar calon konsumen dapat memperoleh keterangan lengkap mengenai barang yang akan dibelinya.

2. Tentukan Target Pasar

Setelah menentukan jenis barang yang akan ditawarkan, maka penting untuk menentukan target pasarnya. Ibu-ibu muda biasanya menjadi target pasar dari bisnis jastip ini. Banyak ibu muda yang lebih memilih memanfaatkan jasa titip ketika akan membeli suatu barang dibanding harus pergi sendiri karena alasan waktu ataupun kepraktisannya.

3. Manfaatkan Media Sosial

Saat memulai bisnis jasa titip, manfaatkan media sosial sebaik-baiknya untuk mempromosikan bisnis. Buatlah akun media sosial yang terpercaya. Sebaiknya buka akun sosial media untuk umum sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

4. Berikan Pelayanan yang Memuaskan

Pelayanan yang memuaskan akan menjadi keunggulan bagi bisnis jastip. Konsumen yang merasa puas dengan pelayanan dari pebisnis jasa titip dapat menjadi saranan promosi yang gratis. Kepuasan pelanggan dapat mendatangkan lebih banyak pelanggan karena biasanya konsumen yang merasa puas akan memberikan rekomendasi kepada orang lain.

Bangun kepercayaan dan hubungan yang baik dengan konsumen. Ada baiknya meminta saran dan masukan dari konsumen untuk meningkatkan layanan dari bisnis jasa titip yang dijalankan. Konsumen yang loyal tidak dibangun secara instant, oleh karena itu penting untuk terus menerus meningkatkan layanan dan membangun relasi yang baik agar konsumen menjadi loyal sehingga mendatangkan keuntungan. Demikianlah sistem, strategi dan cara memulai bisnis jastip yang perlu diketahui. Tertarik untuk memulai bisnis jasa titip?

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.