Retail adalah jenis usaha yang memasarkan berbagai jenis produk langsung pada konsumennya. Minimarket merupakan salah satu jenis usaha yang termasuk ke dalamnya. Jika berbicara tentang minimarket, Anda pasti sudah ‘kenal’ betul dengan Indomaret, bukan?  Brand yang satu ini memang berkembang pesat dan telah memiliki banyak cabang. Ingin mempunyai usaha yang maju seperti Indomaret? Ternyata, kita bisa saja  berkesempatan untuk membuka dan memulai bisnis franchise Indomaret ini lho

Rasanya setiap orang sudah mengenal Indomaret.  Minimarket ini telah terasa ‘dekat’ dengan masyarakat sejak kemunculannya di tahun 1988 lalu. Sejak 1997, Indomaret membuka peluang kerjasama melalui waralaba atau franchise yang disambut baik oleh banyak pihak, terutama para franchisee. Apakah Anda tertarik menjadi salah satunya?

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp Bisnis untuk Pengusaha

Syarat Bisnis Franchise Indomaret

Beberapa syarat dan Tahapan yang harus dipahami sebelum memulai bisnis franchise Indomaret adalah sebagai berikut:

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Menyediakan ruang usaha dengan luas ideal sekitar 120-200m2
  3. Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Pengusaha Kena Pajak (PKP), dan kelengkapan perizinan usaha seperti: IMB/IPB Ruang Usaha/Ruko/Kios, SIUP, UUG/HO, TDP dan lain sebagainya
  4. Menyiapkan biaya franchise selama 5 tahun dan investasi peralatan untuk toko senilai Rp.394.000.000

Proses Bisnis Franchise Indomaret 

bisnis franchise indomaret
(Sumber: Beritaklick.com)

Tahapan bisnis franchise Indomaret antara lain:

1. Presentasi Pertama

Pada tahapan bisnis franchise Indomaret yang pertama ini, sebaiknya calon franchisee membawa kelengkapan dokumen yang dibutuhkan agar prosesnya berjalan cepat, seperti: fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), sertifikat bangunan dan IMB juga perizinan usaha lainnya serta denah lokasi toko. Selain itu, detail kerjasama, investasi dan keuntungan serta sistem operasional toko akan dijelaskan pada pertemuan ini.

2. Presentasi Kedua

Pada presentasi lanjutan ini akan dipaparkan hasil dari survey dari kelayakan juga Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang kemudian mengarah pada besaran nominal untuk investasi dan dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), dengan isi berupa poin-poin kerjasama yang telah disepakati dan mencakup pembagian tugas antara franchisor dan franchisee, termin pembayaran juga sekaligus mempersiapkan kebutuhan toko seperti peralatan juga perekrutan karyawan.

3. Pembukaan Toko 

Setelah kedua tahap di atas selesai, kini saatnya kita untuk membuka toko dari bisnis franchise Indomaret dengan program promosi yang telah ditentukan juga dilakukan penandatanganan perjanjian waralaba yang akan berlangsung selama 5 tahun kedepan.

Baca Juga: Pengertian Komunikasi Bisnis – Teori, Fungsi, Konsep dan Penjelasannya

Persiapan Bisnis Franchise Indomaret

bisnis franchise indomaret
(Sumber: Ipricegroup.com)

Berdasarkan informasi diatas, kini kita bisa menarik kesimpulan apa saja hal-hal yang harus dipersiapkan untuk pelaksanaan bisnis waralaba minimarket ini, diantaranya:

1. Menentukan Lokasi

Langkah pertama yang kita lakukan adalah dengan memilih tempat yang sekiranya strategis dan cocok untuk membuka bisnis waralaba Indomaret. Anda pasti sudah paham betul mengenai hal ini. Beberapa poin yang dapat menjadi patokan kelayakan lokasi usaha adalah:

  1. Mudah dijangkau atau dilalui banyak orang/kendaraan
  2. Dekat dengan tempat umum: Rumah Sakit, Apartemen, Pertokoan, Stasiun/Bandara, pasar dan lain sebagainya
  3. Lokasi bisa saja berada di pinggir jalan

2. Menyiapkan Dokumen

Kemudian, kita harus mengurusi segala perizinan usaha seperti yang telah disebutkan, termasuk mempersiapkan identitas kita sebagai franchisor, mengingat salah satu syaratnya adalah WNI. dokumen, legalitas dan izin usaha ini merupakan salah satu hal penting yang menopang kelangsungan bisnis kedepannya. 

3. Mengurusi Kelengkapan Ijin Usaha

Jika legalitas atau perijinan bisnis belum rampung, maka segera uruslah kelengkapannya. Karena kita masih berada di tahap persiapan, segalanya bisa terasa lebih mudah, dan akan sulit dan melelahkan jika kita memilih untuk menunda-nunda perizinan tersebut.

Beberapa dokumen yang disiapkan adalah:

  1. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
  2. Surat Izin Untuk Perusahaan (SIUP)
  3. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

4. Menyiapkan Modal

Biaya awal bisnis atau modal memang penting dalam pelaksanaan usaha waralaba ini. budget yang akan kita keluarkan nantinya akan ditentukan oleh pihak franchisor. Kurang lebih seperti ini simulasi perhitungannya:

1. Toko Baru
  • Franchise Fee: Rp36.000.000
  • Biaya Pembukaan: Rp9.500.000
  • Perizinan, Renovasi, dll: Rp170.500.000
  • Peralatan Usaha: Rp178.000.000
  • Total: Rp 394.000.000
2. Take Over
  • Estimasi Investasi take over toko berkisar antara 150-200 juta Rupiah. Investasi tersebut biasanya meliputi dana kontrak yang berlaku selama 5 Tahun.

5. Menghubungi Call Centre

Setelah semuanya siap, kini kita bisa mendaftar melalui call centre di nomor 1500-580 atau melalui website resmi www.indomaret.co.id untuk mendapatkan form pendaftaran. Setelah itu, kita bisa menunggu hasil penilaian dan survey dari pihak Indomaret.

Jika proses penilaian tersebut sudah selesai, kemudian kita akan memasuki tahapan presentasi. Disinilah berbagai persiapan yang telah kita himpun tadi dibutuhkan. Segala dokumen serta persiapan bisnis akan dibahas lengkap pada kedua presentasi tersebut. Apabila semua proses ini sudah terlewati, maka proses pembukaan dinyatakan selesai dan indomaret siap untuk dijalankan. 

Peluang dan Kelebihan Bisnis Franchise Indomaret

Keuntungan yang bisa kita dapatkan dari pengelolaan usaha yang satu ini adalah:

  1. Pengetahuan dan pelatihan bisnis waralaba secara langsung
  2. Peluang bisnis akan berkembang terbuka lebar
  3. Brand Indomaret yang telah dikenal dan dipercaya oleh masyarakat luas
  4. Resikonya cenderung minim
  5. Potensi pasarnya sangat besar
  6. Pihak franchisor atau Indomaret akan membantu persiapan pembukaan toko seperti survey kelayakan, perhitungan biaya melalui RAB, renovasi toko, mempersiapkan peralatan toko, sistem operasional termasuk standar karyawan juga program promosi penjualan yang akan dilaksanakan.
  7. Kecenderungan perilaku masyarakat yang menjadikan minimarket sebagai salah satu solusi pemenuh kebutuhan
  8. Promosi tingkat nasional
  9. Memungkinkan kita untuk mengembangkan bisnis dan memiliki lebih dari satu toko

Baca Juga: Cara Kerja Usaha dan Bisnis Franchise serta Definisi dan Keuntungannya

Sementara itu untuk peluang sendiri terbuka lebar. Pihak Indomaret sebagai franchisor tetap berusaha kreatif dengan mengembangkan program yang memberikan nilai tambah. Yang tentu tujuannya adalah untuk meningkatkan penjualan dan penghasilan franchisee. Selain itu, Indomaret ingin agar tak hanya keuntungan saja yang bertambah, namun minat masyarakat untuk belanja juga.

Salah satu caranya adalah melalui membership. Apakah Anda salah satunya yang memiliki kartu keanggotaan Indomaret? Dengan memiliki kartu member itulah konsumen semakin dimudahkan karena salah satu keunggulannya adalah bisa mendapatkan potongan harga belanja. Kini, Indomaret telah memiliki lebih dari lima ratus ribu member yang tersebar di beberapa daerah.

Indomaret bisa menjadi pilihan utama, karena selain lokasi yang dekat dan mudah dijangkau, beberapa toko bahkan buka selama 24 jam dan dilengkapi dengan kursi, meja, bahkan televisi dan Point Coffee yang membuat konsumen semakin nyaman. 

Selain itu, kini Indomaret pun memiliki layanan yang lengkap, kita bisa membayarkan beberapa kebutuhan sehari-hari disana, seperti token listrik, PDAM, cicilan kendaraan, bahkan pembayaran belanja online. Tak cukup hanya disitu, kita dapat melakukan pengisian ulang pulsa, kuota bahkan melakukan penarikan uang langsung di kasir. Semakin lengkap dan mudah, bukan

Itulah informasi seputar bisnis franchise indomaret. Usaha franchise ini memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Akan tetapi, peluang dan juga potensi usaha dari indomaret sebagai usaha juga sangat terbuka lebar sehingga sangat menarik untuk dilakukan.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.