7 Bisnis Home Industri yang Menguntungkan, Untung Jutaan!

Bisnis Home Industri

Home industri merupakan perusahaan kecil dengan pusat kegiatan berbisnis yang dilakukan di rumah. Istilah lainnya adalah rumah usaha dan telah diatur dalam undang-undang karena termasuk perusahaan kecil. Seiring berkembangnya zaman, bisnis home industri ikut berpartisipasi dalam ekonomi nasional.

Daftar Bisnis Home Industri yang Menguntungkan

Membuka usaha sendiri dan dikerjakan di rumah sudah sangat mungkin dijalankan oleh mayoritas masyarakat, terutama ibu rumah tangga. Mulai industri makanan hingga jasa otomotif, berikut ini daftar rekomendasi home industri yang patut Anda pertimbangkan:

Baca Juga : Jenis Bisnis Modal 5 Juta yang Masih Sangat Prospektif

1. Produksi dan jual es krim

Bisnis Home Industri
(Sumber: Maxpixel.net)

Siapa yang tidak suka es krim? Kudapan yang satu ini nyatanya terus eksis di kalangan anak kecil sampai orang dewasa. Hampir semua orang merasa senang jika sudah makan es krim dengan rasa favorit, apalagi jika suasana sedang panas terik.

Peluang keuntungan yang sangar besar ini ternyata mampu mendorong Anda untuk membuka toko es krim sendiri di rumah. Bahkan, Anda bisa menjadi produsen es krim jika mau dan mampu untuk mengoperasikannya. Jika sudah berminat, simak juga tips keberhasilan home industri es krim berikut ini:

  • Pertimbangkan harga yang ditawarkan kepada konsumen. Anda bisa membuatnya terjangkau sekaligus boleh dikonsumsi siapa saja
  • Es krim yang Anda jual perlu memenuhi kriteria lezat, tidak terlupakan, dan memiliki variasi rasa yang beragam. Es krim bertekstur lembut cenderung enak dan membuat banyak orang ingin mencobanya lagi
  • Pastikan bahwa Anda menyediakan lokasi yang strategis untuk berjualan es krim. Bila di lingkungan rumah saja, lakukan survei mengenai tingkat keramaian dan lalu lintas masyarakat daerah tersebut

2. Jasa cuci mobil dan motor

Dalam perkara otomotif, masyarakat memang tidak akan lepas dari moda transportasi sebagai sarana mobilisasi. Paling tidak, suatu rumah tangga minimal mempunyai satu buah sepeda motor. Apa yang bisa Anda petik dari kondisi dan fakta di lapangan saat ini?

Ya, Anda bisa menjadi mitra masyarakat dengan menyediakan jasa cuci mobil dan motor. Bisnis ini bersifat fleksibel karena bisa Anda buka di rumah sendiri atau menyediakan lahan khusus. Lokasi atau lahan menjadi hal penting ketika pebisnis memutuskan untuk dominan melayani cuci mobil.

Ketika membangun jasa cuci kendaraan, alangkah baiknya jika pelanggan juga mendapatkan manfaat saat memakai jasa Anda. Tambahkan gratis isi angin atau tambal ban berdasarkan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga : Strategi Sukses Cara Memulai Bisnis Cuci Mobil Untung Besar
Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Cuci Motor dan Resiko Usaha Cuci Motor

3. Usaha laundry

Bisnis Home Industri
(Sumber: Pixabay.com)

Masyarakat saat ini memang cenderung ingin hidup modern, mudah, dan praktis. Salah satunya dalam aspek perawatan dan pencucian pakaian sehari-hari. Akibatnya, tidak sedikit masyarakat memilih mencucikan baju di tempat laundry supaya lebih efisien dan tidak kerepotan saat harus bekerja.

Oleh sebab itu, bisnis home industri ini tergolong menjanjikan dan bermanfaat bagi masyarakat modern. Kunci dari bisnis laundry yang sukses adalah membangun dan mempertahankan kepercayaan pelanggan.

Sering kali Anda lihat bahwa tidak sedikit jasa yang “nakal” dan menghilangkan baju berharga dari sang pemilik. Padahal, konsumen sudah berani bayar cukup mahal untuk mencucikan pakaiannya. Di sini, Anda yang bekerja dan berupaya untuk menghilangkan stigma negatif dari jasa laundry.

Berikan pelayanan ramah dan berkualitas tinggi terhadap seluruh pelanggan. Berikan promo spesial agar banyak orang menjadi pelanggan setia. Contohnya adalah gratis laundry sekian kilogram tiap 10 kali cuci di tempat Anda.

Baca Juga : Strategi Bisnis Laundry Kecil-Kecilan, Rumahan dan Kantoran

4. Bisnis frozen food

Industri pangan memang tidak ada matinya dan mampu membuka peluang keuntungan bagi siapa saja. Salah satu bisnis pangan yang juga eksis beberapa tahun belakangan adalah frozen food. Produk tersebut memang dinilai praktis dan mampu disimpan untuk stok jangka panjang.

Umumnya, ibu rumah tangga menjadi salah satu target pasar yang potensial dan sudah pasti membutuhkan makanan beku untuk kebutuhan keluarga. Strategi penjualan langsung yang Anda lakukan adalah menyiapkan kulkas khusus makanan beku kemudian memasarkannya secara hard selling.

Tidak hanya itu, keberadaan teknologi mampu memudahkan Anda untuk melayani konsumen dari luar kota. Daftarkan nama toko dan setiap produk ke e-commerce kemudian packing frozen food sesuai anjuran yang berlaku. Segala hal bisa Anda lakukan dengan mudah hanya dari rumah.

Perhatikan kesegaran tiap produk dan pastikan pelanggan menerimanya dalam kondisi segar. Perlu diingat bahwa hal tersebut dapat memengaruhi reputasi toko di hadapan masyarakat.

Baca Juga : Cara Bisnis Frozen Food : Strategi, Kelebihan dan Kelemahan

5. Jual vitamin dan makanan hewan

Sebagian besar orang tentu menyukai hewan peliharaan yang umum, seperti anjing, kucing, maupun ikan hias. Seluruh hewan pasti membutuhkan perawatan optimal agar badannya tetap sehat, bugar, dan lincah. Pemilik hewan akan mengupayakan pemberian pakan berkualitas dan vitamin secara rutin.

Di sinilah muncul peluang bisnis sekaligus upaya mengatasi masalah orang-orang yang punya peliharaan. Mereka butuh tempat terdekat yang menyediakan kebutuhan bagi setiap jenis hewan. Kelebihan lain dari home industri ini adalah kesempatan membuka toko secara offline maupun online.

Jangan lupa untuk menyediakan wawasan dan informasi seputar merawat hewan peliharaan. Dengan begitu, masyarakat bisa sadar akan kehadiran Anda yang menjual kebutuhan hewan tersayang sekaligus memperoleh edukasi yang bermanfaat.

6. Servis alat-alat elektronik

Bisnis Home Industri
(Sumber: Pixabay.com)

Bisnis home industri yang direkomendasikan berikutnya adalah jasa servis alat-alat elektronik. Daya pakai masyarakat yang tinggi ternyata menyebabkan setiap penggunaan alat harus memperoleh perawatan secara berkala. Sebaliknya, ada juga yang sudah rusak dan diperbaiki ketimbang beli lagi.

Jasa ini bisa dibuka di rumah saja, asalkan Anda punya kemampuan di bidang elektronik, alat-alat yang memadai, dan ruang yang cukup untuk menempatkan barang milik pelanggan. Perlu Anda ketahui bahwa modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak.

Terdapat berbagai fokus barang yang bisa Anda tawarkan atau malah membukanya secara general. Contohnya barang elektronik tersebut adalah handphone, televisi, laptop, komputer, setrika, blender, kulkas, dan lain-lain.

Baca Juga : 5 Tips Sukses Memulai Usaha Toko Listrik

7. Home industri pudding art

Layaknya es krim, pudding merupakan makanan penutup yang disukai oleh banyak orang. Hal ini memunculkan ide dan kreativitas masyarakat untuk mengolah pudding menjadi upaya bisnis menguntungkan. Pudding dimanfaatkan sebagai pengganti kue ulang atau atau acara penting lainnya.

Pudding art merupakan seni dengan melukis bagian dalam pudding menggunakan spuit supaya membentuk suatu lukisan yang manis dan unik. Saat ini, Anda bisa menekuni pudding art dengan mudah karena banyak bantuan dari media sosial sebagai sarana pembelajaran.

Ketika sudah mantap mendirikan home industri ini, jangan lupa sediakan layanan pesan antar secara gratis. Kembangkan setiap produk dengan menambah referensi lukisan untuk diterapkan pada pudding tersebut. Anda tidak perlu takut untuk belajar dan berlatih agar setiap hasil karya berhasil dengan baik.

Beberapa bisnis home industri di atas membuka peluang yang terus bertahan dan tidak ada habisnya. Mengingat setiap usaha memiliki nilai manfaat yang besar bagi kelangsungan masyarakat, Anda cukup mengeluarkan ide kreatif dan rajin berinovasi sesuai kebutuhan masyarakat saat ini.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like