12 Ide Bisnis Hasil Bumi yang Menguntungkan dan Mudah Dilakukan

Bisnis Hasil Bumi yang Menguntungkan

Peluang usaha hasil bumi atau pertanian tentunya bisa memberikan prospek yang menggiurkan. Terlebih saat ini ada begitu banyak pilihan bisnis hasil bumi yang menguntungkan dan pastinya mudah untuk dijalani.

Bisnis seperti ini pastinya mampu menangani kebutuhan paling dasar manusia yakni memproduksi hasil pangan. Jangan salah, ya! Bisnis seperti ini bisa memberikan keuntungan yang gemilang bahkan untuk masa yang akan datang sekalipun.

Mengapa Bisnis Hasil Bumi Bisa Sangat Menguntungkan?

Percaya atau tidak, nyatanya berbisnis hasil bumi bisa sangat menguntungkan. Untuk itu, tidak perlu ragu lagi untuk melakoni dan terjun langsung ke bisnis hasil bumi. Berbisnis seperti ini bisa sangat menguntungkan karena:

Baca Juga : 10 Ternak Paling Mudah dan Menghasilkan Kamu Harus Coba

1. Pasti Selalu Ada Pembeli

Bisnis hasil bumi pastinya selalu mampu mendatangkan banyak pembeli. Produk-produk agribisnis akan dibutuhkan oleh masyarakat luas secara kontinyu. Misalnya, sayur-sayuran, buah-buahan dan sebagainya yang selalu menjadi kebutuhan utama.

2. Diawali dengan Modal Kecil

Untuk memulai bisnis hasil bumi ternyata tidak membutuhkan modal yang besar. Bahkan hanya dengan modal pas-pasan saja, Anda sudah bisa berbisnis seperti ini. Jadi, dapat dikatakan bahwa untuk memulai bisnis hasil bumi bisa menggunakan modal kecil maupun modal besar.

3. Kecil Besarnya Lahan Bukan Hambatan

Ketika Anda ingin memulai bisnis hasil bumi, maka tidak perlu merisaukan persoalan lahan. Kecil besarnya lahan bukan menjadi hambatan untuk memulai bisnis ini. Lahan bukan menjadi tolak ukur keterbatasan dalam berbisnis hasil bumi.

4. Memberikan Peluang Keuntungan Besar

Siapa bilang memulai usaha hasil bumi hanya bisa memberikan keuntungan terbatas? Anda harus tahu bahwa ada begitu banyak contoh para pebisnis di bidang hasil bumi yang mampu mendapatkan keuntungan berlimpah. Misalnya, Aluysius Adiyo Agung, Ulus Pirmawan dan Abdul Qohar.

Ide Bisnis Hasil Bumi yang Menguntungkan

Ide untuk berbisnis hasil bumi yang menguntungkan tentunya sangat beragam. Pastinya tidak akan pernah ada habisnya. Jika Anda masih merasa bingung ingin melakoni bisnis hasil bumi seperti apa, maka bisa coba memilih salah satu dari rekomendasi berikut.

1. Budidaya Jamur Tiram

Bisnis Hasil Bumi yang Menguntungkan
(Sumber: Pxhere.com)

Budidaya jamur tiram tentu bisa menjadi referensi ide usaha di bidang hasil bumi yang menarik dicoba. Tidak perlu modal besar, kok! Hanya dengan memanfaatkan lahan kosong saja di pekarangan rumah, Anda sudah bisa memulai usaha ini.

2. Usaha Pertanian Jahe dan Kunyit

Jahe dan kunyit menjadi hasil bumi yang selalu dibutuhkan. Kedua hasil bumi ini juga bisa dijual kembali dengan harga yang tinggi. Kedua hasil bumi ini bisa dipakai untuk pewarna makanan alami, jamu, obat hingga bumbu masakan.

3. Budidaya Terong

Terong menjadi salah satu hasil bumi yang kaya akan kandungan gizi seperti mineral bioflavonoid, kalsium dan vitamin K. Jenis usaha ini sangat cocok dilakukan bagi Anda yang tinggal di daerah dengan suhu sekitar 22 sampai 30 derajat celcius. Panennya juga relatif cepat sehingga bisa gampang dapat untung.

4. Pertanian Bayam

Bisnis Hasil Bumi yang Menguntungkan
(Sumber: Pixino.com)

Bertani bayam ternyata bisa mendatangkan keuntungan yang cukup banyak dengan cara menanam relatif gampang. Bahkan Anda bisa mulai bertani bayam dengan mengandalkan polybag saja. Cara merawat bayam juga cukup sederhana dengan selalu memperhatikan pemberian pupuk dan pestisida.

Baca Juga : 10 Tips Membangun Bisnis Buah Segar yang Laris

5. Pertanian Kangkung

Selain bayam, kangkung juga bisa menjadi ide bisnis hasil bumi yang mampu memberikan keuntungan luar biasa. Hanya membutuhkan waktu sekitar 4 sampai 6 minggu saja untuk bisa panen. Menanam kangkung juga bisa dilakukan dengan cara hidroponik dengan baskom sebagai media tanam, lho!

6. Pertanian Tomat

Bisnis Hasil Bumi yang Menguntungkan
(Sumber: Pixabay.com)

Ide bisnis lainnya yang berkaitan dengan hasil bumi dan sangat mudah dilakukan adalah bertani tomat. Tomat bisa dengan mudahnya tumbuh asalkan tanah atau lahan yang Anda siapkan cukup basah. Khususnya untuk bertani tomat, Anda perlu fokus kepada proses stek.

7. Pertanian Cabai Merah Keriting

Bagi orang Indonesia, mengonsumsi makanan pedas sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menekuni usaha pertanian cabai merah keriting. Teknik penanaman cabai merah keriting ternyata juga cukup mudah dilakukan.

8. Pertanian Bawang Merah dan Bawang Putih

Bertani bawang merah dan bawang putih juga bisa menjadi ide bisnis hasil bumi yang menguntungkan. Terlebih kedua jenis bawang ini termasuk ke dalam kategori bahan dapur utama yang selalu dibutuhkan untuk aneka menu masakan. Wajar saja jika bawang merah dan bawang putih selalu naik harganya.

9. Pertanian Sawi Hijau

Ide bertani sayuran memang selalu tidak pernah ada habisnya. Misalnya, usaha pertanian sawi hijau atau yang familiar dengan sebutan sosin. Sayuran ini pastinya sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia karena cita rasanya yang enak dan manis.

10. Pertanian Vanili

Selanjutnya, Anda bisa coba melakukan usaha pertanian vanili. Ide usaha ini tentunya bisa sangat menjanjikan untuk masa depan. Harga vanili per kilonya bisa mencapai 9 jutaan. Hanya saja jika dibandingkan dengan hasil bumi lainnya, menanam vanili sedikit lebih rumit.

11. Pertanian Rempah-Rempah

Ide usaha hasil bumi berupa pertanian rempah-rempah tampaknya bisa menjadi opsi yang layak dicoba. Apalagi rempah-rempah sangat dibutuhkan untuk melengkapi kelezatan berbagai menu masakan nusantara. Contohnya, ketumbar, pala, lada, cengkeh, merica dan masih banyak lagi.

12. Pertanian Mentimun

(Sumber: Pxfuel.com)

Terakhir adalah ide usaha bertani mentimun. Tanaman ini sangat mudah dipanen dalam kurun waktu yang cukup singkat. Selain itu, menanam mentimun juga relatif mudah dilakukan dan pastinya banyak disukai oleh masyarakat luas untuk konsumsi sehari-hari.

Bisnis Hasil Bumi dan Kaitannya dengan Teknologi Canggih Masa Kini

Belakangan ini ada begitu banyak inovasi yang bisa Anda coba untuk berbisnis di bidang hasil bumi. Misalnya, kemunculan sejumlah platform investasi di bidang pertanian dan sejenisnya sehingga bisa memberikan keuntungan jangka menengah. Beberapa diantaranya yang layak dicoba ialah:

Baca Juga : 10 Ternak Paling Mudah dan Menghasilkan Kamu Harus Coba

1. iGrow

Rekomendasi platform ini tentunya bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda. Platform ini dikembangkan untuk memberikan keuntungan kepada pihak pemilik lahan, pemilik modal, investor dan petani. Dengan platform ini diharapkan mampu mencetak hasil pertanian terbaik.

2. Crowde

Platform Crowde memungkinkan Anda untuk berinvestasi di bidang agraria dengan modal yang relatif kecil. Bahkan mulai dari Rp.10.000,00 saja Anda sudah bisa mulai berinvestasi. Crowde akan berfokus kepada pemberian pinjaman modal kepada petani serta membeli hasil pertanian untuk dipasarkan.

3. Tanijoy

Terakhir, ada Tanijoy yang menjadi rekomendasi platform investasi di bidang agraria yang bisa diandalkan. Platform ini memungkinkan para petani untuk menemukan lahan yang dapat digarap oleh petani masa kini. Nantinya, uang yang diperoleh dari hasil panen akan dibagi sesuai dengan kesepakatan awal.

Ada banyak ide bisnis hasil bumi yang menguntungkan. Bahkan di zaman canggih ini, sudah tersedia begitu banyak platform investasi dalam bidang agraria yang bisa memudahkan Anda untuk berbisnis. Tentunya peluang untuk memperoleh keuntungan jangka menengah bisa diperoleh secara mudah.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like