Istilah bisnis digital kini sudah tak asing lagi di telinga. Seiring dengan berkembangnya teknologi, bertambah pula kemudahan dalam bidang teknologi yang bisa dirasakan. Mungkin tak pernah terbayangkan sebelumnya, jika kegiatan jual beli bisa terjadi tanpa adanya tatap muka, ataupun pergi ke suatu tempat dengan menggunakan kendaraan yang bisa dipesan melalui telepon genggam.

Saat ini, terlebih ketika pemerintah menghimbau masyarakat agar bekerja dan belajar dari rumah, peran teknologi itu semakin terasa. Anak-anak belajar dengan menggunakan sistem digital melalui webinar, orang-orang pun bekerja remote tanpa harus keluar rumah. Hal tersebut menunjukkan bahwa bisnis digital merupakan salah satu usaha yang menjanjikan, di mana para pelaku nya bisa menjalankan bisnis tersebut dari tempatnya masing-masing.

Pengertian Bisnis Digital

bisnis digital
(Sumber: Hetic.in)

Bisnis digital merupakan kegiatan usaha yang memanfaatkan teknologi dalam pelaksanaannya, baik saat menciptakan pun dengan serangkaian kegiatan pemasarannya. Bisnis ini meliputi penyediaan barang dan jasa, perubahan dari jenis fisik juga berbagai usaha yang bisa dilakukan secara online.

Dengan bisnis berbasis digital ini, kita bisa terhubung dengan konsumen secara cepat, melewati batasan ruang, wilayah, maupun waktu. Satu sama lain bisa langsung terkoneksi hanya dengan menggunakan gadget serta koneksi internetnya. 

Baca Juga: Apa Itu Bisnis Dropnshop dan Bagaimana Pengaturan Sistem Kerjanya

Jenis dan Cara Kerja Bisnis Digital

bisnis digital
(Sumber: Midspot.com)

Untuk memulai bisnis ini, kenali terlebih dahulu ragam jenis serta cara dan strategi pelaksanaannya. Banyak celah dan peluang yang bisa dijalankan berdasarkan passion yang dimiliki, misalnya:

1. Online Shop / E-Commerce

Yang pertama adalah dengan menjual berbagai produk. Membuka usaha atau berjualan sebuah produk tak lagi membutuhkan biaya besar, termasuk modal awal dan biaya sewa tempat. Karena dengan memanfaatkan perangkat komputer, laptop, maupun smartphone yang dimiliki, bisnis bisa langsung dijalankan. Yang perlu dilakukan adalah mengunggah foto atau video serta deskripsi dan produk ke dalam akun online shop maupun marketplace atau e-commerce dan menjangkau sebanyak-banyaknya orang. 

2. Penyedia Jasa

Banyak startup yang memanfaatkan peluang bisnis digital ini sehingga menghasilkan keuntungan besar. Mereka menawarkan penyediaan jasa bagi setiap kebutuhan konsumen. Ojek online misalnya. Jika dahulu naik ojek identik dengan keharusan seseorang untuk menuju pangkalan, kini para driver bisa menjemput langsung ke depan rumah, bahkan fasilitasnya sudah semakin lengkap, mulai dari bisa membelikan makanan, membantu belanja, membersihkan rumah, pijat, dan berbagai fasilitas canggih lainnya.

Contoh lainnya adalah belajar melalui fasilitas digital. Banyak orang tua yang memilih bimbingan belajar online untuk anak mereka, karena dinilai lebih efektif. Selain tak perlu ke luar rumah, biaya yang dikeluarkan pun cenderung lebih hemat dan orang tua bisa langsung memantau kegiatan belajar anak. Biasanya berbagai fasilitas menarik juga ditawarkan oleh penyedia jasa pendidikan ini, mulai dari tampilan visual dan audiovisual yang menarik, para pengajar dengan kompetensi terbaik, hingga ada ujian khusus yang bisa diikuti secara online melalui aplikasi tersebut.

Berikutnya adalah bisnis jasa dengan menjual kompetensi atau skill yang dimiliki. Design, fotografi, illustrator, pembuatan website adalah beberapa diantaranya. Para creator bisa membuat karya dari rumah, lalu memasarkannya melalui cara online atau sesuai dengan brief dari klien.

3. Konversi Barang Fisik Menuju Digital

Selain menyediakan berbagai produk barang ataupun jasa, bisnis ini juga mencakup konversi dari produk non digital menjadi digital, seperti e-book, e-journal dan lain-lain.

4. Digital Marketing 

Contoh bisnis di bidang digital yang berikutnya adalah pemasaran dalam bentuk digital. Sebetulnya, cakupan bisnis di bidang digital marketing ini cukup luas, berikut beberapa diantaranya:

1. Social Media Management

Media sosial seolah telah menjadi bagian dari kehidupan manusia sekarang ini. Hampir setiap orang memiliki akun medsos tersebut, hal inilah yang bisa dimanfaatkan menjadi peluang bisnis digital melalui sosmed management. Brand yang dikelola akan lebih terorganisir, baik dari tampilan brand identity, tampilan dan postingan medsos, interaksi yang terjalin dengan konsumen, hingga feedback atau testimoni dari pelanggan tersebut. 

Salah satu kelebihan dari bisnis digital ini adalah jangkauannya yang sangat luas. Ditambah dengan adanya fasilitas Ads atau iklan dari media sosial tersebut yang memungkinkan brand dikenal serta informasinya bisa sampai pada mereka yang membutuhkan, untuk beriklan dibutuhkan data spesifik dari target marketnya, mulai dari usia, gender, lokasi dan lain-lain. Sehingga algoritma dari medsos tersebut akan berpengaruh.

2. Content Marketing

Jika social media management menyediakan jasa untuk mempersiapkan juga mengelola akun dari sebuah brand, maka ada satu jenis lain yang berhubungan dengan hal tersebut yaitu content marketing. Konten inilah yang nantinya akan diunggah pada akun medsos tersebut. Bisa foto, video, infografis, kuis, dan lain sebagainya.

3. Search Engine Optimization (SEO)

Hal ini merupakan pemanfaatan atau optimasi dari mesin pencarian data agar bisa memunculkan informasi yang dibutuhkan penggunanya. Serangkaian cara sistematis dilakukan agar bisa menjadikan sebuah website berada di urutan atas pencarian.

Salah satu cara melakukan optimasi tersebut adalah dengan menulis artikel dengan keyword tertentu yang dibutuhkan banyak orang. Menulis artikel SEO juga merupaka salah satu jenis pekerjaan digital. 

Baca Juga: Rahasia Peluang Bisnis Modal Kecil Untuk Usia Muda

4. Motivator, Selebgram, Influencer ataupun Youtuber

Bisnis digital berikutnya yang bisa dilakukan secara individu atau team dengan memanfaatkan passion, yaitu dengan cara menjadi motivator online dengan mengunggah berbagai konten motivasi. 

Menjadi selebgram ataupun influencers juga mampu mendatangkan keuntungan yang menjanjikan melalui kerjasama bernama endorsement atau dengan kata lain, memberikan sebuah testimoni pada produk atau jasa sebuah brand yang bekerjasama. Sebelum itu, pastikan followers dan engagement rate akun medsos terbilang baik dan memiliki pengaruh yang cukup besar.

Atau, bagi insan kreatif yang senang membuat konten berupa tayangan. tekunilah bisnis digital ini menjadi seorang youtuber. Youtube merupakan salah satu media yang banyak dikunjungi setiap harinya. Buatlah konten menarik yang bisa menyita perhatian banyak orang. Buatlah akun youtube dengan monetisasinya, sehingga bisa mendapatkan keuntungan melalui traffic tayangan maupun adsense.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Digital

bisnis digital
(Sumber: Crucial.co.au)

Setiap hal akan memiliki sisi positif dan negatifnya masing-masing, termasuk dalam bisnis ini. Semua tergantung pada bagaimana cara memanfaatkan kelebihan serta meminimalisir terjadinya berbagai kekurangan tersebut.

Baca Juga: Memahami Bisnis Multi Level Marketing dan Imbal Hasil Bisnis

Kelebihan bisnis ini: 
  1. Jangkauannya sangat luas
  2. Jam kerja yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan
  3. Modal yang dikeluarkan relatif kecil 
  4. Lebih efektif dan efisien
Kekurangan:
  1. Mengandalkan jaringan internet
  2. Rentan terhadap penipuan atau maraknya hacker yang tidak bertanggung jawab
  3. Harus disertai dengan pemahaman yang baik dan kecakapan dalam penggunaan teknologi

Melakukan bisnis digital merupakan salah satu adaptasi terhadap keadaan, karena mau tak mau, suka maupun tidak suka, perubahan itu mutlak adanya dan akan terjadi. Termasuk dengan berkembangnya konsep bisnis ini yang mengandalkan teknologi sebagai pendukungnya.

Itulah informasi seputar bisnis di bidang digital yang perlu diketahui. Agar tidak tergerus oleh keadaan, maka yang harus dilakukan adalah mempelajari dan memperdalam ilmu tentang bisnis digital, sesuaikan dengan passion atau keahlian yang dimiliki, konsisten dan jangan pernah berhenti belajar. Dengan begitu, bisnis dalam bidang digital yang dijalani bisa menjadi lancar dan tanpa hambatan. 

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.