Tidak selamanya bisnis harus mengeluarkan modal yang besar. Pasalnya, ada banyak sekali pilihan bisnis yang hanya membutuhkan modal yang sedikit. Salah satunya, adalah bisnis jajanan anak sekolah dasar. Bisnis ini bisa menawarkan keuntungan jutaan, namun dengan modal yang tidak besar.

Selain tidak membutuhkan banyak modal, bisnis jajanan anak SD juga memiliki peluang sukses yang sangat besar. Pasalnya, penggemar jajanan SD ternyata bukan hanya anak SD saja. Hampir semua orang menyukainya, baik muda ataupun tua. Oleh karena itu, bisnis ini tidak akan pernah kehabisan penggemar atau konsumen.

Ide Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar Paling Laris


Jajanan anak SD memang tak lekang oleh waktu. Sejak dulu hingga sekarang, jajanan anak SD umumnya masih sama. Bahkan, cita rasanya juga tidak banyak berubah. Inilah alasan mengapa banyak orang dewasa pun ikut merindukan berbagai macam jajanan anak SD. Meski namanya jajanan anak SD, namun jajanan lezat ini bisa dinikmati oleh segala usia. Nah, berikut ini adalah beberapa ide bisnis jajanan anak SD yang paling laris dan bisa menghadirkan keuntungan yang menggiurkan:

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Jajanan Anak SD untuk Pengusaha

1. Telur Gulung

Telur gulung merupakan jajanan anak SD yang memiliki banyak penggemar. Proses pembuatan telur gulung sangat sederhana. Telur ayam dikocok, lalu diberikan garam, bumbu penyedap, serta merica. Setelah itu, telur digoreng dengan cara diputar-putar menggunakan tusuk sate.

Sebagai inovasi, telur gulung bisa ditambahkan dengan topping kekinian, misalnya keju mozzarella. Selain itu, telur gulung juga bisa ditambahkan bahan dasar lainnya, seperti bakso, mie, dan sosis. Salah satu tips untuk menghasilkan telur gulung dengan tekstur yang lembut, yaitu dengan mencampurkan telur menggunakan sedikit air.  Selain hasilnya lebih lembut, cara ini juga akan menghasilkan lebih banyak telur.

Jajanan super lezat ini tentu akan menggoda siapa saja. Satu tusuk gulung biasanya dijual seharga 2000 ribu rupiah saja. Siapa sangka jika omset hasil penjualan telur gulung ini bisa mencapai 2 – 5 juta Rupiah. Sangat menguntungkan bukan?

2. Kue cubit

Sejak beberapa tahun terakhir, popularitas jajanan kue cubit kembali meroket. Bahkan, kue cubit bukan hanya dijual sebagai jajanan anak sekolahan dengan harga murah. Kue cubit kini sudah semakin naik kelas dengan kehadirannya sebagai menu di berbagai kafe kekinian.

Cara pembuatan kue cubit yang cukup sederhana, membuat penjual lebih mudah untuk memodifikasi topping dan rasanya. Kini, penampilan kue cubit bukan hanya dengan topping meses saja, melainkan sudah banyak memiliki variasi adonan, seperti greentea, taro, bubblegum, dan red velvet.

3. Bakso Bakar

Bakso bakar juga menjadi jajanan yang sama sekali tidak sulit untuk dibuat. Jika dibandingkan dengan bakso biasa, jumlah modal yang dibutuhkan untuk membuat bakso bakar ini tentu lebih sedikit. Bahan yang dibutuhkan hanya bakso dengan tambahan beberapa jenis bumbu.

Selain itu, hanya dibutuhkan tusuk sate saja untuk menyajikannya, tidak perlu menggunakan mangkuk. Hanya dengan modal awal sekitar seratus ribu saja, bisnis ini akan menghadirkan keuntungan jutaan rupiah setiap bulannya.

4. Batagor

Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar

Meski kini jajanan batagor mudah ditemukan di mana saja, namun tidak ada salahnya jika mencoba ide bisnis yang satu ini. Hal ini mengingat bahwa peminat batagor tidak pernah surut. Bahkan, bukan hanya anak sekolahan saja yang berminat membelinya, para remaja hingga orang tua pun sangat menyukainya. Walaupun proses pembuatannya sedikit merepotkan, namun omset penjualan batagor per harinya cukup besar.

5. Mie Lidi

Mie lidi menjadi jajanan paling populer di kalangan anak sekolah. Bahan utama pembuatan mie lidi adalah tepung terigu, sehingga mirip seperti mie instan. Namun, kedua jenis mi ini memiliki bentuk dan cara penyajian yang berbeda.

Bentuk mie lidi kering adalah panjang-panjang seperti sapu lidi, sehingga tidak heran jika jajanan ini disebut dengan mie lidi. Bentuknya yang unik dan rasanya yang gurih membuat jajanan ini sangat digemari oleh anak-anak sekolahan. Untuk memulai bisnis ini, dibutuhkan modal yang tidak besar, bahkan tidak sampai Rp500.000,-.

Selain menawarkan rasa yang sangat enak, jajanan anak sekolahan yang satu ini juga lebih tahan lama saat disimpan. Kini, mie lidi juga sering hadir dengan berbagai pilihan rasa, mulai dari rasa original, balado, keju, pedas, hingga rasa gurih. Untuk memperluas target penjualan, mie lidi juga bisa dipasarkan secara online. Dengan begitu, omset penjualan pun akan semakin meningkat.

6. Telor Mini

Jajanan telor mini umumnya disajikan saat hangat dan disantap dengan saus. Proses pembuatannya tidak membutuhkan banyak bahan, yaitu hanya telur puyuh atau telur ayam saja. Meskipun memiliki penampilan yang sederhana, tetapi rasa telor mini ini sangat mantap dan tentu menjadi favorit anak sekolahan.

Baca Juga : Langkah Jitu Bisnis Ayam Petelur Secara Intensif untuk Pemula

7. Cimol

Cimol merupakan jajanan anak sekolahan yang paling populer dari kota Bandung. Cimol diolah dari bahan utama berupa tepung aci dan dicampur dengan air. Tentunya, modal untuk bisnis cimol ini tidak terlalu besar, namun keuntungannya cukup besar. Kini, cimol tidak hanya populer di Bandung saja, namun sudah banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia.

8.  Es Lilin

Karena tinggal di wilayah tropis, maka tidak heran jika banyak orang yang sulit menolak kesegaran es. Nah, termasuk juga es lilin. Jajanan es lilin ini sering dijual di sekolah atau di warung-warung. Untuk memulai bisnis ini, ternyata tidak membutuhkan modal besar.

Beberapa hal yang perlu disiapkan adalah blender, freezer, cetakan, box ice, serta plastik es. Jika peralatan tersebut sudah tersedia di rumah, maka bisnis es lilin pun akan semakin mudah karena tidak lagi mengeluarkan modal besar.

Untuk menarik pembeli, es lilin bisa dibuat dengan berbagai pilihan aneka rasa. Misalnya menyajikan rasa coklat, stroberi, vanila, jeruk, dan rasa menarik lainnya. Jika bisnis ini ditekuni dengan serius, maka bisa menghasilkan keuntungan hingga 3 juta rupiah.

9. Cilok

Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar

Nama cilok berasal dari singkatan ‘aci dicolok’. Tentu saja, jajanan ini dibuat dari bahan dasar berupa tepung sagu atau disebut aci. Dapat dikatakan bahwa cilok merupakan versi murah dari kuliner bakso. Sejak dulu, cilok selalu menjadi jajanan favorit anak SD. Hingga kini, cilok masih menjadi primadona jajanan anak sekolahan yang rasanya tidak perlu diragukan lagi.

Cilok masa kini juga disajikan dengan lebih banyak varian rasa, seperti rasa daging, sosis, keju, dll. Harganya yang murah membuat banyak orang suka jajanan yang satu ini. Dalam satu bulan, omset penjualan bisa mencapai jutaan Rupiah.

Baca Juga : Contoh Bisnis Makanan Ringan Unik Belum Ada Pesaing

Itu dia 9 jenis jajanan yang siap mendatangkan pemasukan atau tambahan penghasilan. Sudah banyak yang membuktikan bahwa bisnis jajanan anak sekolah dasar ini memang terbukti bisa memberikan omset jutaan rupiah. Meski namanya jajanan anak SD, namun jajanan ini tidak harus dijual di lingkungan sekolahan. Berbagai camilan ini pun cocok dijual di lingkungan perkantoran, rumah, hingga tempat umum lainnya.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.