Salah satu jenis usaha yang pesaing atau kompetitor nya tidak terlalu banyak adalah bisnis ikan hias. Karena memiliki target konsumen khususnya tersendiri, bisnis yang satu ini dikenal mampu memberikan keuntungan yang cukup besar. Pelanggan bisnis ini biasanya adalah para pegiat hobi, demi minat dan kecintaannya pada suatu hal, orang cenderung rela mengeluarkan budget berapapun. 

Selain itu, daya tarik dari usaha budidaya ikan hias ini adalah berbagai bentuk, warna dan jenis hewan tersebut yang unik dan beragam. Bisnis ini juga tidak terlalu sulit, sehingga bisa dikerjakan oleh siapapun, terutama anak muda yang baru saja lulus dari sekolah. Beberapa hal tersebut bisa menjadi peluang bisnis, yang jika dimanfaatkan dengan baik, maka dapat menguntungkan pemiliknya. 

Ide Bisnis Ikan Hias

Terdapat beberapa ide bisnis ikan hias dan bisa dicoba anak muda yang baru saja lulus dan menyelesaikan studinya, terutama yang berasal dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang keahlian perikanan dan kelautan ataupun Kemaritiman, diantaranya:

1. Ikan Koi

Dalam Bahasa Latin, ikan koi dikenal dengan nama Cyprinus carpio L. Warnanya yang merah juga putih itu memiliki daya tarik yang sangat tinggi, sehingga banyak orang yang menyukainya. Biasanya, orang yang memelihara ikan koi, akan memiliki kolam ikan khusus, karena ikan yang satu ini kurang cocok berada di aquarium, lebih baik hidup pada tempat yang cukup luas.

2. Ikan Koki

bisnis ikan hias
(Sumber: Bukalapak.com)

Secara umum, ikan hias yang satu ini mirip dengan ikan mas. Namun bentuk tubuhnya lebih pendek dan siripnya lebih lebar. Nama latinnya adalah Carrasius auratus. Ikan yang satu ini cukup menjadi salah satu peliharaan favorit keluarga.

3. Ikan Cupang

Ikan hias air tawar yang satu ini disukai oleh berbagai kalangan dari berbagai usia. Warnanya yang mencolok juga sisik dan siripnya yang indah menjadi daya tarik ikan yang satu ini. Memiliki nama latin Betta sp, habitat asli dari ikan cupang ini berada di rawa-rawa daerah tropis. 

Salah satu ciri khas dari ikan ini adalah agresif. Sehingga selain dipelihara, cupang juga terkadang berperan sebagai ikan aduan. Karena peminatnya yang banyak tersebut, bisnis ikan hias yang satu ini sangat memungkinkan pemiliknya untuk mendapatkan keuntungan besar.

Baca Juga : Pengertian Komunikasi Bisnis – Teori, Fungsi, Konsep dan Penjelasannya

4. Ikan Arwana

Salah satu ikan hias asal Indonesia dengan nama latin Scleropages sp. Merupakan ikan air tawar yang banyak ditemukan di perairan Kalimantan. Ikan yang satu ini memiliki daya jual dan harga yang cukup tinggi dipasaran, mencapai jutaan rupiah. Sehingga, bisnis ikan hias arwana akan mendatangkan keuntungan yang besar pula.

5. Ikan Louhan

Berasal dari persilangan ikan Cichlid dengan daya tarik yang terletak pada benjolannya di kepala ini banyak disukai dan dikoleksi oleh beberapa kalangan, sehingga harga jualnya pun cukup tinggi. 

6. Ikan Guppy

Jenis ikan dengan nama latin Poecilia reticulate  ini mudah ditemukan, karena tersebar hampir diseluruh dunia. Untuk itu, budidaya atau bisnis ikan hias yang satu ini dikenal cukup mudah.

7. Ikan Discus

Salah satu jenis ikan yang berasal dari perairan Amazon dengan nama latin Symphysodon discus. Daya tariknya terletak dari warnanya mencolok sehingga terlihat unik dan menarik. Untuk budidaya dan pemeliharaannya ikan yang satu ini, membutuhkan ketelatenan yang cukup tinggi.

8. Ikan Botia

bisnis ikan hias
(Sumber: Dictio.id)

Ikan dengan warna kuning – hitam ini banyak diminati oleh berbagai kalangan di Indonesia. Sehingga, jika kita memilih untuk berbisnis ikan botia ini, kemungkinan akan mendatangkan banyak konsumen.

9. Ikan Oscar

Salah satu jenis ikan yang seringkali terlihat di dalam aquarium. Bentuk dan warnanya memiliki daya tarik tersendiri sehingga disukai dan dicari oleh banyak orang. Itulah yang membuat ikan ini sangat diminati untuk dibudidayakan. 

10. Ikan Sapu-Sapu

Dikenal dengan ikan yang sering menempel pada aquarium. Ikan dengan warna hitam ini cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan atau latar belakang yang berbeda. Sehingga ikan ini memiliki cukup banyak penggemar.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis yang Bangkrut Akibat Corona

11. Ikan Mickey Mouse

Ikan hias ini memiliki bentuk yang mirip dengan mickey mouse. Salah satu jenis ikan dengan ukuran kecil yang satu ini banyak diminati oleh masyarakat dari berbagai kalangan. 

12. Ikan Rainbow Fish

Warna merupakan salah satu daya tarik dari ikan hias yang ini. Selain itu, bentuk siripnya besar dan tajam serta mengkilap. Jenis ikan ini banyak ditemui di perairan Australia, Sulawesi dan Kalimantan. 

13. Ikan Black Phantom

Warna gelap pada ikan ini memiliki daya tariknya tersendiri. Ikan air tawar ini juga dikenal dengan sebutan black ghost. Cacing dan jentik nyamuk merupakan beberapa jenis pakan bagi ikan yang berasal dari Amazon dan Suriname ini

14. Ikan Corydoras

Warna pada tubuhnya menjadi daya tarik ikan hias ini. Berasal dari perairan Amazon dan sering dikenal pula dengan nama ikan tikus. Untuk budidaya ikan yang satu ini, diperlukan tempat yang sesuai dengan habitat aslina.

15. Ikan Molly

Ikan yang satu ini tidak begitu agresif sehingga bisa dipelihara bersamaan dengan berbagai jenis ikan lainnya.

Tips Bisnis Ikan Hias

bisnis ikan hias
(Sumber: Tirto.id)

Untuk memulai jenis usaha yang satu ini, dibutuhkan beberapa strategi yang harus disiapkan dan dilakukan, yaitu:

Baca Juga: Ide Bisnis Kuliner New Normal yang Tak Pernah Sepi Pembeli saat Pandemi Corona 

1. Mempelajari Hal-Hal Mengenai Ikan Hias

Selain minat dan kesukaan, untuk memulai bisnis ikan hias ini dibutuhkan pemahaman dan pengetahuan mengenai jenis ikan tersebut. Cara hidup, kebiasaan, alat pendukung dan lain sebagainya. 

2. Memilih Jenis Ikan Hias

Terdapat ratusan jenis ikan hias yang ada di dunia. Tentukanlah jenis apa yang akan dijual. Hal ini juga nantinya akan berpengaruh pada target pasar atau target konsumen bisnis. Cobalah pahami dan mengerti mengenai keinginan dan kebutuhan konsumen ikan hias yang diperjualkan tersebut.

3. Menentukan Tempat

Langkah berikutnya adalah menentukan tempat bisnis. Carilah lokasi yang memungkinkan banyak dilihat dan didatangi orang. Jadi, ketika kita melakukan kegiatan pemasaran atau promosi, calon konsumen tak sulit untuk menemukan lokasi usaha kita.

4. Mencari Bibit Ikan Hias

Bibit merupakan salah satu pendukung penting dalam keberlangsungan bisnis ini. Bibit yang baik akan menghasilkan anakan ikan hias yang baik pula, sehingga daya jual bisnis ikan hias yang dijalankan akan semakin tinggi.

5. Strategi Promosi

Buatlah agar bisnis yang kita kelola ini dikenal dan diketahui banyak orang. Bisa dengan membuat berbagai media promosi seperti poster, sign, flyer dan lain sebagainya. Atau, promosi secara online pun akan cukup efektif. Buatlah akun media sosial atau e-commerce khusus mengenai bisnis yang satu ini. Sertakan foto ikan dengan deskripsinya secara lengkap untuk memudahkan konsumen nantinya.

Itulah beberapa tips serta ide bisnis ikan hias yang bisa dijalankan. Yang terpenting adalah fokus dan konsisten. Setiap ikan hias akan memiliki pangsa pasarnya tersendiri, sehingga memungkinkan untuk mendatangkan keuntungan bagi pemilik bisnis yang satu ini.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.