Zaman sekarang ini, siapapun bisa tetap produktif, tak terkecuali seorang ibu. Karena terdapat beberapa jenis bisnis ibu rumah tangga yang bisa tetap menghasilkan keuntungan walaupun tidak dikerjakan secara formal atau kantoran. Bahkan beberapa orang telah terbukti sukses dengan kegiatan usahanya tersebut.

Hal ini bisa menjadi solusi bagi sebagian ibu rumah tangga yang ingin tetap berkarya dan mendapat penghasilan sekaligus tetap menjaga kodratnya untuk diam di rumah dan mengurusi rumah tangga. Yang terpenting adalah, selain untuk membantu perekonomian keluarga, usaha yang dijalankan tetap berkah, halal juga terhindar dari dosa riba. Apa saja bisnis yang bisa dilakukan oleh seorang wanita ketika sudah menikah?

Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga

Berikut merupakan beberapa contoh bisnis yang bisa dilakukan oleh para wanita agar tetap produktif walau sudah berumah tangga, yaitu:

Baca Juga: Pengertian Komunikasi Bisnis – Teori, Fungsi, Konsep dan Penjelasannya

1. Reseller atau Dropship

Bisnis ibu rumah tangga yang pertama adalah sebagai reseller atau dropship. Keduanya berarti kita ikut menjual dan memasarkan produk milik orang lain. Reseller adalah sebuah kegiatan bisnis dimana kita akan bekerja sama dengan pemilik usaha tersebut, yang kemudian kita akan menjual produk itu kepada orang lain atau masyarakat luas. Jenis kerjasamanya biasanya adalah mendapat potongan harga, maka keuntungan yang didapatkan adalah dari kelebihan harga jual yang sudah dipotong tersebut.

Pada dasarnya, dropship tidak jauh berbeda dengan reseller, karena sama-sama menjual dan memasarkan produk milik orang lain. Tetapi, pada sistem dropship, pengiriman barang dilakukan langsung oleh pemilik usaha. Jadi, ketika ada orderan yang masuk, kita akan menerimanya dan langsung berkomunikasi dengan pemilik usaha tersebut. Omset atau hasil penjualan dari bisnis ini juga terbilang cukup menjanjikan. Yang terpenting adalah, waktunya yang lebih flexible dan kita bisa mendapat keuntungan walau hanya dari rumah saja.

2. Bisnis Katering Rumahan

bisnis ibu rumah tangga
(Sumber: Hinyong.com)

Bagi ibu rumah tangga yang senang memasak. Bisnis katering bisa menjadi salah satu cara untuk mendapat keuntungan lebih. Kita tidak perlu capek bekerja setiap harinya, karena kegiatan usaha ini hanya dilakukan ketika ada orderan yang masuk. Keuntungan bisnis katering juga tak main-main, karena pada dasarnya, bisnis bidang kuliner akan banyak peminat dan mendatangkan profit yang besar.

Banyaknya orang yang membutuhkan jasa catering untuk acara-acara penting seperti arisan, syukuran, tunangan dan lain sebagainya, menjadi peluang bagi bisnis ibu rumah tangga yang satu ini untuk meraup keuntungan.

3. Membuka Online Shop

Kini, kegiatan apapun rasanya tak bisa dipisahkan dari teknologi. Semakin canggih teknologi, maka setiap kegiatan dan urusan kita rasanya akan semakin mudah. Termasuk dalam berkarya dan menghasilkan keuntungan. Walau hanya bekerja dari rumah, seorang ibu bisa membuka online shop  dan berjualan berbagai produk disana. Makanan ringan, frozen food, hijab, gamis, mainan anak, adalah beberapa contoh barang yang bisa dijadikan lahan bisnis. 

Selain itu, kita juga bisa mengunggah produk-produk yang kita miliki untuk dijual di e-commerce, keuntungan yang didapat dari kegiatan bisnis ibu rumah tangga secara online ini adalah, target pasar yang sangat luas, bisa dimulai tanpa modal dan juga pekerjaannya terbilang lebih mudah. 

4. Content Creator

bisnis ibu rumah tangga
(Sumber: Freepik.com)

Beberapa ibu rumah tangga bahkan memiliki bakat atau passion di bidang tertentu. Ada yang pintar menulis dan merangkai kata, ada yang jago dalam urusan visual atau desain, dan lain sebagainya. Hal-hal atau kemampuan tersebut bisa dimanfaatkan untuk mendapat keuntungan sampingan. Selain bisa menambah pundi-pundi rupiah, kegiatan bisnis freelance bidang content creator ini juga bisa melatih kemampuan para wanita tersebut, agar tetap terasah kreatifitasnya.

Baca Juga: Cara Kerja Usaha dan Bisnis Franchise serta Definisi dan Keuntungannya

5. Memproduksi Brand Sendiri

Jika ibu rumah tangga memiliki kemampuan seperti memasak, menjahit dan lain sebagainya dan memiliki modal, maka tak ada salahnya untuk mendiskusikan bersama suami tentang bisnis yang akan dikelola dan dijalankan. Dengan kemampuan tersebut, kita bisa membuat brand dan memproduksi barang sendiri. Hijab, roti, cake, cookies lebaran adalah beberapa contoh produknya.

Bahkan, jika bisnis ibu rumah tangga sudah berkembang nantinya, kita bisa merekrut beberapa karyawan untuk membantu kegiatan usaha tersebut. Meski berawal dari rumah, bisnis ibu rumah tangga ini bisa menghasilkan keuntungan besar, mencapai kesuksesan dan membuka lapangan pekerjaan, yang semoga rezekinya akan semakin berkah dan lancar.

6. Membuka Les atau Bimbingan Belajar

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki latar belakang memadai, membuka usaha jasa pendidikan seperti tempat les atau bimbingan belajar kenapa tidak? Melalui jalan usaha yang satu ini, kita bisa tetap membagikan ilmu yang dimiliki kepada banyak orang. Bukankah sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain?

Tips Sukses Berbisnis untuk Ibu Rumah Tangga

bisnis ibu rumah tangga
(Sumber: Freepik.com)

Sukses dalam berbisnis merupakan impian dan harapan semua entrepreneur, maka ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga yang ingin memulai sebuah bisnis, diantaranya:

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp Bisnis untuk Pengusaha

a. Memilih Jenis Usaha yang Sesuai dengan Minat

Jadikanlah hobi, minat atau passion sebagai penentu bisnis apa yang akan dijalankan kedepannya. Jika kita senang melakukan kegiatan tersebut, kedepannya berbisnis akan dijalankan dengan hati yang gembira dan tanpa beban.

Jika hobi yang dimiliki adalah memasak, maka membuka online shop atau katering bisa menjadi pilihan, jika kita ingin memanfaatkan waktu luang dan menambah penghasilan, content  creator atau reseller bisa dijadikan lahan untuk berbisnis. 

b. Manajemen Waktu dan Prioritas

Walau berstatus sebagai ibu rumah tangga, bukan berarti kita memiliki waktu luang yang sangat banyak. Untuk itu perlu adanya manajemen waktu yang baik antara bisnis dan mengurusi rumah tangga. Untuk mengelola usaha, mendiskusikan terlebih dahulu bersama suami mungkin bisa menjadi masukan tentang skala prioritas yang dikerjakan nantinya. Yang terpenting adalah, jangan menjadikan segala kegiatan sebagai beban, ibu rumah tangga juga harus tetap merasa bahagia, karena ibu yang bahagia akan berdampak pada situasi rumah yang bahagia pula.

c. Menikmati Setiap Prosesnya

Seperti kegiatan usaha pada umumnya, mungkin saja bisnis ibu rumah tangga yang dijalankan tak selalu mulus. Akan ada kerikil yang dirasakan pada perjalanan merintis usaha ini. Maka, nikmatilah setiap prosesnya. Ingatlah, Allah tidak akan membebani seseorang diluar batas kemampuannya.

Kayuhlah terus roda bisnis yang dijalankan. Insya Allah, suatu saat kita akan sampai pada sesuatu yang dituju. Jangan lupa untuk selalu bersyukur dan meminta ijin serta ridho dari suami.

d. Konsisten

Hal yang penting berikutnya adalah konsistensi. Jika bisnis ibu rumah tangga ini ingin berjalan lama dan meraih keuntungan besar juga sukses, kuncinya adalah konsisten. Jangan terkesan angin-anginan. Terkadang kita berusaha, terkadang tidak. Godaan dan rasa malas akan selalu ada, tapi alangkah lebih baik jika kita melihat kembali tujuan, mimpi dan cita-cita saat memulai bisnis tersebut.

Itulah beberapa ide dan tips bisnis ibu rumah tangga. Semoga setiap apa yang kita kerjakan mampu membawa keberkahan dan manfaat. Kunci untuk menjalankannya adalah dengan kerja keras, konsistensi, dan kemauan. Selamat mencoba!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.